Penyakit Hepatitis

Bookmark and Share
Penyakit Hepatitis. Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang menyerang salah satu organ penting dalam tubuh kita yaitu organ hati. Penyakit Hepatitis atau penyakit kuning adalah segala hal bentuk peradangan yang menyerang organ tubuh yang disebut dengan hati ataupun liver. Demikian kurang lebih dari pengertian penyakit hepatitis. Nah kali ini Blog Keperawatan akan sedikit berbagi mengenai penyakit hepatitis dan semoga bisa berguna serta dapat bermanfaat.

Penyakit Hepatitis yang seringkali kita kenal sendiri terbagi dan dikategorikan dengan Hepatitis A,B, dan C. Beberapa penyebab hepatitis dan serta pemicu timbulnya penyakit hepatitis adalah sebagai berikut :
  1. Virus ( Virus ini dikenal dengan virus hepatitis A,Virus Hepatitis B,virus Hepatitis C).
  2. Efek samping konsumsi obat-obatan.
  3. Gangguan metabolisme.
  4. Penyakit autoimun.
  5. Konsumsi alkohol secara berlebihan.
  6. Hingga faktor lemak yang berlebihan (obesitas)
Penyakit

Seperti yang telah di singgung di atas mengenai pembagian penyakit hepatitis atau di masyarakat umum lebig dikenal dengan penyakit kuning, maka berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis penyakit hepatitis tersebut :
  1. Hepatitis A. Di Indonesia negara tercinta kita ini, penyakit hepatitis A merupakan hepatitis yang masih sering mewabah dan umumnya terjadi di daerah yang kurang terjaga higienitas dan juga sanitasinya. Hepatitis A ini menular melalui makanan dan minuman yang tercemar kotoran penderita Hepatitis A. Selain itu, seseorang juga beresiko terkena penyakit hepatitis A jika ia memiliki kebiasaan jajan makanan dan minuman di sembarang tempat. Hepatitis A adalah golongan penyakit Hepatitis yang ringan dan jarang sekali menyebabkan kematian, Virus hepatitis A (VHA=Virus Hepatitis A) penyebarannya melalui kotoran /tinja penderita yang penularannya melalui makanan dan minuman yang terkomtaminasi, bukan melalui aktivitas sexual atau melalui darah. Penyakit Hepatitis A memiliki masa inkubasi 2 sampai 6 minggu sejak penularan terjadi, barulah kemudian penderita menunjukkan beberapa tanda dan gejala terserang penyakit Hepatitis A.
  2. Hepatitis B. Hepatitis B ini merupakan masalah yang paling serius dapat ditimbulkan oleh virus hepatitis. Seseorang yang terpapar ( virus hepatitis B = VHB ) beresiko untuk mengalami serosis (pengerutan hati) dan kanker hati. Virus ini menular melalui kontak seksual, terkena cairan tubuh yang terinfeksi, serta dari ibu kepada janinnya. Hepatitis B merupakan salah satu penyakit menular yang tergolong berbahaya didunia. Hepatitis B dapat menyerang siapa saja, akan tetapi umumnya bagi mereka yang berusia produktif akan lebih beresiko terkena penyakit ini.
  3. Hepatitis C. Hepatiti C ini sama seperti hepatitis B, virus hepatitis C (VHC) merupakan penyebab utama hepatitis akut dan penyakit hati kronis. Cara penularannya adalah melalui media darah, misal transfusi dan berbagi jarum suntik yang sama dengan pengidap hepatitis C. Penderita Hepatitis C kadang tidak menampakkan gejala yang jelas, akan tetapi pada penderita Hepatitis C kronik menyebabkan kerusakan / kematian sel-sel hati dan terdeteksi sebagai kanker hati. Sejumlah 85% dari kasus penyakit hepatitis C ini, infeksi Hepatitis C menjadi kronis dan secara perlahan merusak hati selama periode bertahun-tahun.
Demikian sahabat yang sedikit mengenai mengenal penyakit hepatitis. Dengan kita mengenal akan penyebab hepatitis serta gejala tanda penyakit hepatitis ini kita akan semakin berhati-hati dalam mencegah penularannya dan senantiasa menjaga kesehatan kita semuanya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment