Analisis pelaksanaan rekrutmen karyawan pada pt. Bormindo nusantara – duri (ADN-1)

Bookmark and Share
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pada masa sekarang ini kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat, terutama pada bidang teknologi industri. Pesatnya perkembangan dunia industri saat ini semakin banyak dirasakan manfaatnya terutama sekali dalam hal penyerapan tenaga kerja yang handal yang berperan dalam menghasilkan suatu produk yang baik dan bermutu.



Kunci keberhasilan perusahaan bukanlah semata-mata terletak pada alat-alat mutakhir berteknologi tinggi yang dipakai, melainkan terletak pada manusia yang berada dibalik alat-alat itu disamping sumberdaya lainya. Menurut Hamim (2005:32), manajemen sebagai proses khas yang menggerakkan organisasi adalah sangat penting, karena tanpa manajemen yang efektif tidak akan ada usaha yang akan berhasil cukup lama. Pemilihan dan penempatan tenaga kerja yang profesional dan ahli dalam bidangnya merupakan tujuan yang diharapkan oleh pihak manajemen dalam menjalankan segala aktifitas kerja perusahaan. Jadi tenaga kerja sebagai salah satu sumberdaya manusia tetap menjadi subjek dan tujuan dari manajemen terutama manajeman personalia.
Namun dalam kenyataannya, tidak dapat dipungkiri baik secara fisik maupun psikologis masing-masing tenaga kerja yang ada berbeda karakteristik satu dengan lainnya. Perbedaan ini dengan sendirinya akan menjadi permasalahan yang cukup sulit bagi pihak perusahaan dalam mengatur dan mengelola tenaga kerja tersebut. Menurut Thoha (2008:37) terbatasnya kemampuan seseorang membuat seseorang berbuat atau bertingkah laku yang berbeda. Menanggapi hal tersebut maka pihak perusahaan harus mampu menempatkan orang yang kompeten pada tempat yang tepat, sesuai dengan istilah the right man on the right place.

Untuk memenuhi tuntutan tersedianya sumber daya manusia seperti yang disebutkan diatas, maka cara yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan adalah melaksanakan evaluasi kinerja dan melaksanakan rekrutmen yang baik dan tepat pada setiap pelaksanaan penerimaan karyawan. Evaluasi Kinerja atau penilaian prestasi karyawan dikemukakan oleh Leon C. Menggison (1881:310) dalam A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2005:69) adalah sebagai berikut :”Penilaian prestasi kerja (peformance appraisal), adalah suatu proses yang digunakan pimpinan untuk menentukan apakah seorang karyawan melakukan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya”. Menurut Mckenna, dan Nic Beech. (2000:119), Rekrutmen dan seleksi adalah perencanaan yang digunakan perusahaan yang berhubungan dengan penyediaan tenaga kerja. Rekrutmen merupakan proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang lowong, dan seleksi adalah pemilihan anggota baru dari kandidat yang tersedia.

Dengan demikian jelaslah bahwa pelaksanaan evaluasi kinerja dan pelaksanaan rekrutmen yang baik dan tepat, akan menghasilkan output yang baik dan tepat pula. Out-put dari pelaksanaan rekrutmen karyawan yang dilaksanakan adalah agar mendapatkan karyawan yang berkualitas sehingga pembinaan, pengembangan dan peningkatan kualitas kerja karyawan akan mudah dan pada akhirnya dapat meningkatkan aktifitas serta efektifitas kerja perusahaan.

PT. Bormindo Nusantara bergerak dalam bidang usaha jasa konstruksi dan eksplorasi pengeboran minyak bumi yang terletak di kota Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau. Perusahaan yang mempunyai daerah operasi didaerah Duri dan sekitarnya ini, cukup banyak mempekerjakan tenaga kerja dengan berbagai jenjang pendidikan dan keahlian, antara lain : tingkat pendidikan Sekolah Menengah Umum, Sekolah Teknik Menengah (STM), Diploma, dan Sarjana (S-1).

Untuk memenuhi kebutuhan akan tersedianya tenaga kerja trampil yang akan digunakan dalam setiap aktifitas kerja pada PT. Bormindo Nusantara, ada beberapa persyaratan lamaran pekerjaan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar. Persyaratan tersebut disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta ditambah beberapa persyaratan khusus yang di tetentukan oleh pihak perusahaan.

Persyaratan yang di tentukan PT. Bormindo Nusantara-Duri antara lain:
1. Surat Lamaran (Permohonan Kerja).
2. Foto Copy KTP Riau.
3. Pas Photo 4 X 6.
4. CV (Curiculum Vitae)
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
6. Serat Keterangan Berbadan Sehat (Dokter)
7. Foto Copy Sertifikat Pengalaman Kerja (Keahlian Khusus)
8. Surat Rekomendasi

Pada tabel dibawah ini disajikan jumlah karyawan yang berhasil direkrut oleh perusahaan PT. Bormindo Nusantara – Duri melalui seleksi penerimaan karyawan dari tahun 2002 hingga tahun 2006.

Tenaga kerja yang direkrut untuk setiap tahunnya diharapkan mampu menunjang segala aktifitas kerja perusahaan. Namun dilapangan sering terjadi berbagai permasalahan yang pada umumnya disebabkan oleh manusia (human error).

Permasalahan yang sering terjadi di perusahaan antara lain:
1. Terjadinya kecelakaan kerja.
2. Mogok kerja karyawan perusahaan.
3. Pencurian barang/alat milik perusahaan.
Tingginya tingkat kecelakaan kerja dan permasalahan yang disebabkan oleh manusia/karyawan yang bekerja di PT. Bormindo Nusantara Duri merupakan salah permasalahan yang harus diperhatikan pihak perusahaan. Tabel 3 dibawah ini memperlihatkan tingkat kecelakaan kerja yang terjadi pada PT. Bormindo Nusantara Duri periode tahun 2002-2006.

Tingkat kecelakaan kerja yang tinggi akan berdampak negatif kepada perusahaan yang bersangkutan, yaitu kepada kinerja perusahaan misalnya hasil produksi, laba yang diperoleh atau produktifitas perusahaan akan menurun. Dan disamping itu juga akan mempengaruhi terhadap besarnya biaya untuk kecelakaan yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Begitu pula halnya dengan terjadinya mogok kerja karyawan, secara langsung mengakibatkan terhentinya untuk sementara segenap aktifitas kerja perusahaan. Rasa tidak puas dengan keputusan yang dikeluarkan pihak manajemen, tuntutan kenaikan gaji dan juga rasa solidaritas sesama karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) menyebabkan terjadinya mogok kerja.

Pencurian barang-barang ataupun peralatan yang merupakan aset perusahaan dilakukan baik oleh karyawan (internal perusahaan), bahkan juga bekerjasama dengan pihak luar perusahaan menunjukkan rendahnya moral karyawan yang telah direkrut perusahaan.
Dari uraian latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan rekrutmen karyawan pada PT. Bormindo Nusantara-Duri, dengan Judul ”ANALISIS PELAKSANAAN REKRUTMEN KARYAWAN PADA PT. BORMINDO NUSANTARA–DURI”.

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download

Atau klik disini

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment