A. JUDUL PENELITIAN
PENGGUNAAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI
BELAJAR ANAK BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA DALAM KELOMPOK B DI TK SUKARAPIH
KECAMATAN SARIWANGI KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2010/2011
B. BIDANG KAJIAN
Bidang kajian dalam penelitian
ini adalah penggunaan kartu dalam pengembangan kemampuan dasar : Pengembangan Bahasa.
C. PENDAHULUAN
Permasalahan dalam
pembelajaran di TK sering sekali ditemukan, apalagi permasalahan cara
melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang berhasil di tandai oleh
kemampuan penguasaan anak. Pada semester pertama tahun ajaran 2010/2011
kemampuan bahasa menunjukan rendahnya penguasaan anak terhadap pembendaharaan
kata. Hanya 5 orang anak dari 20 orang anak di kelompok B yang mendapat penguasaan
kata di atas 60% dan selebihnya 15 orang anak tingkat penguasaan berfariatif di
bawah 50%. Kendala yang di alami anak tersebut adalah kurangnya anak memahami
huruf dan guru kurang memberi contoh.
Hal ini membuat anak
kurang termotivasi dan kurang minat sehingga prestasi belajarnya rendah. Maka
hasil identifikasi terungkap beberapa masalah yag terjadi dalam pembelajaran,
yaitu :
1. Anak kurang memahami kartu kata
2. Anak tidak dapat menyebutkan kata yang
terdapat pada kartu kata
3. Penguasaan pembendaharaan rendah
Untuk mengatasi
kesulitan tersebut digunakan kartu kata, dimana penggunaan kartu kata bertitik
tolak pada hal-hal yang bersifat nyata bagi anak dan anak dapat mengetahui
kartu kata, selain itu anak akan mengetahui kata. Penggunaan kartu kata untuk
meningkatkan motivasi belajar anak pada bidang pengembangan kemampuan bahasa
ini di harapkan anak termotivasi sehingga hasil belajar anak dapat meningkat.
Berdasarkan dari latar
belakang masalah tersebut, penulis menganggap penting untuk mengadakan
perbaikan pembelajaran melalui penggunaan kartu kata untuk meningkatkan
motivasi belajar anak pada bidang pengembangan kemampuan bahasa.
D. RUMUSAN DAN PEMECAHAN MASLAH
Berdasarkan
pendahuluan di atas, maka di rumuskan perbaikan pembelajaran yaitu , “Bagaimana
meningkatkan motivasi belajar anak dengan penggunaan kata peda bidang
pengembangan kemampuan bahasa?”
Dari rumusan
tersebut dijabarkan dalam pertanyaan penelitian, sebagai berikut :
1. Bagaimanakah
hasil belajar kelompok B TK Sukarapih pada bidang pengembangan kemampuan bahasa
sebelum menggunakan kartu kata
2. Bagaimanakah
hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih pada bidang pengembangan kemampuan
bahasa dengan menggunakan kartu kata
3. Seberapa besar
perbedaan hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih pada bidang pengembangan
kemampuan bahasa sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah perbaikan
pembelajaran.
Rencana
pemecahan masalah dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana siklus 1 RPP
1 di tekankan kepada pemahaman kartu kata. Siklus 2 RPP 2ditekankan
kepada mendorong minat, motivasi anak untuk mengemukakan kartu kata.
E. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan
penelitian penggunaan kartu kata untuk meningkatkan motivasi belajar anak pada
bidang pengembangan kemampuan bahasa, yaitu :
1. Untuk mengetahui
hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih dalam bidang pengembangan kemampuan
bahasa sebelum menggunakan kartu kata.
2. Untuk mengetahui
hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih dalam bidang pengembangan kemampuan bahasa
dengan menggunakan kartu kata.
3. Untuk mengetahui
seberapa besar perbedaan hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih dalam
bidang pengembangan kemampuan bahasa sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah
perbaikan pembelajaran dengan menggunakan kartu kata.
F. MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak, diantaranya :
1. Bagi sekolah,
yaitu untuk meningkatkan mutu layanan pembelajaran di TK Sukarapih serta dapat
dijadikan alternative alat peraga yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa
anak.
2. Bagi anak,
penggunaan kartu kata diharapkan akan lebih menambah pembendaharaan kata pada
anak.
3. Bagi penulis,
dapat menambah wawasan serta keyakinan dalam menjalankan tugas sebagai guru, diantaranya
adalah upaya untuk mencari alternative pembelajaran.
G. KAJIAN PUSTAKA
Dalam
pengembangan kemampuan bahasa merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru
untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap pengembangan
anak. Pengembangan ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui
bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan
membangkitkan minat untuk dapat berbahasa yang baik dan benar.
Bahasa memiliki
karakteristik yang menjadikannya sebagai bentuk khas komunikasi. Ada beberapa
karakteristik bahasa sebagai berikut :
1. Sistematis,
artinya bahasa merupakan suatu cara menggebungkan bunyi-bunyian maupun tulisan
yang bersifat teratur, standard dan konsisten.
2. Atribrati, yaitu
bahwa bahasa terdiri dari hubungan-hubungan antara berbagai macam
suara dan visual, objek maupun gagasan
3. Fleksibel,
artinya bahasa dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman.
4. Beragam, artinya
dalam hal pengucapan, bahasa memiliki berbagai variasi dialek atau cara.
5. Kompleks,
artinya bahwa kemampuan berpikir, konsep, ide, maupun hubungan-hubungan yang
dapat dimanipulasikan saat berpikir dan bernalar.
H. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
1. Rencana
Penelitian
Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK
Sukarapih sebanyak 3 orang, tempat penelitian dilakukan di TK Sukarapih Desa
Sukamulih kecamatan Sariwangi kabupaten Tasikmalaya, waktu penelitian
dilaksanakan mulai tanggal 03 – 15 Oktober 2011 selama 14 hari.
2. Prosedur
Penelitian
Prosedur penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus atau
2 daur pembelajaran. Setiap siklus pembelajaran yang dilaksanakan dengan
menggunakan prosedur sebagai berikut :
a. Perencanaan (planning) :
menyusun rencana perbaikan pembelajaran (RPP), menyusun lembar observasi dan
menyusun alat evaluasi.
b. Pelaksanaan tindakan (acting)
: melaksanakan sekenario pembelajaran yang telah dilaksanakan
c. Pengamatan (observing) : hasil
yang diperoleh dari observasi yang telah dilaksanakan dalam rencana perbaikan
pembelajaran di analisis untuk melihat kemampuan anak dan untuk melakukan
tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya.
Bagan siklus
pembelajaran yang dilaksanakan mengacu kepada modul PTK Universitas Terbuka
dari IGAK Wardani, sebagai berikut :
I. JADWAL
PENELITIAN
Rencana Kegiatan
No
|
Jenis Kegiatan
|
Minggu I
|
Minggu II
|
1.
|
Penyusunan Proposal
|
||
2.
|
Observasi lapangan
|
||
3.
|
Penyusunan instrumen
|
||
4.
|
Konsolidasi dengan observer
|
||
5.
|
Pelaksanaan penelitian
|
||
6.
|
Penyusunan laporan
|
||
7.
|
Penggandaan dan pelaporan hasil
|
J. BIAYA PENELITIAN
Rencana Anggaran
Biaya Penelitian
No
|
Rencana
Pengeluaran Biaya
|
Jumlah
Pengeluaran
|
1.
|
Penyusunan proposal penelitian
|
Rp. 50.000
|
2.
|
Penyusunan instrument penelitian
|
Rp. 35.000
|
3.
|
Alat Tulis Kantor (ATK)
|
Rp. 50.000
|
4.
|
Transportasi
|
Rp. 80.000
|
5.
|
Akomodasi dan konsumsi
|
Rp. 50.000
|
6.
|
Upah kerja/honorarium
|
Rp. 50.000
|
7.
|
Penyusunan laporan penelitian
|
Rp. 50.000
|
8.
|
Penggandaan laporan penelitian
|
Rp. 50.000
|
9.
|
Lain-lain
|
Rp. 50.000
|
Jumlah
|
Rp. 450.000
|
K. PERSONALIA PENELITIAN
L. DAFTAR PUSTAKA
- Depdiknas kurikulum TK 2004, Dirjen Manajemen Dasar dan Menengah. Jakarta
2006
- Nurbiana Dhieni, dkk. Edisi I. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta :
Universitas Terbuka 2006
- Wardani, I.G.A.K, et. Al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Modul IDIK 4008.
Jakarta : Universitas Terbuka
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment