Contoh RPP Matematika Kelas VIII, Semester Ganjil

Bookmark and Share
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP)
Nama Sekolah                  SMP Negeri 2 Sindang
Mata Pelajaran                 Matematika
Kelas / Semester              VIII / 1 ( Ganjil )
Topik                                Aljabar
Sub Topik                        Operasi Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu                 2 Jam Pelajaran

A.           Standar Kompetensi        1.        Memahami bentuk aljabar, relasi fungsi dan persamaan garis lurus, dan Penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B.            Kompetensi Dasar           1.3     Melakukan Operasi Aljabar dan menggunakan konsep Aljabardalam pemecahan masalah
C.            Indikator              :-      1.1.1.   Menyelesaikan  operasi  tambah, kurang pada bentuk aljabar
                                                    1.1.2.   Menyelesaikan operasi perkalian, pembagian dan perpangkatan pada bentuk aljabar

D.           Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.   Mengartikan  koefisien,  variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga, dalam variable yang sama atau berbeda
2.      Menyelesaikan operasi tambah,  kurang, kali  dan  pangkat dari suku satu, suku dua.
3.      Menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis

E.            Materi
-                 Mengingat kembali pengertian bentuk aljabar, suku, suku sejenis, suku tidak sejenis, variable, koeffisien, konstanta, suku tunggal (monomial), suku dua (binomial), suku tiga (trinomial) dan suku banyak (polynomial).
-                 Pada bentuk aljabar, suku-suku sejenis memiliki variable-variabel yang sama dengan pangkat (eksponen) dari masing-masing variable juga sama.
-                 Menyederhanakan bentuk aljabar dengan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang dapat dilakukan hanya apabila suku-sukunya sejenis.







 


 
  


F.             Pendekatan / Strategi / Metode Pembelajaran
1.             Pendekatan          Scientific
2.             Metode                 : Diskusi
3.             Modul                  Discovery dan Kooperatif
G.           Media / Alatdan Sumber Pembelajaran
1.             Media / alat
-                Laptop, Infokus
2.             Sumber Pembelajaran
a.             Buku Matematika SMP kelasVIII
b.             LKS

H.           Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah- langkah model discovery
Deskripsi Kegiatan
Lokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakansituasi (stimulasi)
Pemusatan Perhatian :
·      Guru meminta siswa untuk mengamatibentuk-bentuk aljabar
·      Guru menyampaikan tujuanpembelajaran yang akan dibahas danhubungannya dengan kehidupansehari- hari.

KegiatanInti
Pembahasan tugasdan identifikasimasalah



Observasi


Pengumpulan data
Pengolahan data dananalisis



Verifikasi


Generalisasi
·         Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi kelompok tentang Operasi Bentuk Aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan
·         Membagi siswa menjadi beberapa kelompok

·      Siswa melakukan diskusi kelompokuntuk mengamati beberapa bentuk aljabar dan menyelidiki mana suku-suku sejenis dan yang tidak sejenis
·      Siswa melakukan pengamatan pada beberapa bentuk aljabar danberdiskusi menentukan  koefisien, variable, suku sejenis dan bukan suku sejenis serta banyaknya suku,
·      Siswa berdiskusi menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan suku-suku aljabar dalam bentuk aljabar
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusikerja kelompok
·      Membahas hasil diskusi secarabersama-sama.

Penutup

·         Siswa dan guru mereview hasilkegiatan pembelajaran
·         Guru memberikan penghargaankepada kelompok yang kinerjanyabaik
·         Siswa menjawab kuis tentang operasi aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan (menyederhanakan bentuk aljabar)
·         Membuat kesimpulan bersama – sama.
·         Guru membertugas / soal untukdikerjakan dirumah


I.              Penilaian
1.             Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
TesTertulis
TesUraian

2.             Contoh Instrumen
a.             LembarPengamatanSikap
NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
Rasa
ingin
tahu
Ketekunan dantanggungjawab dalambelajar dan bekerjabaik secara individumaupun kelompok
Keterampilanberkomunikasipada saatbelajar
1.





2.





3.





4.





5.





6.






B.      Rubrik penilaian sikap
No.
Aspek
Rubrik
1.
Menunjukan rasa ingintahu
1.    menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok.
2.    menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlaluantusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatankelompok ketika disuruh
3.    tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulitterlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupunsudah didorong untuk terlibat.
2.
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar danbekerja baik secaraindividu maupunberkelompok.
1.    tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasilterbaik yang dilakukan, berupaya tepat waktuberupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya.
2.    Tidak berupaya sungguh – sungguh dalammenyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
3.
Berkomuniksi
1.    aktif dalam tanyajawab, dapat mengemukakangagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.    aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakangagasan atau ide, menghargai pendapatsiswa lain.
3.    Aktif dalam tanyajawab, tidak ikut mengemukakangagasan atau ide,kurang menghargai pendapatsiswa lain.


J.       Instrumen soal pengetahuan
Soal uraian
1.      Tentukan variable, koefisien, konstanta dan banyaknya suku pada bentuk-bentuk aljabar berikut
Bentuk Aljabar
koefisien
variabel
konstanta
Banyaknya suku
a.      5a




b.      2a+ 6




c.       7xy- y -8




d.      5x-3y+1




e.       12c




                                                                                            
2.      Selidiki manakah suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar berikut :
a.       4y + 2x - -5y
b.      9 + 3xy – 6  + 5xy + 
c.       7 – xy +  3 + 3xy - 2
d.        + ab -  + 4  + 2
                       

Nama               : ..........................................
Kelas               : ..........................................
No. Absen       : ..........................................
Nilai                : ..........................................           

 





LKS
(LEMBAR KERJA SISWA)
Operasi Bentuk Aljabar

I.              Tujuan
1.             Untuk mengetahui variable, koefisien, konstanta, suku sejenis dan tidak sejenis serta banyaknya suku pada bentuk aljabar.
2.             Dapat menyederhanakan bentuk aljabar dengan cara menghitung hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar.


II.                1. Pada bentuk aljabar, suku-suku sejenis memiliki variable-variabel yang sama dengan pangkat (eksponen) dari masing-masing variable juga sama.
2. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang dapat dilakukan apabila suku-sukunya sejenis.
III.             Diskusi Kelompok

 

 


 
1.             Amati bentuk-bentuk aljabar berikut dan tentukan yang mana suku-suku sejenis :\
a.       5a -3a +1
b.      2+ 5x -  + x + 5
c.       3y + 2x -5y –x +1 + 6
d.      9 +8xy – 3  +5 + 10 xy

2.      Sederhanakan bentuk aljabar berikut dengan cara menjumlahkan atau mengurangkan suku sejenis :
a.       6a -9a
b.      8x – 2x + x
c.        -4x -2 + 7x + 5
d.      15  + 3 – 5 - 5


Jawab :
1.………………………………………………………………………………..
a. .............................................................................................................................
b. .............................................................................................................................
c. .............................................................................................................................
d. .............................................................................................................................
2………………………………………………………………………………..
a. .............................................................................................................................
b. .............................................................................................................................
c. .............................................................................................................................
d. .............................................................................................................................




Kelompok       : ..........................................
Nama               : ..........................................
                        : ..........................................
                        : ..........................................
                        : ..........................................
                        : ..........................................
Nilai                : ..........................................           

 
  

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment