Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Bookmark and Share
Sebentar lagi acara perpisahan sekolah akan dilaksakan, istilahnya menurut saya bukan acara perpisahan sekolah akan tetapi pelepasan. Kalau perpisahan terkesan seperti mau kemana. Menjelang acara perpisahan pastinya panitia sudah menyusun atau membuat susunan acara perpisahan sekolah. Panitia sibuk mempersiapkan acara perpisahan sekolah sedangkan siswa sedang pusing karena saatini merupakan masa – masa dimana siswa sedang melaksanakan Ujian Nasional, sebentar lagi mereka akan menghadapi tingkatan study yang lebih tinggi, Siswa Kelas 6 SD masuk ke SMP, siswa kelas 9 SMP masuk ke SMA/SMK dan yang kelas 12 SMK/SMA masuk ke perguruan tinggi. Buat yang bingung soal jurusan kuliah bisa dilihat di Tips Memilih Jurusan Kuliah.
Baiklah, kembali ke pokok pembicaraan mengenai susunan acara perpisahan sekolah SD/SMP/SMA/SMK. Suatu acara akan berjalan dengan baik dan menyenangkan jika acara tersebut tersusun dengan rapi. Susunan acara perpisahan sekolah yang baik harus dibuat dengan runtut.

Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

Susunan acara perpisahan yang saya buat ini mungkin belum sempurna, jadi kalau ada tambahan mohon dikoreksi dikolom komentar. Nah contoh susunan acara perpisahan sekolah yang sudah saya buat seperti di bawah ini.

  1. Pembukaan (MC)
  2. Sambutan dari Ketua Panitia
  3. Ucapan Kata – kata dari Siswa (Kelas 9 atau 12)
  4. Ucapan Kata – kata dari (Osis atau adik kelas)Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah
  5. Sambutan dari Wali Murid
  6. Sambutan dari Kepala Sekolah
  7. Pelepasan Atibut Sekolah ( Siswa )
  8. Penyerahan Cendramata
  9. Penyerahan Hadiah untuk Siswa Berprestasi
  10.  Hiburan (Pentas Seni)
  11.  Pembacaan doa
  12.  Penutup

Penjelasan Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah

1. Pembukaan (pembukaan disini dibacakan oleh MC biasanya dengan tanda atau ucapan Basmalah sebagai tanda acara perpisahan sekolah dibuka sekaligus pembacaan susunan acara perpisahan)
2. Sambutan Ketua Panitia (Sambutan ketua panitia ini berisi tentang semua kegiatan, pernyataan selamat mengikuti acara ini serta pernyataan maaf dari panitia jika ada kekurangannya)
3. Ucapan Kata – kata dari Kelas 6 SD, Kelas 9 SMP dan Kelas 12 SMA/SMK (biasanya ucapan terima kasih dan permohonan maaf dari siswa kepada pihak sekolah serta minta doa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Biasanya perwakilan satu siswa saja, nah yang ditunjuk harus siap berpidato, nah untuk contoh pidato perpisahan bisa di lihat di Contoh Pidato Perpisahan Sekolah.
4. Ucapan Kata – Kata dari Adik Kelas (OSIS) (biasanya ucapan ini diwakili oleh ketua OSIS dan isinya ucapan selamat kepada kakak kelas, permintaan maaf dan terima kasih.
5. Sambutan dari Wali Murid (biasanya ucapan terima kasih kepada pihak sekolah karena telah membantu anak-anak mereka dalam menuntut ilmu sampai lulus sekolah)
6. Sambutan dari Kepala Sekolah ( biasanya kepala sekolah menyampaikan selamat kepada siswa karena telah lulus serta kesan, pesan kedepan)
7. Pelepasan Atribut Sekolah ( biasanya perwakilan 2 orang siswa dan siswi untuk dilepas atribut sekolah oleh kepala sekolah)
8. Penyerahan Cindera Mata (biasanya penyerahan cindera mata kepada bapak/ibu guru sebagai ucapan terima kasih)
9. Penyerahan Hadiah untuk siswa berprestasi (kalau ada)
10. Hiburan (acara ini merupakan acara santai dan biasanya diisi oleh penampilan siswa tentang seni, ada yang menyanyi, baca puisi, dan band. Buat yang biasa mengadakan kegiatan pensi biasanya tampil disini, nah ini contoh proposal kegiatan pensi yang sering digunakan.
11. Pembacaan doa (ada yang membacakan doa, biasanya oleh guru agama disekolah)
12. Penutup (Biasanya oleh MC dengan bacaan alhmdllah)
Nah itulah Contoh Susunan Acara Perpisahan Sekolah yang bisa dijadikan referensi. Untuk selanjutnya semua terserah kepada panitia perpisahan mau bagaimana acara tersebut dibuat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment