Manfaat Dari Habbatussauda

Bookmark and Share
Manfaat Habbatussauda bagi kesehatan memang begitu banyak bila kita mengetahui serta mengenal akan sejarah jintan hitam itu nama yang kita kenal di Indonesia ini. Mengenai khasiat dan manfaat habbatussauda ini juga telah dikenal sejak Jaman Rasulullah SAW dahulu yang banyak menggunakan bahan-bahan alami untuk melakukan perawatan dan pengobatan akan berbagai jenis penyakit. Pada kali ini kita akan sedikit membahas mengenai manfaat khasiat habbatussauda bagi kesehatan kita semuanya.

Habbatussauda / jintan hitam atau bahasa dikenal dengan nama Nigella Sativa ini adalah merupakan bagian dari macam-macam pengobatan herbal selain pengobatan secara medis yang kita kenal dewasa ini. Ciri tanda pengobatan obat herbal adalah yang kita kenal seperti halnya adalah obat yang alami, tanpa efek samping, menjadikan tubuh sebagai subjek untuk melawan penyakit, sehingga hal ini akan efektif bila digunakan sebagai pencegahan datangnya penyakit.

Manfaat Khasiat Habbatussauda Bagi Kesehatan

Hadist dan dalil yang berhubungan dengan pengobatan habbatussauda ini adalah sebagai berikut :
"Gunakanlah Habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali maut." (HR. Bukhari Muslim).
Dari `Aisyah radhiyallahu `anha, Rasulullah bersabda : "Sesungguhnya Habbatus Sauda ini adalah obat dari segala penyakit, kecuali as-Saam. Aku berkata (Perawi hadits ini, yakni Khalid bin Sa'ad): Apa itu as-Saam? dijawab (yakni oleh Ibnu Abi Atiq): Kematian." (HR. Bukhari).
Habbatus sauda telah digunakan di banyak negara Timur Tengah untuk pengobatan alami selama lebih dari 2000 tahun. Pada jaman era serba modern ini juga berbagai akademisi dan universitas di banyak negara telah banyak melakukan penelitian mengenai habbatussauda beserta dengan fungsi serta manfaat khasiatnya juga.

Habbatus sauda ialah sejenis tumbuhan yang banyak didapati di kawasan Mediterranean dan di kawasan yang beriklim gurun. Dan jenis obat tradisional atau pun herbal ini telah lama sering digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman yang termasuk ke dalam golongan rempah-rempah ini dikenal juga dengan nama black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, dan kaluduru.

Berikut ini manfaat habbatussauda bagi kesehatan yaitu diantaranya :

1. Mengobati Penyakit Diabetes Mellitus (DM).
Maksudnya di sini adalah mampu untuk menurunkan kadar gula darah dari para penderita penyakit DM ini. Karena secara medis penyakit DM tidak bisa disembuhkan 100%, hanya mampu untuk pengobatan dalam rangka mengatur zat gula darah dalam darah dalam keadaan normal dan stabil.

Dalam sebuah buku Trio Herbal (Redaksi Trubus, tahun 2010), baha mekanisme pengobatan Habbatussauda dalam mengobati kencing manis (DM) adalah mirip kinerja thiazolidinedione (salah satu bahan aktif obat yang kerap dikonsumsi pasien diabetes). Senyawa ini mampu memperbaiki sensitivitas insulin dengan mengaktifkan gen-gen tertentu yang berperan dalam sintesa lemak dan metabolisme karbohidrat. Beberapa studi menunjukkan, thiazolidinedione juga baik bagi jantung, mampu membantu menurunkan tekanan darah, dan juga meningkatkan LDL (kolesterol baik).

2. Sebagai Anti Histamin (Anti Alergi).
Khasiat habbatussauda bagi tubuh diantaranya adalah berguna sebagai anti alergi. Histamin adalah merupakan salah satu zat yang dimiliki dalam tubuh kita yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang akan memberikan reaksi alergi seperti pada penderita penyakit asma bronkial.

Penelitian yang membuktikan akan khasiat jintan hitam ini dikemukakan oleh seorang ahli dalam bidang keilmuan kedokteran imunologi dari Universitas Munich yaitu Dr. Med Peter Schleincher. Med Peter telah melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap serbuk, jerawat dan juga penyakit asma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatus sauda). Dalam prakteknya, Dr. Schleincher memberikan resep habbatus sauda kepada pasien penderita influenza.

3. Nutrisi Bagi Manusia.
Habbatus sauda kaya dengan kandungan nutrisi, bagi para lanjut usia dapat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga revitalitas otak agar tidak cepat mengalami kepikunan atau pun demensia.

Habbatus sauda juga mengandung 15 macam asam amino termasuk di dalamnya 9 asam amino essensial. Asam amino essensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup sehingga perlu adanya suplemen yang dapat mencukupinya seperti halnya pengobatan nabawi habbatussauda ini.

4. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak.
Di dalam kandungan habbatussauda itu banyak terdapat vitamin dan mineral yang terdiri dari asam linoleat. Asam linoleat ini atau kita kenal dengan omega 3 dan omega 6 salah satu manfaat dan fungsinya yaitu untuk memberikan asupan nutrisi yang baik bagi sel otak dan juga dalam membangun membran otak serta jaringan syaraf pada otak untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat.

Kandungan omega 3 dan 6 dapat membantu dalam memperbaiki kerja dari aliran darah menuju otak menjadi lancar. Sehingga membuat habbatussauda baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan dan untuk para orang tua dalam usia lanjut untuk menekan resiko penurunan kerja otak karena usia.

5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh.
Pengobatan herbal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap virus, kuman, dan bakteri. Hal ini merupakan hasil penelitian Dr. Ahmad Al-Qadhy pada 1986. Dengan sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang kuat, maka hal ini akan bermanfaat bagi kita dengan kita tidak mudah terkena sakit atau penyakit.

Habbatus sauda juga mempunyai kemampuan untuk meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Prof. G. Reimuller, Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich mengakui bahwa ekstrak habbatus sauda berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagi bioregulator. Dengan demikian habbatus sauda dapat dijadikan obat alternatif bagi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti halnya penyakit kanker maupun penyakit HIV AIDS.

Demikian beberapa hal yang berhubungan dengan manfaat habbatussauda serta juga khasiat habbatussauda bagi kesehatan serta juga pengobatan. Dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment