ALAT
PENILAIAN LAPORAN PKP (APL-PKP) PGSD
LEMBAR
PENILAIAN
LAPORAN
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
1. NAMA
|
FAISAL
|
2. NIM
|
821527116
|
3. SUPERVISOR
I
|
SUWARNA, M. Pd
|
4. POKJAR
|
TAPUNG HULU
|
5. TEMPAT
MENGAJAR
|
SDN 018 KASIKAN
|
6. MATA
PELAJARAN
|
IPS
|
7. TANGGAL
|
|
Aspek
yang dinilai dalam Laporan PKP dan Skor tiap Aspek
VARIABEL/
DESKRIPTOR
|
Skor
Maks
|
Nilai
|
||
Abstrak
(mencakup: latar belakang, tujuan, pelaksanaan penelitian perbaikan
pembelajaran/ pengembangan, hasil, kesimpulan)
|
2
|
|
||
I.
PENDAHULUAN
|
12
|
|||
A. Latar
Belakang Masalah
|
6
|
|
||
1.
Identifikasi
Masalah
|
|
|
||
a.
Adanya
informasi tentang
|
|
|
||
1)
Data/hal-hal
yang terkait dengan masalah pembelajaran (0,5)
|
0,5
|
|
||
2)
Alasan
pemilihan masalah yang akan diatasi dengan PTK:
|
|
|
||
· Logis dan jelas (1)
|
1
|
|
||
· Kurang logis atau
kurang jelas (0,5)
|
0,5
|
|||
b.
Mencantumkan
identifikasi masalah
|
|
|
||
· Proses identifikasi
masalah jelas dan logis (1)
|
1
|
|
||
· Proses identifikasi
masalah kurang jelas dan kurang logis (0,5)
|
0,5
|
|||
2.
Analisis
Masalah (Menyampaikan proses analisis masalah)
|
|
|
||
a.
Proses
analisis jelas dan logis (0,5)
|
0,5
|
|
||
b.
Menyebabkan
faktor-faktor penyebab munculnya masalah (0,5)
|
0,5
|
|
||
3.
Alternatif dan prioritas pemecahan masalah
|
|
|
||
a.
Mencantumkan
alternative dan prioritas pemecahan masalah
|
|
|
||
1)
Logis
dan jelas (1,5)
|
1,5
|
|
||
2)
Kurang
logis atau kurang jelas (0,5)
|
0,5
|
|||
b.
Ada
teori dan /atau pengalaman yang relevan mendukung penyebab munculnya masalah
(1)
|
1
|
|
||
B. Rumusan
Masalah mengandung:
|
3
|
|
||
1.
Perubahan
kompetensi (0,5)
|
0,5
|
|
||
2.
Subjek
yang diteliti (0,5)
|
0,5
|
|
||
3.
Topik
pada mata pelajaran (0,5)
|
0,5
|
|
||
4.
Tindakan
perbaikan yang dilakukan (0,5)
|
0,5
|
|
||
5.
Berkaitan
dengan latar belakang (1)
|
1
|
|
||
C. Tujuan
penelitian perbaikan pembelajaran
|
1,5
|
|
||
1.
Ada
rumusan jelas, logis dan bermakna terkait kinerja guru dan siswa (1,5)
|
1,5
|
|
||
2.
Ada
rumusan jelas dan logis (1)
|
1
|
|||
D. Manfaat
penelitian perbaikan pembelajaran
|
1,5
|
|
||
1.
Ada
dan berkonstribusi nyata terhadap perbaikan pembelajaran (1,5)
|
1,5
|
|
||
2.
Ada
dan tidak berkonstribusi nyata terhadap pembelajaran (1)
|
1
|
|||
II. KAJIAN
PUSTAKA
|
16
|
|||
1.
Mencantumkan
minimal teori terkini tentang PTK,
karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, teori pembelajaran
yang terkait dengan permasalahan yang diteliti (10)
|
10
|
|
|
|
2.
Penulisan
Kutipan Kajian Pustaka
|
|
|
||
a.
Benar
dan jelas (6)
|
6
|
|
||
b.
Benar
dan tidak jelas (4)
|
4
|
|||
III. PELAKSANAAN
PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
|
29
|
|||
A. Subjek,
Tempat, dan Waktu serta Pihak yang Membantu Penelitian
|
2
|
|
||
1. Mencantumkan
lokasi, nama sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu, dan pihak yang membantu
(1)
|
1
|
|
||
2.
Waktu
pelaksanaan logis (pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk
masing-masing siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah (1)
|
1
|
|
||
B. Desain
Prosedur Perbaikan Pembelajaran
|
25
|
|
||
1.
Rencana
|
|
|
||
a.
Adanya
penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan /alternative perbaikan
mencakup kinerja guru dan siswa (2)
|
2
|
|
||
b.
Tindakan/alternatif perbaikan yang relevan dengan masalah (2)
|
2
|
|
||
c.
Langkah-langkah
perbaikan
|
|
|
|
|
1)
Ada,
rinci, jelas dan logis (3)
|
3
|
|
||
2)
Ada,
rinci, dan jelas (2)
|
2
|
|||
3)
Ada
(1)
|
1
|
|||
2.
Pelaksanaan
|
|
|
||
a.
Adanya
informasi tentang prosedur pelaksanaan PTK
(1)
|
1
|
|
||
b.
Prosedur
pelaksanaan PTK disampaikan secara
logis (2)
|
2
|
|
||
c.
Adanya
informasi tentang pengamat (1)
|
1
|
|
||
d.
Adanya
informasi tentang tugas pengamat/supervisor (1)
|
1
|
|
||
e.
Adanya
informasi tentang langkah-langkah pembelajaran (2)
|
2
|
|
||
f.
Langkah-langkah pembelajaran diuraikan secara jelas dan rinci (3)
|
3
|
|
||
3.
Pengamatan/Teknik
pengumpulan data/instrumen
|
|
|
||
a.
Mencantumkan
teknik pengumpulan data (misal observasi/pengamatan, wawancara, dokumen,
mengukur kemampuan siswa, dll) dalam rangka menjaring data kinerja guru dan
siswa (2)
|
2
|
|
||
b.
Instrument
yang digunakan
|
|
|
||
1)
Tepat
(2)
|
2
|
|
||
2)
Ada
namun tidak tepat (1)
|
1
|
|||
4.
Refleksi
|
|
|
||
Mendeskripsikan
proses refleksi untuk menemukan kekuatan dan kelemahan suatu tindakan
perbaikan pembelajaran, tanpa disertai penyajian data (4)
|
4
|
|
||
C. Teknik
Analisis Data
|
2
|
|
||
Menjelaskan
teknik yang digunakan dalam menganalisis data (misal kualitatif, kuantitatif)
|
|
|
||
1.
Tepat
(2)
|
2
|
|
||
2.
Tidak
tepat (1)
|
1
|
|||
IV. HASIL
DAN PEMBAHASAN
|
24
|
|||
A. Deskripsi
Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
|
14
|
|
||
1.
Mendeskripsikan
data hasil penelitian yang diolah per
siklus sesuai dengan rumusan masalah
dan tujuan penelitian (4)
|
4
|
|
||
2.
Ada
data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan (4)
|
4
|
|
||
3.
Ada
paparan tentang hasil refleksi yang mencakup keberhasilan, kegagalan, faktor-faktor yang menyebabkannya,
dan alasan tindakan perbaikan (6)
|
6
|
|
||
B. Pembahasan
dari setiap siklus
|
10
|
|
||
1.
Setiap
temuan per siklus dianalisis sesuai dengan teori yang diacu (Bab Kajian
Pustaka) (10)
|
10
|
|
||
2.
Sebagian temuan dianalisis secara rinci (5)
|
5
|
|||
V.
SIMPULAN DAN TINDAK
LANJUT
|
8
|
|||
A. Simpulan
|
5
|
|
||
1.
Simpulan
sesuai dengan tujuan penelitian dan temuan (3)
|
3
|
|
||
2.
Simpulan
disajikan dengan jelas (2)
|
2
|
|
||
B. Saran
Tindak Lanjut
|
3
|
|
||
1.
Saran
tindak lanjut sesuai dengan simpulan (1)
|
1
|
|
||
2.
Saran
tindak lanjut yang diajukan jelas dan
logis (1)
|
1
|
|
||
3.
Saran
tindak lanjut yang diajukan dapat dilaksanakan (operasional) (1)
|
1
|
|
||
VI. BAHASA
|
2
|
|||
1.
Paragraf
merupakan satu keutuhan (1)
|
1
|
|
|
|
2.
Penulisan
sesuai dengan EYD (1)
|
1
|
|
||
VII. DAFTAR
PUSTAKA
|
2
|
|||
1.
Sistematis
dan lengkap (2)
|
2
|
|
|
|
2.
Sistematis
tetapi tidak lengkap (1)
|
1
|
|||
3.
Lengkap
tetapi tidak sistematis (1)
|
1
|
|||
VIII.LAMPIRAN
|
5
|
|||
1.
Kelengkapan
Lampiran (2)
|
2
|
|
|
|
2.
Kesesuaian
isi laporan dengan Jurnal Pembimbingan
(3)
|
3
|
|
||
Skor Total
|
|
|||
Pemeriksa ( )
(……………………………………)
HP.
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment