MANFAAT SUSU KEDELAI

Bookmark and Share



Sekilas tentang Susu Kedelai

Bismillah,
Susu kedelai beberapa tahun yang lalu mungkin merupakan minuman yang populer, namun kini bisa dikatakan susu kedelai mulai memiliki peminat yang cukup banyak. Susu kedelai sendiri kini sudah mulai merambah ke berbagi tempat pemasaran, mulai dari di dalam bus kota yang penyajiannya seadanya saja dengan hanya di bungkus plastik sampai dengan mal-mal dalam kemasan yang lebih eksklusif.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan perkembangan konsumsi susu kedelai sedemikian pesatnya, kemudian apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi susu kedelai?
Temukan jawabannya di artikel di bawah ini!

Gizi dan Manfaat Susu Kedelai.
Sejak zaman dahulu kacang kedelai dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki tingkat protein nabati sangat tinggi. Tidak hanya itu, kacang kedelai terutama yang sudah diolah menjadi susu kedelai ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak kalah, bahkan memikili kandungan yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan susu sapi biasa.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar gizi, susu kedelai sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai pengganti susu formula untuk bayi di atas 4 bulan karena terbukti lebih aman dari  bakteri jahat yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi.

NILAI NUTRISI KACANG KEDELAI

* 38% Protein Soya
* 18% Asid Lemak Poli Tak Jenuh
* 15% Karbohidrat
* 15% Fiber
* Fitonutrien seerti Lesitin, Isoflavon dan Saponin
* Mineral, seperti Kalsium, Magnesium, Besi, fosforus, Potasium, Selenium dan Zink.
* Nilai protein kedelai menempati urutan teratas dalam Protein Digestibility Corrected Amino Acid Score (PDCAAS) dengan nilai 1.0. Ini berarti protein kedelai mengandung protein terlengkap dan dapat digunakan * Kalsiumnya membantu meningkatkan kepadatan tulang, menguatkan tulang dan secara bersamaan mencegah terjadinya keropos tulang (osteoporosis)
* Isoflavones membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit kanker
* Kacang kedelai mengandung vitamin-vitamin bermanfaat seperti vitamn B, D dan E.
* Lecithin membantu mengatur tingkat kadar kolesterol, meningkatkan daya ingat dan mencegh terjadinya penyakit Alzheimer's.

Nilai nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai antara lain :

1. 38% Protein nabati (protein kedelai)
2. 18% Lemak tak jenuh
3. 15% Serat
4. 15% Karbohidrat
5. Mineral lainnya seperti :
- Kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
- Isoflavon yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kanker
- Lecithin membantu meningkatkan daya ingat dan mencegh terjadinya penyakit Alzheimer's
6. Vitamin seperti Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin B

Perbandingan Susu Sapi dan Susu Kedelai

Nah, dari gambar di atas bisa kita lihat, ternyata susu kedelai memiliki manfaat yang luar biasa, bahkan bila dilihat dari nilai nutrisinya, susu kedelai memiliki manfaat yang lebih baik untuk kesehatan daripada susu sapi biasa.

Susu kedelai merupakan susu dengan harga murah, memiliki nilai gizi tinggi serta cocok untuk tua dan muda. Dengan ditemani sehelai roti bakar, minum susu kedelai di pagi hari merupakan tradisi yang sehat dan nyaman.
Para ilmuwan meyakini bahwa susu kedelai dapat memberi manfaat bagi tubuh fisik kita, seperti :

1. Memperkuat tubuh fisik 
Mengandung 4,5 gr protein, 1,8 gr lemak, 1,5 gr karbohidrat, 4,5 gr fosfor, 2,5 gr zat besi, 2,5 gr kalsium, vitamin, ribovlavin dan sebagaianya dalam setiap 100 gr susu kedelai untuk meningkatkan tubuh fisik kita.

2. Mencegah diabetes
Susu kedelai mengandung selulosa dalam jumlah besar sehingga dapat mencegah penyerapan gula secara berlebihan. Mengurangi kadar gula dapat mencegah diabetes. Susu kedelai merupakan asupan penting bagi penderita diabetes.

3. Mencegah tekanan darah tinggi
Susu kedelai mengandung steroid, potasium, magnesium yang merupakan zat ampuh untuk memerangi natrium, salah satu penyebab utama hipertensi. Pada saat sodium dalam tubuh dapat.

4. Mencegah serangan jantung koroner
Steroid, kalium, magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat memperkuat dan meningkatkan aliran darah, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, menurunkan kolesterol serta meningkatkan aliran darah untuk mencegah kejang-kejang. Minum satu gelas susu kedelai setiap hari dapat menurunkan hingga 50 % kambuhnya kembali penyakit jantung.

5. Mencegah stroke
Magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran darah pada otak sehingga secara efektif mencegah terjadinya infarksi dan pendarahan otak. Lecitin dalam susu kedelai juga dapat mengurangi kematian sel otak serta memperbaiki fungsi otak.

6. Mencegah kanker
Protein, selenium dan molibdenum dalam susu kedelai bersifat menekan tumor ganas. Sangat efektif terutama terhadap kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara. Menurut survei, kemungkinan berkembangnya kanker bagi orang yang tidak minum susu kedelai akan meningkat 50 % dibandingkan dengan mereka yang secara teratur mengkonsumsi susu kedelai.

7. Mencegah bronkhitis
Asam dalam susu kedelai dapat mencegah kejang otot, sehingga dapat mengurangi dan mencegah timbulnya bronkhitis.

8. Mencegah penuaan
Selenium, vitamin E dan vitamin C adalah antioksidan sempurna yang dapat meremajakan sel-sel kita, terutama sel otak.

9. Mencegah kepikunan, AIDS, sembelit, dan obesitas atau kegemukan.
Sudahkah Anda mengkonsumsi susu kedelai hari ini?
Semoga bermanfaat.

Sumber :
http://erabaru.net/top-news/40-news5/18509-sembilan-manfaat-susu-kedelai
http://www.squidoo.com/manfaat-susu-kedelai
http://infosehat-melilea.blogspot.com/2009/02/melilea-organic-soya-drink-susu-kedelai.html

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment