Toko Yuanita Purwodadi merupakan perusahaan perseorangan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Tujuan utama perusahaan adalah untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan dalam rangka memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus mempunyai perencanaan yang baik. Dalam menentuk<.span>an atau membuat suatu perencanaan dibutuhkan dasar dan alasan yang kuat, berdasarkan situasi sekarang atau yang sudah terjadi.
Perubahan suatu kejadian dapat dinyatakan dengan perubahan nilai variabel. Produksi, hasil penjualan, biaya produksi, harga hasil produksi, pendapatan, umur, dan curah hujan adalah beberapa contoh nilai variabel yang selalu berubah. Apabila nilai variabel itu tetap dari suatu waktu ke waktu berikutnya, maka mudah sekali untuk membuat peramalan yang tepat sesuai kenyataan. Akan tetapi, pada umumnya nilai suatu variabel selalu berubah. Itulah sebabnya ramalan tentang suatu nilai variabel tidak selalu tepat sesuai kenyataan.
Toko Yuanita Purwodadi terletak di tengah-tengah pusat perbelanjaan masyarakat di kecamatan Kradenan, kecamatan Gabus, kecamatan Pulokulan, dan kecamatan Ngaringan. Letak yang strategis mendorong Toko Yuanita Purwodadi untuk menjual barang-barang yang diperlukan masyarakat di sekitar TokoYuanitaPurwodadi.
Toko Yuanita Purwodadi adalah toko yang menjual barang-barang kebutuhan masyarakat seperti alat kecantikan, alat tulis sekolah dan kantor serta kebutuhan rumah tangga lainnya. Pakaian merupakan kebutuhan pokok masyarakat dan Toko Yuanita dalam memberikan pelayanan sangat ramah dan harga barang-barang yang ditawarkan sesuai dengan keadaan sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya.
Dalam keadaan ekonomi yang belum pulih akibat krisis moneter seperti saat ini Toko Yuanita Purwodadi sudah mengalami kemajuan yang sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari barang yang dijual sudah bisa menghasilkan pendapatan dan keuntungan. Barang yang dijual di Toko Yuanita Purwodadi tidak semua diminati oleh masyarakat, seperti peralatan dapur dan yang paling diminati oleh masyarakat adalah pakaian misalnya, baju, celana, T-shirt, kaos kaki. Penulis tertarik untuk meningkatkan jumlah penjualan pakaian di Toko Yuanita Purwodadi yaitu dengan menambah variasi jenis pakaian. Untuk menentukan penambahan pakaian yang tepat, diperlukan peramalan.
Hasil peramalan jumlah penjualan merupakan data yang menunjukkan tingkat kemampuan menjual dari Toko Yuanita Purwodadi untuk masa yang akan datang. Hasil ramalan jumlah penjualan sangat bermanfaat sebagai dasar perencanaan. Pemilihan metode peramalan yang tepat dapat meminimumkan kesalahan dalam meramal (fordcast error), sehingga hasil peramalan bisa mendekati kenyataan.
Salah satu metode peramalan yaitu Auto Regresi dan Auto Korelasi. Metode ini membahas tentang pengaruh dan hubungan antara nilai suatu variabel yang telah terjadi pada suatu periode dan yang terjadi pada periode berikutnya. Untuk mengetahui besarnya pengaruh suatu variabel, digunakan Auto Regresi, sedangkan untuk mengukur kuat tidaknya hubungan variabel tersebut digunakan Auto Korelasi.
atau klik disini
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment