Perubahan Ibu Hamil

Bookmark and Share
Perubahan Fisik Tubuh Wanita Hamil dan beriringan dengan proses proses pertumbuhan janin di tubuh sang calon ibu maka hal ini akan menyebabkan beberapa perubahan pada ibu saat menjalani proses kehamilan dan sang calon ibu tersebut. Perubahan yang mendasar yang terjadi pada ibu hamil tersebut akan berdampak pada kehidupan calon ibu dan calon bayinya pula.

Banyak perubahan-perubahan yang terjadi bila seorang wanita hamil. Perubahan tubuh selama masa kehamilan ini yang pasti berbeda dengan wanita lainnya yang tidak hamil. Perubahan ini tentunya akan terjadi pada setiap ibu yang mengandung, hanya saja respon dari masing-masing individu akan bisa berbeda.

Karena kita dapati banyak ibu-ibu yang merasakan mual muntah, pusing dalam kehamilan terutama pada trimester pertama. Tetapi mual muntah trimester pertama kehamilan tidak selalu terjadi pada setiap ibu hamil.

Perubahan Fisik Wanita Yang Sedang Hamil

Perubahan Fisik Psikologi Ibu Hamil

Perubahan tubuh selama kehamilan memang berbeda dalam tiap mengandung masing-masing anak. Ini adalah pengalaman istri sendiri pada kehamilan anak pertama kali istri tidak mengalami berbagai macam rasa seperti halnya mual, pusing tetapi pada kehamilan istri pada anak yang kedua 2 bulan awal (trimester I) ini seringkali merasakan pusing, seringkali mual. Memang tiap kehamilan yang dirasakan berbeda. Keluhan mual,muntah, pusing ibu hamil ini terjadi pada kehamilan anak kedua istri.

Dan perubahan perkembangan ibu hamil juga disertai dengan adanya juga keluhan-keluhan ibu hamil ketika masa kehamilan sedang berjalan. Simak lebih lanjut dalam artikel terkait mengenai hal ini yaitu dalam : Keluhan Ibu Hamil.

Beberapa hal yang terjadi dalam masa perubahan seorang wanita hamil pada umumnya meliputi hal berikut ini :
  • Perubahan Pertama. Perubahan saat kehamilan yang pertama adalah dalam hal perubahan fisik ibu hamil yaitu dimana rahim ibu hamil akan menjadi lebih besar dan salah satu efek yang ditimbulkannya adalah sering berkemih (sering kencing) serta juga merasakan rasa tidak nyaman di sekitar perut bagian bawah. Payudara juga membesar serta puting susu menjadi sensitif dan mudah terasa nyeri.
  • Perubahan Kedua. Perubahan yang kedua adalah dalam hal perubahan hormonal ibu hamil dan kekebalan tubuh. Adanya hormon HCG menyebabkan ibu mual-mual dan ini semakin parah bila kehamilannya kembar. Kadar hormon progesteron yang tinggi menyebabkan ibu hamil ingin tidur karena hormon ini membuat otak ibu beristirahat.
  • Perubahan Ketiga. Perubahan ibu hamil yang ketiga adalah dalam hal perubahan emosi serta kejiwaan. Ibu yang sedang mengandung akan merasa lebih mudah tersinggung, ingin selalu diperhatikan dan dituruti apa pun kemauannya, dan kadang-kadang timbul yang seringkali di masyarakat disebut dengan 'ngidam' (keinginan yang berlebihan akan sesuatu atau tidak ingin sesuatu yang biasanya disukai).

Tanda Gejala Perubahan Hormonal Ibu Hamil

Ada beberapa tanda gejala yang bisa kita kenali yang juga merupakan indikasi adanya perubahan hormonal pada seorang ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut yaitu :
  • Sakit kepala yang menetap atau tidak biasa.
  • Gangguan pada penglihatan.
  • Pusing.
  • Terus menerus mual dan muntah.
  • Kontraksi.
  • Nyeri atau kejang di bagian bawah perut.
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai perubahan-perubahan tubuh wanita ibu selama kehamilan. Dan semoga bisa berguna serta dapat bermanfaat. Dan tentunya ibu dalam masa mengandung dan juga ayahnya harus bijak dalam menyikapi perubahan fisik ibu hamil dan juga perubahan segi emosional seorang ibu hamil itu sendiri sehingga kehamilannya diharapkan akan berjalan dengan baik dan sehat pula. Simak bagaimana menjaga kesehatan ibu hamil dalam artikel berikut ini : Tips Kehamilan Sehat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment