RPP Tematik Tugas Mahasiswa UT

Bookmark and Share
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

TEMA                                              : HEWAN DAN TUMBUHAN
SATUAN PENDIDIKAN                 : SDN 001 KASIKAN
KELAS/SEMESTER                       : 1 (satu)/1 (satu)
WAKTU                                          : 3  kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
Pertemuan 1, 2, dan 3


I.      KOMPETENSI DASAR
  • Membiasakan perilaku hidup bersih AGAMA
  • Membiasakan perilaku disiplin
  • Menceritakan pengalaman diri IPS
  • Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
·         Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah PKn
·         Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira, dan didengar pendapatnya
·         Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
·         Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
  • Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
·         Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar IPA
·         Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
  • Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar SENI BUDAYA
  • Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
  • Melafalkan lagu anak-anak
  • Membedakan berbagai bunyi bahasa BAHASA INDONESIA
·         Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
  • Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
  • Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
·         Membilang banyak benda MATEMATIKA
·         Mengurutkan banyak benda
·         Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari (pendek, panjang) dan membandingkannya
·         Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, dan kerucut)
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·         Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·         Membandingkan berat benda (ringan, berat)
  • Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri OLAHRAGA DAN KESEHATAN

II.     INDIKATOR
  • Berperilaku hidup bersih AGAMA
  • Berperilaku disiplin
  • Menceritakan pengalaman diri IPS
  • Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
·         Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa PKn
·         Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
·         Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
·         Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira, dan didengar pendapatnya
·         Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
·         Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar IPA
·         Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia
  • Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar SENI BUDAYA
  • Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
  • Melafalkan lagu anak-anak
  • Membedakan berbagai bunyi bahasa BAHASA INDONESIA
·         Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
  • Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
·         Membilang banyak benda MATEMATIKA
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·         Mengurutkan bilangan
·         Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·         Membandingkan dan mengurutkan banyak benda
  • Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi, dan percaya diri OLAHRAGA DAN KESEHATAN

III.   LANGKAH PEMBELAJARAN
        a.     Kegiatan Awal/Pendahuluan (Pendekatan Cooperative Learning Teknik Mencari Pasangan)
·         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
·         Mengajak siswa menyanyikan lagu “ Lihat Kebunku” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan)
·         Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Hewan dan Tumbuhan)

b.     Kegiatan Inti
1)       Meminta semua siswa mengamati gambar tentang ”Kebun Binatang” dan bertanya jawab:
·         Siapa yang pernah pergi ke kebun binatang? binatang apa saja yang ada di sana?
2)       Guru membacakan teks tentang “Pergi Ke Kebun Binatang” dan semua siswa menirukan cara membaca dengan lafal yang tepat
3)       Menugaskan siswa membaca sendiri secara bergantian bacaan ”Pergi Ke Kebun Binatang” yang telah dicontohkan oleh guru dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat
4)       Dilanjutkan dengan bertanya jawab makna masing-masing bacaan (PKn, IPS, BI, dan Mat)
5)       Bertanya jawab tentang:
·         Apakah kamu suka pergi ke kebun binatang?
·         Melihat apa di kebun binatang?
·         Siapa yang pergi ke kebun binatang?
·         Bagaimana perasaan anak-anak ketika akan pergi ke kebun binatang?
·         Bagaimana keadaan di kebun binatang?
·         Apa persyaratannya kalau akan masuk ke kebun binatang?
·         Apakah boleh masuk kebun binatang tanpa membeli tiket?
·         Dsb (PKn, IPS, dan BI)
6)       Semua siswa diminta mengamati contoh huruf sambung dan contoh huruf lepas, serta cara penulisannya
7)       Setiap siswa belajar menulis nama-nama binatang yang ada di kebun binatang (selain yang tertulis di dalam buku/sepengetahuan siswa) di buku masing-masing, sekaligus untuk mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhana (PKn, IPS, dan BI)
8)       Bertanya jawab (lisan) apakah siswa mempunyai pengalaman pergi ke kebun binatang:
·         Kemana paman pergi?
·         Dengan siapa paman pergi?
·         Apakah mereka merasa senang?
·         Siapa yang pamit kepada ibu?
·         Apakah kebun binatang itu ramai?
·         Kalau masuk kebun binatang apakah harus membeli tiket?
·         Binatang apa saja yang dilihat disana?
·         Bagaimana cirinya jerapah itu?
·         Apakah jerapah itu sama dengan kuda?
·         dst
9)       Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan latihan soal di dalam Buku Kerja (IPS dan Bahasa Indonesia Jilid 1B)
10)    Meminta siswa (yang berani, kalau tidak berani sendirian, bisa dua atau tiga anak) untuk menyanyi lagu yang mereka bisa nyanyikan (lagu yang ada hubungannya dengan hewan dan tumbuhan), yang lain bertepuk tangan memberi semangat. Misalnya:
·         Naik–naik ke puncak gunung
·         Naik delman
·         Potong bebek angsa
·         dsb
11)    Guru bercerita tentang “Kancil yang cerdik
·         Kancil yang cerdik
12)    Bertanya jawab tentang isi cerita kancil yang cerdik, dan menugaskan siswa untuk memerankan tokoh dalam dongeng itu
·         Ada yang jadi kancil
·         Ada yang jadi harimau
·         Ada yang jadi buaya
13)    Bertanya jawab tentang jumlah binatang yang ada dalam cerita serta bagaimana sikap dan perilaku binatang tersebut, dan guru bercerita bagaimana seharusnya bersikap yang baik (PKn, IPS, Mat, dan BI)
14)    Guru bercerita tentang pemeran dalam dongeng. Bagaimana seharusnya berekspresi (Cakrawala halaman 6)
·         Bagaimana cara menggambarkan perasaan senang
·         Bagaimana kalau marah dan
·         Bagaimana kalau sedih dsb
·         dst
15)    Semua siswa diminta mengamati gambar di halaman 6 (gambar 1, 2, 3, dan 4).  Siswa secara individu diminta memilih jawaban yang benar sesuai dengan pilihannya sendiri (PKn, IPA, IPS, dan BI)
16)    Semua siswa ditugaskan untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya membahas jawaban yang benar
17)    Siswa melaporkan hasil diskusinya sesuai dengan hasil jawaban kelompok teman sebangkunya. Teman yang lain memberikan komentar dan pendapatnya (dipandu oleh guru)
18)    Semua siswa diminta menghitung 1, 2, 3, dan 4. Setelah 4 menghitung 1 lagi dst sampai semua siswa dalam kelas memiliki nomor
·         Siswa yang memiliki nomor 1 diberi gambar kartu nomor 1 (gambar binatang laut dan gambar laut)
·         Siswa yang memiliki nomor 2 diberi gambar kartu nomor 2  (gambar unggas dan gambar langit)
·         Siswa yang memiliki nomor 3 diberi gambar kartu nomor 3  (gambar binatang melata dan gambar daratan)
·         Siswa yang memiliki nomor 4 diberi gambar kartu nomor 4 (gambar binatang buas dan gambar hutan)
19)    Setelah mendapat nomor dan gambar semua siswa ditugaskan untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan:
·         Dimana binatang itu hidup? (di air/di udara/di darat)
·         Berapa jumlah kakinya?
·         Bagaimana cara berjalannya?
·         dsb
20)    Setelah siswa mempunyai jawaban, semua siswa yang mempunyai gambar tersebut mencari pasangannya  
misalnya:
·         Gambar ikan dengan gambar laut
·         Gambar ular dengan gambar daratan
·         Gambar singa dengan gambar hutan
·         Gambar burung dengan gambar udara
21)    Setelah berkumpul dengan pasangan yang sesuai, setiap pasangan berdiskusi membahas gambar yang dipegangnya dan diberi komentar
22)    Hasil diskusi dilaporkan kepada guru dan guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa
23)    Guru bercerita bahwa semua makhluk adalah ciptaan Tuhan
·         Ada yang hidup di darat
·         Ada yang hidup di laut
·         Ada yang hidup di udara
·         Ada yang mempunyai dua kaki
·         Ada yang mempunyai empat kaki
·         Ada yang buas
·         Ada yang jinak
·         dsb
24)    Menugaskan siswa untuk menulis di bukunya masing-masing berbagai macam binatang (darat, laut, dan udara) baik yang buas maupun yang jinak setahu siswa (bisa bertanya kepada orang tua, paman, kakak, bibi, dsb) (untuk portofolio siswa) (PKn, IPS, dan BI)
25)    Guru memberikan penguatan terhadap hasil pembelajaran
26)    Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan tugas dari Buku Kerja (Matematika dan IPA Jilid 1B)
27)    Terakhir semua siswa diminta menyimak ”Berbudi Pekerti” (halaman 27) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut

        c.     Kegiatan Akhir/Penutup
1)       Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
2)       Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
3)       Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

IV.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·         Gambar-gambar tentang macam-macam hewan dan tumbuhan
·         Lingkungan sekitar
·         Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS, dan Agama)
·         Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA/Sains, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS, dan Agama)

V.     PENILAIAN
·         Penilaian Lisan (dalam proses)
·         Penilaian Tingkah Laku (pengamatan)
·         Penilaian Produk
·         Penilaian Portofolio
·         Penilaian Tertulis Obyektif
·         Penilaian Tertulis Subyektif
·         Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)







                                                                                                      Tapung Hulu, 20 September 2011
Mengetahui,                                                                                  Guru Kelas
Kepala Sekolah



                   M. Nuh                                                                      M. Kadar
                                                                                                         NIM. 820 827 933

https://www.youtube.com/watch?v=6yvh1aXSNiE

























{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment