Tanda-Tanda Persalinan

Bookmark and Share
Tanda Ciri Akan Melahirkan ~ Melahirkan adalah sebuah proses keluarnya janin bayi dari rahim seorang ibu hamil ke dunia luar. Tentunya persalinan ini adalah ujung dari proses kehamilan pada ibu hamil dari awal proses pembuahan (bertemunya sel telur dengan sel sperma) sampai dengan tiba masanya saat persalinan normal datang. Untuk itulah para orang tua juga mengetahui akan pentingnya persiapan menjelang persalinan sehingga ketika proses melahirkan berlangsung, segala hal yang terkait dengan keperluan ibu hamil setelah melahirkan dan juga untuk keperluan alat-alat perawatan bayi baru lahir juga sudah dipersiapkan dengan baik pula.

Hal ini pula yang menyebabkan saya harus memendam keinginan besar untuk bersilaturahmi dengan sahabat-sahabat blogger dalam pertemuan majlis Sepetang Bersama Blogger 2013 yang diadakan di Kuala Lumpur di Hotel Singgahsana, Petaling Jaya, Selangor pada jam 2.00pm, 26/1/2013 ini atas anjuran Denaihati Network.

Bila sahabat-sahabat blogger Indonesia berminat masih ada waktu untuk mendaftar di link tersebut di atas. Sehingga hal tersebutlah yang membuat saya juga harus memohon maaf kepada sahabat denaihati atas undangan kehormatan bagi saya yang tidak bisa untuk menghadirinya.

keterangan gambar

Kembali pada hal pokok pembicaraan kita mengenai tanda awal melahirkan ini. Beberapa minggu kemarin istri sempat mondok di rumah sakit karena adanya rasa kenceng-kenceng dan mules yang dirasakannya. Sehingga hal ini membuat saya harus segera membawanya ke hospital dan melakukan pemeriksaan kehamilan. Ternyata karena umur kehamilannya yang baru 34 minggu maka persalinannya atas anjuran dokter harus dipertahankan karena belum cukup umur dan bila tetap lahir maka akan dalam kategori kelahiran premature.

Untuk itulah perlunya kita mengetahui akan tanda-tanda awal kelahiran akan segera tiba. Karena dengan mengetahui ciri persalinan akan berlangsung akan membantu kita untuk segera mencari pertolongan kepada tenaga kesehatan baik itu bidan atau pun datang ke Rumah Sakit.

Hal-hal yang perlu dan penting untuk para ibu hamil terkait dengan proses persalinan antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Kapan kehamilan ibu berakhir?
  2. Bagaimana tanda ibu akan melahirkan?
  3. Bagaimana tanda melahirkan?
  4. Bagaimana ciri melahirkan?
  5. Kapan harus ke rumah sakit bersalin? Kapan harus ke bidan?
Berikut cara mengenali tanda-tanda wanita akan melahirkan segera berlangsung diantaranya yaitu :

Sakit Pada Panggul atau Pinggul.
Hal ini karena adanya peningkatan pergerakan dan juga pergeseran janin yang mulai menekan pada daerah tersebut. Rasa sakit ini juga harus bisa dibedakan apakah sakit biasa atau karena akan melahirkan. Bila ibu hamil yang pernah melahirkan akan bisa membedakannya, akan tetapi pada ibu hamil anak pertama hal ini juga bisa cukup membingungkan untuk membedakannya.

Keluarnya lendir yang bercampur darah.
Hal ini berarti juga merupakan ciri tanda segera melahirkan karena adanya proses pembukaan. Dalam istilah kesehatan dan medisnya disebut dengan bloody show. Pada waktu bersamaan dengan ini akan terjadi proses pelunakan, pelebaran, serta penipisan mulut rahim.

Adanya Kontraksi.
Kontraksi pada ibu hamil yang akan melahirkan berjalannya secara teratur dan konsisten dan kontraksi akan bertambah banyak dalam 15 menit maka ini juga tanda segera datangnya proses melahirkan. Kontraksi khas akan melahirkan ini terasa makin sering, makin lama waktunya, dan makin kuat terasa, disertai dengan mulas atau nyeri seperti halnya kram perut. Perut ibu hamil akan terasa kencang.

Nyeri yang dirasakan terjadi pada bagian atas atau bagian tengah perut atas atau puncak kehamilan (fundus), pinggang dan panggul serta perut bagian bawah. Hal ini juga harus dibedakan dengan kontraksi palsu (his palsu) dalam istilah medisnya dikenal dengan kontraksi Braxton Hicks. Ini pula yang beberapa hari yang lalu membuat istri harus menginap di Rumah Sakit 1 hari karena mengira ini adalah tanda kontraksi akan bersalin.

Pecahnya Air Ketuban.
Ini juga dialami istri ketika menjalani proses kelahiran anak pertama. Ketika air ketuban mulai pecah dan bocor maka hal ini kita kenali dengan tanda pecah ketuban seperti merasakan semburan air atau hanya rembesan, namun peristiwa pecahnya air ketuban tidak terasa, karena membran tidak memiliki syaraf. Pada istri saya kejadiaannya hanya merembes saja sehingga waktu itu segera datang ke Rumah Sakit Ini juga yang disebut dengan Pecah Ketuban Dini (KTD).

Cairan ketuban umumnya mempunyai warna yang bening, tidak berbau, dan akan terus keluar sampai ibu akan melahirkan. Keluarnya cairan ketuban dari jalan lahir ini bisa terjadi karena berbagai hal. Bisa karena mengalami trauma, infeksi, atau bagian ketuban yang tipis (locus minoris) berlubang dan pecah. Bila pecah ketuban berarti selaput ketuban sudah ada 'hubungan' dengan dunia luar dan hal ini membuka potensi kuman untuk masuk. Karena itulah ibu hamil harus segera mendapatkan penanganan dan dalam kurun waktu maksimal 24 jam diharapkan bayi sudah bisa dilahirkan. Bersamaan pecahnya membran ini, ibu akan mengalami kontraksi atau nyeri yang lebih intensif.

Demikian beberapa hal mengenai tanda awal akan bersalin dan melahirkan yang perlu kita ketahui baik bagi ibu hamil itu sendiri maupun bagi sang ayah. Dan hari-hari ini juga sedang mempersiapkan sebuah nama baik untuk anak.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment