Penyakit Hemoroid Ambeien

Bookmark and Share
Hemoroid adalah merupakan suatu jenis penyakit yang banyak juga menimpa orang-orang. Sebenarnya yang dimaksud dengan ambeien atau wasir adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus akan mengalami bengkak yang kadang juga disertai dengan pendarahan pada stadium tertentu. Ini lah yang di sebut dengan pengertian hemoroid wasir ini. Penyakit ambeien ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit wasir ini.

Patofisiologi hemoroid ini adalah merupakan gangguan yang terjadi karena adanya pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh darah yang melebar ini akan ditutupi selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos yang lama kelamaan membengkas sehingga membentuk tonjolan.

Secara anatomi sebenarnya ambeien bukanlah suatu penyakit melainkan perubahan pada bantalan pembuluh darah di daerah dubur. Di mana pada bagian dubur terdapa tiga pembuluh darah atau arteri. Jika salah satunya terganggu atau adanya bendungan aliran darah maka pembuluh tersebut akan melebar atau membengkak. Hal ini yang disebut ambeien. Pada bagian keperawatan juga ada bagian yang membahas mengenai asuhan keperawatan hemoroid bila dilakukan perawatan di Rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan.

Penyebab Tanda Gejala Ambien Hemoroid

Ada beberapa hal yang menyebabkan wasir hemoroid ini. Berikut adalah penyebab ambeien dan faktor yang memicu terjadinya hemoroid diantaranya yaitu :
  1. Berada dalam posisi duduk yang terlalu lama.
  2. Sering mengangkat beban yang berat.
  3. Faktor usia umur seseorang.
  4. Kehamilan.
  5. Sembelit / konstipasi / obstipasi yang menahun.
  6. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak cabe dan dan jenis rempah-rempah yang memicu melebarnya pembuluh darah.
  7. Usus besar yang tidak berfungsi dengan baik karena pemberian obat terutama dalam hal ini penggunaan pencahar secara berlebihan.
  8. Hubungan seks yang tidak lazim dan dilarang oleh agama.
  9. Penyakit yang membuat mengejan penderita.
Ada dua jenis macam penyakit wasir yang kita kenal, yaitu wasir luar dan wasir dalam. Pada wasir dalam, pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Pada taraf awal memang wasir tidak terlihat dari luar, namun jika sudah membesar akan menonjol keluar. Gejala tanda awal wasir dalam adalah keluarnya darah saat buang air besar.

Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya hemoroid ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal. Gejala tanda umum wasir luar adalah rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus (darah beku).

Ada beberapa stadium dan tingkatan penyakit hemoroid ini. Pembagian stadium hemoroid adalah sebagai berikut :
  • Stadium 1 : tanda wasir ini adalah berupa tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.
  • Stadium 2 : gejala ambien stadium ini tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.
  • Stadium 3 : tanda hemoroid stadium 3 ini ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.
  • Stadium 4 : tanda gejala hemoroid pada tingkatan ini maka tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi. Pada wasir luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat.
Ada beberapa pencegahan hemoroid ini dan juga beberapa pengobatan ambeien yang bisa kita lakukan diantaranya yaitu :
  1. Banyak mengkonsumsi makanan berserat (pola makan sehat).
  2. Melakukan aktifitas olahraga secara teratur.
  3. Minum air yang cukup dan banyak.
  4. Jangan membiasakan diri menahan buang air besar (BAB) dan juga buang air kecil (BAK).
  5. Menghindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet.
  6. Duduk berendam pada air yang hangat akan mengurangi sakit dan gejala wasir.
  7. Menjalankan pola hidup sehat.
Pengobatan penyakit wasir ini bisa dilakukan dengan secara tradisional obat-obatan herbal atau pun juga bila pada tahap akhir jalan yang harus ditempuh adalah melalui tindakan pembedahan operasi hemoroid yang dilakukan oleh tim medis dokter. UKhusus dalam keperawatan nantinya akan dibahas tersendiri untuk askep hemoroid itu sendiri. Karena memang ada beberapa diagnosa keperawatan pada pasien klien dengan hemoroid yang membutuhkan intervensi khusus juga.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment