LAPORAN PRAKTIK
PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT
PEMBINAAN KETERAMPILAN
COMPUTER DI LINGKUNGAN
DESA KASIKAN
KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Praktik
Mata
Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
Kode
Mata Kuliah PDGK 4406/ 3 SKS
Oleh :
M. K A D A R
NIM. 820827933
KELOMPOK BELAJAR TAPUNG HULU
UNIT PELAKSANA BELAJAR JARAK JAUH
PEKANBARU
UNIVERSITAS TERBUKA
TAHUN 2013
KATA PENGANTAR
Tiada
kata yang pantas penulis ucapkan kecuali rasa syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayat – Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Kegiatan Praktik Pembinaan Bidang Kepemudaan
Mata Kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan ini tepat waktu.
Orang bijak mengatakan Tak ada Gading yang tak retak dan
tak ada ranting yang tak akan patah oleh sebab itu penulis
menyadari masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan dalam penulisan laporan Praktik PBK ini, karena keterbatasan yang dimiliki penulis, oleh karena itu
penulis mengharapkan pembaca berkenan memberikan kritikan dan saran yang
bersifat membangun demi perbaikan dan kesempurnaan laporan PBK ini.
Pada
kesempatan ini penulis banyak mengucapakan terima kasih kepada seluruh pihak
yang telah memberikan arahan dan
bimbingan serta motivasi sehingga penulis bisa menyelesaikan sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan. Adapun ucapan terima kasih penulis disampaikan
kepada :
- Eddy Noviana, M.Pd sebagai Tutor mata kuliah PBK yang telah membimbing dan memberi masukan pada mata kuliah PBK dan penulisan laporan ini.
- Bapak Suwarna, M. Pd selaku Ketua pengelola Pokjar Tapung Hulu, serta Segenap pengelola Pokjar Tapung Hulu UPBJJ Pekanbaru.
- Bapak H. Syafrianto, SE selaku Kepala Desa Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kamapar
- Saudara Antoni Febri Selaku Ketua Ikatan Pemuda Desa Kasikan (IPDK) Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar.
- Segenap Keluarga besar SDN 001 Kasikan atas pasilitas gedung pelatiahan
- Seluruh peserta pelatihan Computer yang telah berpartisipasi sehingga suksesnya pelaksanaan Praktik PBK ini.
- Seluruh keluargaku yang telah banyak motivasi dan saran sehingga Laporan ini selesai dengan baik.
- Seluruh rekan – rekan mahasiswa UT Pokjar Tapung Hulu terkhusus Mahasiswa Semester VII masa Ujian 2013.2 yang memberikan motivasi dan saran.
- Dan semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan praktik dan penulisan laporan Praktik PBK ini.
Semoga
Allah SWT, melimpahkan karunia - Nya kepada kita semua. Amin.
Tapung
Hulu, November
2013
Penulis
M. KADAR
NIM. 820827933
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. i
DAFTAR
ISI......................................................................................................... iii
DAFTAR LAMPIRAN ............................................................................................ iv
LEMBARAN PENGESAHAN ................................................................................. v
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ............................................................................................... 1
B. Tujuan Kegiatan ............................................................................................. 2
C. Hasil Kegiatan ................................................................................................ 3
BAB
II
PELAKSANAAN
PROGRAM
A. Tempat dan Waktu Pelaksanaan .................................................................... 5
B. Materi Pelatihan ............................................................................................ 6
C. Strategi dan Deskripsi Kegiatan ...................................................................... 10
BAB III
TEMUAN
DAN HASIL
A. Temuan Hasil Proses ..................................................................................... 14
B. Temuan Hasil Evaluasi Produk.......................................................................... 14
C. Pembahasan ................................................................................................. 15
D. Gambaran Keatifan Peserta ........................................................................... 15
BAB IV
KESIMPULAN,
SARAN DAN TINDAK LANJUT
A. Kesimpulan ................................................................................................. 17
B. Saran.............................................................................................................. 17
C. Tindak Lanjut ................................................................................................. 18
DAFTAR
LAMPIRAN
1.
Identifikasi kebutuhan kegiatan kepemudaan
2.
Photo Kegiatan Praktik
LEMBAR PENGESAHAN
PRAKTIK PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT
Jenis Program : Program Pembinaan Kepemudaan
Nama
Kegiatan :
Pelatihan Kemampauan Dasar Computer Microsoft Work dan Microsoft Exel Desa
Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar Riau.
Nama
Pelaksana/ NIM : M. Kadar/ 820827933
Waktu
Pelaksanaan : 21,
23, 25 Oktober s/d 4, 6, 8, 11 November 2013
Tempat
Pelaksanaan : Gedung
SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar.
Kepala
Desa Kasikan
Kecamatan
Tapung Hulu
H. Syafrianto, SE
|
Kasikan,
14 November 2013
Diketahui
oleh
Ketua
Pemuda Desa Kasikan
Kecamatan
Tapung Hulu
Antoni Febri
|
Disetujui
oleh ;
Kepala
UPBJJ Pekanbaru
Universitas
Terbuka
Drs. H. Elfis Suanto, M. Si
NIP.
19661002 199103 1 003
|
Instruktur
Mata Kuliah
Eddy Noviana, M. Pd
NIP.
19821120 200912 1 004
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pesatnya perkembangan
zaman akhir-akhir ini ditandai dengan kemajuan disegala bidang baik ekonomi,
politik, sosial dan budaya hal ini
disebabkan oleh majunya teknologi atau dengan kata lain teknologi canggih,
misalnya saja dibidang ekonomi dapat kita lihat dari pada zaman dahulu para usahawan diharuskan untuk menata
barang dagangannya pada toko – toko maupun swalayan dan ditambahlagi dengan
biaya pembangunan Mall di setiap daerah
untuk memberi kemudahan bagi para pembeli tetapi untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, tetap lain halnya pada zaman sekarang ini
para usahawan cukup mencantumkan nama barang daganganya pada situs-situs internet
kemudia para pembeli dapat mengakses dari segala daerah tanpa berkunjung ke
toko tersebut hal ini tentu memberi kemudahan kepada semua lapisan masyarakat
selain hemat biaya ini juga menghemat energi, di bidang lain misalnya kita dapat mengetahui
tempat-tempat pariwisata, kita tinggal
mengakses disitus tentang pariwisata kita langsung bisa mengetahui alamatnya
secara lengkap serta pasilitas yang disediakan bahkan kita langsung bisa
mengetahui menu makanan dan minuman yang
menjadi .ciri khas daerah tersebut serta berapa
tarif atau biaya yang harus kita keluarkan untuk menikmati pasilitas
yang mereka sediakan tampa harus bertanya-tanya kepada teman atau sanak family,
oleh sebab itu sudah selayaknya kita mengikuti perkembangan zaman tersebut
karena itu semua akan memberi kemudahan bagi kita dalam beraktivitas dalam kehidupan
sehari-hari.
Begitu juga dengan
tenaga-tenaga kerja pada sebuah kantor misalnya tidak terlepas dari
barang-barang elektronik sebagai penunjang pekerjaan yang setiap hari mereka
lakukan.
Salah satu sarana untuk menunjang semua kemajuan
teknologi tersebut tidak terlepas dari sebuah alat yang dinamakan computer oleh
sebab itu kemampuan menggunakan komputer sangat diperlukan dalam pekerjaan
kehidupan sehari-hari.
Di kalangan pemuda sendiri khususnya, kebutuhan
akan kemampuan menggunakan komputer sangat terasa untuk menambah pengetahuan.
Kemampuan tersebut tidak hanya mengenal komputer
secara global, melainkan juga dituntut mampu mengoperasikan computer.
Keterbatasan kemampuan biaya untuk mengimbangi kemauan
yang ada untuk belajar komputer (kursus) yang berbayar juga menjadi kendala
tersendiri.
Berdasar hal ini dipandang perlu suatu pelatihan
komputer yang diharapkan dapat berguna bagi pemuda, sehingga dapat terbentuk
pemuda yang berkualitas yang dapat mengaplikasikan komputer sebagai salah satu
bekal mencari pekerjaan yang berhubungan dengan perangkat komputer.
B.
Tujuan Kegiatan
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis merumuskan
tujuan dilaksananya kegiatan Pembinaan
Kepemudaan dalam bentuk pelatihan computer pada wilayah Desa Kasikan Kecamatan
Tapung Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau adalah:
- Bagi Mahasiswa
Adapun tujuan kegiatan
pelatihan komputer ini adalah :
a.
Memenuhi
tugas praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Kode Mata
Kuliah PDGK 4406
b.
Menambah
kreatifitas agar lebih aktif di mana
mahasiswa bertempat tinggal.
c.
Mengabdikan
diri pada masyakarat
d.
Lebih
terjalinnya hubungan silaturahmi dengan para pemuda yang ada pada Desa Kasikan
Kecamatan Tapung Hulu
e.
Berbagi
ilmu yang dimiliki dan mengingat kembali apa-apa yang telah pernah mahasiswa
ketahui.
- Bagi Peserta Pelatihan
a.
Memberikan bekal kepada pemuda untuk memasuki dunia kerja dengan
keterampilan praktis yang dimilikinya.
b.
Dapat terbentuk pemuda yang berkualitas yang dapat mengaplikasikan
komputer sebagai salah satu bekal mencari pekerjaan yang berhubungan dengan
perangkat computer
c.
Mengurangi jumlah pemuda yang gagap teknologi menjadi pemuda yang
melek teknologi terutama dibidang komputer.
- Bagi Desa
a.
Terbentuknya pemuda yang memilki
skill dibidang teknologi terutama komputer
b.
Adanya salah satu kegiatan pemuda dibidang teknologi
c.
Terbentknya pemuda yang berkualitas dan memilki daya saing
disbanding dengan desa-desa lainya.
d.
Terisinya kegiatan pemuda-pemuda yang ada di Desa Kasikan.
C.
Hasil Kegiatan
Adapun hasil yang
diharapkan Setelah kegiatan pelatihan komputer ini dilaksanakan mendapatkan hasil sebagai berikut :
- Bagi Mahasiswa
a.
Terpenuhinya
tugas praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan Kode Mata
Kuliah PDGK 4406
b.
Mahasiswa
lebih aktif di masyarakat dimana mahasiswa berada
c.
Terjalinnya
hubungan silaturahmi dengan para pemuda yang ada pada Desa Kasikan Kecamatan
Tapung Hulu
- Bagi Peserta Pelatihan
a.
Terbentuknya para Pemudayang memiliki keterampilan praktis.
b.
Terbetuknya pemuda yang
berkualitas yang dapat mengoperasikan komputer sebagai salah satu bekal mencari
pekerjaan yang berhubungan dengan perangkat computer.
c.
Terbentunya pemuda yang melek teknologi di bidang komputer.
- Bagi Desa
a.
Memiliki pemuda yang mempunyai life skill.
b.
Memilki pemuda yang mempunyai daya saing.
c.
Memilki pemuda yang melek tenologi.
BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Berdasar musyawarah bersama dengan warga belajar
(peserta pelatihan) yang dibina, maka didapati kesepakatan sebagai tempat
pelaksanaan pelatihan bertempat di gedung SDN 001 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu
Kabupaten Kampar, pada pukul 14.00 s/d 16.00 WIB, dengan pertimbangan sekolah
tersebut berada di tepi jalan, memliki jaringan listrik yang memadai, telah
tersedianya meja, kursi, papan tulis dan
warga belajar rata-rata berdomisili di sekitar lingkungan sekolah tersebut.
Kegitan dilaksanakan delapan kali pertemuan dengan jadwal sebagai berikut :
No
|
Hari / Tanggal
|
Pukul
|
Ket
|
1.
|
Jumat, 18 Oktober 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Pengenalan Prangkat
|
2.
|
Senin, 21 Oktober 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Materi Microsoft Word
|
3.
|
Rabu, 23 Oktober 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Materi Microsoft Word
|
4.
|
Jumat, 25 Oktober 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Materi Microsoft Word
|
5.
|
Senin, 4 November 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Materi Microsoft Excel
|
6.
|
Rabu, 6 November 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Materi Microsoft Excel
|
7.
|
Jumat, 8 November 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Materi Microsoft Excel
|
8.
|
Senin, 11 November 2013
|
14.00 s/d 16.00
|
Evaluasi
|
B. Materi Pelatihan
Adapun materi pelatihan ini meliputi pengenalan
perangkat keras dan lunak computer serta pengoperasian program Microsoft Office
Word dan Microsoft Office Excel dengan penjabaran materi sebagai berikut :
Pertemuan ke 1
Ø Pengenalan perangkat
keras :
- Monitor
- Harddist
- Keyboard
- Mouse
- Printer
- Dll
Ø Pengenalan prangkat
lunak :
- Memori
- Mainboard
- Program
- dll
Pertemuan ke 2.
Ø Memulai Program
Microsoft Word
- Cara memulai aplikasi Microsoft Word
- Judul Windows
- Office Button
- Customize Quick Access Toolbar
- Menu
- Toolbar
- Kursor
- Penggulung teks
- Memasukkan teks
- Memperbaiki teks
- Menggunakan mouse
- Menggunakan Keyboard
- Menyimpan dokumen
- Menutup dokumen
- Membuka dokumen
- Keluar dari work
Pertemuan ke 3
Ø Membuat Naskah
- Memulai pembuatan naskah
- Mengatur setting halaman (margin dan ukuran kertas)
- Tata cara penulisan
- Peraturan perataan teks
- Mempormat karakter huruf pada naskah
- Membuat blog pada teks
- Mengopi kata/ kalimat
- Memindahkan kata/ kalimat
- Membatalkan perintah
- Change case
- Find, Reflace, and go to
Pertemuan ke 4
Ø Membuat Tabel
- Membuat tebel work
- Fasilitas pengolahan tabel
Pertemuan ke 5
Ø Pengenalan Sheet pada
program Microsoft Excel
- Langkah-langkah dalam memulai Microsoft excel
- Mengimputkan data dalam sel
- Memformat kolom dan baris
- Sheet (lembar kerja)
- File
Pertemuan ke 6
Ø Memformat cells
- Mengcopy dan memindahkan isi sel
- Membuat nomor dan bulan berurut
- Menggabungkan sel
- Mengenengahkan teks
- Mengatur tata letak teks
- Membuat garis tabel
- Membuat symbol mata uang
- Membuat nama satuan pada penuisan angka
Pertemuan
ke 7
Ø Fungsi Perhitungan
- Operator matematika
- Fungsi sum
- Fungsi Product
- Fungsi Max
- Fungsi Min
- Fungsi Caout
- Fungsi Raund
- Fungsi Sqrt
- Fungsi Power
- Fungsi Sumsq
- Fungsi Everage
Pertemuan ke 8
Ø Evaluasi
- Menyebutkan nama-nama prangkat keras komputer
- Mengoperasikan program Microsoft word
- Mengoperasikan program Microsoft Excel
C. Strategi dan Deskripsi Kegiatan
Dalam melaksanakan kegiatan
petihan kemampuan dasar komputer ini, para peserta tidak sekaligus dapat menguasai
materi, tetapi memakai tekhnik – tekhnik tertentu agar materi yang disampaikan
dapat dikuasai oleh peserta palatihan dengan baik.
Dalam strategi kegiatan
pelatiahan komputer ini terdapat beberapa jenis kegiatan, yaitu :
- Tahap Persiapan
Dalam tahap persiapan selain memberikan materi tutor atau
pembimbing juga harus menyiapkan beberapa contoh perangkat keras, modul panduan
Microsoft Word dan modul panduan Microsoft Excel
- Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Dalam tahap kegiatan tutor pembimbing membagi kegiatan menjadi beberapa
pertemuan,
- Tahap Tanya Jawab
Dalam tahap tanya jawab
peserta pelatihan dapat menanyakan materi yang belum dikuasai atau yang belum
dipahami secara baik dalam setiap pertemuan.
- Tahap Evaluasi
Setelah
semua materi disampaikan dan para peserta pelatihan menguasai materi dengan
baik maka pembimbing melaksanakan tahap evaluasi untuk mengetahui sejauh mana
peserta pelatihan mengusai materi yang telah disampaikan.
Hasil dari pertemuan-pertemuan yang
diadakan pada kegiatan pelatihan dasar
komputer ini adalah sebagai berikut :
1.
Kegiatan I
Pada
pertemuan pertama peserta pelatihan dikumpulkan diberikan pengarahan oleh tutor
tentang tujuan dari kegiatan ini. Tutor memberikan contoh dari hasil ketikan word
dan excel dan membawakan beberapa perangkat keras komputer seperti Printer,
Mouse, Memori, Keyboard serta memberikan contoh bagaimana cara penggunaan alat
tersebut kepada warga belajar.
2.
Kegiatan II
Untuk
pertemuan kedua warga belajar mulai menggunakan komputer dan tutor memberikan
penjelasan tentang program Microsoft word, cara memulai aplikasi, pengenalan
judul windows, Office button, Custumize Quick Access Tollbar, Menu, Toolbar,
kursor, penggulung kertas serta memasukkan teks, memperbaiki teks, menggunakan
mouse, menggunakan keyboard, menyimpan dokumen, menutup dokumen, membuka
dokumen, keluar dari word, Serta pembimbing memberikan contoh cara
menggunakannya.
3.
Kegiatan III
Pada
pertemuan ketiga peserta pelatihan diberikan materi membuat naskah, mengatur
setting halaman(margin dan ukuran kertas), tata cara penulisan naskah,
paraturan perataan teks, mempormat karakter huruf pada teks, mengcopy kata atau
kalimat, memindahkan kata atau kalimat, membatalkan perintah, Change case,
Find, Reflace, and go to, setelah
menyampaikan materi pembimbing menyarankan kepada para peserta untuk langsung
mempraktekkan materi yang telah disampaikan dan pelatih / pembimbing melihat
hasil ketikan peserta pelatihan apakah hasil ketikan sudah benar atau masih
perlu bimbingan ulang.
4.
Kegiatan IV
Pertemuan ke empat sembari mengingat
materi yang sebelunnya tutor juga memberikan materi yang baru yakni membuat
tabel, fasilitas pengolahan tabel serta mempersilahkan kepada peserta pelatihan
untuk menanyakan materi yang belum dikuasai dari pertemuan kedua sampai
pertemuan keempat.
5.
Kegiatan V
Untuk pertemuan kelima tutor akan
memperkenalkan program yang lain yakni program Microsoft excel dengan materi
awal mengenalkan sheet pada program Microsoft excel, langkah-langkah dalam
memulai Microsoft excel, mengimputkan data dalam sel, membuat kolom dan baris,
sheet (lembar kerja) serta file. Kemudian pembimbing membimbing para peserta
pelatihan dalam mempraktekkan materi yang telah disampaikan.
6.
Kegiatan VI
Pada pertemuan keenam peserta
pelatihan akan diajak untuk mebuka file yang kemarin pada pertemuan kelima
telah dibuat kemudian pembimbing menyampaikan materi yang baru yakni memformat
sel, mengcopy dan memindahkan sel, membuat nomor dan bulan berurut,
menggabungkan sel, mengatur tata letak teks, membuat garis tabel, membuat
symbol mata uang, membuat satuan pada penulisan angka.
7.
Kegiatan VII
Pada pertemuan ketujuh peserta
pelatihan diminta untuk membuat sebuah file dalam bentuk excel kemudian setelah file selesai pembimbing
menyampaikan materi fungsi penghitungan yakni materi operator matematika,
fungsi sum, Fungsi
Product, Fungsi Max, Fungsi Min, Fungsi Caout, Fungsi Raund, Fungsi Sqrt, Fungsi
Power, Fungsi Sumsq, Fungsi Everage kemudian setelah materi disampaikan satu
persatu peserta pelatihan langsung mempraktekkan materi yang disampaikan dengan
bimbingan pembimbing, setalah itu dilakukan kegiatan mengingat materi dari
pertemuan V sampai dengan pertemuan VII sebab pada pertemuan ke VIII akan
diadakan evaluasi materi dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke tujuh.
8.
Kegiatan VIII
Pertemuan kedelapan atau pertemuan terakhir pembimbing
memberikan evaluasi kepada peserta pelatihan dari pertemuan pertama sampai
terakhir kemudian setelah kegiatan evaluasi selesai hasil evaluasi akan
langsung di print guna untuk melihat hasil dari evaluasi tersebut, kemudia
pembimbing meminta kepada para peserta pelatihan untuk memberikan usulan usulan atau masukan
kepada pembimbing guna untuk perbaikan
pada masa yang akan datang.
BAB III
TEMUAN DAN HASIL
A. Temuan
Hasil Proses
Selama dalam proses kegiatan pelaksanaan
pelatihan yang dijalankan ditemukan beberapa temuan yang berhubungan dengan
warga binaan atau peserta pelatihan, antara lain:
- Latar pendidikan yang tidak sama, sehingga untuk memahami istilah-istilah komputer sangat heterogen.
- Ada warga binaan yang sudah pernah mendapatkan pelajaran komputer.
- Warga binaan belum seluruhnya memiliki perangkat komputer.
- Minat dan kemauan warga binaan sangat besar untuk bisa mengoperasikan komputer.
- Warga binaan merasa sangat mendapatkan manfaat dengan adanya pelatihan ini.
- Warga binaan memiliki aktifitas atau rutinitas yang berbeda-beda sehingga agak sulit mengatur jadwal kegiatan pelatihan
- Mahasiswa harus mengediakan tempat atau meminta izin kepada sekolah segai sarana tempat pelatihan komputer sebab pelatihan komputer memerlukan sarana listrik yang memadai.
B.
Temuan Hasil Evaluasi Produk
Dari kegiatan yang dijalankan warga binaan atau
peserta pelatihan secara umum sudah menunjukkan hasil yang baik, meskipun
sebagian pelatihan merasa pelatihan hal baru tetapi karena warga binaan
memiliki motivasi dan rasa keingin tahuan yang tingi untuk belajar komputer
apalagi bagi warga binaan yang berlatar
belakang pendidikan SLTA, bahkan ada keiinginan warga binaan bukan hanya
pelatihan program word dan excel saja tetapi juga bentuk program yang lain.
C. Pembahasan
Untuk mengatasi temuan yang ada, kami melakukan
berbagai cara yang dapat dijadikan bahan pemecahan masalah yang timbul dari
kegiatan pelatihan yang kami selengarakan, diantaranya:
- Lebih mengutamakan kegiatan praktik daripada teori.
- Mahasiswa menyediakan perangkat laptop berbanding 1 : 1
- Pelatihan berkesinambungan, tidak hanya pada saat sekarang saja tetapi tetap membuka kesempatan kepada warga binaan untuk tetap berlatih.
- Menyarankan dan mengarahkan pada warga binaan untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut pada tempat-tempat kursus sehingga warga binaan memiliki sertifikat keahlian.
D. Gambaran
Keaktifan Peserta
Dari kegiatan yang telah dijadwalkan dapat
dilihat warga binaan dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sangat aktif
bahkan sampai pemuda yang tidak masuk dalam kelompok warga binaan memberikan
respon yang sangat baik.
No
|
Nama
|
Jadwal Pertemuan
|
Ket
|
|||
Jumat,
18/10/2013
|
Senin, 21/10/ 2013
|
Rabu, 23/10/ 2013
|
Jumat, 25/10/ 2013
|
|||
1.
|
Iwan Romdoni
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
2.
|
Muslim
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.
|
Rais
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
4.
|
Herman Hidayad
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
5.
|
Jefry Naldi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.
|
Teddy Mirza
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
7.
|
Ahmad Mubarok
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
No
|
Nama
|
Jadwal Pertemuan
|
Ket
|
|||
Senin,
04/11/2013
|
Rabu, 06/11/ 2013
|
Jumat, 08/11/ 2013
|
Senin, 11/11/ 2013
|
|||
1.
|
Iwan Romdoni
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
2.
|
Muslim
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.
|
Rais
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
4.
|
Herman Hidayad
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
5.
|
Jefry Naldi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.
|
Teddy Mirza
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
7.
|
Ahmad Mubarok
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
BAB IV
PENUTUP
A. Simpulan
Dari kegiatan yang telah kami laksanakan, dapat
kami simpulkan beberapa hal yang baik untuk mahasiswa sebagai pembina maupun
warga belajar sebagai sasaran binaan yaitu:
- Mahasiswa dapat belajar, bersosialisasi dan berpartisipasi dengan masyarakat secara langsung.
- Warga binaan dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan secara baik.
- Kegiatan ini dapat menjadi motivasi generasi muda sekitar untuk mengikuti kegiatan ini.
- Warga binaan memiliki keterampilan praktis ini yang dapat menjadi bekal memasuki dunia kerja.
- Warga binaan atau peserta pelatihan memiliki keterampilan life skill yang dapat dijadikan modal untuk mengikuti persaingan pada era dimana keterampilan dibidang komputer sangat dibutuhkan.
- Warga binaan atau peserta pelatihan tidak asing lagi dengan istilah-istilah komputer yang mana selama ini mereka beranggapan bahwa komputer itu adalah suatu barang yang aneh bagi mereka dan tidak mungkin mereka dapat mengoperasikannya.
B. Saran
Agar kemampuan warga binaan dapat selalu
berkembang kemampuan dan dapat memasuki dunia kerja, warga belajar perlu
mengikuti kegiatan lanjut pelatihan atau kursus melalui tempat-tempat kursus
komputer guna untuk menambah pengetahuan yang sudah ada demi kemajuan pada masa
yang akan datang.
C. Tindak
Lanjut
Untuk menindaklanjuti kegiatan ini terutama bagi
warga binaan yang tidak memiliki kemampuan finasial, kami melakukan pembinaan
lebih lanjut dengan pelatihan sekali dalam seminggu dan bagi warga bidaan yang
telah memilki kemampuan mengoperasikan komputer kamin harapkan dapat berbagi
ilmu kepada pemuda yang lain sehinga terbentuklah pemuda atau generasi muda
yang melek teknologi dan berdaya saing tinggi serta mampu mengikuti
perkembangan zaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi.
DAFTAR
PESERTA PRAKTIK PROGRAM KEPEMUDAAN
KETERAMPILAN
DASAR COMPUTER
Nama :
M. KADAR
NIM :
820827933
Pokjar : Tapung Hulu
UPBJJ : Pekanbaru
NO
|
Nama Pemuda
|
Identitas
|
Minat Kegiatan Kepemudaan
|
Cita - cita
|
||
Jenis kelamin
|
Usia
|
Pendidikan
|
||||
1.
|
Iwan Romdoni
|
L
|
32
|
SLTA
|
Sangat Antusias
|
-
|
2.
|
Muslim
|
L
|
26
|
SLTA
|
Sangat Antusias
|
-
|
3.
|
Rais
|
L
|
25
|
SLTA
|
Antusias
|
-
|
4.
|
Herman Hidayad
|
L
|
35
|
SPG
|
Antusias
|
-
|
5.
|
Jefry Naldi
|
L
|
35
|
SLTA
|
Antusias
|
-
|
6.
|
Teddy Mirza
|
L
|
30
|
SLTP
|
Antusias
|
-
|
7.
|
Ahmad Mubarok
|
L
|
25
|
SLTP
|
Antusias
|
-
|
Kepala
Desa Kasikan
Kecamatan
Tapung Hulu
H. Syafrianto, SE
|
Ketua
Pemuda Desa Kasikan
Kecamatan
Tapung Hulu
Antoni Febri
|
Instruktur
Mata Kuliah
Eddy Noviana, M. Pd
NIP.
19821120 200912 1 004
|
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment