Kebutuhan Air dalam kehidupan

Bookmark and Share
Sebagai makhluk hidup kita semua sangat membutuhkan air, Tanpa air kita semua akan sulit untuk bisa bertahan hidup, apalagi seperti ikan yang memang hidupnya di dalam perairan. Air sangat dibutuhkan oleh kita semua, oleh karena itu air dikatakan sebagai sumber kehidupan. Air yang dibutuhkan oleh kita tentu secukupnya. Kekurangan air kita semua akan menjadi fatal, demikian sebaliknya terlalu banyak dan berlebihan bisa mubadzir bahkan dapat membuat malapetaka ataupun bencana. 
Bagi Makhluk hidup, Air merupakan zat pelarut yang penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara. 
Dalam Sistim Perairan Bumi ini sangat dipenuhi dengan berbagai macam kehidupan. Semua makhluk hidup pertama di Bumi ini berasal dari perairan. Hampir semua ikan hidup di dalam air, selain itu, mamalia seperti lumba-lumba dan ikan paus juga hidup di dalam air. Hewan-hewan seperti amfibi semua menghabiskan sebagian hidupnya di dalam air. Bahkan, beberapa reptil seperti ular dan buaya hidup di perairan dangkal dan lautan. Tumbuhan laut seperti alga dan rumput laut menjadi sumber makanan ekosistem perairan. Di samudera, plankton menjadi sumber makanan utama bagi kehidupan ikan. 

Ketergantungan manusia terhadap air 
Kehidupan manusia semua juga sangat tergantung pada kecukupan air.Dalam sejarah peradaban manusia juga disebutkan bahwa Mesopotamia yang disebut sebagai awal peradaban berada di antara sungai Tigris dan Euphrates. Peradaban Mesir Kuno bergantung pada air yang berada di sungai Nil. Pusat-pusat manusia yang besar seperti Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York City, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hong Kong dapat hidup dan sejahtera karena adanya kemudahan akses melalui perairan. Air yang dibutuhkan terhadap kesehatan pada Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi sejumlah 8 gelas tersebut tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh. Malah kadang-kadang untuk beberapa orang, jika meminum air lebih banyak atau berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan. Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari, dengan tambahan bila berolahraga atau pada cuaca yang panas. 



Sumber: Wikipedia 
http://id.wikipedia.org/wiki/Air#Air_dalam_kesenian


JANGAN LUPA SILAHKAN MAMPIR DAN KUNJUNGI CV.MITRA BIBIT
 CV.MITRA BIBIT SIAP MEMBANTU MENGHIJAUKAN BUMI
 

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment