Pelayanan Keperawatan

Bookmark and Share
Pelayanan Keperawatan. Pelayanan keperawatan adalah merupakan sebuah bantuan, dan pelayanan keperawatan ini diberikan karena adanya kelemahan fisik dan mental, adanya keterbatasan pengetahuan serta kurangnya kemampuan menuju kepada kemampuan melaksanakan kegiatan hidup sehari – hari secara mandiri. Pada hakikarnya kegiatan atau pun tindakan keperawatan bersifat membantu (assistive in nature). Perawat dalam hal ini membantu klien atau pasien mengatasi efek - efek dari masalah – masalah sehat maupun sakit (health illness problems) pada kehidupan sehari-harinya. Demikian yang dimaksud dengan pengertian pelayanan keperawatan.

Kali ini Blog Keperawatan akan sharing kembali mengenai apa yang dimaksud dengan pelayanan keperawatan. Dalam memberikan pelayanan kesehatan tentunya tidak bisa dilaksanakan terpisah sendiri-sendiri antar bagian. Termasuk juga dengan pelayanan keperawatan ini.

pelayanan keperawatan, pelayanan kesehatan, Blog Keperawatan

Pelayanan keperawatan yang berada dalam kerangka pelayanan kesehatan ini dilakukan oleh perawat bersama- sama dengan tenaga kesehatan lainnya dalam rangka mencapai tujuan dan pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, diagnosis dini, penyembuhan dan kesembuhan dari penyakit / kecelakaan dan rehabilitasi. Yang intinya adalah untuk mencapai kesehatan bagi setiap manusia. Itulah pelayanan keperawatan yang tentunya dilaksanakan oleh perawat itu sendiri.

Bentuk pelayanan keperawatan antara lain :
  1. Fisiologis. Setiap pasien akan mengalami gangguan fisiologis pengaruh dari penyebab dari tiap – tiap bibit penyakit yang menyerang / diderita oleh pasien.
  2. Psikologis. Setiap pasien akan mengalami trauma sehingga psikologis juga mengalami gangguan apabila masalah psikologis tidak segera ditangani dengan baik makan akan mempengaruhi lembatnya kesembuhan dari pasien itu sendiri.
  3. Sosial dan Kultural Orang yang sakit akan mempengaruhi sosial dan kultural berkurang bahkan kegiatan interaksi dengan sosial dan kultural. Hal ini dibutuhkan dorongan atau semangat dari orang – orang sekitar (sosial)
Dan pelayanan keperawatan ini diberikan karena ada beberapa faktor yaitu :
  • Ketidak mampuan
  • Ketidak mauan
  • Ketidak tahuan dalam memenuhi kebutuhan dasar yang sedang terganggu
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai pelayanan keperawatan dan semoga bisa berguna serta juga dapat memberikan manfaat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment