LAPORAN
EVALUASI DIRI SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
PEMERINTAH KABUPATEN KAMPAR
UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KASIKAN
JALAN MUTIARA KASIKAN
KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR
2010
Kata Pengantar
Puji syukur kami
ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua
khususnya kepada Kepala Sekolah Dasar Negeri Nomor 001 Kasikan Kecamatan Tapung
Hulu Kabupaten Kampar sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Evaluasi Diri
Sekolah ini.
Pelaksanaan Evaluasi
Diri Sekolah ini dibuat dalam rangka mengkoreksi sejauhmana kemampuan sekolah
dalam melaksanakan system pembelajaran dan mengkaji permasalahan permasalahan
yang ada di sekolah serta bagaiman cara mengatasi permasalahan tersebut dan
merumuskan rencara strategis sekolah pada masa yang akan datang guna untuk peningkatan pendidikan untuk terciptanya proses pembelajaran yang
kondusif dan menunjang kelancaran pendidikan di SD Negeri 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar,
sesuai dengan visi misi sekolah.
Dan pada kesempatan
ini kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda
dan Olahraga Kabupaten Kampar, Bapak Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan
Kecamatan Tapung Hulu, serta Bapak Pengawas TK / SD Kecamatan Tapung Hulu serta
segala pihak yang tidak bisa kami sebutkan atas segala sumbangsih, saran serta
motivasinya sehingga terselesainya penulisan laporan Evaluasi Diri Sekolah (
EDS ) ini dengan baik.
Kami menyadari
didalam penusunan proposal ini masih banyak terdapat kekurangan sebab sesuai
dengan pepatah “ Tak ada gading yang tak retak “ oleh sebab itu kami
mengharapkan kritik dan saran serta dukungan dari semua pihak demi perbaikan
diri kami pada masa yang akan datang dan atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.
Tim Pengembang Sekolah
Ketua
KOHAR, S.Pd.SD
NIP. 19711117 199602 1 001
DAFTAR ISI LAPORAN EVALUSI DIRI SEKOLAH
Nomor
|
Bagian
|
Halaman
|
Kata
Pengantar
|
||
Daftar
isi
|
||
Pendahuluan
|
||
1.
|
Standar Proses
|
|
1.1. |
Apakah
silabus sudah sesuai dan relevan?
|
|
1.2. |
Apakah RPP direncanakan untuk
mencapai pembelajaran efektif?
|
|
1.3. |
Apakah
sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara
tepat?
|
|
1.4. |
Apakah
pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
|
|
1.5. |
Apakah
sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?
|
|
1.6. |
Bagaimana cara sekolah mempromosikan
dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?
|
|
PENDAHULUAN
1. Nama Sekolah : SDN 001 Kasikan
2. Nama Kepala Sekolah : Kohar, S.Pd.SD
3. Tanggal : 10 Nopember 2010
4. Jumlah murid : 440 Orang
5.
Jumlah Guru :
19 Orang
6. Visi Sekolah :
Untuk menjalankan misinya maka SDN 001 Kasikan menetapkan
visinya Sebagai berikut :
“ Sekolah Dasar Negeri nomor 001 Kasikan sebagai salah
satu SD unggul, baik penampilan maupun mutu kelulusan di Kecamatan Tapung Hulu
“
Misi Sekolah :
Dalam rangka untuk mencapai visi
tersebut diatas maka kami telah menetapkan beberapa aktifitas dan kegiatan yang
biasa disebut dengan misi sekolah sebagai berikut :
-
Menggali potensi sekolah dan masyarakat
-
Meningkatkan kinerja Kepala Sekolah
-
Meningkatkan pranan masyarakat terhadap kepedulian
sekolah dalam hal ini adalah komite sekolah
-
Meningkatkan kwalitas personal Guru
-
Mengusahakan terpenuhinya jumlah Guru
-
Meningkatkan suasana kekeluargaan sekolah
-
Menciptakan suasana kompetitif
-
Mengusahakan terwujudnya kelas unggulan
-
Mengusahakan Remedial ( belajar tambahan ) bagi siswa
yang mengalami kesulitan belajar
-
Meningkatkan kegiatan extra kurikuler
-
Melaksanakan lomba mata pelajaran
1. Tujuan Sekolah
Adapun
tujuan SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu sampai dengan tahun 2010 sebagai
berikut :
1.
Persentase rata –
rata nilai murni UASBN 7,05 ( Tujuh koma nol lima )
2.
Persentase rata –
rata siswa lulusan yang diterima di SLTP Negeri 70 %
3.
Memiliki kelompok
keamanan yang baik
4.
Memiliki
kedisiplinan warga sekolah yang baik
5.
Memiliki kelompok
KKG dengan sekolah imbas yang baik
6.
Memiliki kerjasama
yang baik dengan sekolah imbas dan sekolah yang berdampingan
2. Rencana dan Strategi
1. Meningkatkan kedisiplinan siswa
2. Meningkatkan kemampuan skill siswa dan
profesionalisme siswa
3. Meningkatkan dan mengembangkan bakat siswa
melalui kegiatan extra kurikuler
4.
Meningkatkan kedisiplinan Guru
5.
Meningkatkan kemampuan skill dan profesionalisme Guru
didalam kegiatan belajar mengajar
i.
Meningkatkan Kelompok Kerja Guru ( KKG )
ii.
Meningkatkan Kerjasama dalam pendidikan dengan sekolah
imbas
iii.
Meningkatkan kerjasama antar warga sekolah dengan
masyarakat dan pemerintah
a. Alternatif
langkah – langkah
- Peningkatan
Bidang Mutu Pendidikan
1.
Penambahan Guru
2.
Satu Guru hanya mengajar satu bidang studi
3.
Satu buku satu murid
4.
Satu paket didampingi LKS
- Olahraga
1.
Menyediakan sarana latihan
2.
Membuat club sekolah
3.
Mendatangkan pelatih
4.
Mengadakan kompetisi
5.
Menyusun jadwal latihan
- Bidang
Keagamaan
1.
Mengadakan santapan rohani setiap
jum’at
2.
Mengadakan praktek ibadah
3.
Mengadakan seni bacaan Al Qur’an
4.
Penghapalan Ayat – ayat pendek
5.
Mengadakan les khusus masalah tauhid
- Bidang
Dana dan Pembangunan
1.
Mengusahakan bantuan dari pemerintah dan swasta
2.
Mengadakan kerja sama dengan kelompok tanah plasma
3.
Menjalin kerja sama dengan kelompok tani plasma
- Bidang
Keorganisasian dan Kepemimpinan
1.
Meningkatkan pelatihan Pramuka
2.
Mengaktifkan UKS / Dokter Kecil
7. Kondisi
Lingkungan Sekolah
Sekolah Dasar Negeri Nomor
001 Kasikan adalah Sekolah Inti dari Gugus Kasikan Lestari dan berada di jantung Desa Kasikan Kecamatan Tapung
Hulu Kabupaten Kampar, dengan kondisi penduduk sekitar 50 % adalah para
pendatang dan masyarakat yang ada di lingkungan SDN 001 Kasikan sudah mengenyam
pendidikan menengah keatas, karena berada di pusat Desa Kasikan dan lingkungan
masyarakat yang sudah berpendidikan ditambah lagi SDN 001 Kasikan merupakan
Sekolah Inti dari Gugus Kasikan Lestari membuat SDN 001 Kasikan harus selalu
mengevaluasi diri guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada SDN 001
Kasikan, sebagaimana dijelaskan diatas Sekolah Dasar Negeri 001 Kasikan adalah sekolah yang berada di
pusat Desa Kasikan dan berada di lingkungan masyarakat yang sudah berpendidikan
dan profesi orang tua murid lebih sekitar 70 % sebagai pedagang membuat para
peserta didik kurang mendapat perhatian atau sering terabaikan oleh orang
tuanya dikarena kesibukan masing – masing.
Dilatar belakangi
oleh orang tua yang sudah 60 % berpendidikan dan ditambah berfrofesi sekitar 70
% sebagai pedagang membuat perekonomian para orang tua sudah tergolong mapan
dan berkecukupan, kondisi perekonomian yang memadai membuat orang tua menyadari
akan kebutuhan pendidikan terhadap anaknya semakin bertambah sedangkan 40 %
lagi adalah orang tua yang berlatar belakang pendidikan dibatawah atau sama
sekali tidak pernah mengenyam pendidkan formal dan 30 % orang tua memilki
perekonomian dibawah rata – rata membuat proses belajar dan mengajar pada SDN
001 Kasikan tidak berjalan maksimal dan
semua itu tentu saja secara tidak langsung menuntut SDN 001 Kasikan sebagai
sarana pendidikan mendapat tantangan untuk menjadi fasilisator pendidkan selalu
berbenah diri guna meningkatkan kualitas pendidikan.
1. STANDAR PROSES BELAJAR
|
|||
1.1. Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
|
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
Standar proses belajar
A: Silabus
Silabus dikembangkan berdasarkan
standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP)
Silabus
diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan
|
|||
Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti
yang dipergunakan)
|
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat yang dicapai
|
|
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua
kelompok usia di sekolah
|
√
|
- Karena kurangnya kemampuan para Guru dalam menggunakan
metode beragam dalam menyampaikan pembelajaran maka guru SDN 001 Kasikan
lebih cendrung menggunakan metode klasikal
-
Karena
kurang kreatifnya para Guru – guru pada SDN 001 Kasikan
menyebabkan kebutuhan para peserta didik sering terabaikan
-
Karena
metode yang digunakan oleh guru SDN 001 Kasikan adalah metode klasikal (
ceramah ), para peserta didik kurang mendapatkan kesempatan untuk aktif dalam
belajar.
-
Keterbatasan
kemampuan Guru pada SDN 001 Kasikan membuat kurang termotifasinya para
peserta didik
|
|
Wawancara dengan orang tua
peserta didik
|
|||
Wawancara
dengan peserta didik
|
|||
Lain-lain
|
1.2. Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran
efektif
|
||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar
√ - Prinsip- prinsip
perencanaan pembelajaran -
Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi,
tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu, metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan
belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup
|
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)
|
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat yang dicapai
|
||
Reviu RPP
|
- Penggunaan metode klasikal oleh Guru SDN 001 Kasikan
dalam menyampaikan pembelajaran membuat kebutuhan belajar individu sering
terabaikan
- Guna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar,
maka Guru SDN 001 Kasikan memberikan tambahan pembelajaran pada sebagian
peserta didik setelah jam sekolah
-
Guna untuk tercapainya tujuan belajar pada seluruh peserta
didik maka
sebagian guru SDN 001 Kasikan memperhatikan
kesulitan –
kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik
|
|||
Observasi kelas
|
||||
Interviu guru
|
||||
Interviu peserta didik
|
||||
Lainnya
|
||||
1.3. Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses
dan dipergunakan secara tepat?
|
|||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
Implementasi Proses Belajar
· Selain buku text pelajaran, guru
menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber
belajar lainnya.
|
|||||
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat yang dicapai
|
|||
Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan
|
√
|
- Dengan spesifikasi rencana pelaksanaan pembelajaran
dengan indikator pencapaian tingkat ke – 2 Guru – guru pada SDN 001 Kasikan
menggunakan berbagai sumber buku
-
Guru
SDN 001 Kasikan menggunakan alat peraga pembelajaran hanya pada bidang studi
tertentu saja.
-
Guru
SDN 001 Kasikan dalam mendapatkan bahan penunjang pembelajaran sangat
terbatas
-
Sebagai
kreatifitas Guru, sebagian alat peraga yang dihasilkan oleh siswa dapat
dipajangkan
|
|||
Ketersediaan
dan penggunaan bahan bacaan tambahan
|
|||||
Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga
dan hasil karya peserta didik dipajang
|
|||||
Wawancara dengan peserta didik
|
|||||
Lain-lain (tuliskan)
|
|||||
1.4. Apakah
pembelajaran menerapkan
prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
|
||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
q Implementasi proses belajar
Para guru mengimplementasikan
rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik
Para peserta didik berpeluang
untuk melakukan ekplorasi,
elaborasi, dan konfirmasi
Para Guru memiliki kemampuan mengimplementasikan pengelolaan kelas yang
efektif
|
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)
|
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat yang dicapai
|
||
Tingkat/jumlah DO
|
- Karena kurangnya kemampuan para Guru dalam menggunakan
metode beragam dalam menyampaikan pembelajaran maka guru SDN 001 Kasikan
lebih cendrung menggunakan metode klasikal
-
Karena
kurang kreatifnya para Guru – guru pada SDN 001 Kasikan
menyebabkan kebutuhan para peserta didik sering terabaikan
-
Karena
metode yang digunakan oleh guru SDN 001 Kasikan adalah metode klasikal (
ceramah ), para peserta didik kurang mendapatkan kesempatan untuk aktif dalam
belajar.
-
Keterbatasan
kemampuan Guru pada SDN 001 Kasikan membuat kurang termotifasinya para
peserta didik
|
|||
Kehadiran peserta didik
|
||||
Wawacara dengan guru dan peserta
didik
|
√
|
|||
Observasi sesama guru
|
||||
Observasi Pengajaran
|
||||
Rencana pengajaran dan reviu guru
setelah menyampaikan pengajaran
|
||||
Lain-lain (tuliskan)
|
||||
1.5. Apakah sekolah memenuhi kebutuhan
semua peserta didik?
|
||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
q Perencanaan proses belajar
Rencana pembelajaran dengan
memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual,
minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya
belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma,
nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.
q Implementasi proses belajar
Guru menggabungkan pendekatan
tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya
Guru menghargai pendapat peserta
didik
Guru menghargai peserta didik
tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka
|
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
|
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan
berdasarkan bukti
|
Tingkat yang dicapai
|
||
Prestasi peserta didik dalam Ujian
Nasional
|
√
|
- Penggunaan metode klasikal oleh Guru SDN 001 Kasikan
dalam menyampaikan pembelajaran membuat kebutuhan belajar individu sering
terabaikan
- Guna untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar,
maka Guru SDN 001 Kasikan memberikan tambahan pembelajaran pada sebagian
peserta didik setelah jam sekolah
- Guna untuk
tercapainya tujuan belajar pada seluruh peserta
didik maka
sebagian guru SDN 001 Kasikan memperhatikan kesulitan
– kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik
|
||
Kemajuan
peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan
|
||||
Kehadiran peserta didik
|
||||
Observasi sesama guru
|
||||
Rencana pengajaran guru
|
||||
Lain-lain
|
||||
1.6. Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan
etos pencapaian prestasi?
|
||||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
·
Implementasi
Proses Belajar
q Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat
mereka dihargai.
q Guru-guru
memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar
peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.
|
||||
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
|
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan
berdasarkan bukti
|
Tingkat yang dicapai
|
||
Observasi terhadap sikap guru
terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.
|
√
|
- Karena keterbatasan pengetahuan Guru – guru SDN 001
Kasikan akan efek dari pujian membuat para guru SDN 001 Kasikan kurang
memberikan pujian kepada peserta didik
-
Karena
merasa kemampuannya masih di bawah para teman – temannya dan dihantui
perasaan takut salah membuat para peserta didik pada SDN 001 Kasikan kurang
percaya diri terhadap kemampuannya
-
Karena
anggapan bahwa para peserta didik dalam tahap belajar membuat para Guru di
SDN 001 Kasikan kurang mengakui perbedaan kemampuan pesrta didik.
-
Karena
kurangnya kreatifitas para guru SDN 001 Kasikan membuat mereka tidak semuanya
memberikan respon dan penguatan yang memadai terhadap hasil belajar peserta
didik
|
||
Menjadikan pekerjaan anak didik
sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.
|
||||
Perilaku lain yang relevan
|
||||
Lain-lain
|
PENUTUP
Dengan rahmat Allah
SWT, kami dapat menyelesaikan Laporan Evaluasi Diri Sekolah ( EDS) SD Negeri 001 Kasikan
Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar
dengan sebenarnya. Adapun hal – hal yang dirasakan kurang tepat pada tujuannya kami mohon masukan.
Kasikan, 05 Nopember 2010
Ketua Komite Sekolah Kepala
SDN 001 Kasikan
SAID AZHAR KOHAR, S.Pd.SD
NIP. 19711117 199602 1 001
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment