Kolesterol Jahat

Bookmark and Share
Kolesterol Jahat adalah merupakan salah satu bagian yang terdapat dalam kandungan darah kita dan termasuk di dalamnya adalah juga kolesterol baik. Kolesterol jahat ini adalah salah satu dari sekian banyak faktor resiko penyakit jantung koroner. Kolesterol dalam tubuh kita ada yang baik ada juga yang disebut berbahaya bagi tubuh kita dan disebut dengan istilah di atas.

Pengertian kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida. Pada dasarnya kolesterol ini sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Dan yang kita ketahui pula bahwasannya lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya cholesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Jenis dan Macam Kolesterol

Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Zat yang satu ini yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa bertambah jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan makanan sejenis junkfood.

Kolesterol jahat dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini yaitu kolesterol jahat yang termasuk dalam jenis kolesterol ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Tingginya angka kematian di Indonesia akibat penyakit jantung koroner yang mencapai 26% dimana pembuluh darah koroner mengalami penyempitan akibat timbunan kolesterol jahat atau yang disebut dengan Low-Density Lipoprotein (LDL) yang mengendap. Dan juga termasuk bagian dari Faktor Resiko Penyakit Jantung Koroner.

Kolesterol LDL yang lebih dikenal dengan kolesterol jahat yang berlebihan ini akan menumpuk di dalam pembuluh darah dan dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskular, seperti PJK Penyakit Jantung Koroner dan stroke, bahkan kematian mendadak.

Sekitar 38 juta orang Amerika memiliki kolesterol tinggi, menurut American Heart Association. Cholesterol adalah zat lemak seperti lilin yang ada di setiap sel tubuh dan diperlukan untuk membangun sel sehat dan hormon. Masalah jantung serius bisa terjadi akibat kolesterol tinggi. Memiliki kolesterol tinggi bukanlah hasil dari makan makanan yang salah hanya beberapa hari, minggu atau bahkan beberapa bulan, namun bertahun-tahun kebiasaan makan yang buruk.

Penyebab Kolesterol

Hal dan juga yang bisa menyebabkan penumpukan kolesterol ini adalah akibat dari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan juga sumber kolesterol seperti halnya ( makanan berminyak, bersantan, makanan fast food) , alkohol dan gula yang berlebihan.

Penatalaksanaan kadar kolesterol tinggi melalui pendekatan olahraga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan secara rutin berolahraga yang melibatkan otot-otot besar tubuh seperti paha, lengan atas, serta pinggul. Berolahraga secara teratur minimal selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu juga dengan menjalankan diet rendah kolesterol perlu juga kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah jalan cepat, bersepeda, senam aerobik,dan berenang. Selain dengan olahraga pola hidup sehat pun perlu kita terapkan. Dengan kita mengetahui akan penyebab kolesterol akan membantu kita dalam menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat juga.

Sementara mengenai penerapan pola makan sehat sebagai salah satu cara lainnya untuk penatalaksaan penurunan kolesterol jahat / LDL yaitu bahwa perubahan pola dan kemudahan mendapatkan makanan, kurangnya olahraga cenderung mengakibatkan seseorang mengalami dislipidemia dengan peningkatan kadar kolesterol LDL, dan trigeserida serta menurunkan kadar HDL Kolesterol Baik. Untuk itulah perlunya kita mengetahui beberapa makanan sumber kolesterol agar kita bisa menghindarinya.

Demikian tadi sahabat sedikit mengenai pengenalan akan jenis macam kolesterol yang ada di dalam tubuh seseorang dan semoga bisa berguna serta memberikan manfaat. Dan bagi sahabat-sahabat yang ingin mengetahui berbagai jenis makanan dan buah penurun kolesterol sahabat bisa mendapatkannya dan membacanya lebih lanjut di sini yaitu di : makanan sehat penurun kolesterol dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment