Dokumen Satu Kepala Sekolah

Bookmark and Share








KURIKULUM













SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KASIKAN
JALAN MUTIARA KASIKAN DESA KASIKAN 
KECAMATAN TAPUNG HULU
KABUPATEN KAMPAR
PROPINSI RIAU


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KASIKAN



          Kasikan, 09 Juli  2012
Ketua Komite Sekolah                                                 Kepala Sekolah



      SAID AZHAR                                                          KOHAR, S.Pd.SD
                                                                             NIP. 19711117 199602 1 001


Mengetahui :
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga
Kabupaten Kampar



D r s.  A M R I S A L A M , M. P d
Pembina Tk. I
NIP. 19581231 197910 1 042






KURIKULUM SEKOLAH DASAR NEGERI 001 KASIKAN
KECAMATAN TAPUNG HULU  
KABUPATEN KAMPAR

BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang.
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan penyatuan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tersebut meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan harus mampu menyusun kurikulum yang merangkaikan kesesuaian program pendidikan dengan memungkinkan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah dan di lingkungannya.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang bagus haruslah mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikan Nasional. Standar pendidikan Nasional terdiri atas : standar isi, proses, (competent lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dari delapan standar nasional pendidikan tersebut, Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Undang - undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional dan PP R1 No. 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional mengamanatkan kurikulum KTSP jenjang pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta panduan yang di susun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk:
a.)   Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b.)   Belajar untuk memahami dan menghayati.
c.)    Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.
d.)   Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
e.)   Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan,

Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum merangkaikan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan siswa, keadaan sekolah dan kondisi daerah. Dengan demikian daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan di ajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar dan menilai keberhasilan belajar-mengajar.

BAB II
TUJUAN

2.1         Tujuan Pendidikan SDN 001 Kasikan

Pendidikan di Sekolah Dasar bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dasar baca, tulis, hitung, pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfa'at bagi siswa sesuai dengan  tingkat  perkembangannya,  serta  mempersiapkan  siswa  untuk  melanjutkan  ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).
Adapun Standar Kompetensi siswa Sekolah Dasar tersebut memiliki:
1)    Akhlak dan budi pekerti luhur.
2)    Pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.
3)    Kecerdasan, kesehatan jasmani dan rohani.
4)    Kemampuan untuk melajutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2.2       Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, arus globalisasi yang mendunia, era informasi dan perubahan kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, serta tuntutan / harapan orang tua terhadap institusi pendidikan, memicu sekolah / lembaga pendidikan untuk merespon tantangan sekaligus memanfaatkan peluang tersebut. SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu  selaku sarana pendidikan sarmemiliki tanggung jawab moral yang dapat menggambarkan profil sekolah yang di inginkan di masa depan dan diwujudkan dalam bentuk visi dan misi sekolah.


2.2.1   Visi SDN 001 Kasikan

      Untuk menjalankan misi maka SDN 001 Kasikan menetapkan visinya Sebagai berikut :
            Menjadikan Sekolah Dasar Negeri Nomor 001 Kasikan sebagai salah satu SD yang siap bersaing, baik penampilan maupun mutu kelulusan di Kecamatan Tapung Hulu “
Seberang. indicator Visi :
1)    Unggul dalam mendapatkan nilai UAS.
2)    Lulusan di terima di SLTP Negeri. .
3)    Berhasil menjadi juara dalam lomba bidang study.
4)    Memiliki sarana perpustakaan yang lengkap.
5)    Unggul dalam kegiatan ekstrakurikuler.
6)    Menjadi SD kebanggaan masyarakat.
7)    Berprestasi dalam bidang olahraga dan kesenian.

2.2.2   Misi SDN 001 Kasikan
Untuk mewujudkan Visi yang telah digambarkan di atas, maka di tetapkan beberapa prinsip kegiatan yang disebut dengan Misi Sekolah. Adapun Misi SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu adalah sebagai berikut :
1)    Menggali potensi sekolah dan masyarakat
2)     Meningkatkan kinerja Kepala Sekolah
3)    Meningkatkan pranan masyarakat terhadap kepedulian sekolah dalam hal ini adalah komite sekolah
4)    Meningkatkan kwalitas personal Guru
5)    Mengusahakan terpenuhinya jumlah Guru
6)    Meningkatkan suasana kekeluargaan sekolah
7)    Menciptakan suasana kompetitif
8)    Mengusahakan terwujudnya kelas unggulan
9)    Mengusahakan Remedial ( belajar tambahan ) bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar
10) Meningkatkan kegiatan extrakurikuler
11) Melaksanakan lomba mata pelajaran


2.2.3     Tujuan Sekolah

Tujuan Pendidikan SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu, yaitu meningkatkan kwalitas pendidikan dalam rangka :
1.     Menyukseskan Undang – undang Nomor 20 tahun 2003 yakni program wajib belajar 9 tahun
2.     Mensukseskan Visi dari kabupaten Kampar sebagai kabupaten Serambi Mekkahnya propinsi Riau.
3.     Antisipasi persaingan yang semakin kompektif dalam lapangan kerja dalam hal perkembangan pengetahuan dan teknologi.
4.     Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan selanjutnya.
5.     Menggali dan mengembangkan potensi pada bakat siswa yang ada, sehingga dapat memecahkan problem yang dihadapi setelah tamat dari SD Negeri 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu

BAB Ill
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM.

3.1       Struktur
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus di tempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Mengingat perbedaan individu sudah barang tentu keluasan dan kedalaman materi akan berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap tingkat dan satuan pendidikan pada program pendidikan di Sekolah Dasar (SD / MI) dan yang setara, jumlah jam pelajaran sekurang-kurangnya 26 Jam di kelas 1, 27 jam di kelas II dan 28 jam di kelas III serta 36 jam di kelas IV s/d kelas VI per minggu. Setiap jam pelajaran alokasi waktunya 35 menit.
Jenis program pendidikan di SD yang setara terdiri dari program umum meliputi sejumlah mata pelajaran yang wajib di ikuti oleh seluruh peserta didik, dan program pilihan meliputi mata pelajaran yang menjadi ciri khas keunggulan daerah berupa mata pelajaran muatan lokal. Mata pelajaran yang wajib di ikuti pada program umum berjumlah 8 mata pelajaran. Sementara mata pelajaran muatan lokal di tentukan oleh kebijakan Dinas Dikpora setempat dan kebutuhan sekolah.
Pengaturan beban belajar di sesuaikan dengan alokasi waklu yang telah di tentukan dalam struktur kurikulum. Setiap satuan pendidikan di mungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran perminggu secara keseluruhan, pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, di samping itu memanfaatkan mata pelajaran lain yang di anggap penting namun tidak terdapat di dalam struktur kurikulum pada standar isi.
Dengan adanya tambahan waktu satuan pendidikan di perkenankan mengadakan penyesuaian-penyesuaian. Misalnya : mengadakan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ).
3.2       Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum SD/MI meliputi sejumlah mata pelajaran yang di tempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai kelas VI. materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian dari  muatan kurikulum. Disamping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengambangan diri termasuk kedalam isi kurikulum.

3.2.1   Alokasi Waktu
Selain itu perlu juga di tegaskan, bahwa :
  • Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit
  • Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34 - 38 minggu.

Mata pelajaran menjelaskan ruang lingkup mata pelajaran (1) Pendidikan Agama  (2) Pendidikan Kewarganegaraan, (3) Bahasa Indonesia, (4) Matematika, (5) Ilmu Pengetahuan Alam, (6) Ilmu Pengetahuan sosial, (7) Seni Budaya dan Ketrampilan, dan (8) Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan kesehatan.
Kurikulum untuk SD/MI dapat memasukkan pendidikan kecakapan hidup,yang mencakup kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan atau kecakapan vokasional. Pendidikan kecakapan hidup dapat merupakan bagian dari pendidikan semua mata pelajaran. Pendidikan kecakapan hidup dapat dieroleh peserta didik dari sekolah yang bersangkutan dan atau dari sekolah lain dan atau lembaga pendidikan non formal yang sudah memperoleh akreditasi.
 




Waktu yang digunakan untuk pembelajaran di SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu adalah :
Kelas I                        : dilaksanakan selama 6 hari belajar dari pukul 7.30                                    s/d 10.05
Kelas II                       : dilaksanakan selama 6 hari belajar dari pukul 10.05                                    s/d 12.40
Kelas III                      : dilaksanakan dalam 6 hari belajar pukul 7.30 s/d                                     12.25
Kelas IV, V, VI           : dilaksanakan selama 6 hari dari pukul 7.30 s/d 12.25
Hari Sabtu mulai pukul 09.15 dilakukan kegiatan    ekstrakurikuler dan pengembangan diri bagi kelas    IV, V, dan VI.

3.2.2. Muatan Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang di sesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Substansi muatan lokal di tentukan oleh sekolah. tidak terbatas pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan, tetapi juga mata pelajaran lainnya. seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD. Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang di selenggarakan. sekolah dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester, atau dua mata pelajaran mualan lokal dalam satu tahun.

Muatan lokal yang menjadi pilihan SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu adalah Bahasa Inggris dan pelajaran Arab Melayu yang meliputi :
a.    Tulisan Arab Melayu, bagi siswa kelas I s/d VI
b.    Bahasa Inggris, bagi siswa kelas I s/d VI
Muatan lokal ini di pilih dengan tujuan agar siswa dapat memahami dan menerapkan nilai budaya melayu, dan perwujudannya di awali dengan berpakaian melayu dan menampilkan seni budaya melayu.
Siswa mampu berbahasa Inggris secara sederhana di tengah masyarakat. Waktu yang di gunakan dalam pembelajaran muatan lokal adalah 4 jam pembelajaran.

3.2.3.  Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di bawah, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat di lakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat di lakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan pembinaan berkenan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler. seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga, kelompok  Dokter Kecil.

Pengembangan diri di sekolah ini meliputi program berikut:
a.    Kegiatan Rutin
Kegiatan yang di lakukan secara regular, baik di kelas maupun di luar kelas.
1     Kegiatan ekstrakurikuler :
-          Kegiatan kepramukaan, dilaksanakan pada hari juma’at dan sabtu
-          Kegiatan bola Volly, di laksanakan pada hari Sabtu.
-          Kegiatan badminton, dilaksanakan pada hari Sabtu
-          Upacara bendera, setiap hari Senin
-          Kunjungan perpustakaan, setiap jam belajar
-          Kegiatan IMTAQ, setiap hari jum'at
-          Berpakaian pramuka lengkap, setiap hari kamis dan hari sabtu khusus anggota pramuka berprestasi
-          Berpakaian Melayu lengkap, setiap hari Jum'at
-          Berpakaian olahraga, setiap jam olahraga dan hari sabtu
2     Kegiatan Spontan
Kegiatan yang dapat di lakukan kapan saja, dimana saja, tanpa di batasi oleh ruang. Tujuannya unluk memberikan pendidikan pada saat  itu juga, terutama dalam disiplin. dan sopan santun dan kebiasaan baik yang lain. Kegiatan ini dilakukan setiap hari. Kegiatan tersebut antara lain :
-          Membiasakan mengucapkan salam
-          Berbaris sebelum masuk kelas
-          Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
-          Membiasakan mengatasi silang pendapat.
3     Kegiatan Terprogram
Kegiatan yang di programkan dan direncanakan baik tingkat kelas. Tujuannya memberikan wawasan tambahan pada siswa tentang unsur - unsur baru dalam kehidupan bermasyarakat yang penting untuk perkembangan siswa. Kegiatan yang ada di sekolah ini adalah :
-          Kegiatan pagi selama 15 menit sebelum masuk kelas.
-          Lomba memperingati hari besar Islam.
-          Berdoa dan membaca ayat pendek sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai
-          Sholat Zuhur berjamaah setiap hari, senin, selasa, rabu dan kamis

4     Kegiatan Teladan
Kegiatan yang dapat di lakukan kapan saja dan dimana saja yang lebih mengutamakan pemberian contoh dari guru dan pengelola pendidikan kepada muridnya.
Tujuannya memberikan contoh tentang kebiasaan yang baik. Kegiatan ini berupa ;
-          Memberikan contoh berpakaian rapi
-          Memberikan contoh datang tepat waktu
-          Memberi contoh tidak merokok di dalam kelas
-          Memberi contoh membuang sampah pada tempatnya
-          Memberi contoh berbicara sopan.

2.3.4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar di tentukan berdasarkan penggunaan sistem pengelolaan program pendidikan yang berlaku di sekolah pada umumnya saat ini, yaitu menggunakan sistem paket. Adapun pengaturan beban belaiar pada sistem tersebut sebagai berikut .
Ƙ  Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket   dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan alokasi waktu unluk ssetiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran dapat di  lakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap.  Satuan pendidikan: di mungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan. Pemanfaatan jam pembelajaran  tambahan   mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, di samping dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain yang di anggap penting dan  tidak  terdapat  di  dalam  struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi.
Ƙ  Alokasi waktu untuk penugasan terstrtuktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur : alam systim paket untuk SD / MI adalah 0% - 40% dari waktu kegiatan tatap muka atau pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut nempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi. Untuk SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu alokasi waktu yang di gunakan dalam penugasan terstruktur adalah 40% dari alokasi tatap muka seperti tercantum di dalam struktur kurikulum SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu.
Ƙ  Teknis pelaksanaan untuk tugas terstruktur adalah sebagai berikut : bila pada suatu hari di laksanakan pembelajaran 2 jam pembelajaran, maka guru harus memberi tugas terstruktur baik individu maupun kelompok di luar tatap muka selama 1 jam pembelajaran. Pengaturan waktu belajar diluar tatap muka dapat diatur oleh siswa yang bersangkutan dengan berkonsultasi dengan guru kelas dan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Untuk evaluasi dan monitoring pelaksanaan kegiatan setiap siswa harus memiliki buku kegiatan belajar mandiri/kelompok yang harus diketahui oleh guru kelas/guru mata pelajaran dan orang tua siswa.
Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Untuk kegiatan praktik di atur oleh guru-guru yang bersangkutan, sesuai alokasi waktu yang telah ditetapkan oleh BNSP.

2.3.5. Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100 %. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masing indikator 75%. Sekolah harus menentukan kriteria ketuntasan minimal sebagai target pencapaian kompetensi (TPK) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan selalu mengusahakan peningkatan kriteria ketuntasan belajar untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Berikut ini tabel nilai Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang menjadi target pencapaian kompetensi (TPK) di SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu yang berlaku saat ini.


Mata Pelajaran
Nilai KKM
I
II
III
IV
V
VI
Agama
70
70
70
70
70
70
Pendidikan Kewarganegaraan
70
70
70
70
70
70
Bahasa Indonesia
70
70
70
70
70
70
Matematika
65
65
65
65
65
65
IPA
70
70
70
70
70
70
IPS
70
70
70
70
70
70
Seni Budaya dan KTK
75
75
75
75
75
75
Pendidikan Jasmani
75
75
75
75
75
75
Muatan Lokal : Arab Melayu
70
70
70
70
70
70
Muatan Lokal : Bahasa Inggris
70
70
70
70
70
70

2.3.6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Sistem penilaian yang digunakan di SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu dengan memakai ketuntasan belajar (Mastery Learning). Nilai ketuntasan belajar di peroleh dari beberapa jenis tagihan yang harus di tempuh oleh seorang siswa seperti: kuis, pertanyaan lisan, tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester dan semester. Untuk teknik penilaian menggunakan jenis tes, non tes, jenis non tes terdiri dari unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian proses, penilaian produk, penilaian diri dan portofolio.
Nilai harian (proses) dengan ranah kognitif, afektif, psikomotor dan nilai hasil (sumatif) untuk masing-masing aspek penialiannya terdiri dari kumpulan beberapa jenis tagihan : Kuis, tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan semester. Kedudukan nilai  harian dan nilai hasil bobotnya sama untuk masing-masing KD.
Apabila dari gambaran analisis ulangan harian untuk masing-masing KD telah memperoleh gambaran tentang ketuntasan belajar, maka ulangan sumatif tidak harus dilakukan. Bila hasil ulangan harian dari suatu KD ada yang belum tuntas di lakukan perbaikan melalui:
  1. Remedial
  2. Pemberian tugas tambahan
  3. Pemberian proses pembelajaran khusus pada indikator dan KD yang belum tuntas.
Nilai raport diambil dari rata-rata seluruh nilai tagihan menurut masing-masing aspek dan penilaiannya dilibatkan ke angka satuan terdekat dengan angka 1 – 100.

Rumus : NR = (NH + NS) / 2
Ket :
NR = nilai raport
NH = Nilai harian (hasil rata-rata ulangan harian, tugas, kuis, dll)
NS = Nilai sumatif (ulangan tengah semester atau semester)
Kenaikan kelas dilaksanakan setiap pada akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu berlaku setelah siswa memenuhi persyaratan berikut, yaitu :
  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir seluruh mata pelajaran kelompok, mata pelajaran Agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian. Kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan serta perilaku.
  3. Kehadiran di kelas mencapai 90%. Atau ketidak hadiran mencapai 10% tanpa keterangan.
  4. Jika semua indikator KD, SK suatu mata pelajaran telah terpenuhi ketuntasannya, maka siswa dianggap telah layak naik ke kelas berikutnya. Jika banyak indikator KD, SK lebih dari 4 pelajaran, siswa masih belum tuntas sampai batas akhir tahun ajaran, maka siswa harus mengulang di kelas yang sama.
  5. Untuk memudahkan administrasi maka siswa diharapkan mengulang semua mata pelajaran beserta SK, KD dan indikatornya dan sekolah mempertimbangkan mata pelajaran SK, KD dan indikator yang telah tuntas pada tahun pelajaran sebelumnya.
Dengan mengacu kepada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayal     (1). peserta didik dinyatakan lulus dari SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu setelah memenuhi persyaratan berikut,
yaitu ;
Ƙ  Menyelesaikan seluruh program pengajaran
Ƙ  Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahreaga, dan kesehatan;
Ƙ  Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi ;
Ƙ  Lulus Ujian Nasional;
Ƙ  Di SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu, kelulusan juga mempertimbangkan kehadiran di kelas mencapai minimal 90 %







2.3       Keadaan Dan Potensi Sekolah
2.3.1    Lingkungan Sekolah
1.       SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu terletak di jantung Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu, dan memiliki beban moral yang tinggi untuk dapat mempersiapkan peningkatan mutu pendidikan dalam rangka meningkatkan kwalitas sumber daya manusia yang berdaya saing secara global.
2.       SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu juga terletak di lingkungan perkebunan yang kurang peduli terhadap pendidikan serta berada di tengah - tengah perusahaan yang memiliki rata-rata pendidikan orang tua  tidak tamat SLTA.
3.       SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu terletak di tengah perusahaan perkebunan kelapa sawit dan karet yang memerlukan perhatian dari perusahaan maupun dari orang tua/wali murid.
4.       SDN 001 Kasikan terletak di di samping pasar tradisional yang kegiatan orang tua murid tidak tamat SLTA dan disibukan oleh kegiatan perdagangan Setiap harinya secara tidak langsung dapat mengurangi kepedulian terhadap pendidikan anak

3.2.2   Sarana dan Prasarana
No
Jenis Ruangan
Jumlah
Luas ( m2 )
Kondisi
Baik
Rusak
1
Kelas / Teori
13
450


2
Kepala Sekolah
-
-


3
Majelis Guru
-
-


4
Labor Bahasa
-
-
-
-
5
Labor Computer
-
-
-
-
6
Keterampilan
-
-
-
-
7
Kesenian
-
-
-
-
8
Olahraga
-
-
-
-
9
Perpustakaan
1
56
v>

10
Osis
-
-
-
-

3.2.3   Perlengkapan dan Alat Pelajaran
1.   Perlengkapan
1.    Bangku / Meja Murid                           = 0                     bh
2.    Untuk l   Murid                                      = 440                bh
3.    Untuk2 Murid                         = 400     bh
4.    Almari, Buku Perpustakaan               =                        bh
5.    Almari Prakarya                                    = 1                     bh
6.    Rak Buku                                              = 5                     bh
7.    filling Kabinet                                       =                        bh
8.    Meja/ Kursi Kepala Sekolah              = 1                     bh
9.    Meja/ Kursi guru                                   =  13/13            bh
10. Papan Tulis                                          = 14                 bh
11. Kursi Tumu                                           = 2                     bh
12. Jam Dinding                          = 14       bh
13. Lonceng                                  =   1         bh
14. Sound Sistem                                       =   2      bh
15. Radio Tape                             =   3         bh
16. Bendera Merah Putih                         =   3       bh
17. Mesin Tik                                               =   2                   bh
18. Meja Komputer                      =   1         bh
19. Over Head Projector             =    -      bh
20. Kursi Plastik                                          =   60                bh

2. Alat Pelajaran
1.    IPA(KIT)                                               = 5                       bh
2.    IPS                                                        = 5                      bh
3.    Bahasa                                                = 4                       bh
4.    Matematika                                          = 5                       bh
5.    Peta Anatomi                                      = 4           bh
6.    Torso Manusia                                   = -            bh
7.    Gambar Presiden                               = 15        bh
8.    gambar Wkl Presiden                        = 15        bh
9.    Lambang Negara                               = 15        bh
10. Peta Binding Indonesia                    = 6           bh      
11. Peta Dinding Riau                             = 12        bh
12. Teks Pancasila                                   = 1           bh
13. Teks Sumpah Pemuda                     = -            bh
14. Alat Senam Artistik                            = -            bh
15. Komputer                                             = 3           bh
16. Lab. Bahasa                                       = -            set
17. TV/CD                                                  = 1           ps
18. Camera Monitoring                            = -            bh
19. Mesin Cetak                                        = -            bh
20. KotakP3K                                            = 1           b


DATA KEPALA SEKOLAH DAN GURU
SEKOLAH DASAR NEGERI  001 KASIKAN KECAMATAN TAPUNG HULU
Alamat : Jalan Mutiara Kasikan Telp. ( 0762 ) 62398 Desa Kasikan Kec. Tapung Hulu
NO
NAMA DAN NIP
TEMPAT DAN TGL LAHIR
L/P
AGAMA
JABATAN
PANGKAT/GOL RUANG TERAKHIR
NOMOR DAN TANGGAL SK PANGKAT TERAKHIR
TANGGAL MULAI BERTUGAS
IJAZAH TERTINGGI
1
KOHAR, S.Pd.SD
Cisalopa, 17-11-1971
L
ISLAM
Kepala Sekolah
Penata / III D
823/Dikpora-TK/SD/197
18 Peb 2009
S 1
19711117 199602 1 001
21-Jan-09
2
NITA EFFRIANTI, S.Pd
Salo , 29 - 07 – 1972
P
ISLAM
Gr. Kelas
Penata / III c
SK.823.3/BKD-PMP/577
 01 Mei 2002
S 1
19720729 199701 2 001
01 Oktbr 2010
3
ANDI USMAN
Tandun, 02 - 09 – 1979
L
ISLAM
Gr. Kelas
Peng.Muda / II a
823.2/BAKD-SET/04
 31 Agust 2004
S 1
19790902 200701 1 004
1-Jan-07
4
DESMI ROWITA, A.Ma
Tandun, 19 - 06 – 1982
P
ISLAM
Gr. Kelas
Peng.Muda / II a
823.2/BAKD-SET/04
 31 Agust 2004
D II
19820619 200701 2 001
1-Jan-07
5
RISNO HIDAYAD, A.Ma
Tandun, 03 - 10 -1982
L
ISLAM
Gr. Kelas
Peng.Muda / II a
SK.813/BAKD-ADM/286
 31 Agust 2004
D II
19821003 200801 1 013
1-Jan-08
6
IZHAR
Rengat, 20 Juni 1962
L
ISLAM
Jaga Sekolah
Juru Muda / I a

01 April 1993
SMP
19620620 199307 1 005

7
RIANA Br. SINAGA
Medan, 13 - 12 – 1960
P
Kristen
Gr. Kelas
 -
800/BAKD/SET/2007/161
09 Juli 1999
SPG
061 000 193
8
HUZAIMAH, A.Ma
Kasikan, 18 - 11 – 1978
P
ISLAM
Gr. Kelas
 -
800/BAKD/SET/2007/161
17 Juli 1999
D II
061 000 194
9
KRISMI WIDIAWATI, A.Ma
S. Seberang, 27-11-1971
P
ISLAM
Gr. Kelas
 -
800/BAKD/SET/2007/160
24 Juli 2004
D II
61 001 494
10
ELVI YANTI, A.Ma
Kasikan, 12 - 09 – 1979
P
ISLAM
Gr. Kelas
 -
719/421.2/VII/2012
16 juli 2001
D II
11
RENTINA Br. REGAR
Pearung, 24 - 03 – 1966
P
Kristen
Gr. Kelas
 -
719/421.2/VII/2012
09 Agustus 2003
SPG







12
YUSNA WARNI, A.Ma
Kasikan, 27 - 11 – 1980
P
ISLAM
Gr. Armel
 -
719/421.2/VII/2012
02 Februari 2004
D II
13
NOVI YULIARNIS, A.Ma
Pasir panas, 20 - 07 – 1982
P
ISLAM
Gr. Kelas
 -
719/421.2/VII/2012
01 Agustus 2003
D II
14
IWAN ROMDONI, A.Ma
Garut, 12 - 08 – 1981
L
ISLAM
Gr. Kelas
 -
719/421.2/VII/2012
16 Juli 2007
D II
15
SISKA HARTATI, A.Ma
Tandun, 12 - 04 – 1984
P
ISLAM
Gr. Kelas
 -
719/421.2/VII/2012
16 Juli 2007
D II
16
M. KADAR
Kasikan, 22 - 12 – 1986
L
ISLAM
Gr. Kelas
-
719/421.2/VII/2012
13 Agustus 2007
SMA
17
HERI IRWANTO, A.Ma
Kuok, 01 - 07 - 1987
L
ISLAM
Penjaskes
-
719/421.2/VII/2012
05 Januari 2009
D II
18
NURHASANAH L. TOBING
Lembahsihanur, 19-10-86
P
Islam
Penjaskes
-
719/421.2/VII/2012
11 Juli  2011
D II
19
DWI KURNIAWATI, A.Ma
Grobogan, 21-08-1985
P
Islam
B. Inggris
-
719/421.2/VII/2012
11 Juli  2011
D II



















1.1.      Program Kepala Sekolah
Program kepala sekolah mencakup : kegiatan awal tahun pelajaran, kegiatan bulanan, kegiatan mingguan, kegiatan harian, kegiatan akhir tahun pelajaran.
Kegiatan awal tahun pelajaran mencakup : pembagian tugas mengajar, rencana pengajaran tahunan, kebutuhan buku dan guru, kebutuhan alat pelajaran, rapat tahunan sekolah dan pengisian buku induk.
Kebutuhan bulanan antara lain : pada awal bulan mengadakan pemeriksaan daftar siswa/guru, persiapan mengajar, kumpulan alat penilaian, dan mengatasi kasus. Akhir bulan : evaluasi dan supervisi kelas.
Program kegiatan kepala sekolah untuk kegiatan mingguan mencakup : menyelenggarakan kegiatan upacara hari senin dan hari sabtu spervisi, KKG/KKKS.
Program kepala sekolah untuk kegiatan harian mencakup : pemeriksaan daftar hadir guru dan karyawan, memeriksa 9 K, memeriksa persiapan mengajar, mengawasi berlangsungnya mengajar, mengatasi masalah yang terjadi dalam satu hari. mengatasi segala sesuatu menjelang sekolah usai dan mengerjakan buku kesiswaan, induk, dan mutasi.
Kegiatan akhir tahun pelajaran mencakup : merencanakan, melaksanakan/melaporkan tes hasil belajar, melakukan evaluasi pelaksanaan KBM/pencapaian target, menyusun rencana perbaikan/pemeliharaan alat pengajaran, laporan akhir tahun ; rapat kenaikan kelas, pengisian rapor dan STTB dan hasil kegiatan kelas.

1.2.      Program Kegiatan Guru
Program  kegiatan  guru mencakup   :  pembuatan  program  semester, membuat persiapan mengajar (penjabaran dan penyesuaian, melaksanakan PBM sesuai dengan programnya, melaksankaan bimbingan siswa di kelasnya atau yang diajarkan, memantau kegiatan murid di kelasnya termasuk kegiatan upacara dan senam pagi, melaksanakan tugas piket pada jadwal kegiatannya, mengisi laporan pendidikan (rapor), memasukkan nilai pada buku induk setiap akhir semester, mengikuti program KKG, melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler, memprogram kegiatan ekstra (bimbingan belajar) bagi murid kelasnya.
1.3.      Program Kegiatan Siswa
Program kegiatan bagi siswa mencakup : mengikuti upacara hari senin atau upacara hari nasional lainnya : mengikuti kegiatan senam pagi sebelum pehjaran dimulai ; mengikuti kegiatan gerakan kebersihan setiap hari sabtu 15 menit sebeium pelajaran dimulai ; mengikuti kegiatan belajar secara rutin, melaksanakan kegiatan piket dikelasnya ; mengikuti kegiatan pelajaran tambahan ; mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang telah ditentukan ; mengikuti kegiatan O2SN dan Iain-lain ; mengikuti kegiatan berbagai lomba mata pelajaran, kesenian dan Iain-lain ; melaksanakan kegiatan bakti sosial ; mengikuti kegiatan lainnya sesuai dengan bidang yang diikuti dan diminati.

1.4.      Program Kegiatan Dewan Sekolah
Berdasarkan data yang kami kumpulkan, maka program kerja Dewan Sekolah SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Tahun 2012 - 2013 terdiri dari tiga pokok program, yaiiu : (1) program kegiatan umum, (2) program pengadaan sarana dan prasarana, (3) program pengadaan dana.
Program kegiatan umum mencakup ; korrdinasi dengan pengurus Dewan Sekolah, pertemuan pengurus Dewan Sekolah dengan Pembina, penerapan dan pelaksanaan PMB, pertemuan dengan anngota Dewan Sekolah, dan penyususn
anggaran dasar dewan sekolah.

1.5.      Program Kegiatan Lain
Selain program-program tersebut diatas terdapat program-program lain, diantaranya adalah : kegiatan studi wisata, kegiatan peringatan hari besar nasional, hari besar keagamaan, kegiatan akhir tahun ajaran, persiapan penciaftaran siswa baru, rekreasi bersama keluarga guru-guru dan mengikuti kegiatan profesi bagi guru.

JADWAL KEGIATAN SEHARI-HARI SISWA DAN GURU

No
Kegiatan
Waktu
Keterangan
1
Upacara bendera
07.00-07.30
Senin upacara

Senam Riau sehat

Sabtu

Kebersihan

Senin s/d Sabtu
2
KBM
07.30-09.15

3
Istirahat 1
09-15-09.45
Kelas satu tidak istirahat
4
KBM
09.45-10.05
Kelas I


09.45-10.55
Kelas III, IV, V, VI
5
Istirahat II
10.55-11.15
Kelas II, III, IV, V, VI
6
KBM
11.15- 12.25
Kelas II, IV, V, VI






PEMBAGIAN TUGAS GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
DAN BIMBINGAN

No
Nama dan NIP
Tempat/ Tgl Lahir
Jabatan
Tugas   Tambahan
Ket
1.
KOHAR, S.Pd.SD
19711117 199602 1 001
Cisalopa, 17 – 11 -  1971
Kepala Sekolah
Kamabigus
Kewiraan
2.
IWAN ROMDONI, A.Ma
Garut, 12-08-1981
Guru Kelas
Pembina Pramuka
3.
M. KADAR
Kasikan, 22-12-1986
Guru Kelas
Pembina Pramuka
4.
HERI IRWANTO, A.Ma
Kuok, 01-07-1987
Guru Bid. Studi
Paskibra
5.
HERI IRWANTO, A.Ma
Kuok, 01-07-1987
Guru Bid. Studi
Sepak bola
Olahraga
6.
NURHASANAH . TOBING
Rambahsihasur,            19 Oktober 1986
Guru Bid. Studi
Bola Volly
7.
ANDI USMAN
19790902 200701 1 004
Tandun, 02-09-1979
Guru Kelas
Badminton
8.
NITA EFFRIANTI, S.Pd
19720729 199701 2 001
Salo, 29-07-1972
Guru Kelas
Seni Tari
Kesenia
9.
NOVI YULIARNIS, A.Ma
P. Panas, 20-07-1982
Guru Kelas
Seni musik / Vokal
10.
YUSNA WARNI,A.Ma
Kasikan, 27-11-1980
Guru Kelas
Seni musik / Vokal
11.
DESMI ROWITA, A.Ma
19820619 200701 2 001
Tandun, 19-06-1082
Guru Kelas
Seni musik / Vokal
12.
ELVI YANTI, A.Ma
Kasikan, 09-09-1979
Guru Kelas
Rebbana
13.
KRISMI WIDIAWATI, A.Ma
61 001 494
S. Seberang, 27-11-1972
Guru Kelas
Rebbana
14.
RENTINA Br. REGAR
Pearung, 24-03-1966
Guru Kelas
Menyesuaikan
Kelas III B
15.
RIANA Br. SINAGA
061 000 193
Medan, 13-12-1960
Guru Kelas
Menyesuaikan
Kelas III A
16.
HUZAIMAH, A.Ma
061 000 194
Kasikan, 18-11-1978
Guru Kelas
Menyesuaikan
Kelas I dan II A
17.
SISKA HARTATI, A.Ma
Tandun, 12-04-1984
Guru Kelas
Menyesuaikan
Kelas I dan II B
18.
RISNO HIDAYAD, A.Ma
Tandun, 03 - 10 -1982
Guru Kelas
Menyesuaikan
-




PROGRAM SEKOLAH JANGKA PENDEK SDN 001 KASIKAN
KECAMATAN TAPUNG HULU
TAHUN PELAJRAN 2007/2008

NO           BIDANG
JENIS KEGIATAN
SASARAN
WAKTU
DANA
1      UMUM
1.1 Penyusunan program tahunan sekolah
Adanya pedoman pelaksanaan dan peiigelolaan sekolah
Awal tahun pelajaran
Dewan Sekolah

1.2 Pencrtiban adminis-trasi
Tertib administrasi
Juli2007
DS/ RAPBS

1.3 Penertiban adminis-trasi kelas
Tertib administrasi kelas
Juli 2007
DS/ RAPBS

1.4 Penertiban adminis-trasi pelengkap
Tertib administrasi
Juli 2007
DS/ RAPBS

1.5 Penertiban adminis-trasi keuangan
Tertib administrasi keuangan
Sepanjang talum pel.
DS/ RAPBS

1.6 Penertiban Tata Usaha Sekolah
Adanya lertib tata usalia
Sepanjang tahun pel.
DS/ RAPBS
2  KEMURIDAN
2.1  Penerimaan murid baru
Tertampungnya usia sekolah
Juni2007
DS/ RAPBS

2.2 Pendataan murid
Tertib dan lengkap nya data murid
Juni 2007


2.3 Layanan out put
Tertampungnya murid di SLTP
Juni2007


2.4 Layanan mutasi murid
Terlayaninya mutasi murid
Sepanjang tahun pel.


2.5 Peningkatn ininat belajar sekolah
mleningkatnya belajar siswa
Sepanjang ahun pel.


2.6 Pern bi nan minat baca siswa
Vleningkatnya 'ungsi perpustakaan
Sepanjang ahun pel.


2.7 Pembinaan bakat dan minat melalui eskstra kurikuler
fersalur dan berkem angnya bakat dan minat murid
Sepanjang ahun pel.
]

2.8 Layanan bimbingan konseling
Teratasinya masalah nurid, guru dan per SDN  lainnya
Sepanjang ahun pel.

3 PENGAJARAN
3.1  Penyusunan kalender pendidikan dan jadwal pelajaran
Adanya pedoman jelaksanaan KBM
Juli 2007
,\

3.2 Pembuatan program semester dan persiapan mengajar
Adanya program cmester dan persia an mengajar
Sepanjang ahun pel.
DS/ APBS

3.3 Pelaksanaan proses belajar mengajar
lercapainya target curikukim
Sepanjang ihun pel.
DS/ APBS




BIDANG
JENIS KEGIATAN
SASARAN
WAKTU
DANA

3.4 Pengadaan dan balian dan sumber belajar
Adanya bahan dan sumber belajar
Des. 2007
DS/ RAPBS


3.5 Pelaksanaan supervisi kelas
Adanya pengawasan dan peningkatan mutu guru
Terjadwal pada prog, supervisi



3.6 Pembelajaran Tambaha
Meningkatkan prestasi belajar
Agus-Okt Peb-Mei 2007
DS/ RAPBS


3.7 Ulangan Sisipan dan semester
Pencapaian hasil belajar tiap semester secara maksimal
Sep-Des Mar-Juni 2007
DS/ RAPBS


3.8 Ujian pengendali mutu (UPM)
Hasil belajar kelas VI
Juni 2007
DS/ Pemda


3.9 Kenaikan kelas/pene rimaan laporan prestasi murid (rapor)
Diketahuinya hasil belajar selama lahun pelajaran
Juni 2007

PEMBINAAN
4.1  Pembinaan prestasi dan dedikasi
Peningkatkan profesio nalis guru
Sepanjang tahun pel.



4.2 Pembinaan kesejahte raan professional
Meningkatkan kesejah teraan perSDNal
Sepanjang tahun pel.
DS/ RAPBS


4.3 Prestasi
Adanya komitmen perSDNal
Sepanjang tahun pel.




4.4 Pembaian tugas
Adanya kejelasan tugas perSDNal
Sepanjang tahun pel.



4.5 Pendataan tenaga
Adanya data/file yang engkap
Sepanjang tahun pel.



4.6 Mutasi dan promosi guru
Terlaksananya mutasi dan promosi
Dari dinas terkait



4.7 Pembuatan DP3
ferevaluasinya tugas dan kewajiban perSDNal
Desember 2007

ARANA DAN KASARANA
5.1 Pengadaan buku perpus takaan
Adanya buku penunjang Belajar yang baik
Desember 2007
DS/ RAPBS

5.2 Penataan mushola
Adanya ruang mushola yang memadai
Nopember 2007


5.3  Penataan ruang perpus takaan
Adanya ruang perpustaka an yang representatif an berfungsi
Juli2007s/d selesai
DS/ RAPBS

5.4 Peningkatan 9 K
Meningkatnya 9 K an wiyata mandala
Sepanjang tahun pel.
DS/ RAPBS

5.5 Kelengkapan/papan data/visualisasi
^engkpanya data di ekolah
Juli-Agust 2007
DS/ RAPBS

5.6 Pengadaan peralatan PBM dan kelengkapan
"ercukupnya peralatanKBM dan peralatan cantor
Tiap bulan sepanjang tahun pel.
DS/ RAPBS








































PROGRAM SEKOLAH JANGKA MENENGAH SDN 001 KASIKAN
KECAMATAN TAPUNG HULU  
TAHUN PELAJARAN 2010/2011






BIDAN G
JENIS KEGIATAN
SASARAN
WAKTU
DANA
UMUM

1.1 Penyusunan program sekolah jangka mencngah
Adanya pedoman pelaksanaan dan pengelolaan sekolah
2 - 3 tahun
DS/
RAPBS
1.2 Pencrtiban adminis-trasi seluruh kompo-nen dan pengarsipan
Adanya peningkatan pelayanan di bidang administrasi hasil belajar yang optimal
2-3 tahun

KEMURIDAN
2.1  Menyeleksi kesipaan sekolah dalain PMB
Adanya input yang baik/unggul
2-3 tahun

2.2 Peningkatan pelayanan dalam PMB bagi murid rcmedi maupun unggu-lan
Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar yang optimal
2-3 tahun

2.3 Layanan bimbingan konseling yang ter-program
Terbimbingnya dan Icrbi nanya murid bermasalah
2-3 tahun
-
PENGAJARAN
3.1  Pengoptimalkan guru mata pelajaran dan guru kelas sesuai dengan bidangnya
Adanya peningkatan profesionalis guru
2-3 tahun
DS/ RAPBS
3.2 Pengadaan soal-soal latihan/try out yang di susun guru sendiri pada bulan dan tengah semester
Pencapaian target Hasil belajar
2-3 tahun
DS/ RAPBS
3.3 Pelaksanan ekstrakuri kuler tambahan yang belum ada : drum band, komputer, seni teater, samrah, ker. Tangan
Tersalurnya bakat dan minat seluruh siswa
2-3 tahun
DS/ RAPBS
KETENAGAAN PERSDNAI.IA
4.1 Peningkatan profcsional guru dan tenaga lain termasuk Dewan Sek.
Meningkatkan profesio lalis guru
Sepanjang ahun pel.
DS/ RAPBS

4.2 Peningkatan kesejah-teraan guru dan tenaga lain sesuai alau minimal berdasarkan UMR
Meningkatkan kesejah eraan perSDNal
Sepanjang ahun pel.
DS/ RAPBS




NO
B1DANG
JEN1S KEGIATAN
S AS A RAN
WAKTU
DANA


4.3  Pemberian penghargaan bagi guru dan tenaga lain yang berprestasi dan memiliki dedikasi tinggi
Adanya komitmen perSDNal
Sepanjang tahun pel.
DS/ RAPBS


4.4 Mengirimkan guru-guru yang memiliki potensi dan dedikasi tinggi ke pelatihan yang relevan atau melakukan peneli tian atau studi banding
Adanya kejelasan tugas perSDNal
Sepanjang tahun pel
DS/ RAPBS


4.5 Melanjutkan pendidi kan guru ke S 1
Adanya data/file yang lengkap
Sepanjang tahun pel.
Pemda
5
SARANA DAN PRASARANA
5.1  Menciptakan sekolah berbudaya lingkungan
Adanya kenyamanan dan keindahan sekolah
Desember
2007
DS/ RAPBS


5.2 Pengadaan gudang penyimpangan alat-aiat olahraga dan alat-alat kebersihan
Adanya tertib barang dan kemanan barang
Nopember 2007
I


5.3 Pengadaan lokal baru
Terpebuhinya lokal belajar siswa
Juli 2007 s/d selesai
Pemda
6
KE UANGAN
6.1  Pengeiolaan dana secara profcsional dan penyimpanan/ permasalahan melalui rekening bank
Adanya jaminan keamanan keuangan
Awal Juni 2007 Sepanjang tahun tiap bulan
DS/ RAPBS
7
 MAS
7.1 Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, masyarakat sekitar
Adanya kerjasama dengan berbagai unsur-unsur mendukung keg. Sekolah
Awal tahun pelajaran



7.2 Melaksanakan bakti sosial secara terpadu
Adanya kepedulian terhadap lingkungan
Tiap tri wulan




PROGRAM JANGKA PANJANG SDN 001 KASIKAN
KECAMATAN TAPUNG HULU
TAHUN PELAJARAN 2010/2015

1.    Pelayanan prima bagi semua warga sekolah dan masyarakat serta komponen yang terkait.
2.    Menyiapkan keseimbangan bekal akademis, ketrampilan, seni dan budaya dalam per saingan globalisasi, berwawasan masa depan.
3.    Mewujudkan anak didik yang :
        Beraklak mulia dan pandai bersyukur.
        Tanggap dan kritis terhadap perkembangan Iptek dan seni budaya.
        Berwawasan kebangsaan dan budaya.
        Mandiri, demikrasi dan cerdas dalam kehidupan.
        Peka terhadap lingkungan.
        Disiplin tinggi dan penuh tanggung jawab



TATA TERTIB TENAGA KEPENDIDIKAN SDN 001 KASIKAN
KECAMATAN TAPUNG HULU


1.    Hadir di sekolah 10 menit sebelum pelajaran atau kegiatan sekolah dimulai.
2.    Meninggalkan sekolah setelah pelajaran/seluruh kegiatan sekolah selesai  (hari senin s/d kamis pukul 12.25, jum'at 10.45, sabtu 12.00 ).
3.    Tiap hadir di sekolah menanda tangani daftar hadir yang telah disediakan.
4.    Wajib mengikuti upacara hari Senin dan upacara lain di sekolah.
5.    Memeriksa/ mengawasi piket murid di kelas masing-masing.
6.    Mengawasi dan memandu senam pagi murid masing-masing.
7.    Melaksanakan tugas piket dan tugas tambahan yang telah ditentukan.
8.    Guru dan pegawai lain yang tidak hadir wajib memberi tahu kepala sekolah dan menyerahkan persiapan mengajar kepada guru pengganti atau kepala sekolah.
9.    Menyerahkan persiapan mengajar kepala sekolah untuk ditanda tangani sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM).
10. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung tidak dibenarkan meninggalkan sekolah kecuali seizin kepala sekolah atau ada keperluan yang sangat penting.
11. Mengikuti semua kegiatan yang dilaksanakan sekolah termasuk tambahan pembelajaran dan 9 K.
12. Mengerjakan administrasi kelas masing-masing sesuai dengan tugas.
13. Memelihara menjaga dan mengamankan semua barang milik sekolah/pemerintah yang menjadi tanggung jawabnya,
14. Pemakaian seragam, hari Senin seragam Linmas Selasa dan Rabu seragam Pemda, Kamis seragam batik khusus Pembina pramuka memakai pakaian pramuka lengkap,  jum'at seragam sekolah melayu, Sabtu olahraga, bagi Pembina  pramuka sewaktu pengembangan diri diharuskan memakai seragai pramuka lengkap.
15. Guru dan pegawai yang tidak hadir wajib melaksanakan tata tertib waktu, tertib administrasi, tertib kerja, tertib pengawasan dan tertib keuangan.



LARANGAN BAGI GURU
  1. Merokok, makan-makan di depan kelas pada saat mengajar.
  2. Mengucapkan kata / kalimat yang tidak pantas di hadapan murid / sesama kolega.
  3. Menghukum murid yang menimbulkan rasa dendam bagi murid.
  4. Meninggalkan  sekolah/kelas  pada jam dinas tanpa  seizin kepala sekolah atau sepengetahuan guru piket.
  5. Menerima tamu di kelas pada jam kegiatan belajar mengajar.
  6. Membuat keputusan/kebijaksanaan sendiri bagi murid atau wali murid tanpa pemberitahuan kepada kepala sekolah.

SANKSI PELANGGARAN
  1. Peringatan lisan secara kekeluargaan.
  2. Peringatan secara tertulis bila 3 kali peringatan lisan diabaikan
  3. Dilaporkan kepada pihak yang berwenang.



TATA TERTIB SEKOLAH BAGI MURID

PERIHAL MASUK SEKOLAH
1.     Semua murid harus hadir di  sekolah sekurang-kurangnya 10 menit sehelum pelajaran di mulai, dan wajib mengikuti senam Riau Sehat setiap hari sabtu.
2.     Murid yang datang terlambat terlebih dahulu harus menghadap kepala sekolah atau guru piket.
3.     Murid tidak hadir disekolah (absent) hanya karena sakit atau karena ada keperluan yang sangat penting dan dapat menunjukkan surat keterangan yang sah.

KEWAJIBAN MURID
  1. Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, taman, alat-alat pelajaran dan perabot sekolah.
  2. Ikut bertanggung jawab atas keberhasilan, keamanan, ketertiban kelas, baik di dalam maupun di luar sekolah.
  3. Ikut bertanggung jawab dan menjaga nama baik sekolah, guru, sesama murid, baik di dalam maupun di luar sekolah.
  4. Hormat dan taat pada guru maupun orang tua.
  5. Saling menghormati sesama teman atau sesama murid.
  6. Menaati kredit poin yang telah ditentukan.

LARANGAN-LARANGAN BAGI MURID
  1. Meninggalkan sekolah selama jam pelajaran berlangusng kecuali sesudah mendapatkan izin kepala sekolah dan guru.
  2. Menggunakan perhiasan secara berlebihan.
  3. Mengganggu jalannya pelajaran.
  4. Selama jam istirahat berada dalam kelas.
  5. Berkelahi dan main hakim sendiri sesama teman.
  6. Membawa makanan kedalam kelas.



PERIHAL PAKAIAN DAN LAIN-LAIN
  1. Semua wajib menggunakan pakaian seragam sekolah pada : Senin dan Selasa : putih + merah, kaos kaki putih, sepatu berwarna hitam, Rabu : seragam Batik Sekolah, Kamis seragam Pramuka lengkap Jum'at pakaian melayu skolah Sabtu pakaian olahraga
  2. Rambut harus rapi dan kuku tidak panjang.
  3. Tugas/pekerjaan rumah supaya mendapat perhatian orang tua.
  4. Panggilan dan undangan yang ditujukan kepada orang tua/wali murid supaya segera, dipenuhi.

SANKSI BAGI YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH
  1. Peringatan lisan kepada murid yang bersangkutan.
  2. Peringatan tertulis kepada murid yang disampaikan kepada orang tua/wali murid yang bersangkutan.
  3. Dikeluarkan untuk sementara dari sekolah
  4. Dikeluarkan dari sekolah


TUGAS PESURUH / PENJAGA SEKOLAH

Tugas pesuruh/penjaga sekolah ialah: menjaga, memelihara dan mengembangkan sekolah serta melayani keperluan kependidikan dan pada umum yang berkaitan dengan sekolah tempat ia bertugas.
Tugas-tugas tersebut terdiri dari tugas rutin dan tugas insidentil.
Tugas rutin setiap hari antara lain :

NO
JAM
KEGIATAN
1.
06.30
Membuka   pintu  dan   membersihkan   ruang-ruang   Kantor sekolah termasuk membersihkan dan mengepel ruang kantor
2
07.15
Membunyikan bel tanda masuk
3.
07.20
Memasak air untuk minum guru-guru
4.
07.30
Membersihkan/menyapu halaman lingkungan sekolah tennasuk membersihkan kamar kecil dan mengisi air
5.
09.15
Membunyikan bel tanda istirahat
6.
09.45
Membunyikan bel tanda masuk
7.
09.45
Memelihara tanaman dan mengatur tanaman termasuk membersihkan rumput pengganggu
8.
10.55
Membunyikan tanda bel istirahat ke dua
9.
11.15
Membuntikan bel tanda masuk
10.
11.30
Membersihkan kamar kecil
11.
12.25
Membunyikan bel sekolah usai
12.
12.30 dst
Menutup jendela, pintu sekolah



INVENTARIS PERLENGKAPAN LAIN-LAIN

No
NAMA BARANG
JUMLAH
1
Jam dinding
15
2
Jam ruang UKS
-
3
Alat peraga KIT IPA
8 set
4
Alat peraga Matematika
2 set
5
Model PTKN
-
6
Model torso kerangka
-
7
Model planetarium
-
8
Model solar system
-
9
Globe besar
3
10
Bendera merah putih kantor
1
11
Bendera merah putih lembaga
1
12
Bendera tutwuri handayani
-
13
Timbangan badan UKS
2
14
Ranjang tidur UKS
-
15
Perlengkapan dapur
ada
16
Sarana perlegkapan ibadah
ada
17
Tenda pramuka
4
18
Tongkat pramuka
-
19
Perlengkapan pramuka
ada
20
Taplak meja besar
-
21
Taplak meja tamu
5
22
Pakaian kesenian / tari
2 set
23
Peta
18
24
Papan planel Bhs. Indonesia
-
25
Gitar
2
26
Pianika listrik
-
27
Seruling
-
28
Meja pimpong
- set
29
Matras
-
30.
Peralatan Rebbana
1 set
31.
Angklung
2 Set
INVENTARIS PERLENGKAPAN MUBELER
No
JENIS BARANG
JUMLAH
1
Meja Murid
220
2
Kursi Murid
440
3
Meja dan kursi guru kelas
14
4
Meja dan kursi Kep. Sek
1
5
Kursi di ruang guru
-
6
Kursi ruang perpustakaan
15
7
Kursi tamu
2 set
8
Meja dan kursi Tata Usaha
1 Set
9
Almari kayu besar dan kecil
5 Buah
10
Almari box asahi (kantor)
-
11
Alman tempel pajangan
-
12
Almari katalog perpustakaan
-
13
Almari kaca pajangan
-
14
Almari kaca koperasi siswa
1
15
Almari rak besar kasa
-
16
Almari obat (UKS)
1
17
Meja besar kayu
1
18
Papan tulis
15
19
Papan pengumuman
1
20
Papan data melamin
12
21
Papan pajangan kelas
-
22
Papan struktur organisasi
1
23
Papan absen kelas
12
24
Rak tempat cuci (kelas)
-
25
Cermin hias (kantor)
-
26
Rak buku perpustakaan
2
27
Papan sketsel
-
28
Meja administrasi
1
29
Almari administrasi
1
30
Kursi pasltik bantuan SI UT
60
INVENTARIS PERLENGKAPAN KANTOR

No
NAMA BARANG
JUMLAII
1
Mesin ketik
2
2
Komputer
3
3
Radi« tape karaoke THNS
3
4
Radio lape
-
5
Mem bran TO A
3
6
LED
-
7
Tianu Mikrofon
-
8
Wire: ess
1
9
Pesawat telepon
1
10
Equalizer
1
11
Mem bran kelas
_
12
OHP
-



KEGIATAN KEPALA SEKOLAH

1.    Awal Tahun Pelajaran
a.    Pembagian tugas mengajar
b.    Rencana pengajaran tahunan
c.    Kebutuhan buku dan guru
d.    Kebutuhan alat pelajaran
e.    Rapat tahunan sekolah
f.     Pengisian buku induk
2.    Kegiatan bulanan
a.    Awal bulanan :
-          Pemeriksanaan daftar siswa/guru. PERSIP
-          Mengajar, Kum. Alat penailan target KOP
-          Mengatasi kelas
b.    Akhir bulan        : - Evaluasi, supervisi kelas
3.    Kegiatan Mingguan
a.   Senin                 : Upacara, penyelesaian kasus
b    Sabtu                 : Supervisi, KKG, KKKS
4.    Kegiatan Harian
a    Memeriksa daftar hadir guru dan penjaga
b.    Memeriksa 9 K
c.    Memeriksa persiapan mengajar
d.    Mengawasi berlangsungnya pelajaran
e.    Mengatasi masalah yang terjadi dalam satu hari
f.    Mengatasi segala seauatu menjelang sekolah usai
g.    Mengerjakan buku kesiswaan, induk, klaper, mutasi
5.    Akhir Tahun Pelajaran
a.   Merencanakan, melaksanakan, melaporkan UPM
b.   Melaksanakan dan melaporkan tes hasil belajar
c.   Melakukan evaluasi pelaksanaan KMB dan pencapaian target
d    Menyusun rencana perbaikan dan pemeliharaan alat pelajaran
e.   Laporan akhir tahun : Rapat kenaikan, raport, STTB
f.    Hasil kegiatan kelas
KEGIATA KEPALA SEKOLAH JANGKA PENDEK

1.   Penyusunan program
-          Program kerja tahunan sekolah, kegiatan harian, mingguan, bulanan, cawu, awal tahun dan akhir tahun.
-          Menyusun jawal kegiatan sekolah, grafik kemajuan kegiatan, laporan kegiatan.
-          Menyusun RAPBS/ RKAS
-          UPM
-          FSB
2.   Pengorganisasian Sekolah
-          Penyusunan struktur organisasi sekolah
-          Pembagian tugas
3.   Prosedur dan mekanisme kerja
-          Rapat dinas, pemantapan mekanisme kerja
4.   Supervisi atau monitoring evaluasi dan pelaporan
-          Melaksanakan supervisi, mentoring pelaksanaan PB M
-          Pelaksanaan analisis hasil tes, evaluasi pelaksanaan kegiatan sekolah
-          Pelaporan
5.   Disiplin Kepala Sekolah (16 butir : lihat buku PMP halaman 27-28)
6.   Disiplin guru (25 butir : Lihat buku PMP halaman 28-29)
7.   Displin siswa (16 butir : Lihat buku PMP halaman 29-30)
8.   Pengelolaan dana :
-          Menyusun RAPBS/ RKAS, sumber dana
-          Penggunaan dana

-          Pelaporan

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment