Peranan Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas Ii Ma. Putra Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2006-2007 (AI-46)

Bookmark and Share
BAB
PENDAHULUAN 

A.                 Latar Belakang
Sebagai lembaga pendidikan Islam, sejak awal pertumbuhannya pondok pesantren telah menampakkan dirinya sebagai lebaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam menanamkan akhlak , terutama pada para santrinya. Hal ini dapat dilihat dari tujuan pendidikan pada pondok pesantren yang identik dengan tujuan pendidikan Islam, yakni “membentuk manusia yang mampu merealisasikan idealitas yang Islami“ (Arifin, 1987 : 119). Idealitas Islami yang dimaksud di sini adalah mengandung nilai perilaku manusia yang didasarkan oleh iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sebagai sumber kekuatan mutlak yang harus ditaati.
Pondok Pesantren merupakan lembaga yang cukup efektif dalam membina akhlak dan kesalihan anak setelah keluarga. Peran Pondok Pesantren dalam prinsipnya adalah membina jasmani dan rohani anak peserta didik. Pandangan ini sangat berbeda dengan pandangan pendidikan barat yang sangat menekan kepada unsur jasmani manusia, dalam membentuk potensi yang ada di dalam diri anak didik. Pondok Pesantren idealnya memperjuangkan dalam operasionalnya pembentukan anak didik yang memiliki paham keagamaan beraqidah Islam yang kuat, memiliki niat ikhlas memiliki keberanian, memiliki etos keilmuan, keterampilan dan akhlak yang mulia.

Salah satu penyakit akut yang diderita umat Islam Indonesia adalah dikhotomi antara apa yang disebut dengan “ilmu-ilmu keagamaan dengan ilmu-ilmu umum” pandangan dikotomi terhadap ilmu itu diproduksi terus menerus melalui lembaga-lembaga pendidikan baik pesantren maupun madrasah, sehingga muncul kesan bahwa “ilmu-ilmu umum” itu sebagai “bukan ilmu-ilmu Islam”.
Akibatnya umat Islam sering merasa gamang untuk menekuni “ilmu-ilmu umum” tersebut karena dikesankan tidak berkaitan dengan urusan keagamaan yang berorientasi akhirat.
Jika yang dimaksud dengan ilmu umum itu mecakup ilmu Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan sebagainya. Itu termasuk ayat-ayat kauniyah yang justru diperintahkan Allah untuk diselidiki.
Para pemikir Islam abad pertengahan seperti Ibnu Sina, Jabir Hayyah Albiruni dan beberapa pemikir muslim lainnya tidak menempatkan ilmu-ilmu itu di luar bingkai ajaran dasar Islam dengan bukti rill bahwa sedikitnya 648 ayat Al-Qur’an berkenaan dengan ilmu pengetahuan.
Bertolak dari alasan di atas, para penyelenggara pendidikan dalam hal ini pondok pesantren diharapkan memberikan suplemen pendidikan Islam dalam semua ranah disiplin ilmu pengetahuan, sebagai prinsip dasar aqidah, keimanan dan ketaqwaan yang tersimpul dan tersimpul dan terhujam kuat didalam lubuk jiwa dan diaktualisasikan lewat pribadi yang sholih, memadukan antara pengetahuan, sikap dan prilaku atau lebih menekankan pembentukan ranah apektif dan psikomotorik yang dilandasi oleh ranah kognitif dalam semboyan Islam peserta didik dibina dan diharapkan menjadi manusia yang beriman, berilmu dan beramal untuk mendapatkan kemuliaan dari semua lini kehidupan dan derajat yang tinggi disisi Allah SWT. Allah SWT. berfirman dalam surat Al- Mujadilah ayat 11: 
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ...(المجا دلة:11)
Artinya         :   Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Al-Qur’an dan Terjemahnya, Depaq RI, 1998: 910-911).

Madrasah Aliyah Putra Al- Islahuddiny salah satu lembaga pendidikan agama yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Islahuddiny, konsekwensinya lembaga ini juga berupaya, mengarahkan, mengajarkan, melatih, mengasuh, dan mengawasi.peserta didik dalam kedisiplinan, keteladanan untuk sampai kepada tingkat keshalihan santri dalam kedisiplinan, keteladanan, peribadatan dan berakhlakulkarimah. Seperti layaknya lembaga-lembaga yang sama, MA. Putra Al-Islahuddiny akan melewati kendala-kendala internal dan eksternal.
Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba melakukan penelitian dengan judul: Peranan Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny dalam Membina Akhlak Siswa Kelas II MA. Putra Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2006-2007.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

Rahman Rahman said...

saya pesan skripsi yg ini buat tmbahan refrensi

Post a Comment