Tips Sehat Selama Puasa

Bookmark and Share
Tips sehat puasa ramadhan perlu kita ketahui bersama karena memang puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya bagi kita kaum mulimin. Dan alhamdulillah bulan Ramadhan 1434 H dan kedatangan tamu mulia ini telah menghampiri kita semua Umat Islam di seluruh dunia. Untuk itulah mengetahui akan berbagai cara tips sehat menjalankan puasa ini perlu kita ketahui bersama demi kelancaran kita dalam menjalankan kewajiban berpuasa di Bulan Ramadhan ini.

Setelah kemarin Pemerintah Indonesia menetapkan keputusan awal ramadhan 1433 H tahun 2012 ini yaitu Sabtu 21 Juli 2012 maka mulai hari ini kita semua umat Islam mulai menjalankan kewajiban puasa Ramadhan walaupun ada saudara-saudara kita yang telah berpuasa pada hari Jum'at 20 Juli 2012 kemarin.

Terlepas dari perbedaan awal ramadhan 2012 yang lebih penting dari semua itu adalah kewajiban kita dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Karena dibalik syariat Agama yaitu menjalankan ibadah puasa ini akan banyak hikmah puasa ramadhan yang kita dapatkan.

Tips Cara Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

Kita mengetahui bahwasannya waktu puasa ramadhan khususnya adalah berkisar kurang lebih 14 jam bila kita berada dalam wilayah Indonesia karena di belahan dunia lain ada puasa yang waktunya lebih panjang dari 14 jam tersebut. Karena kita tahu akan manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan kita juga.

Dan untuk kita tetap sehat serta bugar dalam menjalani puasa Ramadhan ini maka kita memerlukan tips sehat selama puasa agar kita bisa optimal dalam menjalankan serangkaian ibadah baik itu ibadah yang wajib maupun yang sunnah selama bulan Ramadhan ini.

Berikut beberapa cara tips puasa sehat bulan ramadhan yaitu diantaranya :

Gembira Menyambut Dan Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan.
Karena kegembiraan kita dalam menyambut Ramadhan ini adalah modal utama bagi jiwa dan psikologi kita. Dengan kita merasakan perasaan gembira maka epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh dalam hal ini akan lebih kuat menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Jangan Meninggalkan Sahur.
Agama Islam ini adalah agama yang mulia. Dibalik disunahkan bersahur banyak hikmah serta manfaatnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dan diriwayatkan oleh Anas, ia berkata: "Rasulallah pernah bersabda: 'Bersahurlah kamu, karena sesunguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan'" Mutaffaq'alaih H.R.Bukhari (1923) dan Muslim(1095). Itu adalah hadist keutamaan sahur yang telah disabdakan oleh Rasulullah.

Minum Air Putih Yang Cukup.
Dalam hal ini salah satu tips menjalankan puasa yang menyehatkan adalah dengan minum air putih yang cukup baik di kala berbuka maupun di kala kita bersantap sahur. Karena menurut kesehatan kebutuhan tubuh yang sehat bagi konsumsi air ini adalah kurang lebih 2 liter. Tentunya pun tidak diminum sekaligus dan tergantung bagaimana kita mengaturnya.

Berbuka Dengan Yang Manis.
Dan dalam hal ini disunnahkan dan juga merupakan bagian sunnah berbuka dengan kurma. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia adalah bersih." (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud ).

Demikian tadi hadist mengenai keutamaan berbuka dengan kurma. Makanan atau minuman yang manis saat berbuka akan segera meningkatkan kadar gula darah yang selama kita menjalankan kewajiban berpuasa ramadhan akan mengalami penurunan.

Berbuka Jangan Langsung Minum Air Dingin / Es.
Sebaliknya, biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut kosong bisa menjadi kembung, bila kita langsung berbuka puasa dengan air dingin, maka asam lambung dalam tubuh akan terbentuk semakin banyak dan tentunya hal ini akan kurang baik bagi kita.

Perbanyaklah Makanan Tinggi Serat.
Makanan yang banyak mengandung kadar tinggi serat adalah seperti yang terdapat pada sayur dan buah. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Hal yang satu ini penting untuk diperhatikan, karena tentunya dalam bulan Ramadhan akan banyak jenis makanan yang tersedia dan mudah didapatkan yang seringkali berbentuk manisan dan gorengan sehingga makanan yang mengandung serat seringkali dilupakan.

Bagi Penderita diabetes Harus Berhati-hati.
Maksudnya adalah harus juga secara teratur memonitor gula darah bagi yang menyandang penyakit Kencing Manis atau diabetes mellitus ini. Cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa ada advis medis dan hal ini perlu dikonsultasikan dahulu dengan medis.

Demikian tadi sahabat sedikit mengenai beberapa tips sehat selama puasa dan semoga tips sehat berpuasa Ramadhan ini bisa berguna serta dapat bermanfaat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment