Rumput laut Dapat mencegah Tekanan Darah Tinggi

Bookmark and Share


Saya rasa kita semua sudah banyak mengenal yang namanya Rumput laut, karena Hasil olahan Rumput lautsekarang sudah banyak dimana-mana termasuk di super market.  Rumput laut yang yang sudah diolah ini pada umumnya memiliki rasa yang enak  apalagi kalau  dijadikan agar-agar ataupun manisan lainnya sehingga memiliki manfaat yang sangat dahsyat. Rasanya kenyal enak, bahkan Rumput laut ini kaya  akan serat alami dan bisa menurunkan tekanan darah.

Kita tidak boleh  menganggap remeh terhadap tumbuhan Rumput lautini. Meskipun penampilannya sederhana tetapi kalau sudah diolah rasanya sangat enak. Hingga saat ini Rumput laut juga banyak yang membudidayakan karena selain banyak yang menyukainya juga kandungan serat alaminya yang cukup tinggi.
Menurut hasil penelitian, seorang anak yang makan rumput laut setiap hari secara teratur memiliki resiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi saat dewasa. Selain itu serat alami rumput laut sangat baik untuk pencernaan.
Seorang ilmuan Jepang dari Gifu University dan Aichi Bunkyo Women’s Collage  menyatakan, bahwa rumput laut banyak memberikan sumber gizi. Seperti, mineral, dan alginat atau semacam serat pangan yang bermanfaat dahsyat buat memelihara kesehatan tubuh; dari hasil penelitiannya akan Rumput  laut yang selama ini digunakan sebagai campuran bahan makanan ternyata memiliki kalori yang sangat rendah, hal ini disebabkan Karenanya baik untuk penurunan berat badan juga dapat  mencegah penyerapan lemak pada tubuh.

Penemuan ini dilakukan dengan cara mengukur tekanan darah pada 459 anak-anak pra sekolah di Aichi, Jepang. Mereka kemudian diberi asupan rumput laut nori. Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang makan rumput laut secara signifikan mengalami penurunan tekanan darah sistolik pada anak perempuan sekitar 3,5mmHg dan penurunan diastolik pada anak laki-laki 5,5mmHg.
Penurunan tekanan darah sistolik pada wanita sangat berkaitan dengan kinerja jantung. Sedangkan untuk penurunan diastolik pada laki-laki sangat berperan penting untuk memompa aliran darah pada jantung.
Dari hasil riset tersebut didapati, makan rumput laut secara rutin sangat baik untuk memelihara keseimbangan tekanan darah untuk anak-anak dan memelihara kesehatannya hingga mereka dewasa.
Para peneliti juga mencatat bahwa penemuan ini masih memerlukan studi lanjutan. Namun, mereka yakin bahwa kandungan mineral, alginat dan kaloriyang rendah pada rumput laut sangat berperan  penting dan tertuma untuk  memelihara kesimbangan terhadap tekanan darah, memelihara kesehatan jantung dan mencegah terkena stroke.


Selain untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi, Rumput Laut juga memiliki Khasiat lainnya yaitu:

  1. Mengandung vitamin, colloidal, iodin, asam lemak esensial, enzim dan asam amino.
  2. Mampu meningkatkan imunitas dengan meningkatkan imunitas dengan merangsang produksi sel-sel imun.
  3. Membantu melawan virus dan bakteri.
  4. Melawan alergi dan menghambat penggumpalan darah sehingga memperkecil resiko stroke dan serangan jantung.
  5. Dapat menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan tekanan darah tinggi, menstabilkan kadar gula darah, meredakan gangguan pencernaan, meningkatkan fungsi lever, menjaga kelembaban dan kekencangan kulit serta menghambat pertumbuhan sel abnormal.
  6. Rumput laut juga merupakan multivitamin alami yang memiliki aktifitas anti tumor secara konsisten.
  7. Tidak mengandung lemak, tetapi kaya selenium yang bersifat antioksidan. Itu artinya rumput laut mampu mencegah penyerapan zat kimia beracun ke dalam tubuh.
  8. Rumput laut juga baik untuk menyehatkan rambut, memperkuat tulang dan gigi.

Jadi bagi anda tidak ada salahnya, bahkan dianjurkan untuk memakan hasil Rumput laut, demi menjaga kesehatan.
Demikian sebagai Informasi kesehatan semoga bermanfaat


sumber:
Situs Pengembangan Usaha Mina Perdesaan

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

Suhartono Sp said...

sangat bermanfaat apalagi potensi rumput laut di indonesia besar

Post a Comment