RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA : HEWAN DAN TUMBUHAN
SATUAN PENDIDIKAN : SDN 001 KASIKAN
KELAS/SEMESTER : 1 (satu)/1 (satu)
WAKTU : 3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
Pertemuan
1, 2, dan 3
I. KOMPETENSI DASAR
- Membiasakan perilaku hidup bersih AGAMA
- Membiasakan
perilaku disiplin
- Menceritakan pengalaman diri IPS
- Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di
lingkungan keluarga
·
Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
·
Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan
gembira, dan didengar pendapatnya
·
Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
·
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
- Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat
·
Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan
sekitar IPA
·
Membedakan pengaruh
musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
- Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam
sekitar SENI BUDAYA
- Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
- Melafalkan lagu
anak-anak
- Membedakan berbagai bunyi bahasa BAHASA INDONESIA
·
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk
sederhana
- Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
- Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
- Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
dengan intonasi yang tepat
- Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung
·
Membilang banyak benda MATEMATIKA
·
Mengurutkan banyak benda
·
Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari
(pendek, panjang) dan membandingkannya
·
Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok,
prisma, tabung, bola, dan kerucut)
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan
pengurangan bilangan dua angka
·
Membandingkan berat benda (ringan, berat)
- Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat
dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi, dan percaya diri OLAHRAGA DAN KESEHATAN
II. INDIKATOR
- Berperilaku hidup bersih AGAMA
- Berperilaku
disiplin
- Menceritakan pengalaman diri IPS
- Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di
lingkungan keluarga
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa PKn
·
Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di
sekolah
·
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·
Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan
gembira, dan didengar pendapatnya
·
Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
·
Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan,
dan lingkungan sekitar IPA
·
Membedakan
pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
- Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam
sekitar SENI BUDAYA
- Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
- Melafalkan lagu
anak-anak
- Membedakan berbagai bunyi bahasa BAHASA INDONESIA
·
Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk
sederhana
- Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
dengan intonasi yang tepat
- Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung
·
Membilang banyak benda MATEMATIKA
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·
Mengurutkan bilangan
·
Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·
Membandingkan dan mengurutkan banyak benda
- Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat
dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi, dan percaya diri OLAHRAGA DAN KESEHATAN
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal/Pendahuluan (Pendekatan Cooperative Learning Teknik Mencari
Pasangan)
·
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
·
Mengajak siswa menyanyikan
lagu “ Lihat Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair
lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
·
Menginformasikan tema yang akan
dipelajari bersama (Hewan dan Tumbuhan)
b. Kegiatan Inti
5)
Bertanya
jawab tentang:
·
Apakah kamu suka pergi ke kebun binatang?
6)
Semua siswa diminta mengamati contoh huruf sambung dan
contoh huruf lepas, serta cara penulisannya
7)
Setiap siswa belajar menulis nama-nama binatang yang ada
di kebun binatang (selain yang tertulis di dalam buku/sepengetahuan siswa) di
buku masing-masing, sekaligus untuk mengenali huruf-huruf dan membacanya
sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana (PKn, IPS, dan BI)
8)
Bertanya jawab (lisan) apakah siswa mempunyai pengalaman
pergi ke kebun binatang:
·
Kemana paman pergi?
·
Dengan siapa paman pergi?
·
Apakah mereka merasa senang?
·
Siapa yang pamit kepada ibu?
·
Apakah kebun binatang itu ramai?
·
Kalau masuk kebun binatang apakah harus membeli tiket?
·
Binatang apa saja yang dilihat disana?
·
Bagaimana cirinya jerapah itu?
·
Apakah jerapah itu sama dengan kuda?
·
dst
9)
Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan latihan soal di
dalam Buku Kerja (IPS dan Bahasa Indonesia Jilid 1B)
10)
Meminta siswa (yang berani, kalau tidak berani sendirian,
bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa nyanyikan (lagu
yang ada hubungannya dengan hewan dan tumbuhan), yang lain bertepuk tangan
memberi semangat. Misalnya:
·
Naik–naik ke puncak gunung
·
Naik delman
·
Potong bebek angsa
·
dsb
11)
Guru bercerita tentang “Kancil yang cerdik”
·
Kancil yang cerdik
12)
Bertanya jawab tentang isi cerita kancil
yang cerdik, dan menugaskan siswa untuk memerankan tokoh dalam
dongeng itu
·
Ada yang jadi kancil
·
Ada yang jadi harimau
·
Ada yang jadi buaya
13)
Bertanya jawab tentang jumlah binatang yang ada dalam
cerita serta bagaimana sikap dan perilaku binatang tersebut, dan guru bercerita
bagaimana seharusnya bersikap yang baik (PKn, IPS, Mat, dan BI)
14)
Guru bercerita tentang pemeran dalam dongeng. Bagaimana
seharusnya berekspresi (Cakrawala halaman 6)
·
Bagaimana cara menggambarkan perasaan senang
·
Bagaimana kalau marah dan
·
Bagaimana kalau sedih dsb
·
dst
15)
Semua siswa diminta mengamati gambar di halaman 6 (gambar 1, 2, 3,
dan 4). Siswa secara individu diminta
memilih jawaban yang benar sesuai dengan pilihannya sendiri (PKn, IPA, IPS,
dan BI)
16)
Semua
siswa ditugaskan untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya membahas jawaban
yang benar
17)
Siswa
melaporkan hasil diskusinya sesuai dengan hasil jawaban kelompok teman
sebangkunya. Teman
yang lain memberikan komentar dan pendapatnya (dipandu oleh guru)
18)
Semua siswa diminta menghitung 1, 2, 3, dan 4. Setelah 4
menghitung 1 lagi dst sampai semua siswa dalam kelas memiliki nomor
·
Siswa yang memiliki nomor 1 diberi gambar kartu nomor 1 (gambar
binatang laut dan gambar laut)
·
Siswa yang memiliki nomor 2 diberi gambar kartu nomor 2 (gambar unggas dan gambar langit)
·
Siswa yang memiliki nomor 3 diberi gambar kartu nomor 3 (gambar binatang melata dan gambar daratan)
·
Siswa yang memiliki nomor 4 diberi gambar kartu nomor 4 (gambar
binatang buas dan gambar hutan)
19)
Setelah mendapat nomor dan gambar semua siswa ditugaskan
untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan:
·
Dimana binatang itu hidup? (di air/di udara/di darat)
·
Berapa jumlah kakinya?
·
Bagaimana cara berjalannya?
·
dsb
20)
Setelah siswa mempunyai jawaban, semua siswa yang
mempunyai gambar tersebut mencari pasangannya
misalnya:
·
Gambar ikan dengan gambar laut
·
Gambar ular dengan gambar daratan
·
Gambar singa dengan gambar hutan
·
Gambar burung dengan gambar udara
21)
Setelah berkumpul dengan pasangan yang sesuai, setiap
pasangan berdiskusi membahas gambar yang dipegangnya dan diberi komentar
22)
Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan
klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa
23)
Guru bercerita bahwa semua makhluk adalah ciptaan Tuhan
·
Ada yang hidup di darat
·
Ada yang hidup di laut
·
Ada yang hidup di udara
·
Ada yang mempunyai dua kaki
·
Ada yang mempunyai empat kaki
·
Ada yang buas
·
Ada yang jinak
·
dsb
24)
Menugaskan siswa untuk menulis di bukunya masing-masing
berbagai macam binatang (darat, laut, dan udara) baik yang buas maupun yang
jinak setahu siswa (bisa bertanya kepada orang tua, paman, kakak, bibi, dsb) (untuk
portofolio siswa) (PKn, IPS, dan
BI)
25)
Guru memberikan penguatan
terhadap hasil pembelajaran
26)
Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan tugas dari Buku
Kerja (Matematika dan IPA Jilid 1B)
27)
Terakhir semua siswa diminta menyimak ”Berbudi Pekerti”
(halaman 27) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif
yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut
c. Kegiatan Akhir/Penutup
1) Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi
2) Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
3) Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IV. ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
·
Gambar-gambar tentang
macam-macam hewan dan tumbuhan
·
Lingkungan sekitar
·
Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS, dan Agama)
·
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn,
IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS, dan Agama)
V. PENILAIAN
·
Penilaian Lisan (dalam proses)
·
Penilaian Tingkah Laku (pengamatan)
·
Penilaian Produk
·
Penilaian Portofolio
·
Penilaian Tertulis Obyektif
·
Penilaian Tertulis Subyektif
·
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Tapung
Hulu, 20 September 2011
Mengetahui, Guru
Kelas
Kepala Sekolah
M. Nuh
M. Kadar
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment