Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sindang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / 1 ( Ganjil )
Topik : Aljabar
Sub Topik : Operasi Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran
A. Standar Kompetensi : 1. Memahami bentuk aljabar, relasi fungsi dan persamaan garis lurus, dan Penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar : 1.3 Melakukan Operasi Aljabar dan menggunakan konsep Aljabardalam pemecahan masalah
C. Indikator :- 1.1.1. Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
1.1.2. Menyelesaikan operasi perkalian, pembagian dan perpangkatan pada bentuk aljabar
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Mengartikan koefisien, variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga, dalam variable yang sama atau berbeda
2. Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali dan pangkat dari suku satu, suku dua.
3. Menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis
E. Materi
- Mengingat kembali pengertian bentuk aljabar, suku, suku sejenis, suku tidak sejenis, variable, koeffisien, konstanta, suku tunggal (monomial), suku dua (binomial), suku tiga (trinomial) dan suku banyak (polynomial).
- Pada bentuk aljabar, suku-suku sejenis memiliki variable-variabel yang sama dengan pangkat (eksponen) dari masing-masing variable juga sama.
- Menyederhanakan bentuk aljabar dengan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang dapat dilakukan hanya apabila suku-sukunya sejenis.
F. Pendekatan / Strategi / Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi
3. Modul : Discovery dan Kooperatif
G. Media / Alatdan Sumber Pembelajaran
1. Media / alat
- Laptop, Infokus
2. Sumber Pembelajaran
a. Buku Matematika SMP kelasVIII
b. LKS
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah- langkah model discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Lokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakansituasi (stimulasi)
|
Pemusatan Perhatian :
· Guru meminta siswa untuk mengamatibentuk-bentuk aljabar
· Guru menyampaikan tujuanpembelajaran yang akan dibahas danhubungannya dengan kehidupansehari- hari.
| |
KegiatanInti
|
Pembahasan tugasdan identifikasimasalah
Observasi
Pengumpulan data
Pengolahan data dananalisis
Verifikasi
Generalisasi
|
· Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi kelompok tentang Operasi Bentuk Aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan
· Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
· Siswa melakukan diskusi kelompokuntuk mengamati beberapa bentuk aljabar dan menyelidiki mana suku-suku sejenis dan yang tidak sejenis
· Siswa melakukan pengamatan pada beberapa bentuk aljabar danberdiskusi menentukan koefisien, variable, suku sejenis dan bukan suku sejenis serta banyaknya suku,
· Siswa berdiskusi menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan suku-suku aljabar dalam bentuk aljabar
· Siswa mempresentasikan hasil diskusikerja kelompok
· Membahas hasil diskusi secarabersama-sama.
| |
Penutup
|
· Siswa dan guru mereview hasilkegiatan pembelajaran
· Guru memberikan penghargaankepada kelompok yang kinerjanyabaik
· Siswa menjawab kuis tentang operasi aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan (menyederhanakan bentuk aljabar)
· Membuat kesimpulan bersama – sama.
· Guru memberi tugas / soal untukdikerjakan dirumah
|
I. Penilaian
1. Metode dan bentuk instrument
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
TesTertulis
|
TesUraian
|
2. Contoh Instrumen
a. LembarPengamatanSikap
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
Rasa
ingin
tahu
|
Ketekunan dantanggungjawab dalambelajar dan bekerjabaik secara individumaupun kelompok
|
Keterampilanberkomunikasipada saatbelajar
| |||
1.
| |||||
2.
| |||||
3.
| |||||
4.
| |||||
5.
| |||||
6.
|
B. Rubrik penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukan rasa ingintahu
|
1. menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok.
2. menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlaluantusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatankelompok ketika disuruh
3. tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulitterlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupunsudah didorong untuk terlibat.
|
2.
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar danbekerja baik secaraindividu maupunberkelompok.
|
1. tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasilterbaik yang dilakukan, berupaya tepat waktuberupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya.
2. Tidak berupaya sungguh – sungguh dalammenyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
|
3.
|
Berkomuniksi
|
1. aktif dalam tanyajawab, dapat mengemukakangagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakangagasan atau ide, menghargai pendapatsiswa lain.
3. Aktif dalam tanyajawab, tidak ikut mengemukakangagasan atau ide,kurang menghargai pendapatsiswa lain.
|
J. Instrumen soal pengetahuan
Soal uraian
1. Tentukan variable, koefisien, konstanta dan banyaknya suku pada bentuk-bentuk aljabar berikut
Bentuk Aljabar
|
koefisien
|
variabel
|
konstanta
|
Banyaknya suku
|
a. 5a
| ||||
b. 2a+ 6
| ||||
c. 7xy- y -8
| ||||
d. 5x-3y+1
| ||||
e. 12c
|
2. Selidiki manakah suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar berikut :
a. 4y + 2x - -5y
b. 9 + 3xy – 6 + 5xy +
c. 7 – xy + 3 + 3xy - 2
d. 3 - + ab - - + 4 + 2
|
LKS
(LEMBAR KERJA SISWA)
Operasi Bentuk Aljabar
I. Tujuan
1. Untuk mengetahui variable, koefisien, konstanta, suku sejenis dan tidak sejenis serta banyaknya suku pada bentuk aljabar.
2. Dapat menyederhanakan bentuk aljabar dengan cara menghitung hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar.
II. 1. Pada bentuk aljabar, suku-suku sejenis memiliki variable-variabel yang sama dengan pangkat (eksponen) dari masing-masing variable juga sama.
2. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang dapat dilakukan apabila suku-sukunya sejenis.
III. Diskusi Kelompok
a. 5a -3a +1
b. 2+ 5x - + x + 5
c. 3y + 2x -5y –x +1 + 6
d. 9 +8xy – 3 +5 + 10 xy
2. Sederhanakan bentuk aljabar berikut dengan cara menjumlahkan atau mengurangkan suku sejenis :
a. 6a -9a
b. 8x – 2x + x
c. 5 -4x -2 + 7x + 5
d. 15 + 3 – 5 - 5
Jawab :
1.………………………………………………………………………………..
a. .............................................................................................................................
b. .............................................................................................................................
c. .............................................................................................................................
d. .............................................................................................................................
2………………………………………………………………………………..
a. .............................................................................................................................
b. .............................................................................................................................
c. .............................................................................................................................
d. .............................................................................................................................
|
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment