Laporan PKM Universitas Terbuka

Bookmark and Share

KATA PENGANTAR


Tiada kata yang pantas penulis ucapkan kecuali rasa syukur kehadirat Allah SWT,  Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayat – Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar  ini  tepat waktu.  
Orang bijak mengatakan Tak ada Gading yang tak retak dan tak ada ranting yang tak akan patah oleh sebab itu penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan dalam penulisan laporan Praktik PKM ini, karena keterbatasan yang dimiliki penulis, oleh karena itu penulis mengharapkan pembaca berkenan memberikan kritikan dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan dan kesempurnaan laporan PKM ini.
Pada kesempatan ini penulis banyak mengucapakan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan arahan  dan bimbingan serta motivasi sehingga penulis bisa menyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ucapan terima kasih disampaikan kepada :
  1. Ibu Farmawati, M.Pd sebagai Tutor mata kuliah PKM yang telah membimbing dan memberi masukan pada mata kuliah PKM dan  penulisan laporan ini.
  2. Bapak Suwarna, M. Pd selaku Supervisor 1 sekaligus penguji 2 dalam mata kuliah PKM
  3. Bapak Hamdan Hoiri, A.Ma.Pd selaku penguji 1 sekaligus Supervisor 2  dalam mata kuliah PKM
  4. Ibu Sonti Manalu, S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah SDN 015 Sumber Sari yang telah memberika waktu dan tempat pelaksanaan ujian praktik PKM kepada kami
  5. Seluruh Majelis Guru, Tata Usaha, Karyawan  SDN 015 Sumber Sari  yang telah berpartisipasi sehingga suksesnya pelaksanaan Ujian Praktik PKM
  6. Segenap pengelola Pokjar Tapung Hulu UPBJJ Pekanbaru    
  7. Seluruh keluargaku yang telah banyak motivasi dan saran sehingga Laporan ini selesai dengan baik.
  8. Seluruh rekan – rekan mahasiswa UT Pokjar  Tapung Hulu terkhusus Mahasiswa Semester IV masa Ujian 2012.1  yang memberikan motivasi dan saran.
  9. Dan semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu menyukseskan penulisan laporan Praktik PKM ini.  

Semoga Allah SWT, melimpahkan karunia - Nya kepada kita semua. Amin.

           Tapung Hulu,     Juni  2012
                                                                                                     Penulis


M. KADAR
                                                                                             NIM. 820827933




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
DAFTAR LAMPIRAN ................................................................................ iv
LEMBAR IDENTITAS ............................................................................... v

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ........................................................................................... 1
B. Tujuan Mengikuti PKM............................................................................... 2
C. Manfaat Mengikuti PKM............................................................................ 3

BAB II 
TEMUAN – TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN PKM
A. Kelemahan Dalam Pembelajaran ................................................................ 4
B. Penyebab Kelemahan Dalam Pembelajaran ................................................ 7
C. Kelebihan Dalam Pembelajaran .................................................................. 10
D. Penyebab Kelebihan Dalam Pembelajaran ................................................. 12
E. Hal – Hal Unik Yang Ditemukan Dalam Pembelajaran  ............................. 15
F. Rencana Perbaikan Pembelajaran ................................................................ 15

BAB III
KESIMPULAN
A. Rangkuman Kelemahan  ............................................................................. 17
B. Rangkuman Penyebab Kelemahan.............................................................. 18
C. Rangkuman Kelebihan  ............................................................................... 19
D. Rangkuman Penyebab Kelebihan   ............................................................. 20
E. Rangkuman Perbaikan Pembelajaran........................................................... 21

DAFTAR LAMPIRAN


1.      Rekomendasi Ujian Pemantapan Kemampuan Mengajar
2.      Surat kesediaan menjadi teman sejawat / Supervisor
3.      Surat Rekomendasi Kepala Sekolah





LEMBAR IDENTITAS


NAMA                                   : M. KADAR
NIM                                        : 820827933
Program Studi                         : S. 1 PGSD
Pokjar                                      : Tapung Hulu
UPBJJ                                     : Pekanbaru
Masa Ujian                              : 2012.1
Mata Kuliah                            : PDGK 4209 ( PKM )



Tapung Hulu,    Juni  2012
Mahasiswa



M. KADAR
NIM. 820827933




BAB I
PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang
Pendidikan di Sekolah Dasar didefenisikan sebagai proses pengembangan kemampuan yang paling mendasar bagi setiap siswa dimana setiap siswa belajar secara aktif karena adanya dorongan dari dalam diri dan adanya suasana yang memberikan kemudahan ( Kondusif ) bagi perkembangan dirinya secara optimal.
Keberhasilan suatu proses belajar sering ditandai dengan perobahan yang positif pada diri anak, bagi guru merupakan kebanggaan yang tak ternilai harganya. Masalah keberhasilan ini sebenarnya merupakan beban psikis yang sangat berat sekali bagi seorang guru sebagai perencana ( planer ) pembelajaran. Hal ini terkait banyaknya permasalahan – permasalahan yang dijumpai guru dalam proses pembelajaran membuat para pendidik selalu melakukan pembenahan baik dalam merencanakan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran itu sendiri.
Mengingat begitu banyaknya kelemahan – kelemahan baik dalam merencanakan pembelajaran maupun proses pembelajaran itu sendiri membuat penulis terus mengkaji dan mencari solusi dari kelemahan itu senndiri, oleh sebab itu melalui refleksi pembelajaran ini penulis  mencoba membenahi diri baik dalam perencanaan pembelajaran maupun proses pembelajaran itu sendiri guna untuk memajukan dunia pendidikan pada masa yang akan datang.    


B.        Tujuan Mengikuti PKM
            Adapun tujuan mengikuti kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar      ( PKM ) sangat banyak sekali diantaranya sebagai berikut :
1.      Sebagai salah satu  syarat menyelesaikan program semester 4 pada Universitas terbuka masa ujian 2012.1
2.      Meningkatkan kemampuan penulis baik dalam merencanakan pembelajaran maupun prose pembelajaran itu sendiri agar lebih baik  pada masa yang akan datang  
3.      Mengetahui kelemahan – kelemahan dan kelebihan – kelebihan dalam  menyusun RP dan melaksanakan Kegiatan Pembelajaran yang penulis miliki melalui tindakan Refleksi.
4.      Mengembangkan kemampuan menyusun RP dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang telah disusun dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi dengan tepat.
5.      Sebagai salah satu wadah untuk mendapatkan masukan dari para ahli – ahli pendidikan demi meningkatkan kemampuan menyusun RP dan  melaksanakan pembelajaran
6.       Memperbaiki sistim pembelajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajarn yang telah dilakukan sebelumnya




C.        Manfaat Mengikuti PKM
            Adapun manfaat mengikuti kegiatan  praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar sangat banyak sekali namun diantaranya adalah sebagai berikut :
1.        Meningkatkan kemampuan dalam menyusun RP dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas
2.        Mengetahui kelemahan – kelemahan dan kekuatan – kekuatan  yang di miliki serta bagaiman tindak lanjut atas kelemahan dan kelebihan tersebut.
3.        Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
4.        Mengembangkan kemampuan mengajar  dalam berbagai macam metode









BAB II
TEMUAN – TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
A.        Kelemahan Dalam Pembelajaran
            Didalam suatu proses pembelajaran baik dalam menyusun RP maupun didalam pelaksanaan pembelajaran di kelas sudah pasti terdapat suatu kelemahan, hal ini disebabkan karena tidak ada manusia yang sempurna dan  latar belakang atau karakter peserta didik yang berbeda – beda hal inilah yang membuat proses pembelajaran memiliki berbagai kelemahan - kelemahan, adapun kelemahan – kelemahan yang saya temui pada saat melaksanakan Praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar pada SDN 004 Talang Danto Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut :
-          Pertemuan Pertama
Kelemahan yang saya alami pada pertama kali saya melakukan praktik Pemantapan Kemampuan mengajar  mata pelajaran Matematika yakni pada tanggal 17 April 2012 di SDN 004 Talang Danto Kecamatan Tapung Hulu adalah saya masih agak sedikit canggung sebab saya masih pertama sekali bertemu dengan murid – murid SDN 004 Talang Danto dan ditambah lagi proses pembelajaran diamati langsung oleh Supervisor 2 sehingga membuat materi agak sulit disampaikan.
-          Pertemuan Kedua
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan kedua pada tanggal 19 April 2012 yakni siswa agak sedikit jenuh sebab metode pembelajaran yang saya terapkan masih sama dengan metode pembelajaran pada pertemuan pertama saya praktik yakni metode kerja kelompok.
-          Pertemuan Ketiga
Kelemahan yang saya alami peda pertemuan ketiga pada tanggal 23 April 2012  yang pada waktu itu adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah siswa kesulitan menerima materi yang saya  sampaikan sebab pada saat itu metode yang saya gunakan adalah metode ceramah. 
-          Pertemuan Keempat
Kelemahan yang saya temukan pada pertemuan keempat tepatnya pada tanggal 16 April 2012 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah saya kesulitan menerapkan pembagian waktu pada  kegiatan inti dan kegiatan penutup  pembelajaran karena siswa begitu antusias dengan materi yakni menanggapi cerita yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan sehingga saya tidak sempat melakukan penilaian di akhir pembelajaran.
-          Pertemuan Kelima
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan kelima tanggal 01 Mei 2012  mata pelajaran PKn yakni saya tidak tuntas menyampaikan materi kepada peserta didik karena Indikator yang terlalu banyak dan memerlukan waktu yang relatif lama sedangkan salah satu Indikator adalah mendiskusikan cara – cara memperoleh keputusan bersama dan menyimpulkannya sedangkan waktu hanya 2 x 35 menit.


-          Pertemuan Keenam
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan yang enam mata pelajaran Matematika  pada tanggal 03 Mei 2012 adalah siswa kesulitan menerima materi yang saja sajikan dikarenakan materi yang yang sulit ditamba dengan kurangnya media pembelajaran yang saja sediakan.
-          Pertemuan Ketujuh
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan ke tujuh tepatnya pada tanggal 10 Mei 2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yakni saya kesulitan menghabiskan waktu disebabkan Indikator yang terlalu sedikit dan dan membuat siswa jenuh karena materi yang disampaikan terlalu sedikit
-          Pertemuan Kedelapan
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan kedelapan yakni pada tanggal 12 Mei 2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah saya kurang mengusai materi disebabkan oleh materi pembelajaran  yang telalu  banyak.
-          Pertemuan Kesembilan
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan ke sembilan tanggal 14 Mei 2012 yakni pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni saya kesulitan menerapkan langkah – langkah pembelajaran yang telah saya rencanakan sesuai dengan RP sebab salah satu langkah – langkah pembelajaran adalah Guru menceritakan salah satu cerita pendek anak secara lisan sedangkan kemampuan mendoneng yang saya miliki sangat minim. 
-          Pertemuan Kesepuluh
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan kesepuluh pada tanggal 16 Mei 2012 yakni pada mata pelajaran PKn adalah saya mengalami kesulitan membuat media pembelajaran mata materi ini sebab Indikator  pada materi ini adalah Menunjukkan sikap mematuhi keputusan bersama.
-          Pertemuan Kesebelas
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan kesebelas yakni pada tanggal 21 Mei 2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial saya kesulitan membuat atau menyediakan media pembelajaran sebab salah satu Indikator pada saat itu adalah sebab – sebab masuknya pemerintah Belanda menjajah bangsa Indoensia   
-          Pertemuan Keduabelas
Kelemahan yang saya alami pada pertemuan yang keduabelas yakni tanggal 21 Mei 2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu saya kesulitan memotivasi siswa yang berkaitan dengan materi pembelajaran pada saat itu sebab materi pembelajaran yang saya sampaikan adalah penggunaan magnet dalam kehidupan sehari – hari.

B.        Penyebab Kelemahan Dalam Pembelajaran
            Setiap proses pembelajaran baik sudah pasti ada kekurangan dan kelebihannya baik dalam proses pembuatan RP maupun pada watu proses pembelajaran tersebut tergantung bagaimana kita menyikapi dan menganalisa penyebab dari kekurangan tersebut, apalagi saya sebagai mahasiswa yang hanya memiliki sedikit pengetahuan di bidang pendidikan baik itu dalam merencanakan pembelajaran maupun pada proses pelaksanaan pembelajaran tersebut, adapun penyebab – penyebab kelemahan – kelemahan yang saya alami pada saat melaksanakan praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar adalah sebagai berikut:  
-          Pertemuan Pertama
Penyebab kelemahan pada pertemuan pertama adalah kurangnya pendekatan dengan para peserta didik dan terlalu terpokus pada Supervisor 2 yang pada saat itu berada di dalam lokal pada saat pembelajaran berlangsung.  
-          Pertemuan Kedua
Penyebab kelemahan pada pertemuan kedua adalah kurangnya pengetahuan tentang metode – metode pembelajaran sehingga hanya menggunakan satu metode pembelajaran.
-          Pertemuan Ketiga
Penyebab kelemahan pada pertemuan Ketiga adalah kurang sesuainya metode pembelajaran dengan materi pembelajaran.  
-          Pertemuan Keempat
Penyebab kelemahan pada pertemuan keempat adalah tidak memberikan batasan waktu berdiskusi kepada peserta didik sehingga peserta didik terlalu lama dalam berdiskusi.
-          Pertemuan Kelima
Penyebab kelemahan pada pertemuan kelima adalah terlalu banyaknya Indikator yang akan dicapai sedangkan waktu hanya 2 x 35 menit.
-          Pertemuan Keenam
Penyebab kelemahan pada pertemuan keenam adalah kurang jelihnya membuat media pembelajaran  
-          Pertemuan Ketujuh
Penyebab kelemahan pada pertemuan ketujuh adalah tidak sesuainya Indikator yang ada dengan waktu yang disediakan
-          Pertemuan Kedelapan
Penyebab kelemahan pada pertemuan kurang mencari sumber dan bahan belajar dari berbagai sumber sehingga materi kurang detail.
-          Pertemuan Kesembilan
Penyebab kelemahan pada pertemuan kesembilan adalah saya kurang menguasai teknik bercerita di depan kelas sehingga siswa kurang antusias mendengarkan cerita yang saya sajikan.
-          Pertemuan Kesepuluh
Penyebab kelemahan pada pertemuan kesepuluh adalah kurang mampunya menciptakan berbagai media pembelajaran  
-          Pertemuan Kesebelas
Penyebab kelemahan pada pertemuan kesebelas adalah kurang jelihnya membuat dan merancang media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disajikan.
-          Pertemuan Keduabelas
Penyebab kelemahan pada pertemuan keduabelas adalah  kurang mendalami materi sehingga kesulitan mencari celah untuk memotivasi peserta didik yang berkaitan dengan materi yang disajikan pada saat itu.

C.        Kelebihan Dalam Pembelajaran
-          Pertemuan Pertama
Kelebihan yang saya alami pada pertama kali saya melakukan praktik PKM yang pada itu adalah mata pelajaran Matematika yakni pada tanggal 17 April 2012 adalah saya megitu mudah menyimpulkan pelajaran sebab Indikator yang disajikan hanya 2 Indikator.
-          Pertemuan Kedua
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan kedua pada tanggal 19 April 2012 yakni saya tidak kesulitan lagi membagi kelompok kerja siswa sebab telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya.
-          Pertemuan Ketiga
Kelebihan yang saya alami peda pertemuan ketiga pada tanggal 23 April 2012  yang pada waktu itu adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah saya menyampaikan materi dengan begitu lancar sebab saya sudah terbiasa dengan peserta didik. 
-          Pertemuan Keempat
Kelebihan yang saya temukan pada pertemuan keempat tepatnya pada tanggal 16 April 2012 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah tanpa terasa waktu pembelajaran telah selesai tanpa harus bingung lagi bagaimana menghabiskan waktu pembelajaran yang telah diatur sedemikian rupa.
-          Pertemuan Kelima
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan kelima tanggal 01 Mei 2012  mata pelajaran PKn yakni saya sangat mudah mencari contoh yang berkaitan dengan materi dalam kehidupan sehari - hari.
-          Pertemuan Keenam
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan yang enam mata pelajaran Matematika  pada tanggal 03 Mei 2012 adalah saya menyelesaikan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
-          Pertemuan Ketujuh
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan ke tujuh tepatnya pada tanggal 10 Mei 2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yakni saya dengan sangat mudah menguasai materi yang akan disampaikan pada proses pembelajaran
-          Pertemuan Kedelapan
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan kedelapan yakni pada tanggal 12 Mei 2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah dengan mudah mencari bahan pembelajaran dan menyampaikannya kepada peserta didik.
-          Pertemuan Kesembilan
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan ke sembilan tanggal 14 Mei 2012 yakni pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni saya dengan mudah meringkas materi yang telah disampaikan dan menyampaikan amanat yang terkandung dalam cerita yang saya sampaikan. 
-          Pertemuan Kesepuluh
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan kesepuluh pada tanggal 16 Mei 2012 yakni pada mata pelajaran PKn adalah saya dengan mudah membuat salah satu contoh menunjukkan sikap mematuhi keputusan bersama dalam kehidupan sehari – hari.
-          Pertemuan Kesebelas
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan kesebelas yakni pada tanggal 21 Mei 2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial saya dengan mudah memotivasi siswa sehingga siswa dengan antusias mengikuti pelajaran sehingga peserta didik menguasai materi dengan baik.
-          Pertemuan Keduabelas
Kelebihan yang saya alami pada pertemuan yang keduabelas yakni tanggal 21 Mei 2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu saya mudah sekali membuat media pembelajaran dan menentukan metode pembelajaran yang digunakan yakni metode kerja kelompok.

D.        Penyebab Kelebihan Dalam Pembelajaran
-          Pertemuan Pertama
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan pertama adalah karena materi yang hanya sedikit dan tidak terlalu sulit.
-          Pertemuan Kedua
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan kedua pada tanggal 19 April 2012 yakni telah dibentuknya kelompok pada pertemuan sebelumnya.
-          Pertemuan Ketiga
Penyebab kelebihan yang saya alami peda pertemuan ketiga pada tanggal 23 April 2012  adalah sudah mengenal para peserta didik. 
-          Pertemuan Keempat
Penyebab kelebihan yang saya temukan pada pertemuan keempat tepatnya pada tanggal 16 April 2012 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah pengaturan waktu dengan begitu baik.
-          Pertemuan Kelima
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan kelima tanggal 01 Mei 2012  mata pelajaran PKn karena banyaknya contoh yang sudah ada dalam kehidupan sehari - hari.
-          Pertemuan Keenam
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan yang enam mata pelajaran Matematika adalah dengan menggunakan waktu dengan baik.
-          Pertemuan Ketujuh
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan ke tujuh tepatnya pada tanggal 10 Mei 2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah Indikator pembelajaran hanya satu indikator


-          Pertemuan Kedelapan
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan kedelapan yakni pada tanggal 12 Mei 2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah dengan mecari bahan pembelajaran pada Internet.
-          Pertemuan Kesembilan
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan ke sembilan tanggal 14 Mei 2012 yakni pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni materi yang sedikit dan begitu mudah dipahami. 
-          Pertemuan Kesepuluh
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan kesepuluh pada tanggal 16 Mei 2012 yakni begitu banyaknya contoh menunjukkan sikap mematuhi keputusan bersama dalam kehidupan sehari – hari.
-          Pertemuan Kesebelas
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan kesebelas yakni pada tanggal 21 Mei 2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menceritakan sejarah penjajahan Bangsa Belanda dan Jepang di Indonesia
-          Pertemuan Keduabelas
Penyebab kelebihan yang saya alami pada pertemuan yang keduabelas yakni tanggal 21 Mei 2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah sekolah memiliki media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang saya sampaikan.


E.        Hal – Hal Unik Yang Ditemukan Dalam Pembelajaran
            Adapun hal – hal yang unik yang saya temui pada pelaksanaan praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) adalah diantaranya :
1.      Saya  tidak pernah mengalami gerogi seperti yang saya alami saat pertama sekali mengajar di SDN 004 Talang Danto dan disaksikan langsung oleh seorang Supervisor.
2.      Saya melakukan kesalahan pembagian kelompok diskusi siswa yaitu mengelompokkan siswa yang juara 1, 2 dan 3 menjadi satu kelompok hal ini tentu membuat siswa yang lain menjadi keberatan. 
3.      Saya mememui murid yang memiliki kenakalan yang  luar biasa dan mempunyai hobi bergantung pada daun pintu sehingga pintu lemari yang ada di kelas menjadi terlepas.
4.      Saya menemukan seorang siswa yang mempunyai kemampuan diatas – rata – rata siswa SD dimana dia mempu menguasai materi sebelum saya menjelaskan materi tersebut.

F.         Rencana Perbaikan Pembelajaran
            Oleh karena banyaknya kelemahan yang saya miliki diantaranya perencanaan pembelajaran yang kurang matang, pelaksananaan pembelajran yang kurang sesuai dengan RP, materi pembelajaran yang kurang terkusai serta pembelajaran yang monoton  yang disebabkan metode pembelajaran yang kurang sesuai membuat penulis harus banyak melakuakan pembenahan diri adapun  hal – hal yang akan penulis lakukan guna untuk menjadikan penulis lebih baik pada masa yang akan datang diantaranya sebagai berikut
-          Mengikuti kegiatan KKG yang diadakan oleh sekolah
-          Mengikuti Diklat yang berkaitan dengan pembelajaran
-          Mendalami dan menguasai materi pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas
-          Mengembangkan kemampuan mengajar dalam berbagai metode pembelajaran
-          Membuat media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran  sehingga dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran
-          Mengalokasikan waktu dengan lebih rinci dan menggunakan waktu dengan tepat











BAB III
KESIMPULAN

A.        Rangkuman Kelemahan
            Dalam suatu kegiatan pembelajaran sudah sudah barang tentu terdapat suatu kelemahan baik itu kelemahan dalam merencanakan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran itu sendiri adapun kelemahan – kelemahan yang saya alami selama melaksanakan praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar pada SDN 004 Talang Danto  adalah sebagai berikut :
1.      Grogi menghadapi siswa lain dan mengajar dihadapan seorang guru senior
2.      Metode pembelajaran yang digunakan  kurang sesuai dengan materi yang disajikan  
3.      Hanya menguasai beberapa metode pemebalajaran saja 
4.       Penggunaan waktu pada waktu proses pembelajaran kurang sesuai dengan  Rencana Pembelajaran.
5.       Tidak tercapai indikator yang disajikan
6.       Sangat kurangnya media pembelajaran
7.      Materi terlalu sedikit
8.      Materi pembelajaran yang disajikan tidak dikuasai
9.      Metode yang gunakan kurang dikusai membuat materi kurang diterim oleh peserta didik
10.   Siswa kesulitan memahami materi disebabkan tidak adanya alat batu berupa media pembelajaran
11.  Kurang jelihnya memilih media pembelajaran mengakibatkan siswa kurang antusian mengikuti proses pemebalajaran
12.  Cara memotivasi peserta  didik yang kurang sesuai dengan materi yang disajikan

B.        Rangkuman Penyebab Kelemahan
1.      Kurang terbiasa menghadapi siswa yang bukan murid sendiri dan mengajar dihadapan seorang guru senior
2.      Kurang pandai mengembangkan metode pembelajaran
3.      .Pemilihan metode kurang sesuai dengan materi yang disajikan
4.       Kurang memperhatikan pembagian waktu dalam pembelajaran
5.       Indikator yang disajikan terlalu banyak
6.       Kurang kreatifnya dalam menciptakan media pembelajaran
7.      Indikator yang terlalu sedikit
8.      Kurang menguasai materi  
9.      Kurang menguasai metode yang digunakan
10.  Kurang kreatif dalam menciptakan media sendiri
11.  Kurang jelihnya memilih media pembelajaran
12.  Kurang pandai dalam memotivasi peserta didik


C.        Rangkuman Kelebihan
            Sebagai seorang mahasiswa yang hanya memilki sedikit pengetahuan didalam dunia pendidikan ternyata saya juga memiliki kelebihan dalam pembelajaran adapun kelebihan – kelebihan yang saya alami selama melaksanakan praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar pada SDN 004 Talang Danto  adalah sebagai berikut :
1.      Dengan mudah menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Dengan mudah membentuk kelompok belajar
3.      Materi diterima baik oleh  peserta didik
4.      Pembelajaran sesuai dengan waktu yang ditentukan
5.      Mampu mencontohkan materi dalam kehidupan sehari – hari
6.      Pembelajaran diselesaikan dengan baik sesuai dengan RP
7.      Mengusai materi pembelajaran
8.      Materi susuai dengan indikator dan menggunakan media yang sesuai
9.      Menyampaikan amanat dalam   dongen dengan baik
10.   Mencontohkan pembelajaran dalam kehidupan sehari – hari dengan baik
11.   Peserta didik termotivasi dengan baik dan tepat
12.  Penggunaan media yang tepat dan mudah didapat
   




D.        Rangkuman Penyebab Kelebihan
Adapun penyebab  dari kelebihan – kelebihan yang saya alami pada praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) di SDN 004 Talang Danto adalah sebagai berikut :
1.      Materi yang tidak terlalu berat 
2.      Kelompok belajar telah terbentuk pada pembelajaran sebelumnya
3.      Materi dikuasai dengan baik dan penyampaian yang begitu baik
4.      Penggunaan waktu dengan baik
5.      Materi  pembelajaran merupakan rutinitas masyarakat
6.      Pembuatan RP yang begitu matang
7.      Materi sedikit dan tidak terlalu berat
8.      Materi sedikit dan mudahnya mencari media yang sesuai dengan materi
9.      Amanat terkandung didalam dongeng anak 
10.   Contoh materi pembelajaran merupakan kebiasaan harian
11.   Penggunaan kata – kata yang tepat dan contoh yang baik
12.  Media yang digunakan sangat sederhana dan banyak dijumpai dalam kehidupan sehari hari  






E.        Rangkuman Perbaikan Pembelajaran  
Oleh karena banyaknya kelemahan yang dimili oleh penulis dan hanya sedikit kelebihan yang dijumpai oleh sebab itu penulis akan selalu mencoba melakukan perbaikkan diantanya  :
-          Mengikuti kegiatan KKG yang diadakan oleh sekolah
-          Mengikuti Diklat yang berkaitan dengan pembelajaran
-          Mendalami dan menguasai materi pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas
-          Mengembangkan kemampuan mengajar dalam berbagai metode pembelajaran
-          Membuat media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran  sehingga dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran
-          Mengalokasikan waktu dengan lebih rinci dan menggunakan waktu dengan tepat
-          Selalu menganalisa kelemahan pada setiap pembelajaran 

https://www.youtube.com/watch?v=6yvh1aXSNiE 
h





   

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment