KATA PENGANTAR
Tiada kata yang pantas penulis ucapkan kecuali rasa
syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang
Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayat – Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan Laporan Kegiatan
Pemantapan Kemampuan Mengajar ini tepat
waktu.
Orang bijak mengatakan Tak ada Gading
yang tak retak dan tak ada ranting yang tak akan patah oleh sebab itu penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan
dalam penulisan laporan Praktik PKM ini, karena keterbatasan yang dimiliki penulis, oleh karena itu penulis
mengharapkan pembaca berkenan memberikan kritikan dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan dan kesempurnaan laporan PKM ini.
Pada kesempatan ini penulis banyak mengucapakan terima
kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan arahan dan bimbingan serta motivasi sehingga penulis
bisa menyelesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ucapan terima
kasih disampaikan kepada :
- Ibu Farmawati, M.Pd sebagai Tutor mata kuliah PKM yang telah membimbing dan memberi masukan pada mata kuliah PKM dan penulisan laporan ini.
- Bapak Suwarna, M. Pd selaku Supervisor 1 sekaligus penguji 2 dalam mata kuliah PKM
- Bapak Hamdan Hoiri, A.Ma.Pd selaku penguji 1 sekaligus Supervisor 2 dalam mata kuliah PKM
- Ibu Sonti Manalu, S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah SDN 015 Sumber Sari yang telah memberika waktu dan tempat pelaksanaan ujian praktik PKM kepada kami
- Seluruh Majelis Guru, Tata Usaha, Karyawan SDN 015 Sumber Sari yang telah berpartisipasi sehingga suksesnya pelaksanaan Ujian Praktik PKM
- Segenap pengelola Pokjar Tapung Hulu UPBJJ Pekanbaru
- Seluruh keluargaku yang telah banyak motivasi dan saran sehingga Laporan ini selesai dengan baik.
- Seluruh rekan – rekan mahasiswa UT Pokjar Tapung Hulu terkhusus Mahasiswa Semester IV masa Ujian 2012.1 yang memberikan motivasi dan saran.
- Dan semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu menyukseskan penulisan laporan Praktik PKM ini.
Semoga Allah SWT, melimpahkan karunia - Nya kepada kita
semua. Amin.
Tapung Hulu,
Juni 2012
Penulis
M. KADAR
NIM.
820827933
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................... i
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
DAFTAR LAMPIRAN ................................................................................ iv
LEMBAR IDENTITAS ............................................................................... v
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ........................................................................................... 1
B. Tujuan Mengikuti PKM............................................................................... 2
C. Manfaat Mengikuti PKM............................................................................ 3
BAB II
TEMUAN – TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN PKM
A. Kelemahan Dalam Pembelajaran ................................................................ 4
B. Penyebab Kelemahan Dalam Pembelajaran ................................................ 7
C. Kelebihan Dalam Pembelajaran .................................................................. 10
D. Penyebab Kelebihan Dalam Pembelajaran ................................................. 12
E. Hal – Hal Unik Yang Ditemukan Dalam
Pembelajaran ............................. 15
F. Rencana Perbaikan Pembelajaran ................................................................ 15
BAB III
KESIMPULAN
A. Rangkuman Kelemahan ............................................................................. 17
B. Rangkuman Penyebab Kelemahan.............................................................. 18
C. Rangkuman Kelebihan ............................................................................... 19
D. Rangkuman Penyebab Kelebihan ............................................................. 20
E. Rangkuman Perbaikan Pembelajaran........................................................... 21
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Rekomendasi
Ujian Pemantapan Kemampuan Mengajar
2.
Surat
kesediaan menjadi teman sejawat / Supervisor
3.
Surat
Rekomendasi Kepala Sekolah
LEMBAR IDENTITAS
NAMA :
M. KADAR
NIM : 820827933
Program Studi : S. 1 PGSD
Pokjar :
Tapung Hulu
UPBJJ :
Pekanbaru
Masa Ujian :
2012.1
Mata Kuliah :
PDGK 4209 ( PKM )
Tapung Hulu, Juni 2012
Mahasiswa
M. KADAR
NIM. 820827933
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan di Sekolah Dasar
didefenisikan sebagai proses pengembangan kemampuan yang paling mendasar bagi
setiap siswa dimana setiap siswa belajar secara aktif karena adanya dorongan
dari dalam diri dan adanya suasana yang memberikan kemudahan ( Kondusif ) bagi
perkembangan dirinya secara optimal.
Keberhasilan
suatu proses belajar sering ditandai dengan perobahan yang positif pada diri
anak, bagi guru merupakan kebanggaan yang tak ternilai harganya. Masalah
keberhasilan ini sebenarnya merupakan beban psikis yang sangat berat sekali
bagi seorang guru sebagai perencana ( planer
) pembelajaran. Hal ini terkait banyaknya permasalahan – permasalahan yang
dijumpai guru dalam proses pembelajaran membuat para pendidik selalu melakukan
pembenahan baik dalam merencanakan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran
itu sendiri.
Mengingat
begitu banyaknya kelemahan – kelemahan baik dalam merencanakan pembelajaran
maupun proses pembelajaran itu sendiri membuat penulis terus mengkaji dan
mencari solusi dari kelemahan itu senndiri, oleh sebab itu melalui refleksi
pembelajaran ini penulis mencoba
membenahi diri baik dalam perencanaan pembelajaran maupun proses pembelajaran
itu sendiri guna untuk memajukan dunia pendidikan pada masa yang akan datang.
B. Tujuan
Mengikuti PKM
Adapun tujuan mengikuti kegiatan
Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM
) sangat banyak sekali diantaranya sebagai berikut :
1.
Sebagai salah
satu syarat menyelesaikan program
semester 4 pada Universitas terbuka masa ujian 2012.1
2.
Meningkatkan
kemampuan penulis baik dalam merencanakan pembelajaran maupun prose
pembelajaran itu sendiri agar lebih baik pada masa yang akan datang
3.
Mengetahui
kelemahan – kelemahan dan kelebihan – kelebihan dalam menyusun RP dan melaksanakan Kegiatan
Pembelajaran yang penulis miliki melalui tindakan Refleksi.
4.
Mengembangkan
kemampuan menyusun RP dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang telah disusun
dengan
menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi dengan tepat.
5.
Sebagai salah
satu wadah untuk mendapatkan masukan dari para ahli – ahli pendidikan demi
meningkatkan kemampuan menyusun RP dan
melaksanakan pembelajaran
6.
Memperbaiki sistim pembelajaran
berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajarn yang telah dilakukan
sebelumnya
C. Manfaat
Mengikuti PKM
Adapun manfaat
mengikuti kegiatan praktik Pemantapan
Kemampuan Mengajar sangat banyak sekali namun diantaranya adalah sebagai
berikut :
1.
Meningkatkan kemampuan dalam menyusun RP
dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas
2.
Mengetahui kelemahan – kelemahan dan
kekuatan – kekuatan yang di miliki serta
bagaiman tindak lanjut atas kelemahan dan kelebihan tersebut.
3.
Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan
kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran, serta
melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangannya dalam mengajar.
4.
Mengembangkan kemampuan mengajar dalam berbagai macam metode
BAB
II
TEMUAN
– TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
A. Kelemahan Dalam Pembelajaran
Didalam
suatu proses pembelajaran baik dalam menyusun RP maupun didalam pelaksanaan
pembelajaran di kelas sudah pasti terdapat suatu kelemahan, hal ini disebabkan
karena tidak ada manusia yang sempurna dan
latar belakang atau karakter peserta didik yang berbeda – beda hal
inilah yang membuat proses pembelajaran memiliki berbagai kelemahan - kelemahan,
adapun kelemahan – kelemahan yang saya temui pada saat melaksanakan Praktik
Pemantapan Kemampuan Mengajar pada SDN 004 Talang Danto Kecamatan Tapung Hulu
Kabupaten Kampar adalah sebagai berikut :
-
Pertemuan Pertama
Kelemahan
yang saya alami pada pertama kali saya melakukan praktik Pemantapan Kemampuan
mengajar mata pelajaran Matematika yakni
pada tanggal 17 April 2012 di SDN 004 Talang Danto Kecamatan Tapung Hulu adalah
saya masih agak sedikit canggung sebab saya masih pertama sekali bertemu dengan
murid – murid SDN 004 Talang Danto dan ditambah lagi proses pembelajaran
diamati langsung oleh Supervisor 2 sehingga membuat materi agak sulit
disampaikan.
-
Pertemuan Kedua
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan kedua pada tanggal 19 April 2012 yakni siswa
agak sedikit jenuh sebab metode pembelajaran yang saya terapkan masih sama dengan
metode pembelajaran pada pertemuan pertama saya praktik yakni metode kerja
kelompok.
-
Pertemuan Ketiga
Kelemahan
yang saya alami peda pertemuan ketiga pada tanggal 23 April 2012 yang pada waktu itu adalah mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial adalah siswa kesulitan menerima materi yang saya sampaikan sebab pada saat itu metode yang saya
gunakan adalah metode ceramah.
-
Pertemuan Keempat
Kelemahan
yang saya temukan pada pertemuan keempat tepatnya pada tanggal 16 April 2012 mata
pelajaran Bahasa Indonesia adalah saya kesulitan menerapkan pembagian waktu
pada kegiatan inti dan kegiatan
penutup pembelajaran karena siswa begitu
antusias dengan materi yakni menanggapi cerita yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan sehingga saya tidak sempat melakukan penilaian di
akhir pembelajaran.
-
Pertemuan Kelima
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan kelima tanggal 01 Mei 2012 mata pelajaran PKn yakni saya tidak tuntas
menyampaikan materi kepada peserta didik karena Indikator yang terlalu banyak
dan memerlukan waktu yang relatif lama sedangkan salah satu Indikator adalah
mendiskusikan cara – cara memperoleh keputusan bersama dan menyimpulkannya
sedangkan waktu hanya 2 x 35 menit.
-
Pertemuan Keenam
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan yang enam mata pelajaran Matematika pada tanggal 03 Mei 2012 adalah siswa
kesulitan menerima materi yang saja sajikan dikarenakan materi yang yang sulit
ditamba dengan kurangnya media pembelajaran yang saja sediakan.
-
Pertemuan Ketujuh
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan ke tujuh tepatnya pada tanggal 10 Mei 2012 mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yakni saya kesulitan menghabiskan waktu
disebabkan Indikator yang terlalu sedikit dan dan membuat siswa jenuh karena
materi yang disampaikan terlalu sedikit
-
Pertemuan Kedelapan
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan kedelapan yakni pada tanggal 12 Mei 2012 mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah saya kurang mengusai materi disebabkan
oleh materi pembelajaran yang telalu banyak.
-
Pertemuan Kesembilan
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan ke sembilan tanggal 14 Mei 2012 yakni pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia yakni saya kesulitan menerapkan langkah – langkah
pembelajaran yang telah saya rencanakan sesuai dengan RP sebab salah satu
langkah – langkah pembelajaran adalah Guru menceritakan salah satu cerita
pendek anak secara lisan sedangkan kemampuan mendoneng yang saya miliki sangat
minim.
-
Pertemuan Kesepuluh
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan kesepuluh pada tanggal 16 Mei 2012 yakni pada mata
pelajaran PKn adalah saya mengalami kesulitan membuat media pembelajaran mata
materi ini sebab Indikator pada materi
ini adalah Menunjukkan sikap mematuhi keputusan bersama.
-
Pertemuan Kesebelas
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan kesebelas yakni pada tanggal 21 Mei 2012 pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial saya kesulitan membuat atau menyediakan
media pembelajaran sebab salah satu Indikator pada saat itu adalah sebab –
sebab masuknya pemerintah Belanda menjajah bangsa Indoensia
-
Pertemuan Keduabelas
Kelemahan
yang saya alami pada pertemuan yang keduabelas yakni tanggal 21 Mei 2012 pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu saya kesulitan memotivasi siswa yang
berkaitan dengan materi pembelajaran pada saat itu sebab materi pembelajaran
yang saya sampaikan adalah penggunaan magnet dalam kehidupan sehari – hari.
B. Penyebab Kelemahan Dalam Pembelajaran
Setiap proses
pembelajaran baik sudah pasti ada kekurangan dan kelebihannya baik dalam proses
pembuatan RP maupun pada watu proses pembelajaran tersebut tergantung bagaimana
kita menyikapi dan menganalisa penyebab dari kekurangan tersebut, apalagi saya
sebagai mahasiswa yang hanya memiliki sedikit pengetahuan di bidang pendidikan
baik itu dalam merencanakan pembelajaran maupun pada proses pelaksanaan
pembelajaran tersebut, adapun penyebab – penyebab kelemahan – kelemahan yang
saya alami pada saat melaksanakan praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar adalah
sebagai berikut:
-
Pertemuan Pertama
Penyebab
kelemahan pada pertemuan pertama adalah kurangnya pendekatan dengan para
peserta didik dan terlalu terpokus pada Supervisor 2 yang pada saat itu berada
di dalam lokal pada saat pembelajaran berlangsung.
-
Pertemuan Kedua
Penyebab
kelemahan pada pertemuan kedua adalah kurangnya pengetahuan tentang metode –
metode pembelajaran sehingga hanya menggunakan satu metode pembelajaran.
-
Pertemuan Ketiga
Penyebab
kelemahan pada pertemuan Ketiga adalah kurang sesuainya metode pembelajaran
dengan materi pembelajaran.
-
Pertemuan Keempat
Penyebab
kelemahan pada pertemuan keempat adalah tidak memberikan batasan waktu
berdiskusi kepada peserta didik sehingga peserta didik terlalu lama dalam
berdiskusi.
-
Pertemuan Kelima
Penyebab
kelemahan pada pertemuan kelima adalah terlalu banyaknya Indikator yang akan
dicapai sedangkan waktu hanya 2 x 35 menit.
-
Pertemuan Keenam
Penyebab
kelemahan pada pertemuan keenam adalah kurang jelihnya membuat media
pembelajaran
-
Pertemuan Ketujuh
Penyebab
kelemahan pada pertemuan ketujuh adalah tidak sesuainya Indikator yang ada
dengan waktu yang disediakan
-
Pertemuan Kedelapan
Penyebab
kelemahan pada pertemuan kurang mencari sumber dan bahan belajar dari berbagai
sumber sehingga materi kurang detail.
-
Pertemuan Kesembilan
Penyebab
kelemahan pada pertemuan kesembilan adalah saya kurang menguasai teknik
bercerita di depan kelas sehingga siswa kurang antusias mendengarkan cerita
yang saya sajikan.
-
Pertemuan Kesepuluh
Penyebab
kelemahan pada pertemuan kesepuluh adalah kurang mampunya menciptakan berbagai
media pembelajaran
-
Pertemuan Kesebelas
Penyebab
kelemahan pada pertemuan kesebelas adalah kurang jelihnya membuat dan merancang
media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disajikan.
-
Pertemuan Keduabelas
Penyebab
kelemahan pada pertemuan keduabelas adalah kurang mendalami materi sehingga kesulitan
mencari celah untuk memotivasi peserta didik yang berkaitan dengan materi yang
disajikan pada saat itu.
C. Kelebihan Dalam Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama
Kelebihan
yang saya alami pada pertama kali saya melakukan praktik PKM yang pada itu
adalah mata pelajaran Matematika yakni pada tanggal 17 April 2012 adalah saya
megitu mudah menyimpulkan pelajaran sebab Indikator yang disajikan hanya 2
Indikator.
-
Pertemuan Kedua
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan kedua pada tanggal 19 April 2012 yakni saya
tidak kesulitan lagi membagi kelompok kerja siswa sebab telah dibentuk pada
pertemuan sebelumnya.
-
Pertemuan Ketiga
Kelebihan
yang saya alami peda pertemuan ketiga pada tanggal 23 April 2012 yang pada waktu itu adalah mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah saya menyampaikan materi dengan begitu lancar
sebab saya sudah terbiasa dengan peserta didik.
-
Pertemuan Keempat
Kelebihan
yang saya temukan pada pertemuan keempat tepatnya pada tanggal 16 April 2012
mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah tanpa terasa waktu pembelajaran telah
selesai tanpa harus bingung lagi bagaimana menghabiskan waktu pembelajaran yang
telah diatur sedemikian rupa.
-
Pertemuan Kelima
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan kelima tanggal 01 Mei 2012 mata pelajaran PKn yakni saya sangat mudah
mencari contoh yang berkaitan dengan materi dalam kehidupan sehari - hari.
-
Pertemuan Keenam
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan yang enam mata pelajaran Matematika pada tanggal 03 Mei 2012 adalah saya
menyelesaikan pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
-
Pertemuan Ketujuh
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan ke tujuh tepatnya pada tanggal 10 Mei 2012 mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yakni saya dengan sangat mudah menguasai materi
yang akan disampaikan pada proses pembelajaran
-
Pertemuan Kedelapan
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan kedelapan yakni pada tanggal 12 Mei 2012 mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah dengan mudah mencari bahan
pembelajaran dan menyampaikannya kepada peserta didik.
-
Pertemuan Kesembilan
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan ke sembilan tanggal 14 Mei 2012 yakni pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia yakni saya dengan mudah meringkas materi yang telah
disampaikan dan menyampaikan amanat yang terkandung dalam cerita yang saya
sampaikan.
-
Pertemuan Kesepuluh
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan kesepuluh pada tanggal 16 Mei 2012 yakni pada
mata pelajaran PKn adalah saya dengan mudah membuat salah satu contoh
menunjukkan sikap mematuhi keputusan bersama dalam kehidupan sehari – hari.
-
Pertemuan Kesebelas
Kelebihan
yang saya alami pada pertemuan kesebelas yakni pada tanggal 21 Mei 2012 pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial saya dengan mudah memotivasi siswa
sehingga siswa dengan antusias mengikuti pelajaran sehingga peserta didik
menguasai materi dengan baik.
-
Pertemuan Keduabelas
Kelebihan yang
saya alami pada pertemuan yang keduabelas yakni tanggal 21 Mei 2012 pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yaitu saya mudah sekali membuat media
pembelajaran dan menentukan metode pembelajaran yang digunakan yakni metode
kerja kelompok.
D. Penyebab Kelebihan Dalam Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan pertama adalah karena materi yang
hanya sedikit dan tidak terlalu sulit.
-
Pertemuan Kedua
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan kedua pada tanggal 19 April 2012 yakni
telah dibentuknya kelompok pada pertemuan sebelumnya.
-
Pertemuan Ketiga
Penyebab
kelebihan yang saya alami peda pertemuan ketiga pada tanggal 23 April 2012 adalah sudah mengenal para peserta didik.
-
Pertemuan Keempat
Penyebab
kelebihan yang saya temukan pada pertemuan keempat tepatnya pada tanggal 16
April 2012 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah pengaturan waktu dengan
begitu baik.
-
Pertemuan Kelima
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan kelima tanggal 01 Mei 2012 mata pelajaran PKn karena banyaknya contoh
yang sudah ada dalam kehidupan sehari - hari.
-
Pertemuan Keenam
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan yang enam mata pelajaran Matematika
adalah dengan menggunakan waktu dengan baik.
-
Pertemuan Ketujuh
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan ke tujuh tepatnya pada tanggal 10 Mei
2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah Indikator pembelajaran hanya
satu indikator
-
Pertemuan Kedelapan
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan kedelapan yakni pada tanggal 12 Mei
2012 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah dengan mecari bahan
pembelajaran pada Internet.
-
Pertemuan Kesembilan
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan ke sembilan tanggal 14 Mei 2012 yakni
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni materi yang sedikit dan begitu mudah
dipahami.
-
Pertemuan Kesepuluh
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan kesepuluh pada tanggal 16 Mei 2012
yakni begitu banyaknya contoh menunjukkan sikap mematuhi keputusan bersama
dalam kehidupan sehari – hari.
-
Pertemuan Kesebelas
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan kesebelas yakni pada tanggal 21 Mei
2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menceritakan sejarah
penjajahan Bangsa Belanda dan Jepang di Indonesia
-
Pertemuan Keduabelas
Penyebab
kelebihan yang saya alami pada pertemuan yang keduabelas yakni tanggal 21 Mei
2012 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah sekolah memiliki media
pembelajaran yang sesuai dengan materi yang saya sampaikan.
E.
Hal – Hal Unik Yang Ditemukan Dalam
Pembelajaran
Adapun
hal – hal yang unik yang saya temui pada pelaksanaan praktik Pemantapan
Kemampuan Mengajar ( PKM ) adalah diantaranya :
1.
Saya
tidak pernah mengalami gerogi seperti yang saya alami saat pertama
sekali mengajar di SDN 004 Talang Danto dan disaksikan langsung oleh seorang
Supervisor.
2.
Saya melakukan kesalahan pembagian
kelompok diskusi siswa yaitu mengelompokkan siswa yang juara 1, 2 dan 3 menjadi
satu kelompok hal ini tentu membuat siswa yang lain menjadi keberatan.
3.
Saya mememui murid yang memiliki
kenakalan yang luar biasa dan mempunyai
hobi bergantung pada daun pintu sehingga pintu lemari yang ada di kelas menjadi
terlepas.
4.
Saya menemukan seorang siswa yang
mempunyai kemampuan diatas – rata – rata siswa SD dimana dia mempu menguasai
materi sebelum saya menjelaskan materi tersebut.
F.
Rencana Perbaikan Pembelajaran
Oleh
karena banyaknya kelemahan yang saya miliki diantaranya perencanaan
pembelajaran yang kurang matang, pelaksananaan pembelajran yang kurang sesuai
dengan RP, materi pembelajaran yang kurang terkusai serta pembelajaran yang
monoton yang disebabkan metode
pembelajaran yang kurang sesuai membuat penulis harus banyak melakuakan
pembenahan diri adapun hal – hal yang
akan penulis lakukan guna untuk menjadikan penulis lebih baik pada masa yang
akan datang diantaranya sebagai berikut
-
Mengikuti kegiatan KKG yang diadakan
oleh sekolah
-
Mengikuti Diklat yang berkaitan dengan
pembelajaran
-
Mendalami dan menguasai materi
pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas
-
Mengembangkan kemampuan mengajar dalam
berbagai metode pembelajaran
-
Membuat media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran sehingga
dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran
-
Mengalokasikan waktu dengan lebih rinci
dan menggunakan waktu dengan tepat
BAB
III
KESIMPULAN
A.
Rangkuman Kelemahan
Dalam
suatu kegiatan pembelajaran sudah sudah barang tentu terdapat suatu kelemahan
baik itu kelemahan dalam merencanakan pembelajaran maupun pelaksanaan
pembelajaran itu sendiri adapun kelemahan – kelemahan yang saya alami selama
melaksanakan praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar pada SDN 004 Talang Danto adalah sebagai berikut :
1. Grogi
menghadapi siswa lain dan mengajar dihadapan seorang guru senior
2. Metode
pembelajaran yang digunakan kurang
sesuai dengan materi yang disajikan
3. Hanya
menguasai beberapa metode pemebalajaran saja
4. Penggunaan waktu pada waktu proses
pembelajaran kurang sesuai dengan
Rencana Pembelajaran.
5. Tidak tercapai indikator yang disajikan
6. Sangat kurangnya media pembelajaran
7. Materi
terlalu sedikit
8. Materi
pembelajaran yang disajikan tidak dikuasai
9. Metode
yang gunakan kurang dikusai membuat materi kurang diterim oleh peserta didik
10. Siswa kesulitan memahami materi disebabkan
tidak adanya alat batu berupa media pembelajaran
11. Kurang
jelihnya memilih media pembelajaran mengakibatkan siswa kurang antusian
mengikuti proses pemebalajaran
12. Cara
memotivasi peserta didik yang kurang
sesuai dengan materi yang disajikan
B.
Rangkuman Penyebab Kelemahan
1. Kurang
terbiasa menghadapi siswa yang bukan murid sendiri dan mengajar dihadapan
seorang guru senior
2. Kurang
pandai mengembangkan metode pembelajaran
3. .Pemilihan
metode kurang sesuai dengan materi yang disajikan
4. Kurang memperhatikan pembagian waktu dalam pembelajaran
5. Indikator yang disajikan terlalu banyak
6. Kurang kreatifnya dalam menciptakan media
pembelajaran
7. Indikator
yang terlalu sedikit
8. Kurang
menguasai materi
9. Kurang
menguasai metode yang digunakan
10. Kurang
kreatif dalam menciptakan media sendiri
11. Kurang
jelihnya memilih media pembelajaran
12. Kurang
pandai dalam memotivasi peserta didik
C.
Rangkuman Kelebihan
Sebagai
seorang mahasiswa yang hanya memilki sedikit pengetahuan didalam dunia
pendidikan ternyata saya juga memiliki kelebihan dalam pembelajaran adapun
kelebihan – kelebihan yang saya alami selama melaksanakan praktik Pemantapan
Kemampuan Mengajar pada SDN 004 Talang Danto
adalah sebagai berikut :
1. Dengan
mudah menyimpulkan materi pembelajaran
2. Dengan
mudah membentuk kelompok belajar
3. Materi
diterima baik oleh peserta didik
4. Pembelajaran
sesuai dengan waktu yang ditentukan
5. Mampu
mencontohkan materi dalam kehidupan sehari – hari
6. Pembelajaran
diselesaikan dengan baik sesuai dengan RP
7. Mengusai
materi pembelajaran
8. Materi
susuai dengan indikator dan menggunakan media yang sesuai
9. Menyampaikan
amanat dalam dongen dengan baik
10. Mencontohkan pembelajaran dalam kehidupan
sehari – hari dengan baik
11. Peserta didik termotivasi dengan baik dan
tepat
12. Penggunaan
media yang tepat dan mudah didapat
D.
Rangkuman Penyebab Kelebihan
Adapun penyebab dari kelebihan – kelebihan yang saya alami
pada praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) di SDN 004 Talang Danto
adalah sebagai berikut :
1. Materi
yang tidak terlalu berat
2. Kelompok
belajar telah terbentuk pada pembelajaran sebelumnya
3. Materi
dikuasai dengan baik dan penyampaian yang begitu baik
4. Penggunaan
waktu dengan baik
5. Materi pembelajaran merupakan rutinitas masyarakat
6. Pembuatan
RP yang begitu matang
7. Materi
sedikit dan tidak terlalu berat
8. Materi
sedikit dan mudahnya mencari media yang sesuai dengan materi
9. Amanat
terkandung didalam dongeng anak
10. Contoh materi pembelajaran merupakan kebiasaan
harian
11. Penggunaan kata – kata yang tepat dan contoh
yang baik
12. Media
yang digunakan sangat sederhana dan banyak dijumpai dalam kehidupan sehari hari
E.
Rangkuman Perbaikan Pembelajaran
Oleh karena banyaknya kelemahan yang
dimili oleh penulis dan hanya sedikit kelebihan yang dijumpai oleh sebab itu
penulis akan selalu mencoba melakukan perbaikkan diantanya :
-
Mengikuti kegiatan KKG yang diadakan
oleh sekolah
-
Mengikuti Diklat yang berkaitan dengan
pembelajaran
-
Mendalami dan menguasai materi
pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas
-
Mengembangkan kemampuan mengajar dalam
berbagai metode pembelajaran
-
Membuat media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran sehingga
dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran
-
Mengalokasikan waktu dengan lebih rinci
dan menggunakan waktu dengan tepat
-
Selalu menganalisa kelemahan pada setiap
pembelajaran
https://www.youtube.com/watch?v=6yvh1aXSNiE
h
https://www.youtube.com/watch?v=6yvh1aXSNiE
h
{ 0 comments... Views All / Send Comment! }
Post a Comment