JILBAB ITU SEMESTINYA LEBAR

Bookmark and Share



Oleh : Ust. Yulian Purnama

Bismillah,
Ketika iseng googling, ketemu fatwa Syaikh Abdullah bin Jibriin rahimahullah yang cukup menarik bagi saya. Hadits dari Ummu ‘Athiyyah radhiallahu’anha :

أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم أن نخرج ذوات الخدور يوم العيد قيل فالحيض قال ليشهدن الخير ودعوة المسلمين قال فقالت امرأة يا رسول الله إن لم يكن لإحداهن ثوب كيف تصنع قال تلبسها صاحبتها طائفة من ثوبها


“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan wanita yang dipingit (juga wanita yang haid) pada hari Ied, untuk menyaksikan kebaikan dan seruan kaum muslimin. Kemudian seorang wanita berkata: ‘Wahai Rasulullah jika diantara kami ada yang tidak memiliki pakaian, lalu bagaimana?’. Rasulullah bersabda: ‘Hendaknya temannya memakaikan sebagian pakaiannya‘” (HR. Abu Daud, no.1136. Dishahihkan Al Albani di Shahih Abi Daud)

Ternyata salah satu faidah hadits ini yaitu: jilbab wanita muslimah itu semestinya lebar. Kalimat تلبسها صاحبتها طائفة من ثوبها dapat dimaknai juga ‘hendaknya temannya memakaikan sebagian pakaian yang dipakainya ’. Sebagaimana kata Syaikh Ibnu Jibriin :

فهو يدل على أن الجلباب رداء واسع قد يستر المرأتين جميعًا

“Hadits ini menunjukkan bahwa jilbab itu berupa rida’ yang lebar, saking lebarnya terkadang bisa cukup untuk menutupi dua orang wanita sekaligus”

Masya Allah, inilah istinbath hukum yang bagus sekali yang keluar dari keluasan ilmu beliau, rahimahullah.
[http://ibn-jebreen.com/ftawa.php?view=vmasal&subid=6006&parent=786]




Sumber : http://kangaswad.wordpress.com/2011/08/08/jilbab-itu-semestinya-lebar/

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment