LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL ( PKP )

Bookmark and Share

LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
( PKP )

“ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA  KELAS IV SD NEGERI 13 KUSAMBI  KECAMATAN  KUSAMBI   PADA OPERASI HITUNG PECAHAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH”

 











OLEH
ILKAWATI
814 786 516
SEMESTER X (sepuluh)

UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ-UT BANJARMASIN
 PROGRAM S I PGSD
POKJAR SUNGAI PANDAN
2013



LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
(PKP)

MATA PELAJARAN
MATEMATIKA


OLEH
ILKAWATI
NIM. 814 786 516

UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJ-UT BANJARMASIN
POKJAR SUNGAI PANDAN
PROGRAM S I PGSD
2013


LEMBAR  PENGESAHAN
LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL

 MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MATEMATIKA
 SISWA KELAS IV SDN RANTAU BUJUR TENGAH  MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF
TIPE MAKE A MATCH


Nama                                                         : ILKAWATI
NIM                                                          : 814 786 516
Prodi                                                          : SI PGSD
Tempat Mengajar                                      : SDN Rantau Bujur Tengah
Lama Penelitian                                         : 2  Siklus
Tempat dan Tanggal Pelaksanaan             :SDN Rantau Bujur Tengah, Kecamatan Sungai Tabukan, Kabupaten Hulu Sungai Utara
                                             : Siklus I    : Tgl 10 April 2013
                                             : Siklus II  : Tgl 24 April 2013
Masalah Yang Menjadi Fokus Penelitian  :
-          Penggunaan model pembelajaran Make a Match ( mencari pasangan ) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Rantau Bujur Tengah tentang Operasi hitung pecahan.
-          Penerapan metode kooperatif melalui model pembelajaran tipe Make a Match (mencari pasangan) untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang Operasi hitung pecahan.

Menyetujui                                           Sungai Pandan,  April 2013
Supervisor I                                                        Mahasiswa



Rahmiani, S.Pd.                                                        ILKAWATI
NIP. 19600627 198403 2 006                                 NIM. 814 786 516


KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENULISAN LAPORAN PKP
MASA REGESTRASI 2013.1


Yang bertanda tangan dibawah ini, saya:
Nama                                      : Ilkawati
Nim                                        : 814 786 516
Program Studi                        : S-I PGSD
Judul Laporan                        :”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Rantau Bujur Tengah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match “
                                                 
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
(1)     Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP ) yang saya tulis adalah benar-benar pekerjaan saya sendiri (bukan barang jiplakan )
(2)     Apabila dikemudian hari terbukti/dapat dibuktikan bahwa laporan PKP ini hasil plagiat/jiplakan, maka saya akan menanggung risiko diperkarakan oleh Universitas Terbuka.


Mengetahui:                                                      Sungai Pandan,  April 2013
 Pembimbing PKP                                                 Yang membuat pernyataan

                  

RAHMIANI, S.Pd                                                ILKAWATI
NIP. 19600627 198403 2 006                             NIM. 814 786 516






KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan pembelajaran  Matematika dan PKn sebagai persyaratan mengikuti Mata Kuliah PKP di Universitas Tebuka ( UT ).
Laporan ini disusun berdasarkan partisipasi dan pengalaman dalam menjalani KBM dengan tujuan untuk melengkapi Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional ( PDGK 4501 ).
Dalam penyusunan ini tidak lepas dari bimbingan dan petunjuk, baik dari lingkungan UT, Supervisor, dan SDN Rantau Bujur Tengah. Oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat :
1. Rahmiani, S.Pd,  selaku dosen pembimbing/ Supervisor I
2. H. Saidi Padilah, S.Pd., selaku kepala SDN Rantau Bujur Tengah.
3. Dewan guru SDN Rantau Bujur Tengah.
3. Dan semua pihak yang membantu terlaksananya penelitian ini
Sebagai penulis pemula, saya menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat diharapkan demi perbaikan laporan ini serta sebagai pedoman penulisan laporan berikutnya dikemudian hari. Penulis berharap laporan ini bermanfaat.



                                                            Assalamu’alaikum Wr.Wb.
                                                                      Penulis



                                                                    ILKAWATI
                                                                NIM : 814 786 516




DAFTAR ISI
                                                                                                                 Halaman


HALAMAN JUDUL……………………………………………………………...i
LEMBAR  PENGESAHAN  ………………………………... …………………..ii
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT………………………. ............. iii
KATA PENGANTAR …………………………………………………………... iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………………..  v
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I      : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ……………………………………………………. .1
1. Identifikasi masalah………………………………………………….1
2. Analisis masalah……………………………………………………..1
3. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah………………………...1
B. Rumusan Masalah ………………………………………………… 2
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran ……………………….  2
D. Manfaat  Perbaiakan Pembelajaran ………………………………...2

BAB II    : KAJIAN PUSTAKA
A. Belajar dan Pembelajaran Matematika di SD.………………….….4
                 B. Metode Inkuiri……………………………………………………...7
C. Tinjauan Hasil Penelitian Terdahulu……………….………………8

BAB III   : PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian……………………………10
B. Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran…………………………11
C. Teknik Analisis Data………………………………………………15

BAB IV   : HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran………………20  
    

B. Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran……………29

BAB V    : SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A. SIMPULAN ……………………………………………………… 32
B. SARAN  DAN TINDAK LANJUT………………………………. 32

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………….. 33
LAMPIRAN – LAMPIRAN
               -Surat Kesediaan supervisor 2 sebagai pembimbing
-  Surat Pernyataan mahasiswa
-  Perencanaan PTK
-  Berkas RPP
-  Copy jurnal pembimbingan
-  Hasil pekerjaan siswa terbaik dan terburuk persiklus





BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
1. Identifikasi masalah
Memasuki abad ke-21 ini dunia pendidikan menghapi tantangan yang tidak ringan, terutama di bidang IPTEK yang sangat pesat. Perubahan masyarakat dunia maupun masyarakat kita sendiri dibidang sosssial budaya dan berkembangnya isu bahwa kualitas pendidikan rendah. Oleh karena itu untuk menghadapi tantangan tersebut pendidkan dan pembelajara perlu adanya perubahan baik kuantitas maupun kualitasnya. Berbagai upaya telah dilakukan di bidang pendidikan. Misalnya dikeluarkan UU SISDIKNAS  no 2 tahun 1985 dan program pendidikan 9 tahun serta diberlakukannya kurikulum- kurikulum baru seperti kurikulum 2004, KBK, KTSP.
Namun satu hal yang penting yaitu guru sebagai pelaksana langsung pencapaian tujuan pembelajaran perlu meningkatkan kualitas proses pembelajaran yaitu dengan memperhatikan bagaimana cara menyampaikan pengetahuan yang dimiliki itu kepada peserta didiknya. Maka dari itu peneliti mencoba untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam mengatasi masalah tersebut.
2.      Analisis Masalah
Di SDN Rantau Bujur Tengah Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara ditentukan KKM untuk pelajaran matematika adalah 65  keatas.  Sedangkan siswa kelas IV SDN Rantau Bujur Tengah  dikatakan belum berhasil karena mendapat nilai KKM masih dibawah dari 60.
3.      Alternatif dan prioritas pemecahan masalah
Pendekatan dengan metode inkuiri  model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada pembelajaran matematika dimaksudkan untuk mendorong siswa dalam memahami sesuatu yang bersifat fakta atau relasi matematika yng masih baru bagi siswa, misalnya pola, sifat-sifat atau rumus tertentu. Setelah menemukan fakta/relasi siswa diminta untuk menarik suatu generalisasi dari apa yang mereka temukan sendiri.
B.  Rumusan Masalah
              Berdasar uraian latar belakang diatas dapat dirumuskan sebagai berikut :
    1.Bagaimana pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode   inkuiri model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat       meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika?
2.Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan metode inkuiri model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match?
       3.Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan
       pendekatan metode inkuiri model pembelajaran kooperatif tipe Make a
      Match?

C.  Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasar permasalahan diatas maka tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
1.    untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode  inkuiri model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika.
2.    Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan pemahamansiswa terhadap materi pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan metode inkuiri model pembelajaran kooperatif  tipe  Make a Match.
3.    Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan metode inkuiri model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.

D.  Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi:
1.    Guru
Guru akan memiliki gambatan tentang pembelajaran matematika yang efektif dan menyenangkan sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas sekaligus dapat memecahkan permasalahan pembelajaran. Diharapkan dapat mengembangkan profesinya sehingga menjadi guru yang professional.
2.    Siswa
Siswa  akan mudah memahami materi pelajaran sehingga menjadi aktif dan dapat meningkatkan belajarnya. Melatih siswa dalam bekerja sama dalam memecahkan masalah.
3.    Lembaga
Bagi lembaga diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan informasi tentang salah satu topik dan cara pembelajaran matematika pada siswa SD dengan pendekatan metode inkuiri model kooperatif tipe Make a Match  untuk mencapai tujuan pembelajaran.


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.  Belajar Dan Pembelajaran Matematika SD
1. Pendekatan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match adalah   :
Guru matematika SD mempunyai tugas yang kompleks yaitu memahami dengan baik materi yang akan diajarkan, memahami dan memanfaatkan dengan baik siswa  belajar matematika memahami cara mengajarkan matematika yang efektif, menggunakan cara-cara pembelajaran matematika.
Tujuan pembelajaran matematika SD menurut kurikulum 2004 adalah mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan panyelidikan, ekspositoris dan eksperimen sebagai alat pemecahan masalah melalui pola pikir dan model matematika serta sebagai alat komunikasi melalui symbol, tabel, grafik, diagram, dalam menjelaskan gagasan.
Teori belajar matematika untuk mengajar matematika di SD menurut Winataputra (2007:7) ada 6 teori yaitu sebagai berikut:
1. Teori belajar William Brownell
Anak-anak pasti memahami apa yang sedang mereka pelajari jika belajar secara permanent atau terus menerus untuk waktu yang lama. Salah satu cara bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman tentang matematika adalah dengan menggunakan benda-benda tertentu ketika mereka mempelajari konsep matematika.
2. Teori Belajar Zolton P. Dienes
Dengan menggunakan berbagai sajian tentang suatu konsep matematika, anak-anak akan dapat memahami secara penuh konsep tersebut jika hanya dibandingkan dengan satu macam sajian.
3. Teori belajar Jean Piaget
Perkembangan mental setiap pribadi melewati 4 tahap, yaitu tahap sensorimotor, tahap praoperasional, tahap operasi kongkrit, dan tahap operasi formal.
4. Teori belajar Albert Bandura
Belajar yang menekankan pada pemerolehan kompleks melalui pengamatan modeled behavior / prilaku yang diteladani beserta konsekuensinya terhadap individu.
5. Teori Jeremi S. Bruner
Metode belajar merupakan factor yang menentukan dalam pembelajaran dibandingkan dengan pemerolehan suaatu kemampuan khusus. Metode yang sangat didukung oleh Jeromi S. Bruner adalah pendekatan metode Inkuiri model pembelajaran Kooperatif  tipe Make a Match.
6. Teori belajar Robert M. Gagne
Hasil belajar lebih penting dari pada proses belajar. Tujuan pembelajaran adalah pemerolehan kemampuan-kemampuan yang telah dideskripsikan secara khusus dan dinyatakan istilah-istilah tingkah laku

2.      Cara-cara pembelajaran matematika
Cara-cara pembelajaran matematika di sekolah dasar yang di anggap sesuai saat ini menurut Mahsetyo (2007:26) adalah sebagai berikut: 
1.      Problem Solving / pemecahan masalah
Ciri utama problem solving adalah adanya masalah yang tidak rutin (non routine problem) pada awalnya pembelajaran ini mengalami kesulitan mengerjakanya namun seterusnya menjadi terbiasa dan cerdas dalam memecahkan masalah setelah memperoleh banyak latihan.
2.  Mathematical Investigation
 Mathematical Investigation adalah penyelidikan matematika tentang masalah yang dapat di kembangkan menjadi model matematika berpusat pada tema tertentu, berorientasi pada kajian atau eksplorasi mendalam dan bersifat open ended. Kegiatan belajar dapat berupa cooperative learning.
3. Contextual Learning
   Contextual Learning adalah pengelolaan suasana belajar yang mengaitkan bahan pelajaran dengan situasi dan atau kehidupan sehari-hari, hal-hal yang factual atau keadaan nyata yang dialami siswa.
4. Inkuiri       
Pendekatan pembelajaran ini mendorong siwa untuk memahami suatu fakta atau relasi matematika dalam mengkaji dan menemukan sendiri sehingga siswa dapat menarik kesimpulan sendiri.

3.      Proses Belajar Mengajar Matematika
Proses belajar mengajar merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Hudojo (2002:92) belajar merupakan proses aktiv dalam memperoleh pengalaman atau pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku. Menurut Bell Gredler dalam Winata putra (2007:5) belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam kemampuan, ketrampilan dan sikap. Selanjutnya menurut Yuli Kurnia (2005:8) belajar didefinisikan sebagai perubahan dalam pengetahuan  atau prilaku yang dihasilkan oleh pengalaman, perubahan tidak terjadi semata-mata terjadi melalui maturasi atau kondisi-kondisi bersifat sementara.
Dari beberapa pengertian diatas, belajar pada dasarnya adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman. Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik sifat maupun jenisnya, oleh karena itu sudah tentu tidak setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubahan dalam arti belajar. Adapun ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam arti belajar adalah perubahan terjadi secara sadar, bersfat kontinyu dan fungsional, positif dan aktif bukan bersifat sementara, perubahn tersebut bertujuan dan terarah serta mencakup seluruh aspek tingkah laku.
Mengajar merupakan proses aktif guru untuk membimbing siswa dalam mempelajari dan memahami konsep-konsep yang dikembangkan dalam proses belajar mengajar (Ariifin;2003:8). Karena kegiatan belajar merupakan hal yang wajib dikerjakan oleh individu, maka guru hendaknya memberikan bimbingan dan dorongan kepada siswa agar timbul motivasi pada diri siswa sebagai motivasi ekstrinsik. Selanjutnya mengajar menurut Usman dan L. Setiawan (1993:4) adalah usaha untuk mengkoordinasikan lingkungannya dengan siswa dan bahan pangajaran sehingga menimbulkan proses belajar pada siswa. Dari pendapat tersebut mengajar merupakan suatu kegiatan atau proses yang menyediakan kondisi yang merangsang kegiatan belajar siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap nilai-nilai tertentu.

B.      Metode Inkuiri
Pembelajaran menggunakan metode inkuri/penemuan merupakan suatu model pengajaran, mendorong siswa untuk memahami fakta/relasi matematika yang masih baru bagi siswa. Misalnya pola-pola atau rumus tertentu.
Fakta atau relasi sebenarnya sudah ada atau ditemukan sebelumnya namun belum pernah digunakan secara langsung oleh guru. Kegiatan dalam metode ini menggunakan konsep maupun ketrampilan matematika dalam kaitan dengan pemecahan masalah. Menurut Muhsetyo (2007:35) metode penemuan (inkuiri) dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
1. Penemuan Murni
Pelajaran terfokus pada siswa, tidak terfokus pada guru, siswa yang menentukan tujuan dan pngalaman belajar yang diinginkan kepada para siswa kemudian siswa diminta untuk mangkaji dan menemukan fakta atau relasi yang terdapat dalam masalah tadi yang ahkhirnya siswa juga yng menarik kesimpulan dari apa yang mereka temukan. Siswa hamper tidak mendapat bimbingan guru.
2. Penemuan Terbimbing
Guru mengarahkan atau memberi petunjuk kepada siswa tentang materi pelajaran. Bimbingan yang diberkan sangat tergantung kepada kemampuan siswa dan topik yang dipeljari. Bimbingan bisa berupa petunjuk, arahan, pertanyaan atau dialog sehingga diharapkan siswa sampai pada kesimpulan sesuai dengan yang diinginkan guru. Guru harus sudah merancang secara jelas kesimpulan apa yang harus ditemukan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam menggunakan metode inkuiri dengan model kooperatif tipe Make a Match adalah sebagai berikut:
1.         Meningkatkan keterlibatan siswa dalam menemukan dan memproses bahan belajarnya.
2.         Mengurangi ketergantungan peserta didik pada guru untuk mendapatkan pengalaman belajarnya.
3.         Melatih siswa untuk menggali dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang tidak ada habisnya.
4.         Memberi pengalaman belajar seumur hidup
            Alasan penggunaan metode inkuiri model kooperatif tipe Make a Match adalah sebagai berikut:
1.         Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan yang pesat
2.         Belajar tidak hanya dapat diperoleh dari sekolah, tetapi juga lingkungan sekitar.
3.         Melatih siswa untuk memiliki kesadaran sendiri kebutuhan belajarnya.
4.         Penanaman kebiasaan untuk belajar seumur hidup.

C.    Tinjauan Hasil Penelitian Terdahulu
Dari hasil penelitian penulis , dengan judul “Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Rantau Bujur Tengah Melalui Pendekatan Metode Inkuiri Model Kooperatif Tipe Make a Match” diperoleh hasil bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi dalam menggunakan pendekatan metode Inkuiri adalah memuaskan. Hasil penelitiannya juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dan aktifitas siswa dalam pembelajaran sangat memuaskan.
Adapun langkah-langkah pembelajaran model  Make a Match adalah:
1)      Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang cocok untuk siswa review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. Setiap siswa mendapat satu kartu.
2)      Siswa memikirkan jawaban / soal dari kartu yang dipegang.
3)      Siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya ( soal jawaban )
4)      .Siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
5)      Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
6)      Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran






















BAB III
PELAKSANAAN PENELITIANPERBAIKAN PEMBELAJARAN

A. Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian
1. Subyek Penelitian
Adapun yang menjadi subyek penelitian perbaikan pembelajaran adalah siswa kelas IV SDN Rantau Bujur Tengah, Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dengan jumlah siswa 15 orang, laki-laki 7 orang dan 8 orang perempuan.

2.    Tempat  Penelitian
Tempat penelitian perbaikan pembelajaran dilaksanakan pada SDN Rantau Bujur Tengah kecamatan Sungai Tabukan, kabupaten Hulu Sungai Utara.

3. Waktu penelitian perbaikan pembelajaran
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I pada tanggal 10 April 2013, siklus II pada tanggal 24 April 2013 dan sesuai dengan jadwal kegiatan. Penelitian ini di bantu oleh supervisot II sebagai rekan kerja dan pengamat dalam penelitian, serta kepala sekolah sebagai penanggung jawab. Sebagai gambaran konkrit jadwal penelitian dapat digambarkan sebagai berikut :
Tabel 3.1.
No
Mata Pelajaran
Siklus
Tanggal
Waktu
Ket
1
Matematika
1
10 April 2013
08.00-09.10

2
Matematika
2
24 April 2013
08.00-09.10








B.Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Pada     hakekatnya PTK merupakan suatu proses dimana melalui proses ini guru menginginkan adanya perbaikan, peningkatan, dan perubahan pembelajaran lebih baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.  Adapun desain penelitian perbaikan pembelajaran mengunakan 2 siklus yaitu :
Tabel 3.2.

























Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu:
1.      Perencanaan
2.      Pelaksanaan
3.      Pengumpulan Data
4.      Pefleksi
Empat tahap dalam satu putaran pada penelitian adalah:
1.      Perencanaan
Sebelum melakukan penelitian pada tahap ini peneliti menyusun rumusan masalah, tujuan penelitan, serta membuat rencana tindakan yang akan dilaksanakan pada proses belajar mengajar. Selain itu tahap ini juga dipersiapkan instrument penelitian dan perangkat pembelajaran yang akan digunakan.
2.      Tindakan atau Pelaksanaan
Pada tahap ini tindakan yang harus dilaksanakan peneliti sebagai upaya untuk melaksanakan perbaikan kegiatan belajar mengajar serta mengamati hasil dan proses kegiatan belaar mengajar yang dilakukan oleh teman supervisor 2.
3.      Pengumpulan Data
Pada tahap ini peneliti berusaha mengumpulkan data untuk mendapatkan hasil.
4.      Refleksi (analisis dan interpretasi)
Pada tahap ini peneliti bersama guru dan teman sejawat sebagai pengamat melihat serta mempertimbangkan hasil dan dampak dari tindakan yang telah dilakukan.

Prosedur Penilaian Siklus I
1.      Rencana Tindakan Perbaikan atau Tahap Rancangan
a.       Penyusunan RPP (Rencana Perbaikan Pembelajaran) untuk observasi proses belajar mengajar yang bisa dilakukan guru, pada pelajaran matematika. Banyak ditemukan kesalahan konsep ketika guru menerangkan materi pelajaran. Setelah itu peneliti menyusun rencana pembelajaran dengan metode penemuan berdasarkan materi pelajaran yang diberikan.
b.      Kegiatan selanjutnya terdiri dari kegiatan merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun langkah-langkah pembelajaran, merencanakan alat yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan.
c.       Mempersiapkan daftar pengamatan sebagai acuan untuk mengumpulkan data tentang  prestasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika serta menyiapkan bahan penelitian.
d.      Memberikan tes di akhir pelajaran yang dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan prestasi.
2.      Pelaksanaan Perbaikan
a.       Saat pelaksanaan tindakan, peneliti bertindak sebagai guru dibantu oleh supervisor II sebagai pengamat yang memantau jalannya proses pembelajaran yang hasilnya berupa rekaman data kegiatan pembelajaran.
b.      Guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan untuk meningkatkan prestasi belajar dimana guru menggunakan media yang mendukung sesuai dengan materi yang disampaikan, guru kemudian memberikan pertanyaan-pertanyaan dan tugas-tugas sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru.

3.      Pengumpulan Data
a.       Pada waktu guru mengajar, peneliti dibantu teman sejawat untuk melakukan pengumpulan data dengan cara mencatat kejadian-kejadian selama kegiatan pembelajaran berlangsung untuk mengetahui sejauh mana data prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi tindakan.
b.      Untuk mengetahui perkembangan prestasi, siswa diberi angket prestasi belajar pada awal kegiatan sebelum melakukan tindakan dan juga pada lembar jawaban observasi prestasi belajar yang dibawa peneliti. Untuk mengetahui perkembangan prestasi belajar siswa dilakukan melalui tes yang diberikan setiap akhir siklus.
4.      Refleksi
Dari hasil observasi, dilakukan analisis pada tindakan I kemudian dilanjutkan dengan refleksi yang dilakukan bersama supervisor II, perlu dilakukan tindakan selanjutnya.

Prosedur Penilaian Siklus II
  1. Rencana Tindakan Perbaikan (perencanaan)
a.       Rencana tindakan kelas siklus II disusun berdasarkan hasil analisis dan refleksi selama siklus I. pada siklus I guru menyampaikan materi dengan metode penemuan dengan menggunakan media gambar tidak dengan media benda nyata.
b.      Menyusun rencana perbaikan pembelajaran siklus II sebagai kelengkapan proses belajar mengajar.
c.       Mempersiapkan daftar pengamatan sebagai acuan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran matematika serta menyiapkan bahan penelitian.
d.      Memberikan tes pada akhir pelajaran untuk mengetahui perkembangan prestasi belajar siswa.
  1. Pelaksanaan Perbaikan
a.       Tindakan pada siklus II disusun berdasarkan refleksi dari hasil tindakan pertama. Hasil analisis data pada siklus I tersebut digunakan sebagai acuan refleksi untuk menentukan rencana tindakan tahap ke II dengan mengadakan beberapa perbaikan dari rencana tindakan tahap pertama.
b.      Pada siklus II ini lebih banyak memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan dan mencari bentuk-bentuk bangun datar dan jumlah sisinya. Pada saat pelaksanaan tindakan ini didapat hasil  rekaman data tentang kegiatan pembelajaran dari supervisor 2.

.
  1. Pengumpulan Data
Untuk mengetahui perkembangan prestasi belajar siswa dilakukan pengisian lembar observasi prestasi belajar siswa dan melalui tes yang diberikan setiap akhir siklus.
  1. Refleksi
Berdasarkan data tentang prilaku siswa yang diperoleh pada pemberian tindakan yang berupa data jawaban tes siswa baik prestasi belajar maupun pemantauan Proses pembelajaran di kelas, maka data tersebut diolah dan dianalisis. Hasil analisis tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai salah satu masukan untuk melakukan refleksi dan digunakan sebagai bahan untuk menyusun tindakan selanjutnya.

Instrumen penelitian
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
  1. Lembar Observasi
Lembar ini digunakan untuk mengamati peneliti dalam kegiatan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan.
  1. Lembar Aktifitas Siswa
Lembar ini digunakan untuk mengetahui aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
  1. Angket Respon Siswa
Angket ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan.
Sebagai penunjang pengumpulan data diperlukan perangkat pembelajaran sebagai berikut :
  1. Rencana perbaikan pembelajaran
  2. Lembar kerja siswa.
C. Teknik Analisis Data
Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari lembar observasi pengelolaan pembelajaran, pemberian tugas, lembar penilaian aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa dianalisis dengan cara sebagai berikut :
-          Tes hasil belajar
Analisis data pre-tes dan post-tes hasil belajar siswa dilakukan untuk mengetahui peningkatan kompetensi kognitif siswa akibat adanya perbaikan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran untuk menentukan peningkatan kompetensi kognitif belajar siswa dianalisis dengan menggunakan topik deskriptif atau prosentase (%) sebagai berikut :
daya serap = jumlah nilai yang benar x 100%
                              jumlah soal
-          Hasil daya serap siswa dapat diketahui.
Yang mendapat daya serap mencapai 70% ke atas adalah 13 siswa, sedang yang mencapai daya serap 70% kebawah adalah 2 siswa.
-          Ketuntasan kelas menggunakan persamaan :
Ketuntasan kelas = jumlah siswa yang tuntas x 100%
                                                Jumlah total siswa
Ketuntasan kelas = 13 x 100 % = 86 %
                                15            

 Siklus I
1. Rencana               
     a. Menyusun skenario pembelajaran (RPP), menyusun lembar kerja siswa,          menyiapkan masalah dan lembar penilaian
     b. Menyusun lembar pengamatan, untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajarn
2. Pelaksanaan
 a. Melaksanakan skenario pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan.
   b. Melaksanakan penilaian.
3. Pengamatan
    Instrumen yang digunakan dalam pengamatan adalah:
a. Lembar pengamatan kepada siswa
b. Lembar pengamatan kegiatan guru
    c. Lembar tes
4. Pengumpulan data
    a. Menilai aktifitas siswa
    b. Menilai hasil belajar siswa
5. Refleksi
           Setelah menganalisa dan mendiskusikan dengan supervisor II, hasil yang dicapai belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh:
    a. Guru kurang maksimal dalam menggunakan metode pembelajaran
    b. Keberanian siswa untuk bertanya masih rendah dan keberanian untuk     mengungkapkan pendapat masih rendah.
   c.  Guru kurang mendorong aktifitas siswa

Siklus II
Dalam siklus II ini meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.    Perencanaan
-       Menyusun rencana  perbaikan
-       Memadukan hasil refleksi I, siklus I agar siklus II lebih baik
-       Menyiapkan masalah/soal
2.    Pelaksanaan
-       Menjelaskan tujuan pembelajaran
-       Menjelaskan materi pembelajaran
-       Membagi kelompok sesuai dengan kelompok belajar
-       Memberi masalah
-       Membimbing kelompok yang mengalami kesulitan
-       Melaporkan hasil kerja kelompok
-       Menyimpulkan materi
-       Melaksanakan penilaian
3.    Pengumpulan data
   Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sebagai berikut:
Dari siswa antara lain:
-   Menilai aktifitas siswa dan hasil tes
-   Menilai hasil kerja kelompok
-   Menilai pemahaman setiap siswa tentang materi pelajaran
Jenis-jenis data adalah sebagai berikut :
a. Data korelatif berupa :
1. Rencana              
a.    Menyusun skenario pembelajaran (RPP), menyusun lembar kerja siswa, menyiapkan masalah dan lembar penilaian.
b.    Menyusun lembar pengamatan, untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran
2. Pelaksanaan
a.    Melaksanakan skenario pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan.
b.    Melaksanakan penilaian.
3. Pengumpulan data
a.    Menilai aktifitas siswa
b.    Menilai hasil belajar siswa
4. Refleksi
Setelah menganalisa dan mendiskusikan dengan teman sejawat, hasil yang dicapai belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh:
a.         Guru kurang maksimal dalam menggunakan metode pembelajaran
b.        Keberanian siswa untuk bertanya masih rendah dan keberanian untuk mengungkapkan pendapat masih rendah.
c.         Guru kurang mendorong aktifitas siswa

Siklus II
Dalam siklus II ini meliputi hal-hal sebagai berikut:
1.      Perencanaan
-       Menyusun rencana  perbaikan
-       Memadukan hasil refleksi I, siklus I agar siklus II lebih baik
-       Menyiapkan masalah/soal
2.      Pelaksanaan
-       Menjelaskan tujuan pembelajaran
-       Menjelaskan materi pembelajaran
-       Membagi kelompok sesuai dengan kelompok belajar
-       Memberi masalah
-       Membimbing kelompok yang mengalami kesulitan
-       Melaporkan hasil kerja kelompok
-       Menyimpulkan materi
-       Melaksanakan penilaian
3. Pengumpulan data
   Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sebagai berikut:
1.      Dari siswa antara lain:
-   Menilai aktifitas siswa dan hasil tes
-   Menilai hasil kerja kelompok
-   Menilai pemahaman setiap siswa tentang materi pelajaran
b. Jenis data
-       Data korelatif berupa berupa data hasil pengamatan
-       Data kuantitatif berupa data hasil pembelajaran siswa
c. Tehnik pengumpulan data
-       Data kesulitan siswa diambil dari penilaian hasil pembelajaran melalui tes
-       Data aktifitas guru dan siswa diambil dari proses pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan
d. Analisis data
-       Prosentase banyak siswa yang mendapat nilai diatas 65
-       Prosentase banyak siswa yang aktif dalam proses pembelajaran
 Dalam perbaikan pembelajaran pada siklus kedua ini, guru mengevaluasi      kekurangan dan kelebihan data hasil pengamatan
4. Refleksi
-       Menganalisis aktifitas siswa
-       Menganalisis hasil belajar siswa
-       Menyusun laporan
                Dalam perbaikan pembelajaran pada siklus kedua ini, guru mengevaluasi kekurangan dan kelebihan yang terjadi pada proses pembelajaran. Ternyata proses pembelajaran lebih baik, keberanian siswa untuk bertanya bertambah dan antusias meningkat dan menyenangkan.


                                            BAB IV     
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
a. Hasil Penelitian Siklus I
 Untuk memperoleh gambaran dari hasil penelitian diperlukan data. Data tersebut adalah sejumlah fakta yang digunakan sebagai sumber atau masukan untuk menentukan kesimpulan atau keputusan yang diambil. Yang menjadi topik pengamatan adalah kegiatan siswa, kegiatan guru dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Matematika tentang Operasi hitung pecahan .
Setelah diadakan penelitian pada siklus I masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yaitu dalam mengidentifikasi alat- alat pencernaan makanan dengan model pembelajaran make a match, Prestasi belajar siswa dan aktifitas siswa serta pemahaman terhadap materi pembelajaran masih kurang maksimal. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata 46,6. Nilai ini belum mencapai standar SKM yang ditetapkan di SD Negeri Rantau Bujur Tengah.Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel 4.1. sebagai berikut :














Tabel 4.1
Tabel prestasi belajar matematika siswa kelas IV siklus I
No
Nama siswa
Sebelum siklus
Nilai siklus I
1
Abdurrahman
30
60
2
Anita
60
40
3
Bawaihi
40
70
4
Bahran
65
70
5
Fahrurraji
65
65
6
Hafis Ansari
20
40
7
Hapsah
34
50
8
Hikmah
65
50
9
M.Gazali
20
30
10
Muti’ah
10
20
11
Novianti
20
30
12
Riski
20
30
13
Siti Naimah
40
50
14
Siti Rahmah
10
20
15
Widya Sari
20
30

Ketuntasan kelas = jumlah siswa yang tuntas x 100%
                                                Jumlah total siswa
Ketuntasan kelas =  x 100 % = 46,6 %















Tabel 4.2
Lembar Pengamatan Aktivitas  Siswa Siklus 1

Nama Sekolah  : SDN Rantau Bujur Tengah         Mata Pelajaran   : Matematika
Nama Guru     : Ilkawati                                        Kelas / Semester: IV / II
Hari / Tanggal  : Rabu, 10 April 2013         Materi : Operasi hitung pecahan
                                   

No
Aspek yang diamati
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
1
Siswa memperhatikan penjelasan atau pertanyaan



2
Siswa terdorong menggunakan kemampuan berfikir kritis (menganalisis dan  menguraikan masalah)



3
Siswa terdorong menggunakan kemampuan berfikir kreatif



4
Siswa belajar dalam keadaan antusias dan gembira



5
Terjadi interaksi siswa dengan siswa



6
Terjadi interaksi siswa dengan guru



7
Siswa mempunyai kesempatan untuk mengemukakan pendapat



8
Siswa berbicara dan berbagi pengalaman(bekerjasama)



9
Siswa aktif dalam pembelajaran



10
Siswa melakukan refleksi / berfikir kembali tentang apa yang dipelajari




Rantau Bujur Tengah, 10 April 2013
Supervisor 2




Rudiyanti S.Pd.SD
NIP, 19801226 200701 2 009



  Analisis :
Hasil pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran hendaknya ditingkatkan menjadi sering dan yang sering hendaknya ditingkatkan menjadi selalu, dan yang selalu hendaknya dipertahankan. Adapun aktivitas guru dapat dilihat pada tabel 4.3, sebagai berikut :
Tabel 4.3.
Lembar Pengamatan Aktivitas  Guru Siklus I
     Nama Sekolah   : SDN Rantau Bujur Tengah   Mata Pelajaran: Matematika
Nama Guru     : Ilkawati                                   Kelas / Semester: IV / II
Hari / Tanggal : Rabu, 10 April 2013          Materi : Operasi hitung pecahan
                                                           
No
Aspek yang diamati
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
A.
Kegiatan awal




1.
Membangkitkan minat siswa



2.
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran



B.
Kegiatan inti




1.
Memberikan masalah kontekstual



2.
Menekankan pada pemecahan masalah



3.
Guru menggunakan alat peraga yang cocok



4.
Penjelasan atau demonstrasi (pemodelan) guna melakukan dengan jelas, sederhana dan mudah dimengerti.



5.
Guru membimbing dan memperhatikan siswa



6.
Aktifitas belajar berlangsung dalam suasana menyenangkan.



7.
Memperhatikan dan menghargai ide atau pendapat siswa



8.
Guru memberikan penghargaan kepada siswa.



9.
Guru melakukan refleksi/berfikir kembali tentang apa yang diajarkan.



C.
Kegiatan akhir




1.
Membuat kesimpulan materi yang diajarkan.



2.
Guru mengadakan penilaian



Rantau Bujur Tengah, 10 April 2013
Supervisor 2


Rudiyanti, S.Pd. SD
NIP, 19801226 200701 2 009

Analisis :
Hasil pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran hendaknya ditingkatkan menjadi sering dan yang sering hendaknya ditingkatkan menjadi selalu dan yang selalu hendaknya dipertahankan.

b. Hasil Penelitian Siklus II
Pada siklus II ini peneliti berusaha untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan pada siklus I.
1)      Perencanaan
Bersama teman sejawat peneliti menyusun rencana tindakan untuk memecahkan masalah yang timbul pada siklus I. rencana tindakan pada siklus II ini sama dengan siklus I.
2)      Pelaksanaan Pembelajaran
-            Melaksanakan skenario pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan olah RPP II.
-            Melaksanakan penilaian.
3)      Pengamatan
Pengamatan yang dilakukan oleh pengamat sama dengan pengamatan siklus I . Hasil pengamatan siklus ini dapat dilihat pada tabel 4 4. adalah sebagai berikut :







Tabel 4.4
Lembar  pengamatan Aktivitas siswa kelas IV siklus II
Nama Sekolah      : SDN Rantau Bujur Tengah      MataPelajaran: Matematika
Nama Guru          : Ilkawati                                    Kelas / Semester: IV / II
Hari / Tanggal      : Rabu, 24 April 2013          Materi: Operasi hitung pecahan
                                                    

No
Aspek yang diamati
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
1
Siswa memperhatikan penjelasan atau pertanyaan



2
Siswa terdorong menggunakan kemampuan berfikir kritis (menganalisis dan  menguraikan masalah)



3
Siswa terdorong menggunakan kemampuan berfikir kreatif



4
Siswa belajar dalam keadaan antusias dan gembira



5
Terjadi interaksi siswa dengan siswa



6
Terjadi interaksi siswa dengan guru



7
Siswa mempunyai kesempatan untuk mengemukakan pendapat



8
Siswa berbicara dan berbagai pengalaman(bekerjasama)



9
Siswa aktif dalam pembelajaran



10
Siswa melakukan refleksi / berfikir kembali tentang apa yang dipelajari



     
Rantau Bujur Tengah, 24 April 2013
Pengamat




Rudiyanti, S.Pd.SD
NIP, 19801226 200701 2 009     
 Analisis :
Hasil pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran hendaknya ditingkatkan menjadi sering dan yang sering hendaknya ditingkatkan menjadi selalu dan yang selalu hendaknya dipertahankan.




























Tabel 4.5
Lembar Aktivitas Pengamatan Guru Siklus II
Nama Sekolah : SDN Rantau Bujur Tengah     Mata Pelajaran: Matematika
Nama Guru      : Ilkawati                                    Kelas / Semester: VI / II
Hari / Tanggal  : Rabu, 24 April 2013                Materi:Operasi hitung pecahan
                                                                                                                             
No
Aspek yang diamati
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah
A.
Kegiatan awal




1.
Membangkitkan minat siswa



2.
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran



B.
Kegiatan inti




1.
Memberikan masalah kontekstual



2.
Menekankan pada pemecahan masalah









3.
Guru menggunakan alat peraga yang cocok



4.
Penjelasan atau demonstrasi (pemodelan) guna melakukan dengan jelas, sederhana dan mudah dimengerti.



5.
Guru membimbing dan memperhatikan siswa



6.
Aktifitas belajar berlangsung dalam suasana menyenangkan.



7.
Aktifitas belajar berlangsung dalam suasana menyenangkan



7.
Memperhatikan dan menghargai ide atau pendapat siswa



8.
Guru memberikan penghargaan kepada siswa.



10.
Guru melakukan refleksi/berfikir kembali tentang apa yang diajarkan.



C.
Kegiatan akhir




1.
Membuat kesimpulan materi yang diajarkan.



2.
Guru mengadakan penilaian





Rantau Bujur Tengah, 24 April 2013
Pengamat



Rudiyanti, S.Pd.SD
NIP, 19801226 200701 2 009


Analisis :
Hasil pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran hendaknya ditingkatkan menjadi sering dan yang sering hendaknya ditingkatkan menjadi selalu dan yang selalu hendaknya dipertahankan.

Setelah diadakan penelitian pada siklus II menunjukkan hasil bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan. Sebelum siklus siswa yang mendapat nilai sesuai dengan standar ketuntasan minimal (SKM) hanya 3 siswa dari 9 siswa di SD Negeri Rantau Bujur Tengah, sedangkan siswa yang lain mendapatkan dibawah SKM. Namun setelah diadakan perbaikan pada siklus II terjadi peningkatan yang begitu cepat.
 Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tabel 4.5, sebagai berikut:



                    Daftar prestasi belajar siswa kelas IV semester II
pada siklus I dan II
No
Nama siswa
Nilai siklus I
Nilai siklus II
1
Abdurrahman
60
75
2
Anita
65
90
3
Bawaihi
70
80
4
Bahran
65
65
5
Fahrurraji
80
70
6
Hafis Ansari
45
55
7
Hapsah
50
75
8
Hikmah
65
65
9
M. Gazali
40
70
10
Muti’ah
65
65
11
Novianti
75
70
12
Riski
65
70
13
Siti Naimah
70
85
14
Siti Rahmah
70
70
15
Widya Sari
65
65

Ketuntasan kelas = jumlah siswa yang tuntas x 100%
                                                Jumlah total siswa
Ketuntasan kelas =  x 100 % = 93,3%
Dengan melihat tabel prestasi belajar siswa dapat diketahui bahwa prestasi hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup pesat yaitu  8 siswa sudah berhasil sesuai dengan SKM bahkan ada yang diatas SKM, hanya 1 siswa yang belum berhasil dari 9 siswa di SDN Rantau Bujur Tengah.
B. Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Pembahasan Siklus I
Hasil penelitian pembelajaran untuk peningkatan prestasi belajar matematika tentang pengerjaan Operasi hitung pecahan  di kelas IV terutama dalam mengidentifikasi pengerjaan Operasi hitung pecahan belum sepenuhnya dipahami anak.
Beberapa hal yang menyebabkan ini adalah:
a.         Siswa kurang termotifasi untuk belajar matematika
b.        Metode yang diterapkan guru masih belum bisa membuat siswa aktif    dalam pembelajaran di kelas.
Dari segi prestasi belajar juga tampak jelas bahwa prestasi belajar siswa masih jauh dan kurang memuaskan bagi peneliti hal ini dapat dilihat dari hasil nilai pada diagram grafik siklus I sebagai berikut:

Diagram grafik pada sebelum dan siklus I
100
90                                                                                     
80                                                         
70
60                                                        46,6%             
50                           40%
40
30
20
10
 


                 Sebelum Siklus            Siklus I              

2. Pembahasan Siklus II
Pada siklus II ini pengamatan yang diperoleh adalah:
a. Antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran semakin meningkat, karena pembelajaran dengan metode penemuan lebih jelas dan terarah.
b. Interaksi antar guru dan siswa juga sering terjadi karena guru memperhatikan dan menghargai ide atau pendapat siswa.
c. Hasil akhir siklus pembelajaran ke II ini semakin meningkat dibanding siklus I, dari rata-rata 46,6% menjadi 93,3%
Diagram grafik pada sebelum siklus, siklus I & II

100
90                                                                                     93,3 %
80                                                         
70
60                                                        46,6%
50                         40,6%
40
30
20
10
 


                 Pra Siklus        Siklus I               Siklus II




BAB V
SIMPULAN SARAN DAN TIDAK LANJUT

A.  Simpulan
 Dari Penelitian perbaikan pembelajaran yang dilakukan peneliti dapat diambil kesimpulan sebagai berikut
1.      pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan/prestasi siswa
2.      Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match  mengalami peningkatan
3.      Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth  dapat muncul dan berkembang
4.      Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat melatih dan mendorong siswa dalam menemukan suatu fakta atau relasi yang belum diketahui.

B. Saran Tindak Lanjut
             Dari kesimpulan diatas dapat disarankan hal-hal sebagai berikut:
1.      Kegiatan pembelajaran matematika yang selama ini menggunakan metode ceramah kurang meningkatkan prestasi belajar siswa, keaktifan siswa dan pemahaman terhadap materi sebaiknya menggunakan pembelajaran yang aktif, efektif, menyenangkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.
2.      Dengan melihat prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a macht yang mengalami peningkatan, tentunya bisa dikembangkan dengan metode pembelajaran yang lain yang dianggap lebih efektif.
3.      Dengan adanya perbaikan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan profesional guru dalam mengemban amanat sebagai guru yang profesional.


DAFTAR PUSTAKA

Augustine, C. and Smith, W. C. (jr).1992. Theaching Elementary School Mathematic.New York : Ny : Harpell Collins.
Hatfield, Mary M. Edward, Nancy Tanner & Bitter, Garry G. 1993. Mathematic Method for The Elementary and Midle School. Boston : Allyn and Bacon.
Kurikulum. 2004. Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Depdiknas.
Moedjiono dan Moh. Dimyati. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud. Ditjen Pendidikan Tinggi. Proyek pembinaan tenaga kependidikan.
Raka Joni, T. (ED) 1998. Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua prosedur Pelaksanaan . Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah, Ditjen DIKTI.
Raka Joni, T. Kardiawarman & Hadi Subroto, T. 1998. Penelitian Tindakan Kelas, Bagian Pertama Konsep Dasar.Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah, Ditjen DIKTI.











LAMPIRAN


Lampiran 1
                 Kesediaan Supervisor 2 dalam  Penyelenggaraan PKP
Kepada
Kepala UPBJJ -UT
Di Banjarmasin

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                        : Rudiyanti, S.Pd.SD
NIP                          : 19801226 200701 2 009
Tempat Mengajar     : SDN Rantau Bujur Tengah
Alamat Sekolah        : Jl.Sungai kuli, RT.01,  Kecamatan Sungai Tabukan,    
                                    Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Menyatakan bahwa:
Nama                        : Ilkawati
NIM                         : 814 786 516
Program Studi          : S I PGSD
Tempat Mengajar     : SDN Rantau Bujur Tengah
Alamat Sekolah        : Jl. Sungai kuli, RT.01  Kecamatan Sungai Tabukan                              Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Guru kelas                : III
Telpon/HP                : 085248761180

Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui
Kepala Sekolah



H. Saidi Padilah, S.Pd
NIP. 19650502 198804 1 003
Sungai Pandan,   April 2013
Supervisor 2,



Rudiyanti, S.Pd.SD
NIP. 19801226 200701 2 009

Lampiran 2

Surat Pernyataan Kesediaan sebagai Supervisor 2

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:
Nama                     : Ilkawati
NIM                       : 814 786 516
UPBJJ                    : 49 / Banjarmasin

Menyatakan bahwa:
Nama                     : Rudiyanti, S.Pd.SD
NIP                        : 19801226 200701 2 009
Tempat Mengajar   : SDN Rantau Bujur Tengah
Guru Kelas             : III

Adalah supervisor 2 yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang merupakan tugas mata kuliah  PDGK 5401 Pemantapan Kemampuan Profisional ( PKP )

Demikian agar surat pernyataan ini digunakan sebagaimana mestinya.

Supervisor 2




Rudiyanti, S.Pd.SD
NIP. 19801226 200701 2 009
Sungai Pandan,   April 2013
Mahasiswa,



Ilkawati
NIM. 814 786 516



Lampiran 3
Format Perencanaan Perbaikan Pembelajaran MATEMATIKA

Fakta/Data pembelajaran yang terjadi di kelas







Identifikasi masalah







Analisis masalah







Alternatif dan Prioritas Pemecahan masalah






Rumusan masalah




JURNAL  PEMBIMBINGAN  SUPERVISOR 2 PKP
Nama Mahasiswa                    : JUITA
Nim                                         : 822176539
Mengajar di kelas                    : IV
Sekolah                                   : SD Negeri 13 Kusambi

No.
Hari/Tanggal
Kegiatan
Hasil/komentar
Tindak Lanjut
Mhs
Sup.2
1.
4-11-2013








2.

6-11-2013


















Lampiran 3
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(SIKLUS I)

Satuan Pendidikan          :    SDN  13 Kusambi
Materi Pelajaran              :    Matematika
Kelas/semester                :    IV / I
Alokasi Waktu                :    2 x 35 Menit

A.  Standar Kompetensi
Ø Mengidentifikasi sifat-sifat kesebangunan simetri lipat dan simetri putar bangun datar
B.       Kompetensi Dasar
Ø  Menentukan sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun.
Ø  Mengidentifakasi simetri lipat bangun datar
C.      Indikator
Ø  Menentukan simetri lipat dan simetri putar bangun datar
Ø  Membandingkan simetri lipat dan simetri putar antar bangun
D.      Tujuan Perbaikan
Ø  Siswa dapat membandingkan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar
Ø  Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat
E.       Langkah-langkah Pembelajaran
a.    Kegiatan Awal
-            Menyampaikan tujuan pembelajaran
-            Menyampaikan kegiatan yang akan di lakukan
-            Apersepsi: mengajukan pertanyaan, mengaitkan materi dengan pelajaran sebelumnya atau berkaitan dengan pengalaman siswa sehari-hari
-            Memberikan pre-test


b.    Kegiatan Inti
-            Guru membagikan bangun datar yaitu bangun persegi, persegi panjang, segitiga, trapezium, lingkaran pada setiap siswa
-            Guru membimbing siswa dalam menemukan simetri lipat
-            Masing-masing siswa melaporkan hasil temuannya
-            Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan
c.    Kegiatan Akhir
-            Memberikan tes tertulis
-            Membahas hasil tes
F.       Metode
             - Tanya jawab
             - Diskusi
             - Penemuan
            -  Penugasan
G.       Alat dan Sumber
Alat:
Beberapa potong kertas berbentuk bermacam-macam bangun datar
Sumber:
1.      Buku Matematika kelas IV penerbit Yudistira
2.      Buku-buku penunjang lain
3.      LKS
H.      Penilaian
- Tes tertulis
- Unjuk kerja
- Keaktifan siswa











LEMBAR KERJA SIKLUS I
Kelompokkan bangun berikut ke dalam kelompok bangun simetris dan tidak simetris !


C
 

B
 

A
 


D
 

G
 

F
 

E
 
                 


J
 

I
 

H
 
       


Kelompok Bangun
Gambar Huruf
Alasan
Bangun yang simetris





   B, C, D, F, G, I

Karena jika bangun di lipat ke 2 sisinya sama
Bangun yang tidak simetris




A, E, H, J

Karena jika bangun di lipat kedua sisinya berbeda.


  

          Mengetahui,
            Observer  


       LA HALINA, S.Pd
NIP. 1969 1231 1991 081007
                La Haji,  4 November 2013

                              Peneliti  



                               JUITA
                        NIM. 822176539


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD Negeri 13 Kusambi



LA RUHAMA A.Ma.Pd
NIP. 1961 1231 1985121023






















Lampiran 3
RENCANA PERBAIKAN   PEMBELAJARAN
(SIKLUS II)

Satuan Pendidikan          :    SDN  13 Kusambi
Materi Pelajaran              :    Matematika
Kelas/semester                :    IV / I
Alokasi Waktu                :    2 x 35 Menit

A.                                    Standar Kompetensi
Ø Mengidentifikasi sifat-sifat kesebangunan simetri lipat dan simetri putar bangun datar
B.                                    Kompetensi Dasar
Ø  Menentukan sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun.
Ø  Mengidentifakasi simetri lipat bangun datar
C.                                    Indikator
Ø  Menentukan simetri lipat dan simetri putar bangun datar
Ø  Membandingkan simetri lipat dan simetri putar antar bangun
D.                                    Tujuan Perbaikan
Ø  Siswa dapat membandingkan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar
Ø  Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat
E.                                    Langkah-langkah Pembelajaran
a.    Kegiatan Awal
-            Menyampaikan tujuan pembelajaran
-            Menyampaikan kegiatan yang akan di lakukan
-            Apersepsi: mengajukan pertanyaan, mengaitkan materi dengan pelajaran sebelumnya atau berkaitan dengan pengalaman siswa sehari-hari
-            Memberikan pre-test



b.    Kegiatan Inti
-            Guru membagikan bangun datar yaitu bangun persegi, persegi panjang, segitiga, trapezium, lingkaran pada setiap siswa
-            Guru membimbing siswa dalam menemukan simetri lipat
-            Masing-masing siswa melaporkan hasil temuannya
-            Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan
c.    Kegiatan Akhir
-            Memberikan tes tertulis
-            Membahas hasil tes
F.                                     Metode
             - Tanya jawab
             - Diskusi
             - Penemuan
            -  Penugasan
G.                                    Alat dan Sumber
Alat:
Beberapa potong kertas berbentuk bermacam-macam bangun datar
Sumber:
4.      Buku Matematika kelas IV penerbit Yudistira
5.      Buku-buku penunjang lain
6.      LKS
H.                                    Penilaian
- Tes tertulis
- Unjuk kerja
- Keaktifan siswa











LEMBAR KERJA SIKLUS II
Kelompokkan bangun berikut ke dalam kelompok bangun simetris dan tidak simetris !


C
 

B
 

A
 


D
 

G
 

F
 

E
 
                 


J
 

I
 

H
 
       


Kelompok Bangun
Gambar Huruf
Alasan
Bangun yang simetris





   B, C, D, F, G, I

Karena jika bangun di lipat ke 2 sisinya sama
Bangun yang tidak simetris




A, E, H, J

Karena jika bangun di lipat kedua sisinya berbeda.



  

          Mengetahui,
            Observer  



       LA HALINA, S.Pd
NIP. 1969 1231 1991 081007
                La Haji,  6  November 2013

                              Peneliti  




                               JUITA
                        NIM. 822176539


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD Negeri 13 Kusambi




LA RUHAMA A.Ma.Pd
NIP. 1961 1231 1985121023





Lampiran 5

JURNAL PEMBIMBINGAN SUPERVISOR 2 PKP

NIM/Nama Mahasiswa           : ZUBAIDAH
Mengajar di kelas                    : V ( lima )
Nama Sekolah                         : SDN Padang Luar

No
Hari/
Tanggal
Kegiatan
Hasil/
Komentar
Tindak
Lanjut

 Paraf
 Mhs
Paraf
Sup 2
1.       





















































Mengetahui,
Supervisor 1



IRWAN ROZANIE, M.Pd
NIP.19760619 200012 1 003
Amuntai,    Oktober 2012
Supervisor 2,



IDERIS, S.Pd.SD
NIP.19660720 199103 1 006
FORMAT PENILAIAN
            Format penilaia proses
N0
Nama Siswa




















1
2
3
1
2
3
1
2
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









11









12









13









14









15









16









17









18









19









20









21









22









23









24









25





































{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment