Gizi Nutrisi Dan Kesehatan

Bookmark and Share
Manfaat gizi bagi kesehatan akan sangat baik dan memberikan banyak kegunaan bila sesuai dengan kebutuhan dan pemenuhan akan zat-zat gizi itu sendiri. Apalagi kebutuhan gizi nutrisi bagi anak akan sangat berpengaruh ke depannya terhadap tingkat derajat kesehatan serta kecerdasan dan bakat anak di kemudian hari. Maka dari itu, mengetahui akan pentingnya kebutuhan gizi bagi kesehatan baik bagi tumbuh kembang anak atau pun untuk menjaga dan memelihara kesehatan serta kebugaran tubuh tidak boleh dianggap hal yang sepele.

Karena bila kita menganggap remeh akan asupan gisi maka yang nantinya bisa berakibat kepada tubuh mengalami kekurangan akan manfaat gizi maka hal ini bukan tidak mungkin akan bisa berpengaruh terhadap kesehatan.

Zat gizi merupakan unsur yang terkandung dalam berbagai jenis macam makanan yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Masing-masing bahan makanan yang dikonsumsi tentunya akan mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda.
Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi ini adalah bagian dari menjalankan pola hidup sehat bagi kita semuanya tanpa terkecuali.
Zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut berbeda-beda antara makanan yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut dapat berupa jenis zat gizi yang terkandung dalam makanan, maupun jumlah dari masing-masing kandungan nutrisinya.

Manfaat Gizi Bagi Kesehatan

Makanan adalah merupakan bagian dari kebutuhan dasar setiap manusia. Karena dalam makanan banyak mengandung zat gizi yang penting bagi kehidupan dan kesehatan seseorang. Makanan yang baik sehat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, manjaga kesehatan kebugaran tubuh, stabilitas emosi dan semangat dalam menjalani kehidupan ini.

Seseorang yang memperhatikan kesehatan dan kebersihan dalam makanan yang dikonsumsinya, akan tercermin pada dirinya sendiri. Mereka pada umumnya akan memiliki bentuk tubuh yang bagus dan proporsional, kulit yang bercahaya, otot-otot yang kuat dan badan yang sehat. Manfaat gizi nutrisi bisa diwakilkan oleh makanan-makanan bergizi dan sehat yang dikonsumsi secara teratur oleh manusia.

Fungsi Gizi dalam tubuh secara umum kita mengenalnya dalam beberapa kaidah seperti berikut ini :

Manfaat Gizi Sebagai Sumber Energi.
Bagian dari nutrisi yang merupakan sumber energi adalah karbohidrat, lemak serta protein. Energi kita butuhkan untuk menjalankan segala aktifitas rutinitas kita sehari-hari. Dan juga membantu dalam setiap proses metabolime tubuh. Makanan sumber energi ini pada umumnya terdapat pada makanan pokok, dan bisa kita temukan pada nasi dan jagung (sumber karbohidrat). Margarin dan mentega (sumber lemak). Daging, telur, ikan (sumber protein).

Manfaat Gizi Sebagai Pertumbuhan Jaringan Tubuh.
Peranan dan fungsi nutrisi gizi dalam hal ini adalah membentuk sel-sel pada jaringan tubuh, menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan mempertahankan fungsi organ tubuh. Bagian dari nutrisi yang berfungsi sebagai zat pertumbuhan ini terdiri dari protein, lemak, mineral dan vitamin. Jadi salah satu dari manfaat protein adalah membantu dalam proses pertumubuhan sel dan jaringan tubuh kita.

Manfaat Gizi Sebagai Zat Pengatur.
Maksudnya adalah mengatur segala proses metabolisme yang terjadi pada tubuh kita sehingga bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan manfaat bagi kesehatan. Selain itu juga bermanfaat sebagai keseimbangan dalam setiap metabolisme yang terjadi. Manfaat vitamin dan mineral memiliki fungsi utama sebagai zat pengatur dalam tubuh kita. Makanan sumber zat pengatur ini bisa kita dapatkan pada sayuran dan buah-buahan.

Seperti yang diuraikan di atas, bahwasannya gizi didefinisikan dan diartikan sebagai bahan dasar yang menyusun bahan makanan yang terdiri dari lima macam zat gizi yang kita cukup familiar yaitu Karbohidrat, Lemak, Protein, Vitamin dan Mineral. Dan masing-masing peranan nutrisi gizi tersebut mempunyai manfaat gizi yang tidak bisa digantikan satu dengan yang lainnya. Karena masing-masing mempunyai peranan fungsi dan manfaat sendiri-sendiri untuk kesehatan kita.

Seseorang yang tidak memperhatikan kebiasaan makanannya dan dan cenderung menyepelekan manfaat gizi adalah mereka yang tidak menyadari dan memahami bahwa hal tersebut pada suatu hari dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi mereka.
Dampak akibat kekurangan gizi bisa mengakibatkan tubuh akan mudah sakit dan terserang penyakit, kekurangan gisi dan masalah lain yang dapat mengganggu kesehatan tubuh mereka.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment