Panduan Penulisan Makalah Ilmiah

Bookmark and Share

UMUM

  1. Naskah merupakan karya asli yang belum pernah diterbitkan dimanapun sebelumnya.
  2. Naskah dalam bahasa Inggris ataupun Indonesia yang baik dan benar, dilengkapi dengan Sari dalam Bahasa Indonesia dan Abstract dalam Bahasa Inggris.
  3. Teks harus tercetak jelas; gambar dan foto harus asli dengan ukuran maksimum 195x150 cm. 
  4. Naskah harus ditelaah dan disunting paling tidak oleh dua orang dari Dewan Redaksi dan/ataupun Editor Ilmiah (Scientific Editor) sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  5. Sedapat mungkin, sebelum masuk ke Dewan Redaksi, naskah (makalah) telah ditelaah (reviewed) oleh penelaah di masing-masing Kelompok Program.
  6. Dewan Redaksi berhak menolak naskah / makalah yang kurang memenuhi syarat sebagai tulisan ilmiah.
  7. Disket ataupun CD yang berisi teks, gambar, dan potret yang telah diperbaiki sesuai dengan telaahan dan suntingan, dan dinyatakan dapat diterbitkan oleh Dewan Redaksi, segera diserahkan kepada Ketua Dewan Penerbit / KBPI.

NASKAH

  1. Halaman pertama naskah berisi judul makalah ,nama penulis,nama instansi dan alamat, sari dan abstract, serta kata kunci (keywords).
  2. Print-out naskah diketik dengan computer dalam MS dengan huruf Times New Roman,Font-12,spasi 2
  3. Beri satu spasi antara heading dan teks dibawahnya.Antara alinea:
  4. Susunan isi : klik disini
  5. Acuan (References); harus diacu (cited / referred) dalam tulisan, dan mendukung isi tulisan, ditulis dalam daftar dan disusun menurut abjad. Hindari penulisan nama penulis / pengarang maupun editornya dengan huruf besar. Semua nama penulis harus ditulis, tidak boleh hanya nama penulis pertama dengan tambahan drr. / dkk.
    Contoh: Klik di sini
  6. Gambar/ peta/potret diletakkan pada halaman akhir makalah.
  7. Keterangan gambar dan potret diketik satu spasi dan diletakkan di bawah gambar / potret ;diakhiri dengan titik.Huruf besar hanya pada awal kalimat dan nama diri.
  8. Keterangan tabel juga diketik dalam satu spasi , diletakkan di atas tabel; tidak diakhiri dengan titik. Setiap awal kata, kecuali kata depan atau keterangan rempat ditulis dengan huruf besar (kapital)

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment