HARGAILAH HIDUP INI DENGAN CARA YANG BAIK

Bookmark and Share
Sahabatku,....
Hidup ini sebenarnya sangat singkat, bahkan kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi untuk masa depan nanti. Ada seseorang yang sangat alim dan bijak pernah berkata, bahwa hidup ini hanya ada dua tarikan nafas, jika kita bisa menghirup udara belum tentu kita bisa berhasil untuk mengeluarkannya.

Coba anda rasakan dan bayangkan, bagaimana anda mendengar cerita dari seseorang yang pernah selamat dari  bencana, sungguh begitu berat perjuangan mereka sehingga masih bisa bertahan hidup. Saya tidak bermaksud menakut-nakuti tapi sekedar mengingatkan. Begitu singkat dan berharganya hidup yang kita jalani ini. Sayang sekali jika hidup yang singkat dan berharga ini kita sia-siakan dan tidak menghargai hidup yang merupakan kesempatan emas sebagai Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Sudah sepantasnya kita patut bersyukur dan mensyukuri, karena kita tidak menjalani masa-masa hidup yang kritis, seperti yang pernah dialami oleh mereka dimana kemungkinan hidup sangat tipis akibat, sakit, tertimpa bencana alam, kecelakaan, dan lain sebagainya. Pasti anda termasuk orang yang beruntung jika mulai hari ini anda tergerak hatinya untuk menggunakan sisa waktu yang anda miliki untuk melakukan banyak hal yang sangat bermanfaat, baik untuk diri anda sendiri maupun bermanfaat untuk orang lain.

Ada beberapa hal yang mungkin dapat membantu anda untuk dapat semakin menghargai kehidupan  sehingga anda dapat menikmatinya.
1. yang pertama, cipatakanlah visi  atau impian anda. Definisikan dengan jelas, bagaimana anda ingin memberi arti untuk kehidupan ini. Javan, Penemu Gas laser dari Iran mengatakan,"saya berharap menjadi segalanya bagi setiap orang, Saya hanya ingin menjadi sesuatu untuk seseorang". Pasti anda mempunyai pendapat lain bagaimana memberi arti terhadap kehidupan anda sendiri.

2. Setelah itu lakukanlah Instrospeksi diri. Jika anda menemui beberapa hal yang membuat hidup anda merasa tidak nyaman, maka anda harus membuat suatu perencanaan beberapa perubahan yang dibutuhkan  agar  hidup anda menjadi nyaman. Pastikan dengan benar bahwa perubahan-perubahan tersebut dapat mendekatkan anda pada visi tersebut, dan semakin membuat anda menghargai apa yang anda miliki.

3. Langkah terpenting  selanjutnya adalah melakukan Perubahanseperti apa yang sudah anda rencanakan sebelumnya. Pada proses ini anda  akan semakin banyak menemukan nilai-nilai yang pada akhirnya akan mempengaruhi pikiran, keputusan, tindakan, dan pengalaman hidup anda. Dalam hal ini anda juga harus bisa melakukan management waktu, agar waktu anda benar-benar termanfaat dengan baik. Decide upon your major definite purpose in life and then organize all activites around it. Putuskan target hidup anda secara garis besar, lalu rencanakan tindakan-tindakan untuk mencapainya."Semakin keras anda bekerja, semakin besar hasil yang anda dapatkan". Bukan berarti saya menganjurkan kerja keras mengejar materi semata, melainkan mengejar pemenuhan kebutuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial. Pemenuhan semua kebutuhan tersebut harus pula seimbang.

Untuk itu berilah tubuh anda dengan asupan gizi yang cukup sebagai modal untuk bekerja keras. Dengan fisik yang sehat sangat mungkin anda dapat melakukan banyak hal yang positip dan menjadikan kehidupan anda lebih baik dan berarti baik bagi diri sendir dan orang lain. Jangan sia-siakan tubuh anda dengan melakukan tindakan-tindakan yang konyol yang membahayakan jiwa atau mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat merusak kesehata.  jadwalkan secara rutin seperti olah raga misalnya, agar tubuh lebih segar dan berstamina.
Gunakan kesempatan yang tersisa untuk memperluas wawasan, Bacalah buku, ikuti seminar, atau dengan mendengar radio yang dapat menginspirasi ide-ide, ketrampilan maupun semangat baru. Dengan demikian anda dapat bertindak dan bertutur kata lebih baik sehinggah kwalitas hidup andapun semakin menjadi lebih baik, lebih kreatif, tidak mudah stress ataupun putus asa.

4.Hubungan sosial, sangat Penting agar kehidupan yang kita jalani semakin lebih menyenangkan. Sekali-kali luangkan waktu bersama orang-orang disekitar kita. Jangan segan berbagi waktu atau hadiah-hadiah kecil, misalnya terlibat dalam kerja bakti dilingkungan sekitar rumah, memberi kado pada pasangan, dan lain sebagainya. Banyak sekali yang bisa anda lakukan untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain agar hidup semakin menyenangkan. Beberapa contoh sederhana yang dapat anda lakukan untuk terciptanya hubungan dengan baik terhadap sesama adalah lebih mencintai, lebih banyak memberikan senyuman manis, lebih ramah dalam melayani, dan lain sebagainya.

5.Kekuatan spiritual, adalah sumber kebajikan. Sebagai kunci keseimbangan hidup anda. Oleh sebab itu dekatkanlah diri kepada Tuhan YME dengan beribadah dan juga melaksanakan nilai-nilai kebaikan  sesuai dengan agama yang anda anut. Kekuatan spiritual akan mencegah kebiasaan- kebiasaan buruk misalnya mengeluh dan lain sebagainya. Sebaliknya anda Menjadi orang yang lebih pandai bersyukur dan menghargai kehidupan anda.

6. Menggunakan nilai-nilai kebaikan dalam agama, sosial, maupun ilmu pengetahuan ke dalam aktifitas kehidupan sehari-hari secara konbsisten. Semakin banyak Nilai-nilai kebaikan yang dapat anda terapkan, kehidupan anda akan terus lebih baik. suatu saat anda akan dapat menikmati kehidupan yang dulu mungkin anda anggap jauh dari angan.

Dalam melaksanakan langkah-langkah seperti yang sudah dijelaskan di atas tentu saja membutuhkan kemauan yang keras dan kedisiplinan. Meskipun masing diantara kita juga memiliki keterbatasan, tetapi Tuhan YME menyediakan banyak sekali pilihan. Saya yakin anda pasti dapat melaksanakan langkah-langkah tersebut dengan baik, jika anda betul-betul mencintai diri anda dan memilih untuk menggunakan kesempatan Emas yang masih anda miliki dengan sebaik-baiknya.

Demikian sekedar untuk berbagi, semoga bermanfaat.


============0000============
Silahkan mampir dan kunjungi

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment