ALAT PENILAIAN LAPORAN PKP (APL-PKP) PGSD UT

Bookmark and Share

ALAT PENILAIAN LAPORAN PKP (APL-PKP) PGSD
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
1.      NAMA
FAISAL
2.      NIM
821527116
3.      SUPERVISOR I 
SUWARNA, M. Pd
4.      POKJAR
TAPUNG HULU
5.      TEMPAT MENGAJAR
SDN 018 KASIKAN
6.      MATA PELAJARAN
IPS
7.      TANGGAL





Aspek yang dinilai dalam Laporan PKP dan Skor tiap Aspek
VARIABEL/ DESKRIPTOR
Skor Maks
Nilai
Abstrak (mencakup: latar belakang, tujuan, pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran/ pengembangan, hasil, kesimpulan)
2

I.         PENDAHULUAN
12
A.    Latar Belakang Masalah
6

1.   Identifikasi Masalah


a.    Adanya informasi tentang


1)   Data/hal-hal yang terkait dengan masalah pembelajaran (0,5)
0,5

2)   Alasan pemilihan masalah yang akan diatasi dengan PTK:


·    Logis dan jelas (1)
1

·    Kurang logis atau kurang jelas (0,5)
0,5
b.    Mencantumkan identifikasi masalah


·    Proses identifikasi masalah jelas dan logis (1)
1

·    Proses identifikasi masalah kurang jelas dan kurang logis (0,5)
0,5
2.   Analisis Masalah (Menyampaikan proses analisis masalah)


a.    Proses analisis jelas dan logis (0,5)
0,5

b.    Menyebabkan faktor-faktor penyebab munculnya masalah (0,5)
0,5

3.   Alternatif  dan prioritas pemecahan masalah


a.    Mencantumkan alternative dan prioritas pemecahan masalah


1)   Logis dan jelas (1,5)
1,5

2)   Kurang logis atau kurang jelas (0,5)
0,5
b.   Ada teori dan /atau pengalaman yang relevan mendukung penyebab munculnya masalah (1)
1

B.     Rumusan Masalah mengandung:
3

1.    Perubahan kompetensi (0,5)
0,5

2.   Subjek yang diteliti (0,5)
0,5

3.   Topik pada mata pelajaran (0,5)
0,5

4.   Tindakan perbaikan yang dilakukan (0,5)
0,5

5.   Berkaitan dengan latar belakang (1)
1

C.    Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran
1,5

1.   Ada rumusan jelas, logis dan bermakna terkait kinerja guru dan siswa (1,5)
1,5

2.   Ada rumusan jelas dan logis (1)
1
D.    Manfaat penelitian perbaikan pembelajaran
1,5

1.   Ada dan berkonstribusi nyata terhadap perbaikan pembelajaran  (1,5)
1,5

2.   Ada dan tidak berkonstribusi nyata terhadap pembelajaran (1)
1
II.      KAJIAN PUSTAKA
16
1.   Mencantumkan minimal teori terkini  tentang PTK, karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, teori pembelajaran yang terkait dengan permasalahan yang diteliti  (10)
10


2.   Penulisan Kutipan Kajian Pustaka


a.    Benar dan jelas (6)
6

b.    Benar dan tidak  jelas (4)
4
III.    PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
29
A.  Subjek, Tempat,  dan Waktu  serta Pihak yang Membantu Penelitian
2

1.    Mencantumkan lokasi, nama sekolah, kelas, mata pelajaran, waktu, dan pihak yang membantu (1)
1

2.   Waktu pelaksanaan logis (pelaksanaan hari sekolah, rentang waktu untuk masing-masing siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di sekolah (1)
1

B.   Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran
25

1.    Rencana


a.   Adanya penjelasan tentang tindakan yang akan dilaksanakan /alternative perbaikan mencakup kinerja guru dan siswa (2)
2

b.    Tindakan/alternatif  perbaikan yang relevan dengan masalah (2)
2

c.    Langkah-langkah perbaikan



1)      Ada, rinci, jelas dan logis (3)
3

2)      Ada, rinci, dan jelas (2)
2
3)      Ada (1)
1
2.  Pelaksanaan


a.    Adanya informasi tentang prosedur pelaksanaan PTK  (1)
1

b.    Prosedur pelaksanaan  PTK disampaikan secara logis (2)
2

c.  Adanya informasi tentang pengamat (1)
1

d.  Adanya informasi tentang tugas pengamat/supervisor (1)
1

e.    Adanya informasi tentang langkah-langkah pembelajaran (2)
2

f.   Langkah-langkah  pembelajaran diuraikan secara  jelas dan rinci (3)
3

3.  Pengamatan/Teknik pengumpulan data/instrumen


a.  Mencantumkan teknik pengumpulan data (misal observasi/pengamatan, wawancara, dokumen, mengukur kemampuan siswa, dll) dalam rangka menjaring data kinerja guru dan siswa (2)
2

b.  Instrument yang digunakan 


1)      Tepat (2)
2

2)      Ada namun tidak tepat (1)
1
4.  Refleksi


Mendeskripsikan proses refleksi untuk menemukan kekuatan dan kelemahan suatu tindakan perbaikan pembelajaran, tanpa disertai penyajian data (4)
4

C.  Teknik Analisis Data
2

Menjelaskan teknik yang digunakan dalam menganalisis data (misal  kualitatif, kuantitatif)


1.    Tepat (2)
2

2.    Tidak tepat (1)
1
IV.      HASIL DAN PEMBAHASAN
24
A.  Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
14

1.    Mendeskripsikan data hasil penelitian yang diolah  per siklus  sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian (4)
4

2.    Ada data tentang rencana, pelaksanaan, pengamatan (4)
4

3.    Ada paparan tentang hasil  refleksi  yang mencakup  keberhasilan,  kegagalan, faktor-faktor yang menyebabkannya, dan alasan tindakan  perbaikan (6)
6

B.   Pembahasan dari setiap siklus
10

1.    Setiap temuan per siklus  dianalisis  sesuai dengan teori yang diacu (Bab Kajian Pustaka) (10)
10

2.    Sebagian  temuan dianalisis secara rinci (5)
5
V.         SIMPULAN DAN TINDAK LANJUT
8
A.  Simpulan
5

1.    Simpulan sesuai dengan tujuan penelitian dan temuan (3)
3

2.    Simpulan disajikan dengan jelas (2)
2

B.   Saran Tindak Lanjut
3

1.    Saran tindak lanjut sesuai dengan simpulan (1)
1

2.    Saran tindak lanjut  yang diajukan jelas dan logis (1)
1

3.    Saran tindak lanjut yang diajukan dapat dilaksanakan (operasional) (1)
1

VI.      BAHASA
2
1.    Paragraf merupakan satu keutuhan (1)
1


2.    Penulisan sesuai dengan EYD (1)
1

VII.   DAFTAR PUSTAKA
2
1.    Sistematis dan lengkap  (2)
2


2.    Sistematis tetapi tidak lengkap (1)
1
3.    Lengkap tetapi tidak sistematis (1)
1
VIII.LAMPIRAN
5
1.    Kelengkapan Lampiran (2)
2


2.    Kesesuaian isi laporan dengan Jurnal Pembimbingan  (3)
3

Skor  Total



                                                                                              Pemeriksa (       )





                                                                                                                                                                                                                                                                                                  (……………………………………)
                                                                           HP.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment