Mahasiswa UIN Suka Raih Juara 3 Dalam Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam

Bookmark and Share


Tim Karya Tulis Ilmiah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali keluar sebagai juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam Se-Indonesia yang diadakan oleh SEVENTSEAS 2013 (Sharia Economics Event South East Asia) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang tanggal 23-24 November 2013.
Tim karya tulis ilmiah UIN Suka yang beranggotakan Rahmad Kadry, Ema Prariwi dan Akhmad Syaifudin, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, Jurusan Keuangan Islam mengusung Judul: Akselerasi OperasionalWarehouse Receipt Integrated System (Wris) Islamic Microfinance Upaya Meningkatkan Permodalan Dan Pendapatan Pertanian Di Indonesia (Pendekatan Cooperative Farming).
Rahmad Kardry salah satu anggota tim mengungkapkan, Event ini di bagi menjadi tiga tahap, tahap pertama para peserta membuat abstrac dengan tema yang telah di tentukan oleh panitia, dimana akan di ambil 50 abstrac terbaik di seluruh indonesia. “ Pada tahap ini kami berada di urutan 23 dari 50 abstrac yang terkumpul. Kemudian pada tahap kedua, 50 abstrac terbaik mengirimkan full papernya ke pada panitia dengan waktu yang telah ditentukan. Di tahap ini alhamdulilah UIN Sunan kalijaga berada pada urutan pertama dari 10 paper terbaik yang ditentukan dewan juri dari seluruh indonesia yang berhak untuk mempresentasikan Karya tulis ilmiahnya di hadapan dewan juri di Universitas Brawijaya. Adapun universitas yang masuk pada tahap ini adalah 1 tim dari UIN Sunan Kalijaga, 2 tim dari Universitas Brawijaya Malang, 3 tim STEI Tazkia Jakarta, 1 tim UTM, 1 tim UnairSurabaya, 1 tim Unpad, 1 tim IPB”, tutur Rahmad penuh semangat.
“Sungguh pengalaman yang luar biasa sekali ketika bertemu dengan para finalis dari berbagai universitas, banyak pengalaman yang di dapat dari ajang tersebut. Kami bisa mengukur sejauh mana kaijian ke ilmuan yang kami dapat dari kampus. dan kami bisa mengambil pengalaman dan ilmu dari ajang tersebut. kami merasa pemahaman tentang ekonomi islam masih kurang dan perlu lebih semangat lagi dalam belajar”, timpal Ema Pratiwi.
Terlebih lanjut Ema berharap ajang lomba karya tulis ilmiah ini bisa menjadi media keilmuan dalam menambah wawasan ekonomi islam sekaligus mempererat silaturrami antar kelompok studi eknomi islam kedepannya, yang nantinya bisa melahirkan suatu kajian baru yang tidak hanya dalam ranah theory, akan tetapi bisa menjadi langkah praktis yang dapat menjadi salah satu solusi alternatif dalam meningkatkan perekonomian indonesia saat ini. (Doni T W-Humas UIN Suka).

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment