Jadwal (UN) Ujian Nasional SMP SMA 2014

Bookmark and Share
Jadwal pelaksaan Ujian Nasional 2014 untuk SMP/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, SMA/Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, SMK/ Madrasah Aliyah Kejuruan, Program Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran 2013/2014 telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pemerintah meniadakan ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah dasar (SD )pada tahun 2014, berkaitan dengan berlangsungnya pemilihan umum (Pemilu) legislatif. Pemerintah menyerahkan pelaksanaan ujian bagi SD kepada provinsi. Sedang UN SMP/MTs dan UN SMA/MA/SMK tahun 2014 akan diselenggarakan pada bulan April usai hajatan Pemilu legislatif.

Mendikbud mengatakan, UN memiliki empat fungsi, yaitu untuk pemetaan, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, perbaikan, dan kelulusan. Dan juga bermanfaat dalam rangka untuk bisa lulus juga dalam Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 pula

Jadwal (UN) Ujian Nasional SMP SMA 2014

Kriteria Kelulusan Ujian Nasional 2014


Pemerintah telah menentapkan akan kriteria kelulusan ujian nasional tahun 2013-2014 dengan penetapan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 97 tahun 2013 tentang Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan penyelenggaraan ujian sekolah/madrasah/pendidikan kesetaraan Ujian Nasional.

Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan mempunyai kriteria sebagai berikut :
  • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  • Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran.
  • Lulus Ujian S/M/PK.
  • Lulus UN.

POS Ujian Nasional Tahun 2014


Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Tahun 2013/2014 atau POS UN tahun 2014 merupakan Prosedur Operasi Standar untuk Penyelenggaraan Ujian Nasional di berbagai jenjang pendidikan. Prosedur operasional tersebut merupakan acuan pelaksanaan ujian nasional bagi Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah Kejuruan tahun pelajaran 2013/2014.

Sedangkan bagi Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan Sekolah Dasar Luar Biasa juga program UN Paket A tampaknya diatur secara terpisah.

Berikut adalah beberapa jadwal terkait dengan pelaksaan tahapan ujian nasional tahun ajaran 2013-2014 untuk pendidikan sekolah dan juga jadwal ujian nasional (UN) susulan 2014
Jadwal Ujian Nasional Untuk SMA dan MA 2014

Jadwal Ujian Nasional (UN) SMA MA Tahun 2014

Jadwal Ujian Nasional Untuk SMK dan MAK 3014

Jadwal Ujian Nasional UN Tingkat SMA MA 2014

Jadwal Ujian Nasional Untuk SMALB 2014

Jadwal UN Tahun 2014 Untuk SMA LB

Jadwal Ujian Nasional Untuk Program Paket C 2014

Jadwal UN Tahun 2014 Program Paket C
Jadwal UN Tahun 2014 Untuk

Jadwal Ujian Nasional Untuk SMP, MTs, dan SMPLB 2014

Jadwal UN 2014 SMP, MTs, dan SMPLB

Jadwal Ujian Nasional Untuk Paket B/Wustha 2014

Jadwal UN 2014 Untuk Paket B/Wustha

PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Ujian Nasional adalah sebagai berikut :
  1. UN dilaksanakan satu kali, yang terdiri atas UN dan UN Susulan untuk SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK/MAK.
  2. UN Susulan hanya berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah.
  3. UN dilaksanakan dua kali untuk Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan. Periode pertama dilaksanakan bulan
  4. April dan periode kedua bulan Agustus.
  5. UN dilaksanakan secara serentak.
  6. Khusus bagi SMK/MAK program 4 tahun, ujian teori dilaksanakan pada tahun ke-3 dan praktik kejuruan dilaksanakan pada tahun ke-4.
  7. Tempat pelaksanaan UN Paket B/Wustha, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan dilaksanakan pada sekolah/madrasah pelaksana ujian nasional atau pondok pesantren yang memenuhi syarat.
  8. Tempat pelaksanaan UN Susulan diatur oleh masing-masing Pelaksana UN Tingkat Kabupaten/Kota dengan mempertimbangkan jumlah peserta dan lokasi.
  9. Tempat dan waktu pelaksanaan ujian pendidikan kesetaraan di luar negeri disesuaikan dengan kondisi setempat.
Ujian Kompetensi Keahlian SMK/MAK :
  • Ujian teori kejuruan dan ujian praktik kejuruan dilaksanakan paling lambat tanggal 14 Maret 2014.
  • Pelaksanaan ujian praktik dan ujian teori kejuruan diatur tersendiri oleh Direktorat Pembinaan SMK/MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Jadwal Pengumuman Lulus UN 2014

Sebagaimana ketentuan yang diatur dalam Peraturan BSNP tentang POS UN 2012/2013, Sekolah/madrasah/ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar mengumumkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dalam waktu sebagai berikut dan ini adalah informasi pengumuman kelulusan Ujian tes UN pada tahun 2013 kemarin.
  • SMA/MA, SMK, Paket C, dan Paket C Kejuruan, paling lambat 25 Mei 2013
  • SMP/MTs, SMPLB, SMALB, dan Paket B/Wustha, paling lambat 1 Juni 2013
  • SD/MI/SDLB, Program Paket A/Ula, paling lambat 8 Juni 2013.
Dari jadwal pengumumna kelulusan tersebut kemungkinan kelulusan akan diumumkan satu bulan berikutnya yaitu pada bulan Mei 2014.

Untuk melihat pengumuman secara lengkap dan juga Untuk Download dalam bentuk PDF jadwal lengkap dan juga Syarat Peserta UN 2014 tata tertib ujian nasional 2013-2014, Tata Tertib Peserta UN, pemeriksaan hasil ujian nasional, nilai kelulusan UN 2014 dan lain-lain silakan rekan sahabat-sahabat semuanya bisa membacanya dalam link tautan berikut ini : Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2013/2014 kemdikbud

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment