Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran?

Bookmark and Share

nanas-dalam

Buah nanas sampai kini masih sangat dijauhii oleh ibu hamil yang takut mengalami keguguran jika mengonsumsinya. Benarkah mengonsumsi buah nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran?
Buah nanas banyak dikonsumsi oleh masyarakat baik sebagai buah asli, jus atau bisa juga dicampurkan dalam salad buah, asinan dan rujak. Nanas merupakan salah satu buah tropis yang bisa memberikan efek segar bagi yang mengonsumsinya. Namun, nanas juga dikenal mengandung tingkat keasaman yang tinggi.
Sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan secara ilmiah mengenai hubungan antara mengonsumsi nanas saat hamil dengan keguguran. Namun, ada beberapa hal yang menunjukan bahwa nanas bisa memberikan efek pada mulut rahim dan sperma seseorang.
Meskipun belum ada penelitian secara ilmiah tapi dipercaya buah nanas bisa menyebabkan keguguran pada awal kehamilan, jika mengonsumsi buah nanas yang masih belum matang dan mengandung tingkat asam yang tinggi. Sedangkan jika mengonsumsi nanas pada usia akhir-akhir kehamilan bisa menyebabkan kontraksi yang lebih dini, seperti dikutip dariBabycenter, Jumat (4/9/2009).
Namun, yang harus diingat adalah nanas bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam keadaan mentah serta belum matang. Karena bisa menyebabkan kontraksi pada rahim, keguguran, muntah, diare serta periode menstruasi yang berat. Sedangkan pada buah yang masih mentah, ditakutkan masih mengandung bahan-bahan insektisida atau zat lain yang berbahaya bagi janin yang sedang dikandung.
Nanas merupakan buah yang mengandung vitamin, mineral, serat dan enzim yang bagus untuk membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu juga sumber vitamin C yang bagus serta mengandung sedikit lemak dan sodium.
Mitos atau fakta bahwa buah nanas bisa menyebabkan keguguran masih belum bisa dipastikan secara ilmiah. Namun yang pasti bagi ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi nanas yang masih mentah dan belum matang. Lebih baik mengonsumsi nanas yang sudah matang dan manis serta makanlah nanas secukupnya dan jangan berlebihan.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment