Tips Menghilangkan Stress

Bookmark and Share
Adakah diantara sahabat-sahabat semuanya yang tidak mengalami apa yang dinamakan dengan stress? Pernahkan kita terbebas sama sekali dengan istilah satu ini yaitu stress? Yang kita ketahui mengenai stress ini adalah bila kita dalam keadaan mengalami ketegangan baik dari segi fisik, psikis, emosi dan juga mental kita. Seringkali pula ini dikaitkan dengan keadaan depresi. Padahal pada hakekatnya berbeda antara depresi dan stress ini.

Pengertian stress dapat kita artikan sebagai stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya. Keadaan stress akan dapat membuat produktivitas seseorang menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.

Tips Cara Menghilangkan Stress

Selama hidup saya satu kali saya mengalami rasa stress yang paling puncak dan itu baru rasa rasakan. Begitu banyak hal pikiran yang berkecamuk dalam hati waktu itu. Kejadiannya memang belum lama ini yaitu sewaktu ayah mengalami sakit jantung koroner. Sungguh sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan seumur hidup saya bagaimana keadaan ayah waktu itu dan perjalanan ke luar kota dalam rangka mencari pengobatan dan perawatan lebih lanjut.

Alhamdulillah sekarang ayah dalam keadaan sehat setelah melakukan berbagai macam perawatan dan pemeriksaan jantung. Dan dalam perjalanan perawatan ayah, saya juga sempat mengikuti kontes iPhone 5 Gadget Impian yang sewaktu itu juga sedang diadakan oleh sahabat blogger denaihati.com. Kegiatan kontes tersebut saya jadikan sebagai salah satu cara tips mengatasi stress yang berlebihan kala itu.

Kembali ke pokok bahasan kita kali ini yaitu mengenai stress. Di tengah padatnya pekerjaan ataupun rutinitas kita, stress adalah penyakit yang tidak pernah luput menimpa seseorang. Maka bila kita dalam kondisi seperti itu, maka upaya cara menghilangkan stress adalah solusi paling tepat.

Ada beberapa tips menghilangkan stress yang menimpa kita.
  1. Melakukan tindakan relaksasi. Relaksasi akan sangat membantu mengurangi stressor yang sedang menimpa kita. Dengan melakukan berbagai macam relaksasi akan membuat pikiran kita merasa lebih nyaman dan tenang. Terima semua perasaan sedih, kecewa, atau marah yang anda rasakan dan pasrahkan segala penyelesaiannya pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Banyak beristighfar adalah salah satu jalan yang dapat kita tempuh sebagai seorang muslim.
  2. Melakukan Aktifitas Olahraga. Olahraga merupakan salah satu cara penghilang stress yang baik. Olahraga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang karena lama bekerja. Berkeringat tatkala melakukan aktifitas olahraga akan berbeda jika dibandingkan saat bekerja. Menurut ahli kesehatan, berkeringat dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, membersihkan pori-pori dan membakar kalori. Keringat yang kita keluarkan pada saat berolahraga juga dapat menurunkan stress karena hormon endorfin (hormon yang diproduksi tubuh pada saat mengalami perasaan bahagia) dan zat lain dilepaskan.
Dalam hal berolahraga banyak pilihan yang bisa kita lakukan dalam mengatasi dan juga menurunkan kadar stressor dalam tubuh kita seperti halnya dengan melakukan lari-lari santai di lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Bisa juga dengan melakukan olahraga renang. Berenang juga banyak membantu mengurangi stress kita. Pengolahan nafas saat berenang juga membantu dalam relaksasi pikiran kita. Itu sedikit hubungan antara berenang dengan stress.

Itu adalah beberapa cara menghilangkan stress yang bisa dicoba. Tentunya dalam hal metoda manajemen stress masing-masing orang berbeda. Cara menghilangkan dan membuat rasa menjadi nyaman bagi seseorang yang sedang mengalami stress juga unik dan berbeda-beda tiap diri individu kita masing-masing. Sehingga dalam hal meredakan stressor kita bisa juga dengan pengalaman kita sendiri untuk bisa tetap fokus bila sesuatu seperti ini terjadi pada kita.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment