KIAT SUKSES MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI

Bookmark and Share
IMG_0663
Pada kesempatan ini saya ingin berbagai pengetahuan, pengalaman pada anak-anaku   sekalian sebagai pembekalan pada acara pelepasan kelas XII SMA Negri 16 Judul yang akan saya sampaikan  adalah “Kiat sukses dalam membangun kepercayaan diri.
Kenapa saya menyampaikan Judul seperti ini  ; karena banyak orang mengalami kegagalan atau tidak sukses dalam meraih cita-citanya . karena kurang percaya diri (PD)
Kesuksesan merupakan harapan dan atau cita-cita semua orang . Dalam demensi yang luas memang kesuksesan adalah milik semua setiap orang, tapi tidak semua orang tau, bagaimana cara mendapat atau meraih sukses  itu.
Dalam era globalisasi, informasi , persaingan atau kompetisi yang begitu ketat baik dibidang pindidikan maupun lapangan kerja , kalau kita tidak benar-benar siap menghadapinya maka kita akan tertinggal.
Banyak orang menilai kesuksesan adalah milik orang-orang ber IQ tinggi , lulusan sekolah yang terbaik, dan memilih spisialisasi yang terkenal. Penilaian itu memang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi kita harus melihat fenomena yang lebih luas  bahwa tidak sedikit pula orang-orang yang sukses yang tidak mengenyam pendidikan tinggi.
Dalam kata lain bahwa IQ yang tinggi , lulusan sekolah terbaik, spisialisasiyang terkenal itu hanyalah bagian dari kesuksesan. Diluar itu ada factor yang tidak kalah pentingnya yaitu yang disebut Atusiasme, hasrat, ketekunan, kerja keras serta kebulatan tekat seumur hidup.
Selain daripada itu kematangan pribadi juga sangat penting, karena kematangan pribadi mengantarkan  seseorang bersikap optimis.
Disisi lain meraih kesuksesan bukanlah hal yang gampang , bayak tantangan yang harus dihadapi . adakalanya seorang begitu tegar  tapi tidak sedikit pula yang patah semangat, bahkan menyerah  tidak sanggup menghadapi tantangan yang ada didepannya.
Pada saat demikianlah rasa percaya diri sangat dibutuhkan .
Yang  ingin saya sampaikan disini adalah bagaimana teknik menciptakan atau membangun kepercayaan diri untuk meraih sukses.
  1. Kita harus Berani menerima tanggungjawab.
Gerald Kushel, Direktur The Institut of Efektive Thinking, dalam penelitiannya terhadap sejumlah Manajer , Kushel menyimpulkan dalam penelitiannya , bahwa ia menemukan sifat-sifat penting yang dimiliki oleh semua manajer yang mempunyai kinerja tinggi. Sifat itu adalah Rasa tanggung jawab yang mendorong mereka tampil sempurna tanpa peduli hambatan apapun  yang menghalinginya.. Sebaliknya manajer yang gagal punya kencenderungan untuk melimpahkan masalahnya pada orang lain.
2. Kembangkan nilai positif
Jalan menuju kepercayaan diri akan semakin cepat ketika kita mengembangkan nilai-nilai positf pada diri sendiri.
Psykolog yang bernama Robert Anthony PhD mengatakan bahawa untuk
Mengembangkan nilai positif pada diri sendiri  adalah menghilangkan ungkapan-
ungkapan yang mematikan dan menggantikannya dengan ungkapan yang kreatif
Beliau membuat peralihan bahasa yang sederhana tetapi efektif yaitu dari pernyataan
negatif menjadi positif. Contohnya Saya tidak bisa menjadi saya bisa.
3.   Bacalah potensi diri
Segeralah lacak potensi , gali dan eksplorasi potensi sukses yang ada pada diri
kita/anda . misalnya dengan bertanya pda orang-orang dekat anda , termasuk juga
mengikuti pesykotes atau mendatangi para ahli seperti psikiater, dokter bahkan kiai
untuk melacak potensi yang ada pada diri kita.. karena bisa jadi banyak potensi yang
kita miliki, tapi kita sendiri tidak berhasil menggali.
4. Berani mengambil resiko.
Keberanian mengambil resiko itu penting  sebab kita menyerah pada rasa takut, lebih baik kita belajar mengambil resiko yang masuk akal. Cobalah belajar menerima tantang meski tantangan itu menakutkan atau menciutkan hari, carilah dukungan yang banyak
5. Tolak saran  negatif
Bisa jadi  tidak semua orang yang ada disekeliling kita memberikan dukungan atau motivasi  dan bersikap positif pada kita . sebagaian orang bisa jadi berpikiran negatif untuk kita. Disinilah yang kadang melunturkan rasa percaya diri kita  dengan mempertanyakan kemampuan, pengalaman  dan apresiasi-spreasi kita.
6. Carilah lingkungan yang bisa memotivasi  untuk suskses.
Kita harus  mulai senang  bergaul  dengan orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk bangkit, bergaul dengan orang-orang  yang percaya diri  akan berbeda dengan bergaul dengan orang-orang yang gagal. Bergaul dengan orang-orang  yang percaya diri akan menular pada kita menjadi percaya diri.
7. Jadikanlah keresahan sebagai kawan
Banyak kejadian atau peristiwa yang kita hadapi menjadikan kita mengalami rasa cemas dan atau gelisah. Akibatnya kita mengalami krisis percaya diri. Saat itulah kita harus mengingatkan dirikita sendiri . bahwa rasa cemas, dan gelisah merupakan kawan. Tingkatkan energi, tajamkan kecerdasan  tinggikan kewaspadaan kembangkan panca indera. Daripada menyia-nyiakan energi untuk untuk kecemasan. Perkuat ibadah dan Do’a anda akan percaya diri dan sukses.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment