Analisis Bauran Pemasaran Dalam Peningkatan Penjualan Pada Pt. Megatama Motor Di Makassar (PM-28)

Bookmark and Share
BAB  I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Masalah
Dalam dunia usaha sekarang ini tingkat persaingan antara industri-industri bisnis semakin tajam, tak terkecuali dengan perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia. Dengan semakin majunya teknologi dalam era globalisasi ini, setiap perusahaan berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas produksinya maupun manajemen pemasarannya dengan tujuan memaksimalkan keuntungan-keuntungan sesuai target yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis telah merambah ke semua sektor usaha (bisnis), sehingga kompetisi yang ada antara perusahaan semakin ketat. Perusahaan yang bergerak dalam dunia otomotif khususnya kendaraan roda dua, tidak lepas dari persaingan tersebut, dimana suatu perusahaan dituntut untuk mampu menghadapi berbagai kendala yang timbul dalam mengelola bisnis usaha pemasarannya, juga untuk menjamin perusahaan yang bersangkutan supaya dapat beroperasi dengan manajemen yang efektif dan efisien.
Setiap perusahaan dapat meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan sistem pemasaran yang efektif, serta strategi-strategi yang khusus dalam meningkatkan pasar konsumen yang ada. Strategi pemasaran tersebut adalah Strategi tentang Marketing Mix yaitu Price (harga), Product(produk), Promotion (promosi) dan Places (distribusi). Pemasaran merupakan salah satu fungsi yang sangat penting dalam perusahaan, dimana dengan pemasaran yang tepat dapat menentukan volume penjualan dan posisi perusahaan (produk) di pasar. Penguasaan pangsa pasar sangat tergantung kepada kemampuan untuk memanfaatkan strategi pemasaran perusahaan seperti : a). Bagaimana mempromosikan suatu harga produk, b). Bagaimana strategi harga dengan pesaing yang ada, c). Bagaimana kebijakan promosinya, d). Bagaimana proses distribusi yang tepat, e). Bagaimana mengenal lingkungan pasar dan lain sebagainya.
Tingkat dan jenis kebutuhan serta keinginan konsumen itu dapat berbeda satu dengan yang lainnya, yang ini menyebabkan pilihan terhadap motor Yamaha, alasan pemilihan atau tujuan pemilihan dan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam membeli motor Yamaha pada setiap konsumen juga berbeda.

Oleh karena itu PT. Megatama Motor menyediakan kebutuhan masyarakat dengan berbagai jenis type kendaraan roda dua yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara lain motor Yamaha F1zr-RR memiliki kualitas model yang sporty, kualitas mesin yang awet serta cocok untuk digunakan oleh para remaja dan dewasa yang berjiwa muda, adapun typemotor Yamaha Jupiter Z memiliki mesin yang berkualitas, hemat bahan bakar dan dapat digunakan untuk perjalanan dalam kota dan luar kota.
Dalam hubungannya dengan uraian tersebut diatas dapat disajikan data volume penjualan sepeda motor Yamaha untuk tahun 2005-2009 yang dapat dilihat pada tabel 1 yaitu sebagai berikut :

Tabel  1.1
Data Volume Penjualan Motor
Tahun 2005 – 2009
Tahun
Volume Penjualan
(Unit)
2005
2006
2007
2008
2009
497
583
617
652
663
Rata-rata
602

Sumber : PT. Megatama Motor di Makassar
Dengan citra yang baik serta kepercayaan terhadap perusahaan akan membuat konsumen terpikat untuk mengadakan pembelian ulang dan konsumen tidak akan beralih pada perusahaan lain yang juga menawarkan produk yang sejenis. Bagi perusahaan hal ini akan mempermudah penentuan kebijaksanaan pemasaran yang tepat.
Dengan berpegang pada apa yang telah penulis utarakan di muka penulis akan membahas tentang : “Analisis Bauran Pemasaran Dalam Peningkatan Volume Penjualan Motor Yamaha Pada PT. Megatama Motor di Makassar”.

 Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Kumpulan Berita Lainnya

Loading...