WACANA DALAM KEHIDUPAN

Bookmark and Share




AKHIRNYA  Mr.Khaddafi  mati  juga ini videonya :




GARA – GARA MENEMBAKI PEMBRONTAK.

Mbah Jambrong  menelpon Mr.Khaddafi :
“ Hallo .......is this Mr.Khaddafi?
“ Ohh , good ! Iam Khaddafi.....!
“Saya dengar dari berita , bahwa anda sampai sekarang masih hidup !”
“O.....what..... about?
“ I Say... negara anda sejak dulu bermusuhan dengan negara barat , maka anda sekarangpun berani dengan negara barat dan sekutunya“
“O.... Good.....my stormtrooper still behind me! “
“ Mr.... di negara anda , rakyat selalu merugi !”
“ Anda menembaki rakyat yang jadi pembrontak , lalu sekutu datang membantu , tetapi ujung – ujungnya salah sasaran rakyatpun ada yang kena tembak ... kok rakyat anda yang selalu merugi”
“ Hallo........ Mr.... ( Tuuuuuuuuuuuuutt..... telpon terputus , ternyata pulsanya habis )
Waaduuh kasihan rakyat khaddafi banyak jadi korban pertengkaran penguasa....


--------------------------------------------------------------------  

LISTRIK NAIK LAGI.......

       Tarip listrik naik , semua orang mengeluh. Tapi tidak bagi Udin , meskipun dia juga bukan PNS yang gaji naik 10% . Sejak dulu dia tidak tertarik jadi PNS bilangnya kurang tantangan dan pula terima hasil sebulan cuma sekali...entah itu mungkin guyonan aja.
         Kenapa listrik naik dia tidak ikut ribut ? bilangnya paling cuma lampu , seterika , kulkas , tv , mesin cuci itukan kecil aja ? Kenapa harus bingung. Bahkan setelah itu Udin menaikkan harga – harga  ditokonya dengan alasan kenikan gaji pegawai 10% , yang seakan sudah menjadi keharusan naik gaji naik pula harga. Toko Udin buka seperti biasanya , orang hilir mudik keluar masuk tokonya.
          Tetapi pagi itu tetangga – tetangganya tercengang , kemudian banyak yang bergumam dan nyengir.... dan berkata “ pantas dia biasa aja naik listrik.... pasalnya hari ini Udin terjaring OPAL , Operasi Pemakaian Arus Listrik “. Rupanya selama sekian tahun dia menggunakan jalur tambahan yang  dibuat sendiri. Makanya ia tenang – tenang saja tarip arus lisrik naik.


-------------------------------------------------------------------------------

D  E  M  O .....................................
       Banyak  kata untuk melanjutkan demo..., demokrasi , demontrasi , demoralisasi atau yang lain lagi. Banyak negara memilih negara demokrasi  , sebenarnya ini logis dan prosedurnya mudah yang paling banyak suara menang. Namun yang jadi masalah adalah soal konsekwensi kandidat kalau sudah jadi pejabat. Juga seberapa jauh rakyat yang jadi pemilih tahu tentang kandidatnya. Demokrasi merupakan sistem banyak di cari orang , bahkan orang Jerman Timur sebelum tembok berlin jebol  ramai - ramai menuntut demokrasi . Padahal mereka belum tahu , kayak apa yang namanya demokrasi itu. Kalau selama ini dipandang demokrasi merupakan sistem yang terbaik dan teradil bagi sebuah keputusan yang tepat. Baiknya adalah demokrasi hanya sedikit demontrasi , tapi kalau demokrasi banyak demontrasi yah kacau dong. Ada juga pendapat orang beragama bahwa keputusan di ambil dari kebenaran hukum Tuhan , jadi yang benar dan jujur yang jadi keputusan. Pilih yang mana terserah maunya negara !. Kita sebagai warga negara hanya patuh dan tunduk terhadap aturan negara. 


 -------------------------------------------------------------------------------                                                                  
     DEMOKRASI  ITU  MAHAL.

Sekali tidak muncul bagi mbah jambrong bukan soal , setelah sekian kali hadir. Kali inipun mbah jambrong masih seperti yang dulu. Sebagai seorang yang nilai keras dan vokal memang repot tapi jambrong ya jammbrong suasana itu diubah menjadi intermezo dan banyolan segar.
     Selama ini mbah jambrong sering ikut-ikutan pendapat-pendapat para pakar atau pengamat yang mencuatkan suasana demokrasi yang sedang tumbuh pesat di Indonesia. Mbah jambrong tidak mikir aneh -aneh  , baginya demokrasi adalah terbaik untuk negara ini.Dan negara ini telah menikmati demokrasi dan kebebasan berpendapat. Dikampung , di sekolah , kampus , kantor semua serba demokratis , semua boleh usul pendapat. Betul.......tapi apa hasil sudah sesuai yang diharapkan dan sebagai negara sedang berkembang yang masih banyak biaya anggaran , apakah anggaran untuk pemilu langsung  selalu tersedia.
      Pendapat mbah jambrong sistem demokrasi memang terbaik untuk negara ini tapi kadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan banyak orang. Dan kalau ada suatu pemilu biayanya sangat mahal. Mantan Presiden Gus Dur menerapkan demokrasi dan Gus Dur tepilih secara demokrasi walaupun pemenang pemilunya waktu itu Megawati. Banyak para pakar mencari jalan keluar untuk sistem demokrasi yang biayanya tidak mahal dan hasil dari pemilu suatu pemimpin yang sesuai harapan orang banyak.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment