Pelajaran Hikmah Ramadhan

Bookmark and Share
Hikmah Ramadhan bagi kita umat Islam adalah banyak macamnya. Dan sekarang ini Bulan Ramadhan 1434 H hanya tinggal beberapa hari lagi dan tentunya kita sebagai umat Islam wajib manjalankan puasa ramadhan sebagaimana telah disyariatkan dalam agama kita yaitu Islam.

Kita sedang berada di akhir-akhir bulan Sya’ban dan sebentar lagi tiba bulan yang sudah kita nanti-nantikan, bulan yang selalu kita rindukan kedatangannya yang tahun kemarin kita lepas dengan linangan air mata karena enggan untuk berpisah dengannya, yaitu bulan di mana Allah mencurahkan kasih sayang sepenuhnya kepada umat-Nya yang beriman dan bulan tersebut merupakan bulan yang paling mulia dibanding dengan bulan-bulan yang lain yaitu bulan suci Ramadhan.

Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang bulan Ramadhan. Dan banyak pula akan persiapan menyambut Ramadhan yang perlu kita lakukan bersama. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan juga kebaikan. Dan kita sebagai umatNya dan umat Rasulullah shallallahu a'laihi wa sallam wajib melaksanakan salah satu kewajiban kita yaitu kewajiban menjalankan puasa. Begitu banyak hikmah pelajaran bulan Ramadhan ini bagi kita.

Kewajiban dalam melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan ini telah Allah Firman kan dalam salah satu ayatNya yaitu :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".(QS. Al Baqarah{2} : 183).
Hikmah Bulan Ramadhan

Hikmah Ramadhan bagi kesehatan juga telah diposting oleh Blog Keperawatan yaitu mengenai Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan dan itu hanya sebagian kecil dari manfaat hikmah bulan ramadhan yang bisa ditangkap oleh kita terutama dalam hal manfaat puasa bagi kesehatan. Dan tentunya masih banyak juga yang belum bisa diungkap hikmah keutamaan kemuliaan bulan ramadhan bagi kita yang menjalankannya.

Bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan serta bulan penuh dengan keberkahan. Banyak pula pelajaran hikmah ramadhan yang bisa kita petik dari kebaikan keberkahan bulan Ramadhan ini.

Diantara beberapa pelajaran Ramadhan yang bisa kita petik hikmahnya adalah sebagai berikut :

Menahan Diri Dan Hawa Nafsu.
Pelajaran dan belajar untuk pandai menahan diri dari hal yang membatalkan ibadah kita termasuk ibadah puasa ramadhan kita. Kita mengetahui bahwasannya puasa ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa (seperti halnya makan, minum, hubungan kelamin, dan lain-lain) dan dimulai semenjak mulai terbitnya fajar di pagi hari sampai dengan terbenamnya matahari, disertai niat ibadah ikhlas hanya kepada Allah, karena mengharapkan ridho-Nya serta menyiapkan diri dengan baik dalam rangka meningkatkan takwa kepada Allah Ta'ala.

Jadi niat kita adalah karena mencari keridhoan Allah dan menahan diri dari sesuatu yang merusak bahkan membatalkan puasa kita walaupun dalam keadaan bukan berpuasa hal tersebut di atas dasarnya adalah hal yang mubah.

Meningkatkan Kadar Keimanan Kita.
Pelajaran untuk meningkatkan kadar keimanan serta ketakwaan kita. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Jika telah datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para setan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu -pintu neraka, tidak ada satu pintupun yang dibuka, dan dibukalah pintu-pintu surga, tidak ada satu pintupun yang tertutup, berseru seorang penyeru: wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orang yang ingin kejelekan kurangilah. Dan bagi Allah membebaskan sejumlah orang dari neraka. Hal itu terjadi pada setiap malam."(HR. Tirmidzi).
Dengan dibukanya pintu kebaikan maka marilah kita manfaatkan moment Bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan keimanan serta ibadah kita dan juga menjauhi segala hal-hal yang buruk. Tentunya hal tersebut bukan hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja, tetapi pada sebelas bulan berikutnya. Hanya saja pelajaran dan hikmah bulan Ramadhan ini kita gunakan untuk banyak berbuat kebaikan serta sunnah-sunnah Rasulullah di bulan ramadhan.

Belajar Merasakan Lapar Dahaga.
Pelajaran ramadhan selanjutnya adalah kita bisa belajar bahwasannya puasa akan membuat kita bisa merasakan rasa lapar serta dahaga yang seringkali melingkupi saudara-saudara kita yang serba kekurangan dan berada di bawah garis kemiskinan. Dengan kita bisa merasakan haus dan dahaga maka kita akan bisa semakin toleransi kepada saudara-saudara kita dan tak segan untuk bisa memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita, bahwasannya kita hidup bersama orang lain dan kita harus bisa untuk saling berbagi.

Demikian tadi sahabat semuanya mengenai pelajaran hikmah ramadhan dan semoga dengan kita bisa mendapatkan keutamaan kemuliaan bulan ramadhan 1434 H tahun 2013 ini bisa berguna serta dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya aamiin.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment