Pengumuman Kelulusan, Kemen PAN-RB Ingatkan Masyarakat Tidak Tertipu

Bookmark and Share
Pengumuman Kelulusan, Kemen PAN-RB Ingatkan Masyarakat Tidak Tertipu
Jurnas.com | KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak tertipu penelepon yang mengatasnamakan pegawai Kemen PAN-RB, dan meminta sejumlah uang dengan iming-iming kelulusan. Masyarakat diminta segera melaporkan temuan tersebut langsung ke kantor Kemen PAN-RB.

"Kalau ada yang seperti itu cepat laporkan ke kami, nama, nomor teleponnya. Kita akan lacak siapa mereka. Apakah oknum Kemen PAN-RB atau orang luar," tegas Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PAN-RB, Herman Suyatman, Kamis (2/1).

Herman menegaskan, tidak ada satu orang pun di Kemen PAN-RB yang dapat menjamin peserta yang mengikuti tes menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lulus dengan menyedorkan sejumlah uang. Mereka yang lulus seleksi murni karena kemampuan mereka.

"Jangan percaya jika ada orang menjamin ataupun mengiming-imingi kelulusan dengan syarat memberikan sejumlah uang. Itu semua bohong," tegasnya.

Herman menuturkan, Sekretaris Kemen PAN-RB telah mengeluarkan Surat Edaran No.10 Tahun 2012 tentang Penipuan Dengan Mengatasnamakan Pegawai Kemen PAN-RB. Itu artinya, masyarakat dan pejabat daerah jangan percaya begitu saja jika ada orang yang mengatasnamakan Kemen PAN-RB meminta sejumlah uang.

"Saya tegaskan disini, sekalipun saya pejabat baru yang berasal dari daerah, tidak pernah sekalipun membuat komitmen dengan orang lain di daerah. Mereka yang ingin menjadi PNS harus mengikuti seleksi sesuai aturan perundang-undangan," ucapnya.

Dia berharap di tahun 2014 tidak lagi ada pejabat ataupun masyarakat yang tertipu oleh orang yang mengatasnamakan pegawai Kemen PAN-RB. "Ini penting dipublikasikan, supaya mereka-mereka yang ingin menggunakan nama Kemen PAN-RB untuk kepentingan negatif atau memperkaya diri sendiri mau berpikir ulang. Mereka yang kedapatan akan kita laporkan kepada pihak berwajib," ujar Herman.

Pernyataan Herman diamini Kepala Sub Bagian (Kasubag) Informasi, Kahar. Menurutnya, ia beberapa kali ditelepon pejabat dari daerah menanyakan nama orang yang telah mengiming-imingi kelulusan asalkan memberikan sejumlah uang.

"Saya tegaskan ke mereka kalau di Kemen PAN-RB atau Badan Pegawaian Daerah tidak ada seorang pun yang dapat menjamin kelulusan. Nama yang mereka cari pun tidak ada di Kemen PAN-RB," ujarnya.

Kahar juga berharap kasus penipuan yang berkedok atau mengatasnamakan pegawai Kemen PAN-RB tidak perlu lagi terjadi. Sebab, pihaknya telah berulang-ulang mensosialisasikan hal ini ke masyarakat. "Para pejabat di daerah pada 2012 memang ada yang tertipu, tapi memasuki 2013 hampir tidak ada. Walaupun masih banyak orang yang mengatasnamakan pegawai Kemen PAN-RB," ujarnya.
- See more at: http://www.jurnas.com/news/118991/Pengumuman_Kelulusan_Kemen_PAN-RB_Ingatkan_Masyarakat_Tidak_Tertipu_/1/Nasional/Politik-Keamanan#sthash.yIzjgeXU.dpuf

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment