Puasa Bagi Ibu Hamil

Bookmark and Share
Puasa adalah menurut syariat dalam agama kita ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti halnya makan, minum, hubungan kelamin, dan lain-lain) dan dimulai semenjak mulai terbitnya fajar di pagi hari sampai dengan terbenamnya matahari, disertai niat ibadah ikhlas hanya kepada Allah, karena mengharapkan ridho-Nya serta menyiapkan diri dengan baik dalam rangka meningkatkan takwa kepada Allah Ta'ala. Itulah sedikit pengertian puasa yang bisa saya simpulkan.

Seperti sebelumnya yang pernah diposting mengenai Manfaat puasa bagi kesehatan dan juga Manfaat puasa bagi anak maka kali ini akan mencoba sharing sedikit mengenai tips menjaga kesehatan ibu hamil ketika berpuasa dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat. Hal ini dilakukan karena banyak pula pertanyaan apakah ibu hamil boleh berpuasa.

Tips Sehat Puasa Ibu Hamil

Manfaat puasa bagi kesehatan salah satunya adalah dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Demikian pula bagi ibu hamil yang menjalankan puasa ramadhan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan, karena overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif, seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis, dan lain-lain.

Selain hal tersebut bagi yang sedang menjalani masa kehamilan dalam bulan Ramadhan ini juga diperbolehkan untuk tetap menjalankan kewajibannya puasa Ramadhan selama puasanya tersebut tidak memberikan ancaman kesehatan baik bagi sang ibu maupun sang janin. Tentunya hal tersebut boleh dilakukan bila dalam keadaan-keadaan tertentu atau resiko tinggi kehamilan. Bila dalam keadaan sehat, maka ibu hamil pun tetap dikenai kewajiban puasa Ramadhan ini. Karena banyak manfaat keutamaan puasa itu sendiri.

Tips puasa Ramadhan bagi ibu hamil sebenarnya tidak jauh beda dengan tips sehat berpuasa Ramadhan, hanya beda sedikit dalam kriteria-kriteria tertentu saja. Berikut tips panduan ibu hamil puasa diantaranya yaitu :
  1. Mencegah dehidrasi bagi ibu hamil. Mencegah dehidrasi bagi ibu hamil yang tetap berpuasa Ramadhan adalah dengan cara memperbanyak minum pada saat berbuka. Hanya saja dalam memperbanyak minum ini tidak sekali waktu, tetapi diselang seling dan disesuaikan pula dengan porsi makan saat berbuka.Jangan pula sampai membuat ibu hamil kekenyangan akibat buka puasa dan juga minum air yang terlalu banyak saat berbuka. Hal ini juga dilakukan saat berbuka maupun ketika makan sahur. karena sahur pun banyak hikmah dan keutamaannya.
  2. Pada waktu ibu hamil berbuka maupun makan sahur, maka pastikan agar ibu hamil memperoleh banyak protein dari makanan serta sayuran yang dikonsumsinya. Karena kebutuhan protein ini penting bagi pertumbuhan janin yang dalam kandungan ibu hamil. Dan ini salah satu bagian dari puasa sehat untuk ibu hamil.
  3. Hindari bagi ibu hamil saat berbuka dengan banyak meminum minuman yang terlalu manis yang bisa dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, tetapi bisa dengan kurma seperti yang disunnahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
  4. Pada saat makan sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak mudah lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang banyak mengandung akan zat pengawet, tinggi lemak, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula contohnya adalah makanan cepat saji.
  5. Tetap menjalani kehamilan dengan senang walaupun dengan menjalankan ibadah puasa dan juga mengurangi faktor stressor. Perubahan dalam hal rutinitas, perut kosong, serta jadwal makan, minum dan tidur yang berubah dapat menyebabkan stres. Dan ini termasuk dalam tips puasa sehat dalam kehamilan. Ibu hamil yang berpuasa selama bulan Ramadhan diketahui memiliki tingkat hormon stres kortisol yang lebih tinggi dalam darah mereka dibandingkan wanita yang tidak berpuasa.
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai tips sehat puasa Ramadhan ibu hamil dan semoga dengan kita mengenal akan beberapa hal mengenai kiat sehat berpuasa ibu hamil ini akan menambah semangat para ibu hamil untuk tetap melaksanakan kewajiban dalam berpuasa baik itu puasa ramadhan atau pun puasa-puasa sunnah lainnya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment