Rumah Sehat

Bookmark and Share
Ciri Kriteria Rumah Sehat dan juga menjadikan rumah kita sebagai rumah yang sehat dan bersih adalah dambaan seluruh keluarga. Karena rumah adalah bagian dari lingkungan yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi taraf dan tingkat kesehatan seluruh anggota keluarga pula. Kebersihan dipandang dari sudut Islam adalah bagian pula dari keimanan. Kondisi rumah menjadi penting untuk diperhatikan karena di tempat inilah keluarga berkumpul setiap anggota keluarga.

Kita juga perlu mengetahui akan bagaimana tanda-tanda rumah yang sehat dan bersih karena hal ini akan dengan kita mengetahui bagaimana kriteria sebuah rumah yang sehat kita bisa mempelajari sekaligus mempraktekkannya tatkala kita membangun rumah untuk pertama kalinya atau pun ketika merenovasi rumah serta mendesain rumah baru. Karena hal ini adalah termasuk bagian dari standar rumah yang sehat.

Ciri Kriteria Rumah Sehat

Ciri Rumah Sehat

Rumah harus sehat secara psikologis serta juga secara jasmani. Rumah juga harus penuh dengan nuansa Islami, bukan hanya saja nuansa rumah yang islami saja, tetapi juga diharapkan keluarga keseluruhan penghuni rumah juga menjalankan syariat islam berkenaan dengan tempat tinggal yang banyak juga kita dapatkan dalam Al-Qur'an atau pun hadist Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Sehingga nantinya rumah kita menjadi rumah sehat islami sesuai tuntunan agama. Sehingga impian rumah menurut ajaran tuntunan agama akan menjadi seperti kata-kata berikut ini yaitu Rumahku Surgaku akan bisa terwujud.

Yang dimaksud pengertian rumah yang sehat secara psikologis adalah rumah mampu memberikan perasaan aman, nyaman serta selaras dengan keseluruhan penghuninya. Sedangkan yang dimaksud dengan rumah sehat secara jasmani tentunya adalah rumah yang bersih, tertata dengan rapi serta juga terbebas dari segala kuman penyakit yang bisa menimbulkan penyakit pada anggota keluarga.

Menurut yang saya pernah baca dalam sebuah buku karya Andie Wicaksono yang berjudul 'Menciptakan Rumah Sehat' ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan dari sebuah rumah tempat tinggal. Faktor agar tercipta suasana lingkungan rumah yang sehat diantaranya yaitu :
  1. Tata Letak Pengaturan Rumah.
  2. Penggunaan Material.
  3. Bentuk Massa Bangunan.
  4. Struktur serta Perabot Rumah Tangga.
Bila berbicara mengenai perabot dan furniture-furniture sebuah rumah maka yang memenuhi syarat kesehatan tentunya tidak terbuat dari logam yang tajam yang bisa membahayakan anggota keluarga apalagi bila ada anak-anak yang masih kecil. Selain itu perabot juga kita minimalisasi ari penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Berbicara mengenai tata letak rumah beserta dengan penataan yang tepat sesuai dengan fungsi penggunaan dari ruangan juga perlu untuk diperhatikan. Ruangan yang sempit serta tidak tertata rapi akan membuat para penghuni rumah tidak nyaman dan rasa ketidaknyamanan ini akan bisa memicu tingkat stress penghuni rumah. Apalagi bila kita pulang kerja dan capai tentunya menginginkan rumah yang bersih rapi agar bisa melepas rasa lelah dan juga bercengkerama dengan anak-anak serta anggota keluarga lainnya.

Ada pula beberapa kriteria rumah sehat sederhana bila dilihat dari segi fisik. Diantaranya yaitu :
  • Rumah sehat memerlukan ventilasi udara dan juga ventilasi cahaya yang cukup. Serta fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang cukup tersedia dan bersih pula. Ventilasi Rumah ini mencakup akan jendela dan pintu yang cukup. Untuk pertukaran udara dipagi hingga sore hari. Jendela yang ideal untuk kesehatan adalah yang sering dibuka tutup agar pertukaran udara berjalan dengan baik pula. Saat malam, jendela dan pintu harus ditutup dengan sempurna pula.
  • Rumah sehat yang mencakup akan segi keamanan meliputi letak rumah yang baik yang bisa mencegah terjadinya kecelakaan seperti halnya kebakaran dan juga jarak rumah dari jalan umum terutama yang berada di pinggir jalan harus menjadi perhatian pula.
  • Ciri rumah sehat juga perlu dilihat dari segi lingkungan tempat tinggal. Jauh dari polusi baik itu polusi udara, polusi suara dan juga berada dalam lingkungan masyarakat yang saling bantu membantu satu sama lainnya antar warga masyarakat sekitarnya.
Lalu bagaimana dengan filosofi rumah sehat itu sendiri. Secara pandangan umum filosofi makna rumah sehat adalah rumah yang bisa memberikan perasaan aman nyaman dengan dipenuhi rasa kasih sayang antara seluruh penghuni rumah tersebut. Lingkungan sekitar rumah yang baik dalam hal pergaulan dan ringan tangan untuk saling memberikan bantuan satu sama lain.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment