Strategi Pemasaran Buah Jeruk Keprok (Citrus Nobilis L) Lokal (Studi Kasus di Kecamatan ... Kotamadya ..(PRT-10)

Bookmark and Share
I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Keadaan Indonesia yang subur menjadikan Indonesia menjadi negara agraris, dimana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. hal ini di dukung oleh letak geografis yang sangat menguntungkan selain itu didukung pula oleh iklim, cuaca serta garis khatulistiwa yang melintangi negeri ini. Keadaan Ligkungan yang menguntungkan  seperti itu mengakibatkan  Indonesia mempunyai tanah yang subur, sehingga jika di ibaratkan Indonesia merupakan sebongkah tanah dari surga sehingga apapun yang ditancapkan atau ditanam di tanah Indonesia paasti akan tumbuh dengan subur.

Malang merupakan salah satu kota gambaran Indonesia yaitu negara agraris, di mana sebagian besar hasil produksi dari kota ini  berasal dari pertanian.hal ini terjadi dikarenakan Malang mempunyai letak geografis yang terletak di dataran tinggi sehingga baik cuaca maupun iklimnya sangat mendukung kegiatan pertanian yang ada di kota ini, dan budidaya hortikultura pun dapat berkembang dengan baik.

Holtikultura mencakup tanaman sayur-sayuran, buah-buahan. Hortikultura mengandung nilai kesehatan karena penting untuk memenuhi kebutuhan jasmani.  Didalam sayur-sayuran dan buah-buahan terkandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai pengatur dan pelindung jaringan tubuh, selain itu juga berfungsi sebagai sumber protein nabati. Hortikultura juga mengandung nilai seni karena  dapat memenuhi kebutuhan rohani antara lain menyebabkan ketentraman dan kepuasan bagi yang melihat yaitu dengan melihat tanaman hias (Hendro Sunaryono,1990).


Buah merupakan salah satu jenis dari hortikultura dan saat ini masyarakat semakin sadar akan kebutuhan buah yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan gizi dan kesehatan tubuh. Adapun pengertian dari buah-buahan yaitu suatu tanaman yang menghasilkan sesuatu yang bisa dimakan dalam keadaan segar sebagai buah mentahan atau pun sebagai bahan olahan dan tidak bisa disimpan lama. Buah buahan merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang lebih dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan tubuh manusia karena zat-zat yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai pengatur dan pelindung dari jaringan tubuh.

Buah apel, jeruk keprok, lengkeng, pepaya, salak, duku, alpukat merupakan sebagian dari beberapa jenis buah yang dihasilkan dari kota Malang. Malang merupakan kota penghasil buah-buahan, namun bukan berarti hasil buah-buahan tersebut dapat terjual dengan baik di kota ini. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terhambatnya penjualan buah-buahan tersebut. 

Buah merupakan salah satu jenis dari hortikultura dan saat ini masyarakat semakin sadar akan kebutuhan buah yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan gizi dan kesehatan tubuh. Adapun pengertian dari buah-buahan yaitu suatu tanaman yang menghasil kan sesuatu yang bisa dimakan dalam keadaan segar sebagai buah mentahan atau pun sebagai bahan olahan dan tidak bisa disimapan lama. Buah-buahan merupakan salah satu jenis hortikultura yang lebih dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral. Vitamain dan mineral mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan tubuh manusia karena zat-zat yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai pengatur dan pelindung dari jaringan tubuh. 

Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang paling banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia, hal ini disebabkan buah jeruk banyak mengandung jenis vitamin terutama vitamin C dan Vitamin A. selain itu buah jeruk merupakan buah yang selalu tersedia sepanjang tahun, karena tanaman jeruk tidak mengenal musim berbunga yang khusus. Di samping itu tanaman jeruk dapat ditanam dimana saja, baik didataran rendah maupun didataran tinggi.

Namun demikian nasib buah jeruk lokal di Indonesia ini tidak terlalu mendapatkan angin segar, hal ini disebabkan banyaknya persaingan dari jenis buah-buahan lokal itu sendiri maupun jenis buah-buahan lokal yang lain, ditambahkan dengan semakin banyaknya buah impor yang ada baik jeruk maupun buah-buahan yang lainnya.

Selain hal tersebut diatas pemasaran juga dapat menjadi penyebab dari perma salahan ini, untuk itu perlu diketahui bagaimana sistem pemasaran yang berlangsung selama ini, sehingga dapat diketahui apa penyebab dari permasalahan pemasaran buah ter sebut.
Hal tersebut diataslah yang menyebabkan peneliti berniat untuk mencari penyebab permasalahan pemasaran buah lokal di kota Malang sehingga dapat diketahui strategi pemasaran apa yang tepat untuk di gunakan dalam pemasaran buah jeruk lokal di Kota Malang ini    


Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment