Menjaga Kesehatan Tubuh

Bookmark and Share
Sebagai manusia pada umumnya tentunya memiliki tubuh yang selalu sehat adalah keinginan dan harapan kita semua. Karena dengan dukungan tubuh yang sehat maka kita bisa menjalankan aktifitas sehari-hari kita dengan lebih baik dan maksimal pula. Apalagi bagi tenaga kesehatan yang tentunya kesehariannya adalah berhubungan dengan orang yang sakit baik dalam hal proses perawatan dan juga proses pengobatan serta penyembuhan.

Bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang baik bila kondisi kita sendiri sebagai tenaga kesehatan khususnya sedang tidak fit atau pun kurang sehat. Bukannya pelayanan yang optimal bisa kita berikan, kita malahan bisa dan juga beresiko untuk tertular penyakit bila berhubungan dan merawat pasien-pasien dengan penyakit menular. Untuk itulah penting dan manfaat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. walaupun dalam sakit ada hikmah dalam sakit yang bisa kita peroleh.

Tips Menjaga Kesehatan Kebugaran Tubuh

Sudah sewajibnya sebagai seorang muslim kita untuk bersyukur atas nikmat sehat yang kita peroleh dan dikaruniakan Allah kepada kita semuanya. Dengan bersyukur kepada Allah akan menjadi salah satu sebab akan terjaganya nikmat yang dikaruniakan kepada seseorang dan menyebabkan datangnya nikmat-nikmat Allah yang lainnya. Allah berfirman yang artinya :"Karena itu ingatlah kamu kepada-Ku, dan bersyukurlah kalian kepada-Ku, dan janganlah kalian mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al-Baqarah: 152).

Salah satu jalan untuk mensyukuri nikmat sehat ini adalah dengan cara menjaga kesehatan tubuh kita dan menggunakannya dalam hal amalan sholeh dan kebaikan yang bisa kita lakukan untuk kebanyakan umat manusia.

Bila kita membicarakan mengenai tips menjaga kesehatan badan maka hal yang perlu menjadi perhatian adalah faktor yang bisa mempengaruhi akan kondisi tubuh kita diantaranya yaitu mulai dari makanan yang kita konsumsi, kondisi cuaca dan lingkungan sekitar kita dan sebagainya. Apalagi kita dalam musim penghujan ini, maka kita memerlukan beberapa tips menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan.

Ada beberapa kiat tips jaga kesehatan badan kita diantaranya yaitu dengan :
  1. Istirahat yang cukup. Istirahat tidur ini dalam artian kita harus mengatur waktu tidur secara proporsional dalam rangka untuk mengistirahatkan kerja organ dan fisik kita, agar sel-sel dalam tubuh kita bisa memperbaiki diri dan juga membangun sel yang rusak.
  2. Berolah raga secara teratur. Bila kita disibukkan dengan pekerjaan kita serta rutinitas kegiatan keseharian kita maka sempatkanlah sedikit waktu untuk melakukan olahraga ringan misalnya dengan jalan santai atau pun menggerakkan tubuh untuk peregangan. Idealnya adalah dalam seminggu bisa dilakukan 2-3 kali dengan waktu kurang lebih 30 menit. Tetapi dilakukan secara rutin pula.
  3. Memperhatikan kebersihan makanan yang kita konsumsi. Kebersihan dan higienitas makanan yang sehari-hari kita dan keluarga kita konsumsi harus dijaga. Selanjutnya adalah masalah kuantitas makan kita. Porsi makan kita juga tidak boleh berlebihan sampai membuat kita kekenyangan. Bukankah Rasulullah shallallahu a'alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita bahwasannya kita makan setelah merasakan lapar dan berhenti sebelum kenyang. Sebuah falsafah yang dalam dunia kesehatan diakui dan dibuktikan bahwa hal tersebut menyehatkan badan tubuh kita.
  4. Mencukupi kebutuhan makanan berserat setiap harinya. Makanan yang tinggi serat dibutuhkan tubuh dalam hal mempermudah proses pencernaan. Konsumsi tinggi serat ini dapat kita temui dalam buah-buahan. Selain hal tersebut kebutuhan tubuh akan vitamin juga harus bisa terpenuhi. Kebutuhan vitamin C dan D sangat mendukung kita dalam proses memelihara kesehatan badan kita. Manfaat vitamian dalam hal ini vitamin D bermanfaat untuk menstimulasi sel imun yang berguna menangkal serangan virus / bakteri. Itu adalah salah satu manfaat vitamin D. Sumber vitamin D dapat kita jumpai dari berbagai bahan makanan seperti halnya telur, hati dan juga ikan yang akan diurai melalui sinar matahari pagi. Manfaat vitamin C adalah meningkatkan daya tahan tubuh kita pula. Sumber vitamin C dapat kita jumpai dari buah-buahan pula contohnya buah jeruk.
  5. Berfikir positif. Hubungan tubuh dan pikiran tidak bisa dipisahkan. Hubungannya adalah bila kita melakukan cara menjaga stamina tubuh dan tubuh kita juga sehat maka akan memberikan efek positif pada pikiran pula. Berpikir positif juga sebaiknya kita lakukan ketika kita sedang ada dalam masalah. Rasa optimis dan istilah never give up sebuah kata yang saya ingat terus dari sahabat Denaihati bila kita sedang ada dalam suatu masalah maka energi positif yang melindungi kita akan memberikan daya kesehatan tersendiri. Contohnya bila tubuh kita sedang stres, maka pada keadaan seperti ini tubuh akan mudah terserang virus atau pun bakteri dibandingkan dengan kondisi orang yang tidak dalam keadaan stres.
Demikian tadi beberapa cara menjaga kebugaran tubuh kita agar kita bisa menjaga kesehatan dan bersyukur atas nikmat sehat pula serta dalam melakukan aktifitas keseharian kita baik dalam hubungan kita terhadap sesama manusia atau pun hubungan kita kepada Allah dalam menjalankan ibadah.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment