012 Masalah Terapan: LaluLintas

Bookmark and Share
Ada dua masalah lalu lintas yang akan saya lontarkan sebagai ide penelitian:


Yang pertama:

Kadang kita jengkael (kok jengkel terus?, Iya nih pokoknya kalau ada jengkel, sebel, nggerutu, rasa tidak adil, heran, dsb pasti di situ ada tanda-tanda masalah. Nah di situlah ad aide penelitian, he.., hee. Kembali ke masalah tadi. Di persimpangan yang ada lampu merahnya, kadang dijumpai keadilan yang tidak adil. Maksudnya gini kadang lama waktu merah dan hijau untuk setiap arah sama. Tetapi yang terjadi kadang pada arah tertentu menjadi sangat padat dan butuh waktu 3 kali lampu hijau baru bisa jalan. Sementara di arah yang lain, lancarnya minta ampun . Apa nggak ngiri? Nah pertanyaannya, :
Bagaimana pengaturan lama lampu lintas (warna merah, kuning, hijau) menyala di sebuah persimpangan agar memperlancar arus lalu lintas.


Yang kedua:

Saya juga heran lagi, kalau lewat jalan yang searah dan dua arah. Memang sih maksudnya untuk memperlancar lalu lintas. Tetapi kadang lewat suatu ruas jalan di suatu kota yang searah dan sepinya minta ampun, tetapi di ruas jalan yang lain kok padatnya minta ampun, Apa nggak salah desain nih ? Terpikir untuk membuat penelitian untuk membandingkan kelancaran arus lalu lintas pada suatu areal tertentu jika dengan memberlakukan jalur searah dan jalur tidak searah. Lha, terus matematikanya di mana donk? Ambil aja data-data, amati perilaku, bikin itung-itungan, yang paling gampang itu dulu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar

Kumpulan Berita Lainnya

Loading...