Lowongan CPNS KPU 2013

Bookmark and Share
Penerimaan CPNS Komisi Pemilihan Umum 2013 dibuka pada September 2013 ini. Informasi yang didapat dan bersumber dari laman website KPU http://www.kpu.go.id pada hari juma'at (13/9) memberikan informasi terbaru mengenai lowongan pendaftaran CPNS KPU 2013 yang akan dimulai pada tanggal 15 September sampai dengan tanggal 30 September tahun ini juga. Sehingga bagi sahabat yang berminat menjadi calon pegawai negeri sipil dan juga memenuhi kualifikasi pendidikan yang masuk dalam formasi penerimaan CPNS KPU untuk menyimak lebih lanjut di bawah ini.

Formasi cpns komisi pemilihan umum tahun 2013 ini keseluruhannya adalah berjumlah 53 orang yang nantinya pada penempatan setelah pengumuman kelulusan tes cpns KPU diberitahukan akan berada di dalam posisi dan wilayah sekretariat jendaral KPU dan juga pada penempatan di Sekretariat KPU Provinsi di masing-masing alamat KPU provinsi di Indonesia.

Berikut ini adalah pengumuman seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan Komisi Pemilihan Umum RI tahun anggaran 2013-2014 ini.

Lowongan Penerimaan CPNS KPU 2013

PENGUMUMAN

PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
PADA SEKRETARIAT JENDERAL KPU, SEKRETARIAT KPU PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA
TAHUN 2013
NOMOR : 1092/SJ/IX/2013

Dalam rangka mengisi formasi CPNS Tahun Anggaran 2013, Komisi Pemilihan Umum membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia, pria dan wanita lulusan Sarjana (S1) dan Diploma (D-III), sebagaimana telah ditetapkan dengan Keputusan Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 209 Tahun 2013 tanggal 21 Agustus 2013 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Jenderal KPU Tahun Anggaran 2013 sebagai berikut :

Persyaratan CPNS Komisi Pemilihan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI dan POLRI.
  3. Tidak berkedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena suatu tindakan pidana kejahatan.
  6. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah.
  7. Tidak pernah mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor dan zat adiktif lainnya dibuktikan dengan surat keterangan dari unit pelayanan kesehatan pemerintah.
  8. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian Resort (Polres) setempat.

Syarat Khusus Rekrutmen CPNS KPU
  1. Batas usia pelamar minimal 18 (delapan belas) tahun pada tanggal 1 Januari 2013. Untuk pelamar berpendidikan Sarjana Muda/D3 maksimal berusia 28 (dua puluh delapan) tahun da bagi pelamar berpendidikan Strata Satu/S1 maksimal 30 (tiga puluh) tahun
  2. (batasan usia pelamar dibuktikan melalui data dalam ijazah dan akta kelahiran).
  3. Akreditasi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk pelamar Tingkat Pendidikan Sarjana Muda/D3 dan Sarjana (S1), yaitu : Minimal Akreditasi B untuk Program Studi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Negeri Swasta (PTS). Penilaian dari segi IPK adalah sebagai berikut : Perguruan Tinggi Negeri (PTN) minimal 2,90. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) minimal 3,00.
  4. Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan
  5. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office.
  6. Khusus bagi pelamar disabilitas dapat melamar untuk formasi Sekretariat Jenderal KPU dengan bidang studi S1 Hukum, D3 Komputer, dan D3 Kearsipan **).
  7. Khusus 1 (satu) formasi Sekretariat Jenderal KPU dengan bidang studi S1 Komunikasi atau S1 Ilmu Politik, diperuntukkan bagi pelamar putra/putri Papua dengan persyaratan bahwa salah satu orang tuanya adalah asli Papua *).
  8. Tidak akan menuntut penyesuaian ijazah untuk kenaikan pangkat di kemudian hari apabila pada saat melamar sudah memiliki ijazah yang lebih tinggi dari yang dibutuhkan.
  9. Persyaratan umum dan khusus dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditandatangani diatas meterai Rp 6.000,- dengan format yang dapat diunduh di website Komisi Pemilihan Umum : www.kpu.go.id.

Ketentuan Pendaftaran Seleksi
  1. Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
  2. Foto copy surat keterangan akreditasi Program Studi terbaru yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  3. Asli dan Foto copy dilegalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
  4. Foto copy Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah (Puskesmas/RS Pemerintah) yang masih berlaku.
  5. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 X 4 sebanyak 3 (tiga) lembar dan pada bagian belakang foto ditulis nama pelamar.
  6. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  7. Dalam berkas lamaran, WAJIB melampirkan Surat Pernyataan poin b, c, d, dan e pada PERSYARATAN UMUM, dan Surat Pernyataan dapat di download pada website KPU : www.kpu.go.id.
  8. Surat lamaran beserta lampirannya disusun rapi dan dimasukkan ke dalam stopmap snelhechter folio berdasarkan kelompok formasi yang dibutuhkan yaitu map warna biru untuk Sarjana (S1) dan map kuning untuk Diploma (D III) serta dimasukan ke dalam amplop coklat dengan mencantumkan formasi yang dipilih, kode program studi, pada pojok kiri atas.
  9. Berkas lamaran tersebut di atas disampaikan : Untuk formasi Sekretariat Jenderal KPU melalui PO BOX 1130 JKP 10011 dan untuk formasi Sekretariat KPU Provinsi dan Kabupaten / Kota disampaikan ke masing-masing Sekretariat KPU Provinsi dan atau alamat PO BOX CPNS KPU yang telah ditentukan, berdasarkan pengumuman baik melalui media lokal / website / papan pengumuman di masing-masing Sekretariat KPU Provinsi.
Berkas lamaran dikirim langsung ke tempat penerimaan berkas yang telah ditentukan dalam pengumuman penerimaan dan atau mekanisme pengiriman lainnya sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan oleh Tim Pengadaan CPNS, dengan kelengkapan sebagai berikut :
1. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam bermaterai Rp 6.000,- dan alamat pelamar harus ditulis lengkap dengan mencantumkan Kode Pendaftaran yang ditujukan : (contoh Surat Lamaran dapat di-download di www.kpu.go.id)
2. Untuk formasi Sekretariat Jenderal KPU kepada Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum up. Panitia Pengadaan CPNS Setjen KPU Tahun Anggaran 2013 : (contoh Surat Lamaran dapat di-download di www.kpu.go.id).
3. Untuk formasi Sekretariat KPU Provinsi dan Kabupaten / Kota kepada :
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Gorontalo.
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Sulawesi Utara.
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Sulawesi Tenggara.
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Provinsi Maluku.
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Maluku Utara.
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Provinsi Papua.
  • Sekretaris Jenderal up. Panitia Pengadaan CPNS KPU Provinsi Papua Barat.

Jadwal Pendaftaran Online CPNS KPU 2013 dan juga Materi Tes CPNS KPU 2013
  • Penerimaan lamaran dimulai pada tanggal 15 s.d 30 September 2013 (cap pos).
  • Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi bagi yang memenuhi syarat akan diumumkan di website Sekretariat Jenderal KPU www. kpu.go.id dan website KPU Provinsi, pada tanggal 3 Oktober 2013.
  • Pelamar yang dinyatakan lolos Seleksi Administrasi dapat langsung mengambil Kartu Tanda Peserta ujian, pada tanggal 9 s.d 10 Oktober 2013 mulai pukul 08.00 WIB s/d 16.00 WIB, dengan menunjukan KTP yang bersangkutan dan membawa foto 3 x 4 berwarna 1 lembar (tempat pengambilan Kartu Peserta Ujian ada dalam pengumuman peserta yang lulus seleksi administrasi).
  • Bagi peserta yang tidak memenuhi syarat administrasi berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi hak milik Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum.
  • Ujian tertulis Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan dilaksanakan serentak pada hari Minggu tanggal 3 Nopember 2013 (waktu dan tempat/denah ada dalam pengumuman peserta yang lulus seleksi administrasi).
  • Seleksi melalui 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur yang meliputi : Seleksi Administrasi, Tes Kermampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang (TKB) terdiri dari : Test Tertulis, Psikotest, dan Wawancara (Sekretariat Jenderal KPU) dan juga Test Tertulis dan Psikotest (Sekretariat KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota).
  • Pelamar atau peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil, tidak dipungut biaya.
  • Keputusan Tim Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Sekretariat KPU Tahun Anggaran 2013, bersifat Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Calon Pegawai Negeri Sipil hasil penerimaan Tahun Anggaran 2013 akan ditempatkan pada Kantor Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota untuk mengisi kebutuhan sesuai dengan formasi yang ditetapkan dan bagi yang dinyatakan diterima sebagai CPNS tidak dapat menolak penempatan dengan alasan apapun.

Jakarta, September 2013
PANITIA PENGADAAN CPNS
SEKRETARIAT JENDERAL KPU
TAHUN ANGGARAN 2013

Informasi pengumuman selengkapnya penerimaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil Komisi Pemilihan Umum 2013 sahabat bisa mendonwload dalam bentuk PDF di link berikut ini : Pengumuman Penerimaan CPNS KPU 2013.

Contoh Format surat lamaran, surat pernyataan, format daftar riwayat hidup sahabat bisa mendownload mengunduh di link berikut ini : Format Contoh Daftar Riwayat Hidup.

Pendaftaran CPNS Online CPNS KPU Komisi Pemilihan Umum sahabat bisa langsung menuju ke link berikut ini : http://www.kpu.go.id.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment