Mengatasi Kesusahan Hidup

Bookmark and Share
Kehidupan keseluruhan makhluk hidup di dunia ini tak terkecuali kehidupan kita sebagai manusia berjalan dengan baik dan mulus serta nyaman sesuai dengan keinginan diri kita sendiri. Tentunya kehidupan manusia itu ibarat roda yang berputar terkadang di atas dan terkadang pula di bawah. Sama halnya dengan kebahagiaan karena mendapatkan rejeki dan kesehatan serta hal lainnya. Maka di lain waktu kadangkala kita juga merasakan kebalikan dari itu semua yaitu beragam masalah hidup kehidupan, penyakit dan juga rasa duka.

Islam adalah agama yang selalu dan senantiasa mengajarkan cara terbaik dalam menghadapi segala persoalan hidup, segala kesulitan hidup yang bisa kita alami semuanya. Ada beberapa cara atasi kesulitan hidup yang bisa kita lakukan sesuai dengan tuntunan agama Islam yang kita anut ini. Ada beberapa hal yang perlu pula menjadi perhatian kita ketika kita menghadapi suatu masalah hidup yang membuat kita menjadi gelisah, merasa susah karena terbebani akan aneka macam hal yang membuat diri kita merasakan kesulitan dalam menjalankan kehidupan ini. Jangan sampai kesulitan serta kesusahan hidup yang dialami membuat kita putus asa terhadap rahmat Allah ta'ala bahkan sampai depresi.

Cara Tips Mengatasi Kesulitan Hidup

Tips mengatasi kesulitan hidup menurut Islam diantaranya yaitu :
  1. Mengingat Allah (Dzikrullah). Dengan kita mengingat Allah hati seseorang akan menjadi tenang dan tentram serta damai sehingga akan bisa menjalani hidup ini dengan penuh kebahagiaan sebagaimana yang dijanjikan Al-Qur'an. Perintah mengingat Allah tercantum dalam Al-Qur'an yang artinya :"Ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu". (QS. Al-Baqarah :153). Kalau kita terlena akan kehidupan dunia dan kenikmatan hidup dunia maka kadang Allah memberikan peringatan kepada kita dengan berbagai macam masalah hidup. Untuk itu kita juga perlu mengoreksi diri saya pribadi pula dan juga diri sahabat-sahabat semuanya kalau kita sedang banyak masalah, maka apakah kita telah 'lupa' akan mengingat dan berdzikir kepada Allah...? Dalam ayat yang lain firman Allah Ta'ala yang artinya :"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram". (QS. Ar Raad : 28). Itu juga salah satu keutamaan mengingat Allah.
  2. Khusyuk Dalam Berdoa. Doa adalah senjata kaum muslim. Selain cara diatas, berdoa khusyuk dan memohon pertolongan Allah atas masalah kesulitan hidup yang kita alami ini. Dalam berdoa, seseorang harus bisa khusyuk dengan adab-adab doa yang ada dalam tuntunan agama kita seperti halnya merendahkan diri agar doanya bisa terkabul, mengamalkan doa-doa yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu a'alaihi wa sallam. Ini juga termasuk dalam hal tips cara menghadapi masalah hidup kita ini.
  3. Bersyukur Atas Nikmat Allah. Ketika kita berfikir bahwa hidup kita penuh masalah, penuh ketidaknyamanan, berbeda dengan kehidupan orang-orang yang Allah anugerahkan nikmat berupa kelebihan serta kelapangan rejeki maka satu hal yang perlu DIINGAT. Pikirkan sejenak atas NIKMAT ALLAH yang selama ini ada dalam diri kita dan kita lupa bersyukur bahkan tidak menyadari akan nikmat itu. Bila kita kehilangan suatu nikmat maka kita baru baru bisa merasakan nikmat tersebut. Yakinlah bahwa rejeki setiap orang tidak akan salah. Rejeki orang tak akan bisa sampai kepada kita bila itu juga bukan rejeki kita. Begitu pula sebaliknya, rejeki kita tidak akan akan salah tangan berpindah ke orang lain. Dengan merenungi atas segala limpahan nikmat Allah atas kita, maka kita bisa kecilkan rasa susah hidup, kesempitan hidup, kesempitan rejeki dan hal semacam itu lainnya.
  4. Bersabar. Islam telah banyak mengajarkan kita akan kesabaran dalam berbagai hal. Termasuk kesabaran dalam menghadapi segala persoalan kehidupan kita ini. Untuk itu bila kita sedang menghadapi suatu masalah kembalikan itu semua kepada tuntunan agama dan setelah masalah kesulitan hidup telah teratasi jangan pula lantas kita lupa akan berzikir kepada Allah, berdoa, bersabar dan bersyukur.
Marilah kita lakukan hal-hal tersebut diatas sehingga kita bisa merasakan kebahagiaan ketenangan ketentraman hati dalam menjalani hidup dan dijauhkan dari persoalan-persoalan hidup yang mengganggu keimanan dan ketaatan kita semua kepada Allah aamiin..aamiin.

Untuk terakhir kali mari kita ingat salah satu hadist Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang artinya : "Tidaklah seorang muslim menderita karena kesedihan, kedukaan, kesusahan, kepayahan, penyakit, dan gangguan duri yang menusuk tubuhnya kecuali dengan itu Allah mengampuni dosa-dosanya". (HR Bukhari).

Bukankah hadits tersebut menegaskan serta mengingatkan pula kepada diri saya pribadi dan kita bahwasannya berbagai macam kesulitan hidup yang menimpa kita justru akan memberikan banyak pahala dan ampunan kepada kita semuanya bila kita bersabar dan berprasangka baik kepada Allah. Lalu mengapa kita bersedih dan putus asa...