Memberi Nama Baik Untuk Anak

Bookmark and Share
Seorang anak berhak untuk memperoleh nama yang baik dari orangtuanya, dan orang tua berkewajiban memberi nama yang baik, pantas dan Islami. Ada juga beberapa tuntunan islam dalam memberikan nama yang baik kepada anak-anaknya sehingga kita pun perlu menggunakan dan menamakan anak-anak kita dengan nama yang baik dan juga mengandung arti serta makna yang bagus.

Anak adalah merupakan salah satu kekayaan dan kebahagiaan yang tiada bandingnya. Mereka adalah salah satu dari sekian banyak kenikmatan dan karunia dari Allah Ta'ala. Anak-anak sholeh dan sholehah adalah dambaan bagi setiap orang tua. Dan anak yang sholeh juga merupakan suatu aset bagi setiap muslim. Mengenai kebaikan anak sholeh telah ada dalam ayat Al-Qur'an yaitu QS.Surat Al-Kahfi : 46 yang artinya :"Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal dan sholeh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan."

Memberi nama baik kepada anak adalah juga merupakan salah satu kewajiban ayah dalam kehidupan suatu rumah tangga. Sesungguhnya nama bagi seorang anak merupakan identitas seseorang, bukti atas dirinya, serta merupakan kebutuhan yang sangat urgen dalam memahami dirinya di saat bersamanya, atau saat bersikap kepadanya. Bagi seorang anak, nama merupakan sebuah perhiasan dan syi’ar yang dengannya ia akan diseru di dunia maupun di akhirat.

Memberi Nama Baik Islami Untuk Anak

Untuk itu Islam selalu menginginkan kemudahan, meskipun menyangkut pemberian nama anak, dan Islam tidak menyukai kesulitan dan kekerasan meskipun juga menyangkut pemberian nama. Karena Rasulullah juga memberikan tuntunan Islam dalam memberi nama. Hal ini dapat dilihat dengan jelas melalui larangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memakai nama Harb (perang).

Untuk itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Nama yang paling disukai adalah 'Abdullah dan 'Abdur Rahman, dan nama yang paling baik adalah Harits dan Hammam, sedang nama yang paling buruk adalah Harb (perang) dan Murrah (pahit)."( HR. Abu Dawud ) Dan tuntunan nama yang paling baik dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan disukai Allah adalah nama Abdullah dan 'Abdur Rahman berdasarkan atas sebuah hadist yang artinya sebagai berikut :""Sesungguhnya nama yang paling disukai Allah adalah 'Abdullah dan 'Abdur Rahman."( HR. Muslim )

Sebagai umat Islam tentunya kita menginginkan untuk bisa menjalankan sunnah memberi nama baik sesuai yang telah dituntunkan dengan nama-nama baik yang telah disebut dalam hadist tentang pemberian nama bagaimana contoh nama yang baik dan juga contoh nama yang dilarang diberikan kepada anak-anak kita. Adab memberi nama Islami juga perlu kita ketahui. Seperti halnya kapan disunahkan memberi nama, nama-nama apa saja yang dimakruhkan, nama-nama apa saja yang diharamkan, nama-nama yang disunahkan dan dianjurkan dalam Islam perlu diketahui orang tua dan memahaminya dengan benar pula.

Dalam kaidah sunnah pemberian nama baik ini juga berkaitan erat dengan kita orang tua mendidik anak dalam kandungan karena memang sejak dini orang tua perlu memberikan pelajaran sedini mungkin kepada anak-anak walau masih dalam kandungan.

Alhamdulillah istri sekarang sedang mengandung dengan usia kehamilan yang beranjak pada 8 bulan. Bila sahabat mempunyai usulan nama-nama bayi laki-laki islami atau pun nama-nama bayi perempuan Islami bisa berbagi dengan saya di sini dengan memberikan komentar. Karena sebelum kita memberikan nama baik menurut ajaran Islam kita juga perlu mengetahui akan tanda-tanda persalinan yang akan menghampiri istri kita sehingga kita bisa menyiapkan segala sesuatunya pula. Karena proses pemberian nama kepada bayi tentunya setelah proses kelahiran bisa berjalan dengan lancar dan sehat pula.

Memang telah ada nama-nama baik islami yang telah disiapkan oleh saya tetapi saya juga berpikir tidak ada salahnya bila sahabat-sahabat juga mengusulkan nama buat calon buah hati saya. Kewajiban memberikan nama yang baik adalah tanggung jawab seorang ayah dan saya juga sedang berusaha untuk bisa memberikan nama yang baik untuk anak saya yang kedua ini. Insya Allah.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment