Tanda Jantung Tidak Sehat

Bookmark and Share
Tanda Jantung Tidak Sehat - Tanda Gejala Jantung Tidak Sehat Bagi kita kebanyakan orang hidup sehat dan juga hidup dengan jantung sehat adalah dambaan serta juga impian. Tentunya juga kita tidak ingin sakit datang menghampiri kita semuanya, walaupun sebagai manusia yang normal maka setiap manusia akan mengalami suatu fase keadaan tidak sehat atau pun kena sakit. Karena sakit juga tidak memandang kepada siapa akan datang dan juga menghinggapi seseorang.

Kali ini Blog Keperawatan akan mencoba sharing beberapa kriteria jantung yang tidak sehat yang bisa kita kenali dengan tanda gejala jantung tidak sehat yang bisa terlihat dari tampilan fisik atau pun keluhan penderita jantung yang tidak sehat. Seperti yang pernah juga diposting di sini yaitu mengenai gejala penyakit jantung maka kita juga perlu waspada bila ada tanda-tanda jantung yang tidak sehat ini terjadi pada keluarga kita atau pun sahabat-sahabat kita dan juga orang-orang terdekat kita.

Pengetahuan terhadap kondisi jantung apakah sehat atau sakit, sangat diperlukan dalam dalam kehidupan seseorang. Karena jantung sehat adalah kunci kesehatan semua orang. Dan sebaliknya, jantung yang sakit sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan nyawa seseorang. Untuk itulah kita perlu untuk mensyukuri nikmat sehat yang telah Allah anugerahkan kepada kita dengan menjaga kesehatan jantung kita masing-masing.

Tanda Jantung Tidak Sehat

Langsung saja kedalam topik pembahasan kita saat ini yaitu mengenal tanda jantung tidak sehat. Tanda-tanda jantung tidak sehat bisa kita kenali melalui anamnese yaitu dengan keluhan yang dirasakan oleh seseorang ketika merasakan jantungnya tidak sehat. Bisa juga melalui tanda yang ditampakkan pada badan ataupun tubuh seseorang itu seperti halnya misal dengan keringat dingin. Walaupun keringat dingin tidak selalu menandakan seseorang terkena penyakit jantung.

Tanda jantung tidak sehat bisa berupa keluhan seperti halnya :
  1. Rasa tidak nyaman di dada (nyeri dada). Rasa tidak nyaman di dada ini dalam dunia medis seringkali disebut dengan angina pektoris. Meski tidak semua orang mengalaminya, namun rasa tidak enak atau sakit dada adalah tanda umum penyakit jantung. Rasa sakitnya memang tidak terlalu berat tapi terjadi rutin. Rasa sakit itu relatif sedang dan sering hilang muncul. Pemeriksaan perekaman EKG akan bisa lebih spesifik membuktikan dan menggambarkan apakah rasa tidak enak di dada atau sakit dada tersebut benar berasal dari jantung atau tidak.
  2. Tanda Gejala Pada Saluran Pencernaan. Tanda-tanda saluran pencernaan ini seperti halnya mual dan juga sensasi rasa perih di perut bagian atas. Gejala gangguan pencernaan parah dan mual bisa menjadi tanda awal serangan jantung atau myocardial infarction , terutama pada perempuan. Dalam satu studi diketahui perempuan 2 kali lebih mungkin mengalami muntah, mual dan gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang serangan jantung dibanding laki-laki. Kondisi ini terjadi karena sumbatan lemak di arteri akan mengurangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada kadang bisa muncul di perut. Hal ini tergantung pada bagian mana dari jantung yang mengalami gangguan sehingga ia mengirimkan sinyal rasa sakit di bagian tubuh yang lebih rendah dari dada.
  3. Keluhan seperti halnya pusing, sesak nafas, atau bahkan sampai pingsan. Journal of the American Heart Association melaporkan lebih dari 40 persen perempuan melaporkan sering kali mengalami sesak napas dihari-hari sebelum serangan jantung dan keluhan sakit jantung tersebut. Sesak nafas, pusing ini karena disebabkan adanya penurunan suplai oksigen dari jantung yang menuju ke otak dan juga ke jantung sendiri yang mempunyai fungsi untuk memompa. Bila fungsi jantung alam hal memompa darah ini berkurang tentunya efek yang dirasakan adalah sesak nafas salah satunya. Selain itu juga karena adanya plak aterosklerosis yang menumpuk akan membuat jantung sulit mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga kadang seseorang merasa sakit saat harus menarik napas dalam-dalam. Biasanya terjadi lebih mendadak dan akan hilang saat beristirahat.
Demikian tadi sahabat-sahabat semuanya mengenai beberapa tanda jantung tidak sehat yang bisa kita ketahui dan satu hal yang perlu digarisbawahi adalah tidak selalu tanda di atas adalah pasti sakit jantung karena hal itu membutuhkan pemeriksaan kesehatan jantung yang lebih lengkap lagi oleh tenaga-tenaga kesehatan yang berkompeten tentunya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment