BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pesatnya
perkembangan zaman akhir-akhir ini ditandai dengan kemajuan disegala bidang
baik ekonomi, politik, sosial dan budaya hal ini disebabkan oleh majunya teknologi atau
dengan kata lain teknologi canggih, misalnya saja dibidang ekonomi dapat kita
lihat dari pada zaman dahulu para
usahawan diharuskan untuk menata barang dagangannya pada toko – toko maupun swalayan
dan ditambahlagi dengan biaya pembangunan Mall
di setiap daerah untuk memberi kemudahan bagi para pembeli tetapi untuk
mendapatkan apa yang diinginkannya, tetap lain halnya pada zaman sekarang ini
para usahawan cukup mencantumkan nama barang daganganya pada situs-situs internet
kemudia para pembeli dapat mengakses dari segala daerah tanpa berkunjung ke
toko tersebut hal ini tentu memberi kemudahan kepada semua lapisan masyarakat
selain hemat biaya ini juga menghemat energi, di bidang lain misalnya kita dapat mengetahui
tempat-tempat pariwisata, kita tinggal
mengakses disitus tentang pariwisata kita langsung bisa mengetahui alamatnya
secara lengkap serta pasilitas yang disediakan bahkan kita langsung bisa
mengetahui menu makanan dan minuman yang
menjadi .ciri khas daerah tersebut serta berapa
tarif atau biaya yang harus kita keluarkan untuk menikmati pasilitas
yang mereka sediakan tampa harus bertanya-tanya kepada teman atau sanak family,
oleh sebab itu sudah selayaknya kita mengikuti perkembangan zaman tersebut
karena itu semua akan memberi kemudahan bagi kita dalam beraktivitas dalam kehidupan
sehari-hari.
Begitu juga
dengan tenaga-tenaga kerja pada sebuah kantor misalnya tidak terlepas dari
barang-barang elektronik sebagai penunjang pekerjaan yang setiap hari mereka
lakukan.
Salah satu sarana untuk menunjang semua kemajuan
teknologi tersebut tidak terlepas dari sebuah alat yang dinamakan computer oleh
sebab itu kemampuan menggunakan komputer sangat diperlukan dalam pekerjaan
kehidupan sehari-hari.
Di kalangan pemuda sendiri khususnya, kebutuhan
akan kemampuan menggunakan komputer sangat terasa untuk menambah pengetahuan.
Kemampuan tersebut tidak hanya mengenal komputer
secara global, melainkan juga dituntut mampu mengoperasikan computer.
Keterbatasan kemampuan biaya untuk mengimbangi kemauan
yang ada untuk belajar komputer (kursus) yang berbayar juga menjadi kendala
tersendiri.
Berdasar hal ini dipandang perlu suatu pelatihan
komputer yang diharapkan dapat berguna bagi pemuda, sehingga dapat terbentuk
pemuda yang berkualitas yang dapat mengaplikasikan komputer sebagai salah satu
bekal mencari pekerjaan yang berhubungan dengan perangkat komputer.
B.
Tujuan Kegiatan
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis merumuskan
tujuan dilaksananya kegiatan Pembinaan
Kepemudaan dalam bentuk pelatihan computer pada wilayah Desa Kasikan Kecamatan
Tapung Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau adalah:
- Bagi Mahasiswa
Adapun tujuan kegiatan
pelatihan komputer ini adalah :
a.
Memenuhi tugas praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan
Kemasyarakatan Kode Mata Kuliah PDGK 4406
b.
Menambah kreatifitas
agar lebih aktif di mana mahasiswa bertempat tinggal.
c.
Mengabdikan diri pada masyakarat
d.
Lebih terjalinnya hubungan silaturahmi dengan para pemuda
yang ada pada Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu
e.
Berbagi ilmu yang dimiliki dan mengingat kembali apa-apa
yang telah pernah mahasiswa ketahui.
- Bagi Peserta Pelatihan
a.
Memberikan bekal kepada pemuda untuk memasuki
dunia kerja dengan keterampilan praktis yang dimilikinya.
b.
Dapat terbentuk pemuda yang berkualitas yang
dapat mengaplikasikan komputer sebagai salah satu bekal mencari pekerjaan yang
berhubungan dengan perangkat computer
c.
Mengurangi jumlah pemuda yang gagap teknologi
menjadi pemuda yang melek teknologi terutama dibidang komputer.
- Bagi Desa
a.
Terbentuknya pemuda yang memilki skill dibidang teknologi terutama komputer
b.
Adanya salah satu kegiatan pemuda dibidang
teknologi
c.
Terbentknya pemuda yang berkualitas dan memilki
daya saing disbanding dengan desa-desa lainya.
d.
Terisinya kegiatan pemuda-pemuda yang ada di
Desa Kasikan.
C.
Hasil Kegiatan
Adapun hasil yang
diharapkan Setelah kegiatan pelatihan komputer ini dilaksanakan mendapatkan hasil sebagai berikut :
- Bagi Mahasiswa
a.
Terpenuhinya tugas praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan
Kemasyarakatan Kode Mata Kuliah PDGK 4406
b.
Mahasiswa lebih aktif di masyarakat dimana mahasiswa berada
c.
Terjalinnya hubungan silaturahmi dengan para pemuda yang ada
pada Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu
- Bagi Peserta Pelatihan
a.
Terbentuknya para Pemudayang memiliki keterampilan
praktis.
b.
Terbetuknya pemuda yang berkualitas yang dapat mengoperasikan
komputer sebagai salah satu bekal mencari pekerjaan yang berhubungan dengan
perangkat computer.
c.
Terbentunya pemuda yang melek teknologi di
bidang komputer.
- Bagi Desa
a.
Memiliki pemuda yang mempunyai life skill.
b.
Memilki pemuda yang mempunyai daya saing.
c.
Memilki pemuda yang melek tenologi.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Berdasar musyawarah bersama dengan warga belajar
(peserta pelatihan) yang dibina, maka didapati kesepakatan sebagai tempat
pelaksanaan pelatihan bertempat di gedung SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu
Kabupaten Kampar, pada pukul 14.00 s/d 16.00 WIB, dengan pertimbangan sekolah
tersebut berada di tepi jalan, memliki jaringan listrik yang memadai, telah
tersedianya meja, kursi, papan tulis dan
warga belajar rata-rata berdomisili di sekitar lingkungan sekolah tersebut.
Kegitan dilaksanakan delapan kali pertemuan dengan jadwal sebagai berikut :
No
|
Hari / Tanggal
|
Pukul
|
Ket
|
1.
|
Jumat, 18 Oktober 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Pengenalan Prangkat
|
2.
|
Senin,
21 Oktober 2013
|
14.00
s/d 16.00
|
Materi
Microsoft Word
|
3.
|
Rabu, 23 Oktober 2013
|
14.00
s/d 16.00
|
Materi Microsoft Word
|
4.
|
Jumat, 25 Oktober 2013
|
14.00
s/d 16.00
|
Materi Microsoft Word
|
5.
|
Senin,
4 November 2013
|
14.00
s/d 16.00
|
Materi Microsoft Excel
|
6.
|
Rabu, 6 November 2013
|
14.00
s/d 16.00
|
Materi Microsoft Excel
|
7.
|
Jumat, 8 November 2013
|
14.00
s/d 16.00
|
Materi Microsoft Excel
|
8.
|
Senin, 11 November 2013
|
14.00
s/d 16.00
|
Evaluasi
|
B. Materi
Pelatihan
Adapun materi pelatihan ini meliputi pengenalan
perangkat keras dan lunak computer serta pengoperasian program Microsoft Office
Word dan Microsoft Office Excel dengan penjabaran materi sebagai berikut :
Pertemuan ke 1
Ø Pengenalan perangkat
keras :
- Monitor
- Harddist
- Keyboard
- Mouse
- Printer
- Dll
Ø Pengenalan prangkat
lunak :
- Memori
- Mainboard
- Program
- dll
Pertemuan ke 2.
Ø Memulai Program
Microsoft Word
- Cara memulai aplikasi Microsoft
Word
- Judul Windows
- Office Button
- Customize Quick Access Toolbar
- Menu
- Toolbar
- Kursor
- Penggulung teks
- Memasukkan teks
- Memperbaiki teks
- Menggunakan mouse
- Menggunakan Keyboard
- Menyimpan dokumen
- Menutup dokumen
- Membuka dokumen
- Keluar dari work
Pertemuan ke 3
Ø Membuat Naskah
- Memulai pembuatan naskah
- Mengatur setting halaman
(margin dan ukuran kertas)
- Tata cara penulisan
- Peraturan perataan teks
- Mempormat karakter huruf pada
naskah
- Membuat blog pada teks
- Mengopi kata/ kalimat
- Memindahkan kata/ kalimat
- Membatalkan perintah
- Change case
- Find, Reflace, and go to
Pertemuan ke 4
Ø Membuat Tabel
- Membuat tebel work
- Fasilitas pengolahan tabel
Pertemuan ke 5
Ø Pengenalan Sheet pada
program Microsoft Excel
- Langkah-langkah dalam memulai Microsoft
excel
- Mengimputkan data dalam sel
- Memformat kolom dan baris
- Sheet (lembar kerja)
- File
Pertemuan ke 6
Ø Memformat cells
- Mengcopy dan memindahkan isi
sel
- Membuat nomor dan bulan berurut
- Menggabungkan sel
- Mengenengahkan teks
- Mengatur tata letak teks
- Membuat garis tabel
- Membuat symbol mata uang
- Membuat nama satuan pada
penuisan angka
Pertemuan
ke 7
Ø Fungsi Perhitungan
- Operator matematika
- Fungsi sum
- Fungsi Product
- Fungsi Max
- Fungsi Min
- Fungsi Caout
- Fungsi Raund
- Fungsi Sqrt
- Fungsi Power
- Fungsi Sumsq
- Fungsi Everage
Pertemuan ke 8
Ø Evaluasi
- Menyebutkan nama-nama prangkat
keras komputer
- Mengoperasikan program Microsoft
word
- Mengoperasikan program
Microsoft Excel
C. Strategi dan
Deskripsi Kegiatan
Dalam
melaksanakan kegiatan petihan kemampuan dasar komputer ini, para peserta tidak
sekaligus dapat menguasai materi, tetapi memakai tekhnik – tekhnik tertentu
agar materi yang disampaikan dapat dikuasai oleh peserta palatihan dengan baik.
Dalam strategi
kegiatan pelatiahan komputer ini terdapat beberapa jenis kegiatan, yaitu :
- Tahap
Persiapan
Dalam tahap persiapan selain memberikan
materi tutor atau pembimbing juga harus menyiapkan beberapa contoh perangkat
keras, modul panduan Microsoft Word dan modul panduan Microsoft Excel
- Tahap
Pelaksanaan Kegiatan
Dalam tahap kegiatan tutor pembimbing
membagi kegiatan menjadi beberapa pertemuan,
- Tahap Tanya Jawab
Dalam tahap tanya
jawab peserta pelatihan dapat menanyakan materi yang belum dikuasai atau yang
belum dipahami secara baik dalam setiap pertemuan.
- Tahap
Evaluasi
Setelah
semua materi disampaikan dan para peserta pelatihan menguasai materi dengan
baik maka pembimbing melaksanakan tahap evaluasi untuk mengetahui sejauh mana
peserta pelatihan mengusai materi yang telah disampaikan.
Hasil dari pertemuan-pertemuan yang
diadakan pada kegiatan pelatihan dasar
komputer ini adalah sebagai berikut :
1.
Kegiatan I
Pada
pertemuan pertama peserta pelatihan dikumpulkan diberikan pengarahan oleh tutor
tentang tujuan dari kegiatan ini. Tutor memberikan contoh dari hasil ketikan word
dan excel dan membawakan beberapa perangkat keras komputer seperti Printer,
Mouse, Memori, Keyboard serta memberikan contoh bagaimana cara penggunaan alat
tersebut kepada warga belajar.
2.
Kegiatan II
Untuk
pertemuan kedua warga belajar mulai menggunakan komputer dan tutor memberikan
penjelasan tentang program Microsoft word, cara memulai aplikasi, pengenalan
judul windows, Office button, Custumize Quick Access Tollbar, Menu, Toolbar,
kursor, penggulung kertas serta memasukkan teks, memperbaiki teks, menggunakan
mouse, menggunakan keyboard, menyimpan dokumen, menutup dokumen, membuka
dokumen, keluar dari word, Serta pembimbing memberikan contoh cara
menggunakannya.
3.
Kegiatan III
Pada
pertemuan ketiga peserta pelatihan diberikan materi membuat naskah, mengatur
setting halaman(margin dan ukuran kertas), tata cara penulisan naskah,
paraturan perataan teks, mempormat karakter huruf pada teks, mengcopy kata atau
kalimat, memindahkan kata atau kalimat, membatalkan perintah, Change case,
Find, Reflace, and go to, setelah
menyampaikan materi pembimbing menyarankan kepada para peserta untuk langsung
mempraktekkan materi yang telah disampaikan dan pelatih / pembimbing melihat
hasil ketikan peserta pelatihan apakah hasil ketikan sudah benar atau masih
perlu bimbingan ulang.
4.
Kegiatan IV
Pertemuan ke empat sembari mengingat
materi yang sebelunnya tutor juga memberikan materi yang baru yakni membuat
tabel, fasilitas pengolahan tabel serta mempersilahkan kepada peserta pelatihan
untuk menanyakan materi yang belum dikuasai dari pertemuan kedua sampai
pertemuan keempat.
5.
Kegiatan V
Untuk pertemuan kelima tutor akan
memperkenalkan program yang lain yakni program Microsoft excel dengan materi
awal mengenalkan sheet pada program Microsoft excel, langkah-langkah dalam
memulai Microsoft excel, mengimputkan data dalam sel, membuat kolom dan baris,
sheet (lembar kerja) serta file. Kemudian pembimbing membimbing para peserta
pelatihan dalam mempraktekkan materi yang telah disampaikan.
6.
Kegiatan VI
Pada pertemuan keenam peserta
pelatihan akan diajak untuk mebuka file yang kemarin pada pertemuan kelima
telah dibuat kemudian pembimbing menyampaikan materi yang baru yakni memformat
sel, mengcopy dan memindahkan sel, membuat nomor dan bulan berurut,
menggabungkan sel, mengatur tata letak teks, membuat garis tabel, membuat
symbol mata uang, membuat satuan pada penulisan angka.
7.
Kegiatan VII
Pada pertemuan ketujuh peserta
pelatihan diminta untuk membuat sebuah file dalam bentuk excel kemudian setelah file selesai pembimbing
menyampaikan materi fungsi penghitungan yakni materi operator matematika,
fungsi sum, Fungsi Product, Fungsi Max, Fungsi Min, Fungsi Caout, Fungsi Raund,
Fungsi Sqrt, Fungsi Power, Fungsi Sumsq, Fungsi Everage kemudian setelah materi
disampaikan satu persatu peserta pelatihan langsung mempraktekkan materi yang
disampaikan dengan bimbingan pembimbing, setalah itu dilakukan kegiatan
mengingat materi dari pertemuan V sampai dengan pertemuan VII sebab pada
pertemuan ke VIII akan diadakan evaluasi materi dari pertemuan pertama sampai
pertemuan ke tujuh.
8.
Kegiatan VIII
Pertemuan kedelapan atau
pertemuan terakhir pembimbing memberikan evaluasi kepada peserta pelatihan dari
pertemuan pertama sampai terakhir kemudian setelah kegiatan evaluasi selesai
hasil evaluasi akan langsung di print guna untuk melihat hasil dari evaluasi
tersebut, kemudia pembimbing meminta kepada para peserta pelatihan untuk memberikan usulan usulan atau masukan
kepada pembimbing guna untuk perbaikan
pada masa yang akan datang.
BAB III
TEMUAN DAN HASIL
A. Temuan Hasil Proses
Selama dalam proses kegiatan pelaksanaan
pelatihan yang dijalankan ditemukan beberapa temuan yang berhubungan dengan
warga binaan atau peserta pelatihan, antara lain:
- Latar pendidikan yang tidak
sama, sehingga untuk memahami istilah-istilah komputer sangat heterogen.
- Ada warga binaan yang sudah
pernah mendapatkan pelajaran komputer.
- Warga binaan belum seluruhnya
memiliki perangkat komputer.
- Minat dan kemauan warga binaan
sangat besar untuk bisa mengoperasikan komputer.
- Warga binaan merasa sangat
mendapatkan manfaat dengan adanya pelatihan ini.
- Warga binaan memiliki aktifitas
atau rutinitas yang berbeda-beda sehingga agak sulit mengatur jadwal
kegiatan pelatihan
- Mahasiswa harus mengediakan
tempat atau meminta izin kepada sekolah segai sarana tempat pelatihan
komputer sebab pelatihan komputer memerlukan sarana listrik yang memadai.
B.
Temuan Hasil Evaluasi Produk
Dari kegiatan yang dijalankan warga binaan atau
peserta pelatihan secara umum sudah menunjukkan hasil yang baik, meskipun
sebagian pelatihan merasa pelatihan hal baru tetapi karena warga binaan
memiliki motivasi dan rasa keingin tahuan yang tingi untuk belajar komputer
apalagi bagi warga binaan yang berlatar
belakang pendidikan SLTA, bahkan ada keiinginan warga binaan bukan hanya
pelatihan program word dan excel saja tetapi juga bentuk program yang lain.
C. Pembahasan
Untuk mengatasi temuan yang ada, kami melakukan
berbagai cara yang dapat dijadikan bahan pemecahan masalah yang timbul dari
kegiatan pelatihan yang kami selengarakan, diantaranya:
- Lebih mengutamakan kegiatan praktik daripada teori.
- Mahasiswa menyediakan perangkat laptop berbanding 1 : 1
- Pelatihan berkesinambungan, tidak hanya pada saat
sekarang saja tetapi tetap membuka kesempatan kepada warga binaan untuk
tetap berlatih.
- Menyarankan dan mengarahkan pada warga binaan untuk
mengikuti pelatihan lebih lanjut pada tempat-tempat kursus sehingga warga
binaan memiliki sertifikat keahlian.
D. Gambaran Keaktifan Peserta
Dari kegiatan yang telah dijadwalkan dapat
dilihat warga binaan dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sangat aktif
bahkan sampai pemuda yang tidak masuk dalam kelompok warga binaan memberikan
respon yang sangat baik.
No
|
Nama
|
Jadwal Pertemuan
|
Ket
|
|||
Jumat,
18/10/2013
|
Senin, 21/10/ 2013
|
Rabu, 23/10/ 2013
|
Jumat, 25/10/ 2013
|
|||
1.
|
Iwan Romdoni
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
2.
|
Muslim
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.
|
Rais
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
4.
|
Herman Hidayad
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
5.
|
Jefry Naldi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.
|
Teddy Mirza
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
7.
|
Ahmad Mubarok
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
No
|
Nama
|
Jadwal Pertemuan
|
Ket
|
|||
Senin,
04/11/2013
|
Rabu, 06/11/ 2013
|
Jumat, 08/11/ 2013
|
Senin, 11/11/ 2013
|
|||
1.
|
Iwan Romdoni
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
2.
|
Muslim
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.
|
Rais
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
4.
|
Herman Hidayad
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
5.
|
Jefry Naldi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.
|
Teddy Mirza
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
7.
|
Ahmad Mubarok
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Dari kegiatan yang telah kami laksanakan, dapat
kami simpulkan beberapa hal yang baik untuk mahasiswa sebagai pembina maupun
warga belajar sebagai sasaran binaan yaitu:
- Mahasiswa dapat belajar, bersosialisasi dan
berpartisipasi dengan masyarakat secara langsung.
- Warga binaan dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang
dilaksanakan secara baik.
- Kegiatan ini dapat menjadi motivasi generasi muda
sekitar untuk mengikuti kegiatan ini.
- Warga binaan memiliki keterampilan praktis ini yang
dapat menjadi bekal memasuki dunia kerja.
- Warga binaan atau peserta pelatihan memiliki
keterampilan life skill yang dapat dijadikan modal untuk mengikuti
persaingan pada era dimana keterampilan dibidang komputer sangat
dibutuhkan.
- Warga binaan atau peserta pelatihan tidak asing lagi
dengan istilah-istilah komputer yang mana selama ini mereka beranggapan
bahwa komputer itu adalah suatu barang yang aneh bagi mereka dan tidak
mungkin mereka dapat mengoperasikannya.
B. Saran
Agar kemampuan warga binaan dapat selalu
berkembang kemampuan dan dapat memasuki dunia kerja, warga belajar perlu
mengikuti kegiatan lanjut pelatihan atau kursus melalui tempat-tempat kursus
komputer guna untuk menambah pengetahuan yang sudah ada demi kemajuan pada masa
yang akan datang.
C. Tindak Lanjut
Untuk menindaklanjuti kegiatan ini terutama bagi
warga binaan yang tidak memiliki kemampuan finasial, kami melakukan pembinaan
lebih lanjut dengan pelatihan sekali dalam seminggu dan bagi warga bidaan yang
telah memilki kemampuan mengoperasikan komputer kamin harapkan dapat berbagi
ilmu kepada pemuda yang lain sehinga terbentuklah pemuda atau generasi muda
yang melek teknologi dan berdaya saing tinggi serta mampu mengikuti
perkembangan zaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi.
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment