Kualitas Air Bersih Untuk Pemenuhan Kebutuhan Rumah Tangga Di Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal (PGEO-5)

Bookmark and Share
BAB I
 PENDAHULUAN




A.  Latar Belakang  Masalah

Air  tanah  adalah  air  yang  menempati  rongga-rongga   dalam  lapisan geologi. Air tanah merupakan sumber daya pentingdalam irigasi, industri dan air minum makin meluas. Air sebagai materi esensial dalam kehidupan tampak dari kebutuhan terhadap air  untuk keperluan sehari-hari dilingkungan rumah tangga ternyata berbeda-beda di setiap  tempat, setiap tingjatan, kehidupan atau setiap bangsa dan negara. Semakin tinggi taraf kehidupan seseorang semakin meningkat pula kebutuhan manusia akan air. Jumlah penduduk duniasetiap hari bertambah, sehingga mengakibatkan jumlah kebutuhan air (UnusS,1996:3 &13).

Upaya pemenuhan kebutuhan air oleh manusia dapat mengambil air dari dalam tanah, air permukaan, atau langsungdari air hujan. Dari ke tiga sumber air tersebut air  tanahlah yang paling banyak digunakan karena air tanah memiliki beberapa kelebihan di banding sumber-sumber lainnya antara lain karena kualitas airnya yang lebih baik serta pengaruh akibat pencemaran yang relatif kecil (Jovita,
2002 : 1).
 
Perkembangan peradaban serta semakin bertambahnya jumlah penduduk dengan  sendirinya menambah  aktivitas  kehidupan  terutama  di  daerah  industri khususnya di Desa   Pesarean yang terletak di sebelah selatan kota Tegal. Desa Pesareaan ini merupakan salah satu desa yang terkenal dengan industri khususnya logam  yang   merupakan   bahan  dasar  pembuatan  alat   alat  rumah  tangga, elektronika,  <.span> dan   peralatan   mobil.   Jenis   indusrtri   logam   ini   antara   lain memanfaatkan bahan dasar dari aki bekas dan aluminium yang limbahnya sangat berpengaruh sekaliterhadap kondisi air. Apalagi ketika musim hujan tiba sisa sisa peleburan dari aki bekas dan aluminium tersebut yang hanya ditaruh di tanah akan  terasa  menyengat  dan  resapan  air  tersebut  mengakibatkan  hambar.  Jenis industri  ini merupakan  mata  pencaharian  penduduk  dimana  tempat  produksi sekaligus  dijadikan  tempat  tinggal. Penambahan  fungsi  rumah  sebagai  tempat usaha  tidak  diikuti penambahan  fasilitas  pendukungnya terutama  penambahan fasilitas pembuangan limbah tersebut.

Limbah yang berasal dari aluminium berawal dari pasir aluminium yang dilebur  menjadi cair, cairan tersebut  diambil dan dipadatkan menjadi batangan aluminium. Sisa dari peleburan tersebutdinamakan karakal atau awu. Sedangkan untuk aki diperoleh  dari  aki yang telah  dibongkar  kemudian elemen timahnya diambil dan dikeringkan, setelah kering baru dilakukanproses peleburan menjadi elemen cair  kemudian  dipadatkan  sebagi  bahan  dasar,  sisa  peleburan  tersebut dinamakan karakal yang dibuang begitu saja diatas tanah.  Sebuah rumah sebagai tempat   tinggal   haruslah   memenuhi   syarat     syarat   kesehatan,   diantaranya mengenai air.

Air  merupakan  faktor  penting  dalam  pemenuhan  kebutuhan  vital  bagi mahluk  hidup diantaranya  sebagai  air  minum  atau  keperluan  rumah  tangga lainnya.  Air   yang   digunakan  harus bebas  dari  kuman  penyakit  dan  tidakmengandung bahanberacun. Sumber air minum yang memenuhi syarat sebagai air baku  air  minum  jumlahnya makin  lama  makin  berkurang  sebagai  akibat  ulah manusia sendiri baik sengaja maupun tidak disengaja.  Sumber air bagi penduduk Desa Pesarean berasal dari air sumur, dimana sebagian besarrumah penduduk sudah memiliki sumur sendiri.

Air sumur yang digunakan penduduk saat ini dirasakan sudah terpengaruh oleh adanya limbah industri logam sehingga dilihat secara fisik  yaitu dari segi warna  agak keruh, dan dari segi rasa hambar apabila air itu di konsumsi. Berbagai keluhan datangdari penduduk yang  mengatakan bahwa air yang mereka gunakan untuk keperluan hidup sehari-hari sudah tidak sehat lagi.

Dengan   adanya   keluhan   dari   masyarakat   tersebut   peneliti   mencoba meneliti kualitas air yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang ada di Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Kumpulan Berita Lainnya

Loading...